Clutch dengan Frame Besi

Saat undangan kawinan berdatangan, seringkali sebagai perempuan saya bingung me-mix-match-kan pakaian. Yaaaahhh, seslebor-slebornya saya, demi menghormati rekan yang mengundang terpaksa harus tampil menawan. Hehehe… Selain mematchingkan atasan dengan bawahan, yang tak kalah repot adalah memadu-padankan tas dan sepatu. hayuk, nyonya-nyonya yang sering mengalami hal serupa mari ngacuuuuunggg!!!

Clutch, atau tas tangan tanpa handle, atau dompet besar, atau tas kondangan yang kali ini saya buat terinspirasi dari masalah mix-match tersebut. Membuat sendiri clutch, memudahkan kita mencari warna yang paling pas dengan pakaian atau sepatu yang kita pakai. Kita bisa memakai sisa puring kebaya atau kain dress (jika kita menjahit sendiri) atau beli saja kain senada di toko kain terdekat. Cara membuatnya pun cukup mudah dan tidak butuh keahlian khusus.

Bahan:

clutch1clutch4clutch5clutch6

Kain warna pink 25 cm x 50 cm

Kain warna krem 25 cm x 50 cm

Frame (pilih salah satu model frame), harga frame di gambar di atas yang paling kecil Rp 7000,00 yang paling mahal Rp 15.000,00

Busa lapis 25 cm x 50 cm

Manik-manik atau mote Jepang satu bungkus kecil (seharga Rp 5.000,00), ada dua jenis mote jepang: bulat dan batang, bisa pilih salah satu atau dicampur.

Pita putih (tambahan)

Alat:

clutch3

Meteran

Gunting

Benang 2 warna, satu sewarna kain dan yang lain yang berwarna kontras

Jarum pentul

Tusuk gigi/ lidi/ bobby pins

Mesin jahit

Cara Membuat:

1. Buat pola sederhana dengan mencetak frame sebagai dasar ukuran:

clutch2

2. Gunting kain dan busa mengikuti pola di atas:

clutch7

3. Jika mesin jahit anda memungkinkan untuk menjahit kain dan busa bersamaan maka lakukan penjahitan dengan susunan kain dan busa seperti gambar di atas: busa-kain-kain-busa, dengan bagian bagus dari kain pink berada di bagian dalam. Hasil jahitan akan dibalik keluar, menghasilkan bagian luar clutch berwarna pink. Namun, jika mesin jahit tidak dapat menjahit susunan tsb maka kain harus dijahit terpisah dengan busa:

clutch9

Jarum pentul di atas hanya untuk memudahkan penjahitan dua kain menjadi satu. Ingat untuk tidak menjahit bagian atas dari clutch. Setelah selesai dijahit dan dilepas, balik agar bagian bagusnya tampil keluar:

clutch10

4. Masukkan busa di dalam kain pink yang telah dijahit sebagai berikut:

clutch11

5. Agar tidak terlalu polos, hias salah satu sisi kain pink (disertai satu busa) dengan manik-manik. Jahit merata secara acak agar hasilnya cantik:

clutch12

Memasang manik-manik adalah proses yang paling menggetarkan iman. Jika kurang sabar lebih baik menghiasnya dengan hiasan lain seperti pita atau sisa brokat. Namun, hasil akhirnya akan berbeda. Kesabaran biasanya membuahkan hasil yang memuaskan. *pukpukpuk semangat!

6. Jahit kain krem sebagai puring dalaman secara terpisah, ingat untuk tidak menjahit bagian atas (mulut) clutch.

clutch8

7. Masukkan puring ke dalam luaran clutch pink, rapikan dan satukan bagian atas (bagian mulut clutch) antara kain pink, busa dan kain krem dengan lem. Pastikan lem yang digunakan adalah lem bening agar hasilnya bersih. Proses pengeleman ini untuk memudahkan proses memasukkan tas ke dalam frame.

clutch13

8. Masukkan kain ke dalam frame dengan cara menjahitnya terlebih dahulu dengan benang berwarna kontras secara melingkar. Benang ini nantinya akan digunting atau dilepaskan. Fungsinya sementara, hanya untuk memastikan kain berada pada posisi ketika nantinya dikunci dengan jahitan dan manik-manik. Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui tahapannya dengan jelas:

clutch14clutch15

Jika ada kain yang tidak masuk ke dalam frame, maka masukkan secara hati-hati dengan bantuan tusuk gigi/ lidi/ bobby pins. Sampai semua sisi kainnya masuk dengan rapi melingkari frame:

clutch17clutch16

9. Hasil yang didapatkan adalah clucth yang sudah menyatu dengan frame namun tidak rapi karena ada benang yang mengelilingi frame. Untuk itu kita akan mengunci clutch dengan jahitan benang berwarna pink dan disumbat dengan manik-manik.

clutch18

Dengan benang pink masukkan jarum dari sisi dalam, memasuki lubang-lubang kecil yang ada di frame. Setelah keluar dari sisi frame maka masukkan satu butir manik-manik ke dalam benang. Fungsi manik-manik tersebut adalah sebagai jangkar atau penyumbat benang. Setelah itu masukkan jarum kembali pada lubang yang sama. Tarik sampai benang habis, dan manik-manik menjangkar benang di luar frame. Lakukan terus sampai selutuh lubang frame terisi dan frame terikat di kain.

10. Gunting benang warna hitam dan bersihkan sisa benang hitam agar clutch bagian luar maupun dalam menjadi bersih.

clutch21clutch20

11. Jika kamu suka, tambahkan pita di salah satu ujung clutch untuk memudahkan dalam memegang cluch saat dipakai.

clutch19

Yihaaaaaaaa… clutch cantik siap digunakan para nyonya malas cantik!!! *wink *ketchup

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

2 Comments

  1. Cantikk… sangat jelas tutonyaa.. smoga bs eksekusi secepatnya… makasih nyonya malass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *