Handbag dengan Simple Crochet

Handbag ala nyonya malas kali ini hanya bermodal crochet sederhana: single crochet ditambah sedikit double crochet. Hihihi, ga pake crochet dengan banyak gaya, bukan karena ga suka, tapi karena ga bisaaaa… Hahaha… Baru bisa beberapa hari diajarin temen kantor untuk ngerajut, dan langsung praktek bikin handbag ini. Pesan bijak dari Nyonyamalas: “Jangan pernah mengurungkan niat membuat sesuatu hanya karena kamu adalah first timer”. Sebagai pemula, wajar-wajar saja jika  masih ada kesalahan (mbleyot-mbleyot di sana sini) tapi rasanya puas banget loh bisa membuat handbag sendirii. Semoga postingan kali ini bisa bikin kamu semangat juga ya Nyaahhh…

***untuk yang belum pernah sama sekali, bisa klik si sini , sebuah blog tutorial crochet milik Annie yang sangat mudah diikuti.

 

Bahan:

Tali kur katun ukuran 3-4mm, saya beli di Cipadu sekilo @30.000, yang diperlukan: kurang lebih 2 ons saja

Handle tas dari kayu

Benang untuk mengikat handle (warna disesuaikan)

Alat:

Hakpen (saya menggunakan ukuran 6mm dan 5mm)

Jarum jahit

 

Cara membuat:

1. Sebelum membuat sesuatu, saya selalu membayangkan apa yang akan saya buat terlebih dahulu. Yang saya buat adalah handbag dengan bentuk dasar sebuah balok, maka saya membayangkan sebuah balok tanpa tutup, yang di sisi-sisinya memiliki handle. Jika balok dikupas sisinya maka akan tercipta suatu selimut dengan pola sbb:crochet11

 

Pada gambar, angka menggambarkanukuran berdasarkan jumlah tisikan yang akan saya buat dalam rajutan. Pada tahap ke 2, kita akan membuat persegi panjang yang pada foto di atas saya tandai dengan motif bintik-bintik. Baru kemudian di tahap berikutnya kita akan menambahkan “lidah” di atas dan bawah segi empat tersebut (lihat gambar).

2. Buat rajutan model rantai sebanyak 89 tisikan. Bagian ini akan menjadi bagian tepi samping tas (bukan bagian atas). Kemudian buat rajutan memanjang sesuai dengan selera. Panjang dari rajutan akan menjadi lebar tas. Sehingga akan menghasilkan suatu persegi panjang.

crochet1crochet2

Perhatian foto kedua (rajutan berbentuk persegi panjang). Dalam gambar tsb rantai 89 tisikan tadi akan menjadi sisi panjang. Jika diperhatikan lebih lanjut ada paper clips yang saya pasang di sisi rajutan tsb pada tisikan ke 37, dan 52. Bayang dua garis imagioner yang tercipta jika paper clip yang ada di sisi atas dihubungkan dengan paper clip yang ada di sisi atas. Jika garis imagioner tersebut sudah terbentuk dalam pikiranmu, maka kamu bisa membayangkan ada 3 segi empat. Bandingkan dengan sketsa yang saya buat di step 1. Sudah bisa dibayangkan kan ya akan seperti apa… 😉

3. Pada tahap ketiga ini kita akan membuat lidah untuk bagian atas dan bawah. Kita memulainya dengan membuat 37 tisikan rantai yang bermula di salah satu paper clip sbb:

crochet3

Buat rajutan dengan single crochet, memanjang (dan dikaitkan ke segi empat pertama) sampai ke lubang tempat paperclip berikutnya berada. Hasil rajutan akan membentuk lidah sbb:

crochet4

Lakukan untuk kedua sisinya. Bandingkan dengan sketsa yang pertama saya buat di tahap satu.

4. Langkah berikutnya adalah menempelkan lidah-lidah tersebut ke segi empat pertama sehingga membentuk balok tanpa tutup sbb:

crochet6crochet5

 

Untuk mengaitkan kedua bidang tersebut gunakan double crochet yang mengikat tiap-tiap lubang di sisi-sisi bidang. Buat rajutan tersebut mengelilingi bidang agar rapi.

5. Setelah terbentuk balok tanpa tutup, langkah berikutnya adalah membuat “lis” yang akan menjadi bagian mulut tas. Bagian ini dibuat dengan cara mengelilingi tepian balok tanpa tutup  dengan single crochet sebanyak 8-10 lapis. sbb:

crochet8

 

 

Agar mulut tas tidak menganga, lipat bagian sisi kiri dan kanan tas kebagian dalam dan buat lis-nya memutar, untuk lebih mudahnya lihat gambar sbb:

crochet12

Buat lis tersebut secara berkeliling sampai mulut tas menjadi rapi sbb:

crochet7

6. Tahap selanjutnya adalah memasang handle kayunya. Tinggal jahit aja dengan benang:

crochet9

Kepikiran untuk menghias lubang handlenya dengan manik-manik atau kancing logam yang antik. Nyonya-nyonya ada ide? 😀

7. Handbag siap dipakaaaaaaiiiiii… Taraaaaaaa…

crochet10

Salam!!! 🙂

crochet handbag

 

 

 

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

7 Comments

  1. Salam kenal 🙂 Kl liat dari postingannya, kamu kreatif banget deh… ^_^ dan hasil kreatifitasnya itu… bisa dijual… Coba saya yg bikin, pasti ancur berantakan

    • Makasi kak ria… Blm kpikiran buat dijual kak, karena fulltime kerja. Smg someday bisa buka olshop handmade, biar distalking sama riatumimomor.com. Hihihi…

  2. haishhh klo dunia benang, aku jadi inget adikku yg baru belajar kursus jait dan sukak posting diy kristik, aku share ah tutorialnya ke adikku

    salam kenal ya mbak

  3. Bagus banget itu hand bagnya. Lama saya ga ngerajut. Padahal dulu doyan juga 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *