Ikan Goreng Sambal Dabu-dabu

Baiklah, saya mengakui, saya ga jago masak. Sama sekali ga bisa masak malah, baru dua bulan ini bisa goreng ikan tanpa hancur atau lengket. Tapi walau malas, tetap pede dong demi kecukupan gizi diri sendiri. Resep ini mudah buat saya, dan buat nyonya-nyonya yang expert pasti bisa masaknya sambil merem. Oke. Ikan yang saya pakai adalah ikan kembung. Wikipedia bilang ikan ini masih sekerabat dengan tengiri, tongkol, tuna, maidihang dan makerel. Di tempat lain seperti di Ambon ikan ini dipanggil dengan nama lemma atau tatare, sementara di Makassar disebut dengan banyar atau banyara. Saya sendiri adalah Emanuella, penganut ajaran ikan adalah makanan sehat. Oke, sekali lagi.

Bahan-bahannya saya beli di Swalayan Harmoni, di pinggiran jalan Ceger. Saya yakin 99,99% ikan dan bahan-bahan lainnya juga muah ditemui di sekitaran rumah nyonya-nyonya. Jadi tak repotlah saya kira.

Bahan:

bahan ikanbahan ikan4

2 ekor ikan kembung atau ikan lain

1 buah jeruk nipis, potong sisi-sisinya, sisakan satu untuk sambal, sisanya untuk ikan

3 buah bawang merah

1/2 butir tomat

cabai rawit sesuai selera (karena saya takut pedas, saya campurkan juga cabai keriting, tapi rawit, itulah yg wajib!)

2 sendok minyak goreng panas untuk sambal

minyak goreng untuk menggoreng ikan

garam secukupnya

Cara membuat:

bahan ikan2bahan ikan4bahan ikan5bahan ikan6

  1. Kerat-kerat ikan, jangan sampai putus. Atau potong dua, agar proses menggoreng lebih mudah. Lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Sisihkan.
  2. Potong-potong kecil tomat, bawang merah, garam dan cabai. Letakkan dalam satu wadah kaca dan siram dengan perasan jeruk nipis. Aduk merata.
  3. Goreng ikan dalam minyak panas. Pastikan minyak cukup panas agar tidak lengket. Tunggu seberapa lama, lalu balik dan angkat ketika sudah berwarna keemasan.
  4. Tuang kurang lebih 2 sendok makan minyak panas sisa menggoreng ke sambal. Karena minyak yang akan dipakai adalah minyak panas, saya menyarankan menggunakan wadah kaca atau wadah lain yang tahan panas.
  5. Ikan siap disajikan bersama sambal. Yummmyyy…

bahan ikan7

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *