Membuat Scarf (per piece dibawah 12 ribu!!)

Ide membuat scarf ini kembali muncul di benak saya, ketika tempat kerja saya mengharuskan memakai pakaian hitam putih di hari Senin. Hehehe… Ada saja kejadian lucu akibat peraturan baru itu, dari saya dikira anak magang, dikira mahasiswa sampai dikira pelayan toko yang masi training. Jadi saya membuat scarf yang warnanya tidak terlalu mencolok sehingga melanggar peraturan, namun tetap manis dan profesional, sertaaa (yang paling penting) membedakan saya dari gerombolan mahasiswa.

Terciptalah Scarf putih ini. Tapi saya perlu mengaku dosa nih, agak cheating dengan minta bantu di neciin sama mamang penjahit langganan saya. Total biaya untuk pembuatan Scarf ini adalah sbb:

Kain chiffon atau sifon 1 cm x160 cm : 15ribu

Neci keliling kain persegi 80×80 cm sebanyak 2 lembar : 8ribu

TOTAL 23ribu untuk dua lembar scarf. Hanya Rp 11.500,00 / piece. Murah bingit bukaaannn???

 

Bahan dan alat:

Kain chiffon (kain yang tipis dan menerawang), kamu bisa menggunakan bahan lain seperti sutra atau sifon sutra, namun tentu harganya akan lebih mahal. 😉

Jarum pentul

Gunting

 

Cara pembuatannya:

1. Tekuk Kain menjadi dua sama panjang, kemudian tekuk segitiga di salah satu sisinya.

scarf2

2. Gunting di bagian sisi segitiga yang terdapat sisa kain kepanjangan. Bagi menjadi dua, sehingga mendapatkan dua persegi ukuran 80 x 80 cm. Rapikan sisinya.

scarf3

Kamu bisa menggunakan jarum bentul untuk membantumu menjaga kain tetap pada posisi saat menggunting kain. Hasilnya sbb:

scarf4

3. Saya bawa dua kain tsb ke Toko Omura untuk dineci keliling *cheating, hehehe*. Toko alat jahit, atau penjahit manapun biasanya menyediakan jasa ini. Jika merasa curang dengan cara ini 😀 kamu juga bisa menjahit jelujur tepian kain dengan jenis jahitan zigzag. Saya memilih dineci agar hasilnya lebih rapi dan lebih cepat. Hasil necinya sbb:

scarf5

4. Voilaaaaa… Scarf siap digunakan!!! Selamat membuat…

scarf6

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

2 Comments

  1. Adekku neh yang suka bikin scarf-scarf gitu, klo aku tingga nebeng aja, habis koleksinya jadi banyak bangeeeet

    • Hihihi, enaknyaaaa… Btw, untuk jilbab juga bisa loh mbak… Temen aku yang pakai jilbab lebar, suka kesulitan nyari jilbab. Kadang dia juga beli kain trus di neciin. Kreatifnya kadang dia dua kain, dineci jadi satu, jadi jilbab reversible gitu mbak, bisa bolak balik… cakep deh… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *