Tips Berwisata ke Taman Safari Cisarua Bogor

Taman Safari Cisarua merupakan salah satu tempat rekreasi favorit yang sering dipilih untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Di taman ini, setidaknya ada sekitar 2500 satwa dari berbagai penjuru dunia yang bisa teman-teman lihat dengan berkeliling menggunakan mobil atau bus yang disediakan pihak pengelola. Selain bisa berinteraksi langsung dengan satwa, teman-teman juga bisa melihat pertunjukan dan mengajak anak-anak bermain di sejumlah wahana permainan yang disediakan. Pastinya, semua keseruan yang dihadirkan taman safari akan memberikan pengalaman liburan keluarga yang tidak akan terlupakan.

Nah, agar liburan kamu semakin menyenangkan, simak tips-tips berwisata ke Taman Safari Cisarua berikut.

1 . Berangkat Sehari Sebelumnya

tips 1Source: Taman Safari Indonesia

Taman Safari Cisarua berada di kawasan Puncak yang sangat terkenal dengan kemacetannya, terlebih saat akhir pekan dan hari libur nasional. Jika teman-teman tidak berangkat pagi, siap-siap saja mengalami jadwal buka tutup lalu lintas pada jalur yang menuju ke Puncak.

Agar tidak terjebak kemacetan, sebaiknya kamu berangkat sehari sebelum akhir pekan atau long weekend. Soal penginapan, teman-teman tidak perlu khawatir. Kamu bisa menemukan banyak hotel dekat taman safari yang nyaman dan terjangkau di link ini.

2 . Datang Lebih Pagi

tips 2Source: satujam.com

Kenapa harus datang lebih pagi? Karena, di pagi hari, kamu bisa melihat hewan-hewan di taman safari ini sedang makan. Jika datang kesiangan, biasanya hewan-hewan tersebut sudah malas dan kebanyakan malah tidur. Selain itu, dengan datang pagi, semua jadwal pertunjukan tentu tidak akan terlewatkan.

Nah, salah satu keuntungan jika Anda berangkat sehari sebelumnya dan menginap di hotel dekat taman safari adalah kamu bisa datang ke lokasi wisata di pagi hari tanpa harus terjebak kemacetan. Taman safari ini sudah dibuka dari jam 09.00 WIB.

3 . Bawa Uang Tunai

tips 3Source: Darmawan Aji – flickr.com

Untuk membeli tiket masuk taman safari, sebaiknya Anda membawa uang tunai yang cukup, karena loket pembelian tidak menerima pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit. Harga tiket masuk taman safari sebesar Rp150.000,00 untuk dewasa (lebih dari 6 tahun) dan Rp140.000,00 untuk anak-anak. Jika membawa mobil, tambahan biaya masuknya sebesar Rp15.000,00.

4 . Bawa Payung atau Jas Hujan

tips 4Source: Flickr Hive Mind

Lebih baik teman-teman membawa payung dan jas hujan dari rumah, karena jika membeli di kawasan taman safari, harganya cukup mahal. Pastikan kamu tidak lupa membawa perlengkapan ini jika berkunjung ke taman safari saat musim hujan.

5 . Bawa Kamera

tips 5Source: April Killingsworth – flickr.com

Agar pengalaman liburan bersama keluarga terdokumentasi dengan baik, jangan sampai kamu lupa membawa kamera. Pastikan juga baterai kamera terisi penuh agar kamu tidak kehabisan baterai sebelum perjalanan liburan berakhir.

Related Post: 10 Tips Foto Produk yang Instagramable

6 . Beli Sayur untuk Memberi Makan Hewan

tips 6Source: Hello BOGOR

Sebelum masuk ke taman safari, jangan lupa membeli sayuran untuk memberi makan hewan. Saat melewati area hewan herbivor, teman-teman akan diperkenankan untuk membuka jendela mobil dan memberi makan hewan-hewan tersebut dari dalam kendaraan.

7 . Nikmati Semua Pertunjukan dan Wahana

tis 7Source: Taman Safari Indonesia

Setelah kurang lebih 45 menit berkeliling taman safari menggunakan mobil, keseruan akan berlanjut dengan berbagai pertunjukan dan atraksi yang menarik. Pada pukul 11.30 WIB, pertunjukan akan dimulai dengan Atraksi Gajah. Kemudian dilanjutkan dengan Tiger Show, Birds of Prey , Dolphin Show, Sea Lions, Cowboy Show, Globe of Death, hingga pertunjukan terakhir yaitu Safari Theater.

Selain pertunjukan-pertunjukan tersebut, taman safari juga menghadirkan wahana-wahana lain yang tidak kalah menarik. Kamu bisa berinteraksi dengan bayi-bayi satwa yang lucu di Baby Zoo. Jika ingin berfoto bersama binatang juga bisa. Dengan membayar Rp10.000,00 per orang, teman-teman bisa memilih berfoto dengan bayi singa, bayi macan tutul, bayi orang utan, bayi harimau putih, atau yang lebih ekstrem, dengan harimau Sumatera berukuran besar. Tidak perlu takut, karena kamu akan ditemani pawang tentunya.

Masih di kawasan Baby Zoo, sempatkan juga untuk melihat koleksi unggas di Bird Aviary. Di area ini, ada lebih dari 1000 burung yang terdiri dari 90 spesies bebas beterbangan.

8 . Ikuti Keseruan Safari Malam

tips 8Source: Taman Safari Indonesia

Ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam menjelajahi taman safari? Ikuti keseruan Safari Malam!

Safari Night atau Safari Malam ini biasanya hanya diadakan tiap akhir pekan saja, yaitu pada Sabtu dan Minggu malam. Namun, saat libur panjang, Taman Safari Cisarua biasanya akan mengadakannya setiap hari. Harga tiket masuknya sama dengan Safari Siang, yaitu sebesar Rp150.000,00 untuk dewasa dan Rp140.000,00 untuk anak-anak.

Dimulai pada pukul 18.30 WIB, kamu akan diajak berkeliling taman safari menggunakan kereta wisata terbuka selama kurang lebih 2 jam. Kereta akan melalui zona hewan herbivor hingga zona hewan karnivora yang menghadirkan suasana mencekam. Setelah itu, Safari Malam akan ditutup dengan pertunjukan Fire Dance yang ditampilkan oleh penari-penari profesional.

Nah, itulah beberapa tips berlibur ke Taman Safari Cisarua. Bagi Anda yang berencana menginap di hotel dekat Taman Safari, jangan lupa untuk memesannya jauh-jauh hari, ya. Oiya untuk yang mau belanja oleh-oleh bisa juga mampir ke postinganku sebelumnya di sini: oleh-oleh khas Bogor. Selamat berwisata! 🙂

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *