Memperbaiki Tas

Kepilu-piluan menurut KBBI adalah suatu kata dari kata pilu, yang artinya merasa pilu (sedih, dsb). Kata yang tepat untung menggambarkan perasaan saya ketika menemukan tas kulit bersejarah saya sobek di bagian dalamnya. Tas tersebut saya beli pada tahun 2010, di toko barang bekas di lantai 3 pasar senen dengan harga 60 ribu. Dibeli dari dari uang saku jaman saya belum dapat gaji penuh saat masih calon pegawai sampai saat ini sudah pindah cubicle dua kali. Walaupun bekas, tapi kualitas kulitnya tak perlu ditanyakan. Masi mengkilat sampai sekarang, walaupun saya jarang merawatnya. Di foto di atas tampak agak kusam, karena efek cahaya pagi nan mendung kepilu-piluan seperti hati saya. Saya menemukan robekan yang cukup besar di bagian puring dalam tas ini. Sepertinya akan makin meluas jika tidak segera ditanggulangi.

tas kulit

Oleh karena itu, saat pagi hari di hari Sabtu yang sepoi-sepoi, saya mengumpulkan niat, gunting, jarum jahit, jarum pentul dan benang untuk melakukan reparasi. Dengan jahit tangan. Hihihi. dibawah ini adalah kondisi kerusakan puring.

tas kulit2 tas kulit3

Yang kemudian pertama saya lakukan adalah melipat bagian yang belubang ke dalam, kemudian menguncinya dengan jarum pentul agar ketika dijahit dengan tangan bagian tsb tidak berpindah posisi. tentu langkah ini opsional, hanya untuk memudahkan saja.

tas kulit4

Langkah berikutnya aalah menisik atau menjahitnya dengan tangan. Saya memilih pola jahitan yang cukup mudah namun cukup kuat untuk menyatukan kedua bagian. Dalam foto-foto di bawah ini, saya menggunakan benang yang berwarna cerah agar mudah diikuti. Sementara foto terakhir adalah hasil yang akan didapatkan jika menggunakan warna yang mendekati warna kain.

tas kulit5tas kulit6

tas kulit7tas kulit8

Mudah bukan? Waktu yang digunakan kurang lebih 20 menit kotor (termasuk mengganti benang dan sesi foto-foto), jauh lebih cepat dibandingkan saya harus nunggu tukang jahit keliling atau berjalan menuju tukang jahit langganan. 🙂

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *