DIY Tutorial Membuat Photo Magnet

Nyonya-nyonya punya foto-foto kece di Instagram? Tutorial photo magnet dibawah ini bisa menyulap foto Nyonya jadi magnet dalam waktu kurang dari 15 menit, loh. Magnetnya bisa dipakai sebagai tempelan kulkas atau tempelan CPU kantor. Saya sudah dari lama, mupeng banget bikin magnet kaya ginian, tapi terkendala cara ngeprint dari Instagramnya. Saya ga tau. Gaptek. Tambah lagi, malas ngeprint manual. Hehehe. Setelah tau cara yang gampang, langsung praktek deh. Gampang dan cepat banget ternyata. Hasilnya juga lumayan, seperti foto di bawah ini. Tentang cara print-nya bagaimana, nanti aku bahas setelah tutorialnya, ya….

Sebelumnya, saya mau cerita tentang foto yang saya pilih untuk dijadikan magnet. Foto yang saya pilih ada dua, yang pertama adalah foto waktu main Ancol bareng temen-temen dan yang satu foto-foto pas sebelum manggung tari kecak bareng rekan kantor. Kenapa saya milih dua foto ini, adalah karena saya mau kasih ke temen-temen yang ada di foto. Biar kalau mereka liat magnet ini nempel di kubikel mereka, mereka bisa senyum mengingat kenangan manis kami. Tsaaahhhh…

cara-mudah-membuat-magnet-foto-instagram

Oiya, selain foto, yang jadi kendala kedua adalah tentang ketersediaan magnet. “Belinya dimana?” Magnet yang saya pakai adalah magnet lembaran yang mudah dipotong. Jenis yang demikian lentur karena bahan magnetnya dicampur dengan rubber/ karet. Efeknya, teksturnya jadi lentur dan fleksibel. Namun kekuatan magnetnya jadi berkurang. Daya lekatnya lebih rendah dibandingkan dengan magnet metal lainnya yang relatif lebih keras. Untuk magnet foto sih masih oke. Saya belinya di Bukalapak (nama tokonya Plumeria Crafts). Dijual dan dikirim bentuk gulungan berwarna hitam, ukuran 60 cm x 30 cm, tebal 1 mm.

Untuk membuat 10 pcs saja, ukuran 60 cm x 30 cm tadi sisa banyaaaaaaakkkk…. Kemungkinan saya akan bikin pernak pernik menggunakan magnet lainnya. Ada ide?

tutorial-membuat-foto-magnet-dari-instagram

Alat dan Bahan: 

foto-magnet

Stiker Foto atau hasil print out foto

Magnet lembaran

Gunting/ Cutter

Penggaris

Cara Membuat:

1 . Tempelkan stiker pada magnet lembaran. Tempelkan mepet satu dengan yang lain, supaya bisa sekali potong dan proses merapikannya tidak perlu berulang kali.

peralatan-membuat-foto-magnet

2 . Potong-potong per foto. Saya lebih suka memotongnya dengan cutter. Gores batas antara dua stiker dengan sedikit tekanan. Dijamin sudah bisa terpotong. Jika Nyonya mau ekstra rapi, setelah dipotong engan cutter, bisa dirapikan menggunakan gunting untuk memotong sisi lengkungnya.

tutorial-foto-magnet-instagram

3 . Sudah dengan hanya dua langkah tadi stiker sudah jadiiiiii…. Waktu yang diperlukan tidak sampai 15 menit. Kurang lebih 10-15 menit lah…. Gampang banget kan ya? Tapi pasti Nyonya bertanya-tanya, itu jadiin foto Instagram jadi stikernya gimana? Canggih banget ni nyonyamalas. Iya kan iya kan iya kan? Hehehehe….

cara-membuat-magnet-foto-instagram

Ngeprint foto dari Instagram memang PR banget sih. Bikin 10 pcs magnet di atasnya si ga perlu waktu lama, tapi kalau ngeprintnya manual,  hmmmm, total pembuatannya bisa membengkak jadi jam-jaman. Karena harus screenshot fotonya dulu di Instagram atau file di PC, lalu ngeprint satu-satu. Kalau saya di sini, menggunakan bantuan situs pictalogi.com. Jadi dari instagram atau facebook, masuk ke aplikasi mereka dan tinggal klik klik pilih fotonya gitu. Khas banget nyonyamalas yak, maunya yang praktis-praktis. Trus nanti fotonya dikirim ke alamat kita.

Aplikasi ini saya suka banget, soalnya, selain saya memang males nyari dan ngotak-ngatik file foto,  ada beberapa keuntungan lainnya kalo saya langsung cetak di situs pictalogi dibanding dengan print manual:

  1. kualitas cetaknya lebih bagus,
  2. kualitas kertasnya juga lebih bagus,
  3. bisa langsung jadi stiker atau bentuk lain sesuai pilihan,
  4. prosesnya pemesanannya cepat, effort yang harus saya keluarkan sedikit.

foto-magnet-pictalogi

Kekurangannya cuma satu: harus bayar. Hihihi… Tapi worthy kok. Untuk satu paket foto ukuran 3×3 cm sebanyak 64 pcs itu harganya Rp 64.900,00. Hasilnya stiker yang tahan air gitu. Paket lainnya juga ada, kaya jadi kaya mini album, jadi kaya cetakan polaroid, jadi ministrip, poster, dll, nyonya bisa liat di situs pictalogi.com.

Cara Print Foto Instagram

Buat temen-temen yang belum familiar dengan pictalogi aku kasih gambaran bagaimana cara pesannya ya…

  1. Masuk / Login.Paling gampang masuk aja dengan akun Instagram (karena nanti foto-foto akan diunduh dari sini) atau dari facebook.
  2. Pilih produk pada halaman daftar produk, untuk stiker pilihlah mini sticker.
  3. Dari IG/ PB pilihlah foto yang diinginkan.
  4. Atur jumlah pesanan.
  5. Isi alamat pengiriman.
  6. Pembayaran. Oiyaaaaaa, aku punya voucher diskon 20% yang bisa nyonya pakai sd 15 Desember 2016. Kodenya EMANUELLA. Mayan! Bisa dipakai siapa aja loh….
  7. Konfirmasi pembayaran.
  8. Udah, tinggal tunggu pesanan diantar ke rumah.

Kalau nyonya ngikutin blog ini dari awal, mungkin inget saya pernah bikin artikel Tutorial Bikin Label Lucu dari Pas Foto, dengan cara ini nyonya bisa bikin label foto dengan lebih mudah. Pakai foto selfie! Atau bisa juga cetak foto bareng suami buat dijadiin scrap book yang romantis buat hadiah ulang tahun pernikahan. It’s up to you, depends on your imagination…. So lets make crafts!!!!

 

 

 

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

43 Comments

    • Hihihihi…. Iya juga yak, paling cepet nyampe besok atau lusa klo online 😀 sabar mbaaak…

  1. Wkwkkww, jangan bilang kekurangannya kudu bayar woii, nyonya XD
    Kalo gw sekantor ama lw, endes kali kita yakk, lw yang kreatif, gw yang nodong minta bikinin #di-geplak

    • Ga boleh ya, bilang kalo harus bayar hihihihi…. Maap maap….
      Gapapa tr gw nempel terus minta diajarin SEO ama sotosop…. 😛

    • whaiya ya kak, saya ga kepikiran malah buat dijual…. hihihihi :0 makasih idenya mbak…

  2. Waaah lucu banget. Aku juga kalau motong2 suka pakai cutter. Ini lagi cari cutter & tatakannya utk kain yang ada meterannya itu, mahal2 euy yg merk bagus. Punya vouchernya juga nggak? Heheheee…. Entah mengapa nggak bisa nggunting lurus meskipun sudah ditandai.

    • cuma punya voucher pictaloginya aja niiii hehehe… besop trakhir loh… 🙂
      haiyah, saya pake telenan dapur mbaaa hahaha

  3. sip nih idenya nyonya, bs tempelin disana dan disitu yak, plus magnetnya pakek foto qt lg, kn biasanya klok magnet2 yg di jual di toko2 tu gambar berbie, hehe, boleh dicoba nih

    • Kalau bisa nyari yang ukurannya lebih kecil mbaa…. Saya kemarin sedapatnya aja :). Kalao ada yg ukurannya lebih kecil lebih baik, biar sisa magnetnya ga kebanyakan 🙂

  4. Aww pictalogi is here 😀

    My favorite place to print photos. Tp belum sempet juga milihin foto mana yang mau di print.

  5. Iiiiih mauuuu… ini berapa lama gitu pesennya mba? Aku pengen banget nih bikin kayak gini, sampe2 postingan ini aku save buat ntar2 hihihihi

    • Duh maap, lupa aku berapa persisnnya, tapi ga sampai seminggu deh kayanya dari saya konfirmasi pembayaran…

  6. Weh jadinya keren banget. Ga mahal juga sih foto 64 biji seharga 65ribu. Langsung nyampe rumah pula ya 😁 bisa buat souvenir nikah ini, mba #ehhh 😂

  7. I love craftinnnggg. Oke ini tutorialnya memberi inspirasi buat sesuatu yang lain, huehuehuee. XD

    Oh ya mbak, harga magnet gulungannya berapa nih? Saya jadi pengen bikin jadinya.

    • Harganya 70 rbuan mbaak, tapi dapet lebar banget, lebih banyak kalo cuma dibuat yang artikel ini….
      Mungkin kalau di lapak lain bisa dapat yg lebih kecil ya mbak… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *