12 Dokumen Syarat Administrasi Catatan Sipil Pernikahan (File.doc Available)

Tanggal pernikahan semakin dekat, yaitu kurang lebih 3,5 bulan lagi. Saya dan si Tuan Besar mulai mengumpulkan syarat administrasi pernikahan untuk menyatatkan pernikahan kami di catatan sipil. Info dari petugas catatan sipil, sebaiknya mengurus persyaratan administrasi selambat-lambatnya 3 bulan sebelum pernikahan. Buset, lama juga ya… πŸ˜€ Ternyata selain ke catatan sipilnya, kami juga harus ngurus surat-surat di daerah masing-masing (maklum kota tempat tinggal saya dan pacar berbeda dengan tempat pernikahan, saya dan dia pun beda kota). Singkat kata, inilah berkas-berkas yang harus kami lengkapi dan mungkin juga harus kamu lengkapi untuk mengurus pencatatan pernikahan di catatan sipil:

1. Surat Permohonan Pencatatan Sipil berupa Formulir M1, Formulir M2 dan Surat Pernyataan Melaksanakan Pernikahan dari mempelai. Ketiga jenis surat ini harus dibuat oleh calon pengantin, dan ditandatangani oleh keduanya dalam satu surat. Contoh formatnya dapat diunduh di sini.

2. Berkas N1 s.d. N5 dari desa.

Berkas N1 adalah surat keterangan untuk nikah, N2 adalah surat keterangan asal usul mempelai, N3 adalah surat persetujuan mempelai, N4 adalah surat keterangan untuk orang tua, dan N5 adalah surat izin orang tua. Masing-masing mempelai membuat kelima surat ini di kantor kelurahan/desa-nya masing-masing. Jadi saat itu, saya mengurus N1-N5 di Pati sementara si Tuan besar (pacar) mengurus berkas N1-N5 nya di Surabaya. Di kelurahan Tuan Besar, pihak kelurahan membuatkan form tersebut, sementara di kota saya saya harus mengetik sendiri an menyerahkan ke kantor kelurahan untuk ditandatangani. Contoh format N1 s.d. N5 dapat diunduh di sini.

3. Foto Copy KTP (dilegalisir)

4. Foto Copy Akta Kelahiran (dilegalisir)

5. Foto Copy Kartu Keluarga

6. Foto Copy Surat Nikah orang tua ( jika ada )

7. Foto Copy KTP 2 orang saksi, yaitu satu dari masing-masing pihak

8. Foto Copy Akta Kematian ( bagi yang cerai mati )

9. Asli Akta Perceraian ( bagi yang cerai hidup )

10. Foto berwarna 4 X 6 berdampingan 4 lembar, tidak tertulis harus menggunakan warna background apa, namun kami menggunakan warna biru menurut anjuran mas mas tukang fotonya. Oiya, mungkin tidak terlalu penting, tapi penting πŸ˜€ jangan lupa bawa make-up ya… Saya menyesal tidak touch-up muka saya sebelum foto padahal dari perjalanan jauh. Tampang saya di foto jadi kucel dan kuyu… T.T padahal itu foto kan mau dipajang di buku nikah seumur hidup ya… hiks…

foto nikah

11. Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas untuk mempelai pria dan wanita.

12. Surat Keterangan Imunisasi dari Puskesmas hanya untuk mempelai wanita, imunisasi yang dimaksud adalah imunisasi TT (Tetanus Toksoid, cmiiw).

Related Post: Jasa Katering di Jakarta dan Pricelistnya

Walaupun diminta 3 bulan sebelu pernikahan, menurut pengalaman lebih baik mengurus dokumen syarat pernikahan sedini mungkin. Apalagi bagi calon pengantin yang LDR seperti saya. Ada saja kendala-kendala kecil yang datang. Seperti misalnya ketika mengurus Surat Keterangan Imunisasi; bidan di puskesmas terdekat kantor saya berulang kali menolak untuk mengimunisasi saya karena tekanan darah saya yang terlalu rendah. Alhasil, saya bolak balik ke puskesmas tsb sampai akhirnya tekanan saya cukup sehat untuk dilakukan imunisasi. Hal tersebut membuat pengurusan berkas hampir tertunda dua minggu, karena layanan imunisasi hanya buka dua kali dalam seminggu. πŸ™‚

So, buat para calon pengantin mulai rajin-rajin cek jadwal dan follow up ini itu ya…

Related Post: Dilema antara Menikah dan Melanjutkan Studi

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

67 Comments

  1. Terimakasih utk postnya, sangat bermanfaat.
    Semoga dokumennya sampe tahun ini masih berlaku ya :)))
    Btw salam kenal….

  2. Wah semoga persiapannya lancar sampai hari H ya, seneng ada yang share ini, ini kan penting. Biar calon pengantin nggak clueless dan meminimalisir kesalahan/kurang dokumen yg bikin bolak balik.

    • iyaaaahhh… T.T saya dulu bolak balik, hiks… smg bermanfaat yaaa… salam kenal elisa πŸ™‚

  3. Ihiiiwww, selamat yah mbak.. Saya dulu juga beda kota, memang hrs penuh prosedur ya, tapi apapun dilakukan dengan cinta #tsah

      • mba surat N3 itu didapat dari kelurahan juga ato bikin sendiri?? kok saya ini udah ke kelurahan dikasih cuma N1, N2, Dan N4 ajah ya pusing bolak balik

  4. aku dulu nggak pake disuruh suntik TT. kayaknya kelupaan atau kelewatan. pas mendekati hari H mau nanya ga berani takut ga jadi dinikahkan sama pak penghulu kan bisa berabe…hehehe…

    • Ya ampun mbak vety kocak bangetttt πŸ˜€ tapi akhirnya tetep nikah kaaan… πŸ˜€

  5. Halo sis kamu bilang td beda kota dgn pasangan dan beda kota tempat nikah. Trus dikota tempat nikah boleh gak diurus surat nikahnya ? Contohnya sy (KTP medan) dan pasangan beda kota (KTP Batam). Tempat pemberkatan nikah kami juga beda di kabupaten Madiun. Mengurus surat nikah bolehkan di tempat pemberkatan(madiun) atau salah satu domisili pasangan (medan atau batam) ? Terima kasih.

    • Setahu saya bisa suni, tapi tetap mengurus juga di catatan sipil kota domisili kemudian dibuatkan surat pengantar dari catatan sipil kota domisili ke lokasi pencatatan sipil pernikahan…

      • update 2017 tidak bisa – barusan dari kantor catatan sipil surabaya, ktp kami berdua luar kota.

        tetapi untuk pencatatan sipil harus salah satu di kota bersangkutan tidak bisa pakai surat pengantar nikah untuk di catat di kota yang tidak sesuai dengan KTP pria maupun wanita.

  6. Halo, sis kalau kalau aku dan pasangan sama kota (ambon) tapi tempat nikah beda (bali) saya tinggal urus surat pengantar di kota domisili (ambon) aja ya?? dan untuk semua dokumen persyaratan nanti berikan ke kota tempat nikah (bali) ya??? soalx baru mau pengurusan sis.

    • Iya sist… Kayanya bisa juga tetep nikah di Bali dan pencatatannya di Ambon, cuma harus ada saksi, dll yang hadir pas pernikahan kamu di Bali yang jadi saksi pencatatan sipil di ambon. Cmiiw :

    • Wah, kasus-nya unik ya mbak… Better konsultasikan dengan catatan sipil nya mba… πŸ™‚

  7. Halo Nyonya,
    infonya sangat membantu, tapi saya mau tanya berapa lama nyonya ngurus atau proses di Kelurahan dan catatan sipilnya ?
    Karena saya kurang dari 3 bulan mau ngurus sebelum hari pernikahan.
    Thank you.
    Trevi

  8. Hi Nyonya,

    Maksud saya waktu Mba di Kelurahan dan Catatan sipil, mereka proses dokumen Mba berapa lama setelah dokumen Mba lengkap diterima mereka ?

    Thank you.
    Trevi

    • Kalau yang kelurahan, surat saya buat sendiri tinggal minta ttd sama minta nomor aja mbak, itu seharian, kelurahan kecil soalnya, diapalin aja kapan para petugasnya ada. Kalo yang di capil, surat2nya itu masukin dan ditinggal mba… berapa lama waktu itu ya, saya lupa-lupa ingat. Kalau tidak salah beberapa hari di capil suami baru jadi surat pengantarnya yang untuk ke capil kota saya. Baru saya urus surat di capil saya gitu. Dua minggu dari masukin di capil kota saya dapat sms konfirmasi. Kurang lebih demikian mbak…. Tapi setelah itu juga masih sering kontak2 ke capil mbak, untuk mastiin petugas yang akan datang di hari H ke gereja (karena pendeta kami bukan petugas pencatat nikah, jadi harus dari catatan sipil).

  9. terimakasih sharenya, jadi ada gambaran lengkap tentang berkas yg akan diurus… sangat bermanfaat,
    izin unduh M1 & M2 serta N1-N5 ,

  10. Hi Mba Emanuella,

    Terima kasih banget buat pencerahannya. Saya domisili Bekasi, calon domisili Bogor, dan berencana nikah di Bali. Karena wedding di Bali mahal2 kalo plus legal certificate, setelah baca blog mba sampe ke komen2nya, jadi terinspirasi buat nanya langsung ke dukcapil Bali.
    Saya donlot juga formnya.. hehehe..
    Btw, kalo nikahnya di Bali juga, barangkali ada tips2, boleh di share juga mba di blog.. atau saya belum liat krn belum menjelajah? hehehe.. terima kasiiihh sekali lagi mba..

    • Makasih sudah mampir mbaaa…
      Nikah di kampung sendiri saya mbak, jadi ga punya info gimana kalau di Bali πŸ™‚
      Betul betul kalo beda daerah dengan beda daerah better nanya langsung ke dukcapil mbaaa…
      Semoga lancar persiapannya yaa πŸ™‚

  11. mau tanya mbak, untuk fotocopy seperti :
    Foto Copy KTP (dilegalisir)
    Foto Copy Akta Kelahiran (dilegalisir)
    Foto Copy Kartu Keluarga
    Foto Copy Surat Nikah orang tua
    Foto Copy KTP 2 orang saksi

    masing2 berapa lembar ya? sebelumnya terima kasih atas infonya.

  12. Bu saya mau tanya..
    Saya sudah bikin e-ktp cuma blangko nya belum ada …tapi saya cuma dikasih RESI ktp nya doang….
    Yg saya permasalahin saya mao buka rekening tabungan baru dengan mengajukan resi ktp tapi ternyata tidak bisa dari pihak bank tersebut mengajukan dari CAPIL minta surat keterangan catatan cipil untuk sementara e-ktp yg dilampirkan foto saya ..terima kasih

  13. mau tanya nih, untuk Form N1 s/d N5 itu semua tinggal diprint dan di isi ya? apakah boleh ditulis tangan?
    mohon bantuannya ya, saya lagi kebingungan.

  14. Thank you so much for the information mba πŸ™‚ seneng banget ada yang share pengalaman2 seperti ini. Semoga tetap sehat dan tetap berkarya dalam kata2 sehingga makin banyak pengalaman2 hidup yang di share :). Sukses ya mba..

  15. Ijin sedot formulirny ya Nyonya…
    Saja juga LDR, tuan besar ada di Surabaya. Terima kasih Nyonya, salam kenal. God Bless You…

  16. Mbak.. Mau tanya, tau ga klo saksi nikah di catatan sipil boleh orang tua atau harus sodara aja ga boleh ortu?

    • Kalau saksi bukan orang tua mbak astrid, ortu sbg wali. Setahu saya saksi bisa saudara atau kerabat atau kolega yg bukan keluarga jg bisa mbak….

  17. Hallo MBA salam kenal saya natalia dan saya tahun ini rencana mau menikah di indonesia dengan Warga Negara Inggris. Saya mau tanya sebaiknya mulai proses tahap pertama sejak kapan ya? Karena calon suami kan tinggal di inggris dan hanya bisa tinggal kurang lebih 30 hari di indonesia.so pasti bakalan mepet semua. Kira2 mungkin gak ya kalau dikerjakan dalam waktu kurang dari sebulan?thanks sebelumnya

  18. wah mba makasih banyak ya untuk share post ini.
    pengen nanya apakah point keterangan imunisasi & keterangan sehat diwajibkan sekali (a.k.a kalo ga ada itu bisa jadi ditolak pengurusannya) ?
    aku kan beragama kristen. apakah ada surat yang harus dibawa dari gereja? atau seperti apakah?
    ada baiknya kah kita telfon ke orang catatan sipil dulu atau langsung datang saja?

    makasi mba πŸ™‚

    • Wajib kak, klo misalnya belum ada terus berkas sudah masuk biasanya diminta untuk disusulkan kak. Cmiiw, mgkin bisa beda kebijakan jg, klo di capil kota ku gtu.
      .
      Aku dulu cuma diminta data lokasi gereja dan nama pendeta yang akan memberkati kak. Ga pakai surat seingat saya….
      .
      Klo bisa telepon lebih enak mbak. Aku dulu mama yg lokasinya dekat capil yg datang dulu ke capil nanya2 dan infoin ke aku apa yg perlu di bawa. Mungkin hal tsb bisa digantikan dg telp ya….

  19. Alo Mba nyonya…
    Tolong bantu dong… Aq nikah bulan des 2016, aq ktp bekasi, istri KTP jayapura. Waktu itu Pak RT aq bilang atas dasar surat gereja bisa bikin akte capil. Ternyata setelah menikah, ga seperti itu prosedurnya. Harus ada N1,N2 dst…. Parahnya lagi KTP istri udah kadaluarsa. Please help…gimana cara bikin akte perkawinan capil? Ditunggu replynya ASAP

    • Setahu saya memang harus begitu kak prosedurnya, harus dg N1 dst, lalu mencatatkan ke capil dg tanda tangan saksi dan ortu yg hadir saat pernikahan. Jika ktp kadaluarsa, dikonsultasikan saja dg capilnya kak, apakah bs dg keterangan sementara ktp atau dg cara lain.

  20. Mba thank u yah utk infonya, mau nanya kalau urus ke capil tuh sebaiknya brp hari sebelum hari H yah, kita sih dikota yang sama jd skrg semua surat udh lengkap tp hari H tinggal 2 minggu lg. Kita sih gak akan undang org capil ke gereja pas pemberkatan utk ttd surat capil sih krn mau urus sendiri aja setelah nikah. Mohon bantuan pencerahannya & salam kenal ya Mba…

    • Sebulan gt uda cukup kali ya mbak klo sekota, lebih mudah bolak baliknya πŸ™‚

  21. Wah thank you Mbak, nemu ini langsung tersadar banyak pritilan administratif yang perlu disiapkan. Btw yang legalisir itu harus atau cukup copy saja ya?
    Ijin unduh berkas-berkas yang disini yaa..

  22. Misi kak mau tanya, boleh gak kalo cek kesehatan nya di lakukan di luarkota? Krn saya kerja di jakarta dan acara saya nanti di brebes jawa tengah, calon saya orang jawatimur sama2 domisili di jakarta, makasih salam kenal Ya 😊

    • Sama mbak, dulu saya nikah di Pati tapi kerja di jakarta. Cek kesehatannya saya di jakarta mbak…. πŸ™‚

  23. Mba mau tanya, apakah perlu legalisir ktp orang tua juga ? Dan saya ktp bekasi sdgkan cami ktp bandung, ingin menikah di bandung, apakah saya harus minta surat pengantar dr capil bekasi? Trims

    • KTP orang tua pas saya ngurus dulu ga perlu dilegalisir mbak….
      kalau surat pengantar berdasar pengalaman saya di atas perlu mbak….
      oiya, sharing saya ini tidak menggantikan konsultasi langsung dengan pihak capil daerah masing-masing yaa πŸ™‚

  24. Jadi gk bisa ya pencatan sipil kalau KTP pasangan baik suami dan istri berbeda kota dengan kota catatan sipilnya??

    • dulu bisa jadi kaya mengundang petugas catatan sipil di kota salah satu domisili KTP ke tempat pernikahan. Tapi sepertinya sekaang sudah ga bisa lagi ya ngundang2 gitu kata mama mertuaku, cmiiw, pengalaman adik iper. Jadi katanya bisanya nikah dulu di kota lain, baru nanti dicatatkan di kota domisili dengan bawa saksi dll. CMIIW yaaa…. untuk pastinya lebih baik kontak ke kantor catata sipil nya πŸ™‚

  25. Buka internet ternyata ketemu blog mu.hahaha
    Dan aku baru siap-siap kurang dari sebulaaannn…. omaygat

    • omaygaaaaatttt Fariz uda mau kewooonggg….. hihihi….
      itu aku lama, gara-gara persiapan pra nikah di gerejaku strict banget, soalnya dulu aku sama suami kan ga sidi di situ
      pendetanya juga baru jadi ga kenal, cuma kenal bapak ibu….
      jadi mau mastiin ni dua orang mau kawin uda bener kaga ya orangnya hehehe….
      btw, semoga artikelnya membantu, dan lancar-lancar ya bro…
      maap lama responnya, preian lebaran sik πŸ˜€
      happy dengernya πŸ™‚

  26. halo kak, salam kenal aku maria. blog nya bermanfaat banget kak. hehe
    aku rencana menikah bulan nopember tahun ini kak, ktp ku Sragen dan ktp calon suami jakarta. kami mau menikah di jakarta. Yang aku bingung kak, pengantar menikah itu dari capil sragen atau jakarta ya? jadi yg mana yg mesti dulu’an diurus kak capil nya?

    • titip nikahnya dai sragen mbak, aku dulu ngurusnya yang pengantar nikah (suami) dulu mbak….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *