Jus Pare sebagai ASI Booster Alami

Seperti yang saya ceritakan di artikel 8-si Sukses Menyusui dengan ASI, pas ASI saya seret, para mahmud di kantor (namanya geng The Tantes) menyarankan saya untuk minum jus pare sebagai booster ASI alami. Kurang lebih ada tiga orang yang sudah mencoba jus pare tersebut dan berhasil meningkatkan produksi ASInya. Dua di antaranya bos bos. Saya jadi pengen nyoba juga lah, like a boss….

Pare atau nama latinnya Momordica charantina L, punya banyak nama yang berbeda di daerah-daerah di Indonesia. Bagi yang tidak familiar dengan nama pare mungkin mengenalnya dengan nama paria, papare, fori, pepare, kambeh, paya, truwuk, paitap, poya, pudu, pentu atau palia. Jenis pare yang saya gunakan dalam resep kali ini adalah pare gajih. Pare ini biasa dijual di pasar atau supermarket sebagai sayuran sehari-hari, warnanya hijau kadang ada semu putihnya.

jus pare asi booster

Setelah minum jus pare, baru sekali minum, hasilnya memang terasa. Dengan asupan makanan lain yang baik tentunya, ASI jadi lancar jaya. Hanya memang saya tidak bisa bilang jus ini rasanya enak. Mbak Hestin, anggota The Tantes yang pertama merekomendasikan jus ini, bilang rasa pahit pare bisa dinetralisir pakai melon yang manis. Tapi rasa-rasanya melon semanis madu pun bakal KO lawan pahit getirnya pare. Pare mungkin cuma bisa dikalahin sama manisnya cinta pertama. Tapi cinta pertama saya pahit juga sih. Jadi sudahlah. *abaikan*

Namun, berhubung tokcer untuk melancarkan ASI, saya tetep lanjut bikin dan minum jus ini. Semangat lapan enam lapan enam, Sodara! Maju terus pantang mundur. Di laut kita jaya! Oiya, saya minum jus ini paling dua hari sekali atau tiga hari sekali. Karena pas saya gugling, pare bisa menurunkan kadar gula darah hingga menimbulkan kondisi hipoglikemia. Berhubung saya orangnya lemesan, jadinya ga berani minum terlalu sering. Takut makin lemes dan ngantukan. Info yang saya dapat dari blog herbalku.com, pare bisa menurunkan kadar gula dalam darah karena mengandung senyawa charantin, yakni peptida yang menyerupai insulin dan alkaloid.

Satu lagi yang paling penting, jus pare ini sebaiknya diminum sebagai ASI booster pada saat setelah melahirkan ya Nyonya-nyonya. Karena di dalam buah pare terdapat zat yang bisa membahayakan kehamilan. Jadi konsumsi jus pare saat hamil untuk persiapan ASI tidak dianjurkan.

Nyonyah-nyonyah yang mau mengonsumsi jus ini, sesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing aja ya….  Berikutadalah bahan dan cara pembuatannya….

bahan jus pare asi booster

Bahan:

Satu buah Pare (mentah) ukuran kecil, atau setengah pare ukuran normal.

Satu juring Melon. Satu juring = satu ukuran buah potong yang dijual mamang penjual buah potong dalam gerobak dorong.

Air matang setengah gelas (kurang lebih setengah Aqua gelas).

Perhatian: jus ini TIDAK pakai gula.

Cara membuat:

1 . Potong-potong Pare dan melon, setelah dicuci bersih. Jangan lupa membuang isi pare dan melonnya terlebih dulu ya.

2 . Blender sampai halus. Tambahkan air jika perlu.

3 . Sajikan tanpa disaring.

minum jus pare asi booster

Pengalaman saya pertama minum, rasanya menderita banget. PAHIT. Secara saya memang ga terlalu suka yang pahit-pahit. Penderitaan saya ditambah dengan tersedak ampas jus. Hahaha. Jus ini memang afdolnya diminum se-ampas-ampasnya. Jadi tidak disaring. Jadi pastikan ketika mblender sampai halus ya. Jangan sampai keselek kaya saya. Tapi tenang saja, makin ke sini, makin sering minum jus pare. Rasa pahitnya mulai tak terasa. Mungkin karena jenis pare yang dipakai lebih muda, jadi lebih tidak pahit dari yang sebelumnya. Atau mungkin lidah saya yang mulai kebal.

Bagaimana dengan Nyonya-nyonya? Share dong makanan/ minuman apa yang biasanya diminum saat meyusui dan bikin ASI lancar….

Untuk yg merasa artikel ini bermanfaat, feel free untuk share di medsos ya…. Terimakasih.

pare sebaga asi booster alami

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

9 Comments

  1. Basicnya aja aku udah ga suka pare, pasti aku udah kabur kalo ditantang minum ini >< kalo tambah madu ngga bole ya mba? kan alami tuh (eh tapi madu asli kan asem yak)

    Semangat ya mba ella!

    • Boleh kali ya mbaaa 😀
      atau kalo engga, minum sambil tahan napas sekali tenggak
      habis itu biar ilang paitnya bru makan madunya 😀

  2. Salut deh sama perjuangannya Nyonyamalas…aku nda ngebayangin rasa pahitnya itu, tapi jadi penasaran pengen nyobain mix stroberi hehe, Semangat NgASI nya ya mak, smoga lancar dan sehat selalu.

  3. aku suka pare kalo di goreng pake teri dan sambal mbak wkwkkwkw..duhh kalo di jus ga tahan..aku darah rendah juga sih mungkin ga boleh sering2..pahitnya pare hanya bisa dikalahkan oleh cinta pertama..hehehhe

  4. Aku pernah bangeeet bikin jus pare kayak gini mba waktu masih ngASI anak pertama. Dan cuma sekali abis itu gak mau lagiii.. ahahaha 😀 Paitnya gila bangets yak, secara aku juga gak doyan pare.. hahaha tersiksaaa…

  5. Thanks for sharing nyonya malas, demi anak saya siap minum jus pare, semangat!! Di laut kita jaya! 😆😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *