Review Happy Pregnancy, Buku Kehamilan dan Persalinan yang Menyenangkan (Giveaway Alert)

“Buku (Happy Pregnancy, Buku Kehamilan dan Persalinan) yang bagus untuk dibaca para perempuan yang akan menikah ataupun yang sedang hamil pertama, untuk menambah wawasan dan info seputar kehamilan”, dr. Muzayyanah, Sp.Og

.

(Pengumuman Giveaway ada di akhir artikel)

Yang pertama kali saya dan suami lakukan ketika tahu saya hamil adalah: bengong. Hehehe. Kehamilan saya yang sekarang sebenarnya adalah kehamilan yang kedua. Kehamilan yang pertama mengalami keguguran. Nah, yang membuat saya dan suami bengong adalah jarak dari keguguran dan kehamilan berikutnya yang begitu cepat. Satu siklus menstruasi terlewati dan saya tek dung lagi. Seems too good to be true….

Karena sempat mengalami keguguran kandungan, saya cenderung jadi bumil yang agak parno di awal kehamilan. Sedikit-sedikit khawatir, sedikit-sedikit googling cari referensi, sedikit-sedikit ke klinik. Sampai akhirnya dokter kandungan saya geleng-geleng karena saya percayaan banget dengan referensi hasi googling yang kadang bercampur dengan mitos yang membuat saya makin parno. Akhirny dokter menganjurkan saya untuk baca buku.

Sampai saat ini, ada 3 buku kehamilan dan persalinan yang saya baca. Satu buku yang isinya teknis banget (karena ternyata ditujukan untuk kuliah bidan, hahaha), yang satu isinya sharing pengalaman dan motivasi dan yang ketiga adalah buku Happy Pregnancy yang mau saya review di artikel ini.

review-buku-kehamilan-dan-persalinan

Identitas Buku

  • Judul Buku : Happy Pregnancy, Panduan Kehamilan dan Persalinan yang Menyenangkan
  • Penulis : Nana Aditya, S.Si
  • ISBN : 987-602-7572-73-7
  • Penerbit : Stiletto Book
  • Tanggal Terbit : November 2016
  • Harga : Rp 52.000,00
  • Pembelian: tersedia di toko buku per Desember 2016, atau pesan di Stiletto Book WA: 0896-3947-3397, BB: 7A920F5B, Line: Stiletto_Book, Email: orderbuku@stilettobook.com
  • Tebal : 202 halaman

Profil Penulis

Nana Aditya, S.Si adalah Sarjana lulusan Universitas Negeri Yogyakarta jurusan MIPA Biologi. Sebelum menulis buku ini, Mbak Nana pernah menulis buku Biologi untuk SMP/ MTs, beberapa buku pelajaran SMA dan buku soal akademik untuk masuk perguruan tinggi. Buku parenting-nya yang pertama adalah Handbook for New Mom dan buku Happy Pregnancy ini adalah buku parenting-nya yang kedua. Selain bekerja di sebuah lembaga pendidikan, Mbak Nana ngeblog juga loh dan aktif di komunitas RockingMama.

Isi

Buku ini berisi 11 Bab, aku spoiler-in gapapa ya, sebagai pertimbangan untuk yang butuh buku ini:

  1. Chapter 1: Fase awal tau hamil
  2. Chapter 2: Perkembangan janin 0-9 bulan
  3. Chapter 3: Masalah saat hamil dan cara mengatasinya
  4. Chapter 4: Serba-serbi ngidam
  5. Chapter 5: Kehamilan sehat
  6. Chapter 6: Mitos dan fakta tentang kehamilan
  7. Chappter 7: Peran calon ayah dan calon ibu
  8. Chapter 8: Cuti hamil dan melahirkan
  9. Chapter 9: Persiapan melahirkan
  10. Chapter 10: Melahirkan
  11. Chapter 11: Pasca Melahirkan

Hal pertama yang saya sukai dari buku ini, adalah buku ini sangat handy. Ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Kenapa poin ini penting, karena sebagai bumil yang kebanyakan acara, saya tidak selalu bisa baca buku di rumah. Ada kalanya perlu baca buku saat menanti kendaraan atau menunggu aktivitas lain. Hal kedua mengapa poin ini penting buat saya, adalah adanya kemungkinan saya melahirkan di luar kota. Buku panduan kehamilan dan persalinan yang tidak menuh-menuhin tas, sangat saya perlukan. Kalaupun saya melahirkan di klinik dekat rumah, ga mungkin juga kan saya bawa buku segede ensiklopedia untuk saya baca pas nunggu tibanya masa persalinan.

Poin kedua yang saya suka adalah, buku ini isinya compact. Padat dan sederhana. Memang ada dua tipe buku yang kita perlukan saat kita butuh informasi. Buku yang umum dan menggambarkan sesuatu secara sederhana namun utuh. Atau buku yang detail. Untuk buku Happy Pregnancy ini saya kira masuk ke tipe yang pertama. Sebagai ibu hamil yang awam, saya better baca buku seperti ini, karena bahasanya saya ngerti. Hehehe… Menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari yang mudah dicerna. Sehingga saya bisa langsung membandingkannya dengan yang saya alami saat itu. Hal ini juga bisa jadi trigger pertanyaan saya lebih lanjut ketika cek di klinik. Penjelasan ilmiah dan teknisnya biar dokter yang memberikan. Kalo terlalu sophisticated trus sayanya kaga paham percuma juga kan yak….

Bab favorit saya adalah Chapter 3 tentang masalah saat hamil dan cara mengatasinya, Chapter 9 tentang persiapan melahirkan (ada list barang yang harus dipersiapkan!! I love list!!!) dan Chapter 11 tentang pasca melahirkan. Chapter 10 tentang melahirkkan juga dibahas dengan sangat baik tahapan per tahapan kelahiran. Bab tersebut paling sering saya ulangi, namun tidak jadi yang favorit soalnya bikin saya merinding disko setiap bacanya. Hahaha… Ini mah sayanya aja kali ya yang nervous….

Giveaway

Nhaini, saya bersyukur banget Stiletto Book mau jadi sponsor nyonyamalas.com bagiin buku yang bermanfaat banget ini. Thanks Stiletto Book!!!!Tersedia dua buah buku untuk dua orang pemenang (masing-masing mendapatkan satu) untuk periode Giveaway tanggal 24 – 27 Desember 2016. Pengumuman pemenang pada tanggal 28 Desember 2016. Pemenang akan kami hubungi, dan buku akan dikirimkan langsung oleh pihak Stiletto Book.

Caranya gampang:

  • Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar postingan ini, dan jangan lupa sebutkan nama, akun IG dan twitter kalian, ya 🙂 Pertanyaannya:  “Apa sih yang terlintas di benak kalian ketika melihat atau bertemu seorang perempuan yang sedang hamil besar?”

Contoh jawaban: Kalau ketemu ibu hamil besar saya jadi pengen nraktir makan deh! ( Emanuella, IG @nyonyamalas, twitter @nyonyamalas)

  • Follow Twitter @Stiletto_Book dan Twitter saya (@nyonyamalas)
  • Like Fanpage Stiletto Book atau follow akun IG Stiletto Book (boleh pilih salah satu)
  • Share foto banner giveaway ini di media sosial (twitter atau IG) kalian masing-masing dengan mention Stiletto Book dan saya (twitter atau IG @nyonyamalas), dan jangan lupa kasih hashtag #HappyPregnancy ya!

happy-pregnancy

Yang ikut boleh siapa aja loh, ga harus ibu hamil, bahkan ga harus perempuaaaaannn!!! Tapi yang pasti harus ada di wilayah Indonesia ya…. 🙂

Gampang banget, kan syaratnya? Saya tunggu jawabannya sampai tanggal 27 Desember 2016, ya 🙂 Salam!

Edited:

Pengumuman Giveaway #HappyPregnancy

28 Desember 2016

Terimakasih kepada semua Nyonya yang sudah ikutan Giveaway ini. Adapun pemenangnya adalah Mbak Intan Novriza Kamala (@inokari_) dan Mbak Damarojat (@diahdwiarti). Hadiah akan dikirimkan oleh Stiletto Book langsung, untuk itu saya mohon untuk mengirimkan Nama Penerima, Alamat Pengiriman dan No HP ke Direct Message Instagram akun @nyonyamalas. Semoga hadiahnya bermanfaat 🙂

img_5766

 

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

24 Comments

  1. Halo mbak, akhirnya Giveawanya mulai. 😁😁

    Kalau aku, yang pertama kali aku lakukan saat ketemu ibu hamil besar adalah aku ajak makan sambil tanya-tanya gimana rasanya hamil besar?, persiapannya udah apa aja menjelang kelahiran dan satu pertanyaan ampuhku ialah dulu promil apa sih? Aku mau coba juga siapa tau aja cocok ke aku lalu nyusul tek dung juga. 😀

    (Riska Ngilan, IG : @riskangilan, Twitter : @RiskaNgilan)

  2. Ikutan ya bu Ella.. Hihi

    Kalo aku ngeliat ibu hamil besar, yg terlintas di pikiran pertama kali adalah: berat yaa. Haha
    Apalagi sekarang sejak jadi roker jadi sering ngeliat ibu hamil yg jalannya udah beraat banget, tapi masih ngantor, atau desek2an di kereta. Semoga fasilitas, transportasi umum, dan penggunanya di negara kita semakin ramah sama ibu hamil, baik yg masih kecil maupun yg udah gede. Aamiin!! 😀

    (Arifatul karimah, IG: @ifazzura, Twitter: @iphaa)

  3. Salam kenal mbak,
    Makasih udah review buku saya yaa….semoga bermanfaat saat menghadapi kehamilan dan persiapan melahirkan….

    Salam,
    Nana Aditya

  4. Kalau aku liat bumil uda gese perutnya biasana aku kepo langsung nanyain mba kapan HPL’nya?oiya JK-nya gimana?uda keliatan?uda siap2 dun berarti?saku doakan y mba lancar, sehat selamat ibu n debaynya aamiin 🙂

    (herva yulyanti, IG @hervayulyanti Twtter : @hervayulyanti

  5. Kalau ketemu ibu hamil besar saya jadi berempati, apalagi saya pernah ngerasain hamil gede, ngerasain gimana susahnya jalan dengan perut besar, gimana susahnya bangun tidur, duduk dan semua aktivitas lainnya saat hamil besar. Karenanya, kalau bisa saya mau sedikit meringankan bebannya bila bertemu dengan bumil perut besar di tempat umum, seperti nawarin tempat duduk, bantuin bawa barangnya atau hal yang simpel lainnya. Tapi untuk saat ini saya cuma bisa sebatas berempati aja dan berdo’a orang lain juga mau melakukan hal yang sama, lah soalnya saya sendiri perutnya masih gede, alias lagi hamil besar, haha.( Julia, IG @juliaamrih, twitter @juliaamrih)

  6. Ketemu ibu hamil besar itu kelihatan seksii banget.. strong woman! hehe gara-gara pengen kelihatan seksi (hamil besar), sempat galau nikah 2 bulan belum juga hamil, sempet ngasih suami asupan toge, semangka, dan lain-lain yang konon katanya bisa bikin hamil.. hahaha sekarang sie sudah ada jagoanku yang super duper aktif, jadi kalo ketemu saya bumil, ingat kenangan perjuangan kepengen hamil dulu sambil ketawa ketiwi.. hehe

    (Annisa RF, IG @nisafilard, twitter @nisafilard)

  7. yang terlintas di benak saya ketika bertemu ibu yang sedang hamil besar:

    wogh, engap ga yah? sesak ga ya nafasnya? cape ga ya bawa perut besar kemana2? apalagi kalo naik tangga coba 😀 lalu mengira2 usia kandungannya sudah berapa bulan.. kalau ada kesempatan, bertanya langsung, “waa, perutnya sudah besar ya, sudah berapa bulan bu?” 🙂 kalau tanggapannya positif, lanjut chit chat.. dan bilang “boleh pegang ga bu?” hahaha :))

    (cifer, ig: @cicifera, twitter: @cicifera)

  8. Uwoow…
    Semoga dapet bukunya 😍 penasaran sama list-nya!^^

    Jujur, kalo ketemu ibu-ibu yang lagi hamil gede, bawaannya pengen elus-elus perutnya. Trus, minta dielus juga perutku biar ketularan. Hehee. Aaamin.
    (Alma Wahdie, IG/Twitter: @almawahdie)

  9. Ella, aku iktan ngeramain GA-mu ya sambil silaturahmi sama Nyonya Malas

    Kalau aku yang terlintas saat melihat orang hamil besar kayak kamu adalah: PENGEN (pengennya aku juga sambil remas dan buang Viagra yang direkomendasikan dokter beberapa bulan ini soalnya sebutirnya harganya mahal, asli bikin kantong jebol, haha cuma harus nurut biar bisa hamil). Trus bilang dalam hati “Aku kapan ya bisa hamil sampai sebesar ini?”. Akhirnya sekarang bisa bilang kata ‘pengen’ lagi setelah kemarin-kemarin trauma karena hamilnya nggak pernah berakhir dengan happy ending. Trus kalo ketemu orang hamil besar apalagi yang kayak kamu masih suka aktif kesana kemari aku jadi suka tanya banyak hal soal kehamilannya dan membayangkan kalau hamil pengen bisa kesana-kemari juga. Soalnya, ntar kalo hamil pasti aku akan dikerem di rumah mengingat punya riwayat obstetrik yang buruk, huhuhu.

    (Ratna Dewi, IG : @ratnadewime, Twitter : @ratnadewime)

  10. Jadi pengen baca bukunya, jadi pengen hamil lagi #ehh

    Sekarang klo ketemu Buibu yg lagi hamil besar saya gak bs tahan utk gak megang perut buncit nan seksinya itu. Menurutku orang hamil itu seksiiih perutnya 😀 saya pegang perutnya sambil elus2, trus ajak si Ibu ngobrol, tanya HPL dan sering nebak2 jenis kelamin si Dedek inside 🙂

    Jadi pengen deh hamil lagi tp msh merasa blm siap klo hamil lg dlm waktu dekat, hehehe.

    Diah (IG: @diahalsa || Twitter: @diahalsa )

  11. Jadi pengen baca bukunya, jadi pengen hamil lagi #ehh

    Sekarang klo ketemu Buibu yg lagi hamil besar saya gak bs tahan utk gak megang perut buncit nan seksinya itu. Menurutku orang hamil itu seksiiih perutnya 😀 saya pegang perutnya sambil elus2, trus ajak si Ibu ngobrol, tanya HPL dan sering nebak2 jenis kelamin si Dedek inside 🙂

    Jadi pengen deh hamil lagi tp msh merasa blm siap klo hamil lg dlm waktu dekat, hehehe.

    Diah (IG: @diahalsa || Twitter: @diahalsa)

  12. aku belum nikah mbak, tapi tertarik membaca tentang masalah-masalah parenting dan berbau kaya gitu. Persiapan. Makasih saran bukunya mbak 😉 pengen ikutan giveawaynyaaa.

  13. Ikutan juga.. Semoga dapat bukunya 😍😍
    Kalau dulu sebelum hamil pas liat ibu2 hamil gede itu perasaan strong woman banget apalagi sambil diajak jalan2 ke mana2. Berasaa pengeen juga ngerasain bagaimana tuch beratnya bawa dede yg ada dlm perut.
    Tapi kalau sekarang berhubung sedang hamil juga (hamil muda 😊) jadi kalau liat ibu2 hamil gede bawaannya mau sharing, pengen cepet segede itu juga, ngobrol dkit sekadar basabasi gthu nanyain seputar kehamilan, elus2 perutnya trus sambil nyemangatin dech semoga lahirannya nanti lancar. Aamiiin.
    Atik Rahmaniyar (IG: @atira18, twitter: @aTira18)

  14. Yang jelas mau tanya, “Udah berapa bulan mbak/bu?”

    Apalagi kalo udah kelihatan ‘turun’ banget perutnya, aduh serasa mau ikut megangin tuh perut. Buntutnya nanya, “HPL kapan?”

    Kalo ngebayangin diri sendiri dalam posisi itu sih pinginnya dipijitin kaki n punggungnya deh. Haha… saya masih 5 bulanan lagi deh di posisi itu insya Alloh.

    Selamat menyambut kehadiran buah hati y mbak.

    IG & twitter-nya sama: @diahdwiarti

  15. Ikutan ya Nya. Masih gadis nih, lagi nunggu dilamar *eaah. Hitung-hitung nambah bekal kalo nanti udah nikah dan hamil 😀

    “Apa sih yang terlintas di benak kalian ketika melihat atau bertemu seorang perempuan yang sedang hamil besar?”

    1. Pengen bantuin.

    Bantuin apa aja. Karena bagi perempuan yang lagi hamil besar banyak banget pantangan hidup. Misalnya gak boleh membungkuk terlalu ke bawah, gak boleh ambil barang yang terlalu tinggi, gak boleh bawa barang berat, dan lain-lain. Jadi kalo lagi lihat bumil, bawaannya pengen nyuruh bumil itu duduk manis aja. Kasian. Perutnya udah berat, jalan susah, badan gak enak. Huhu

    Jadi wajar yess, kalo cuti hamil pekerja kantoran itu lamaaa banget. Biar bumilnya bisa total istirahat!

    2. Pengen kasih makanan (yang bergizi pastinya)

    Karena buat bumil apalagi yang hamilnya udah gede, penting banget buat makan makanan penuh nutrisi dan bergizi tinggi. Tujuannya ya agar pencernaan lancar, terus kondisi fisik juga terjaga.

    Kasih camilan boleh kali ya?

    Umm.. buah-buahan segar atau biskuit yang sehat, kayaknya boleh lah ya!

    3. Pengen ngadoin flat shoes.

    Haha. ini pengalaman banget waktu ngelihat senior aku di kantor yang tek dung gede, tapi masih nekat aja pake heels. Alamak. Ngilu lihatnya. Rasanya pengen tak beliin sendal teplek aja gitu biar aman.

    Nama : Intan Novriza Kamala Sari
    IG dan twitter : @inokari_

  16. hahahaha tetep ya googling pun eggak selalu diiyakan gitu jah! hadoh… ikutan gak ya.. belom hamil.. (((kayak udah pasti menag aja hahahahha)))

  17. Woah, bisa ditambahin ke wishlist nih :D,

    Bukunya dr. Dian Indah Permana juga bagus tuh buat bumil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *