Tips Melunakkan Daging dengan Nanas

Duluuu waktu saya kecil, saya sering mendengar kalau daging akan lebih mudah empuk jika sebelumnya dibungkus dengan daun pepaya sebelum diolah. Namun, ketika saya baca-baca tentang buah nanas (buah favorit saya) saya menemukan opini bahwa nanas juga bisa mengempukkan daging!!!! *ekspresi kaget* Karena penasaran, saya lanjutkan penelusuran lebih lanjut hingga menemukan kata kunci enzim bromelin. Enzim tersebut berasal dari nanas dan dapat digunakan sebagai pengempukan daging, obat gangguan pencernaan dan anti inflamasi. Fakta tersebut saya dapatkan dari karya ilmiah looohhh, yang mau langsung baca di tkp sila klik di sini gan.

Berhubung saya selalu nyetok nanas, saya langsung bisa praktek tips ini ketika saya mau masak soto daging. Cekidot!

Caranya gampang bingit. Nanas diambil sarinya. kemudian daging yang akan diolah tersebut direndam dalam sari nanas tersebut selama kurang lebih satu jam. Baru setelah akan digunakan, daging dicuci sampai bersih agar rasa sari nanas tidak merusak rasa makanan yang akan dibuat. Kira-kira seperti itulah langkah-langkahnya.

Bahan: seperempat buah nanas untuk 250 gram daging sapi.

daging daging sapi2

Mudah bukaan… Karena saya malas marut, maka saya gunakan blender andalan saya untuk menghaluskan nanas. Dan karena saya malas (lagiii!!!, ckckckck) nyaring sari-nya maka blenderan nanas tersebut langsung saya siram ke potongan daging. Hehehe…

Hasilnya, menurut saya cukup berkhasiat. 🙂 Daging yang saya rebus jadi mudah lunak. Sayangnya saya lupa tidak memfoto hasil rebusan dagingnya…. Jika di rumah anda, nanas lebih mudah ditemukan daripada daun pepaya, saya rasa tips ini patut dicoba. Selamat masaaaakkkk!!!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

4 Comments

  1. Aduk daging dengan jus hingga bercampur dengan baik. Tutuplah mangkuk dengan bungkus plastik lalu masukkan ke dalam kulkas selama semalam hingga jus pepaya dan nanas itu meresap sempurna ke dalam daging.

  2. wah aku taunya direbus pake sendok biar lunak wkwkwk tp cara ini ga pernah jg si aku lakuin baru tau ternyata pake nanas yg diparut bisa dicoba ni bwt lebaran besok 😂

  3. biasanya sih pakai panci presto, eh setelah baca ini, ternyata ada cara yang lebih gampang, gak perlu nunggu luamaaaa, 😀 thanks ya tips nya, sangat bermanfaat sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *