Review The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter

Produk The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter ini saya beli di awal tahun 2016, dan baru mulai saya pakai di akhir tahun 2016. Saya sukaaaaa produk ini karena selain membersihkan dengan optimal, rasanya juga lembut dan nyaman di kulit. Saya baru kepikiran untuk bikin reviewnya setelah baca artikel Female Daily kalau produk ini termasuk salah satu dari tiga produk first cleanser bagus terfavorit tahun 2016. Karena di FD belum ada reviewnya, saya harap review ini akan bermanfaat untuk yang penasaran dengan produk ini.

the body shop camomile sumptuous cleansing butter 1

Keterangan Produk

Produk Camomile Sumptuous Cleansing Butter ini merupakan produk dari brand tersohor The Body Shop. Walaupun ada embel-embel butter, teksturnya tidak seperti body butter-nya TBS. Bentuknya malah seperti lilin, yang uniknya akan meleleh ketika kita oleskan di wajah. Lumer bersama makeup dan kotoran di wajah. Saat lumer ini teksturnya seperti butter (bukan body butter, tapi butter beneran yang biasa dimakan). Wanginya lembut dan cukup bikin rileks.

Kemasan:

Menggunakan jar gepeng dari alumunium dengan ukuran 90 ml. Produk ini tidak menyediakan spatula dalam kemasan, untuk itu saya menyarankan untuk menyediakan sendok kecil atau menggunakan stik eskrim saat mengambil produk dari jar-nya tetap higienis. Saya pernah menggunakan tangan, dan mengambil kedua kali dengan tangan, dan jadi disaster. Hehehe, beberapa bagian lumer dan jadi kelihatan kotor. Sayanya ceroboh sih T.T

the body shop camomile sumptuous cleansing butter 2

Formula:

Ethylhexyl Palmitate (Skin Conditioning Agent), Synthetic Wax (Binder/Emollient), PEG-20 Glyceryl Triisostearate (Skin Conditioning Agent), Olea Europaea Fruit Oil/Olea Europaea (Olive) Fruit Oil (Emollient), Butyrospermum Parkii Butter/Butyrospermum Parkii (Shea) Butter (Skin Conditioning Agent – Emollient), Caprylyl Glycol (Skin Conditioning Agent), Tocopherol (Antioxidant), Parfum/Fragrance (Fragrance), Aqua/Water (Solvent/Diluent), Linalool (Fragrance Ingredient), Limonene (Fragrance Ingredient), Helianthus Annuus Seed Oil/Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil (Emollient), Anthemis Nobilis Flower Extract (Natural Additive), Citric Acid (pH Adjuster).

FYI, kalau teman-teman penasaran nyari bahan camomile di daftar ingredientsnya, anthemis nobilis flower extract yang disebutkan kedua dari terakhir itulah camomile. Yang patut digaris bawahi: produk ini bebas mineral oil dan paraben.

Kegunaaan dan Anjuran Pemakaian:

Web TBS menyatakan bahwa produk ini ditujukan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif dan pengguna soft lenses. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil produk kurang lebih sebanyak satu ruas jari kelingking dan meratakannya di wajah yang kering (ber-make up maupun tidak). Setelah diratakan di wajah, maka tekstur produk yang awalnya seperti lilin akan berubah menjadi butter. Bersihkan dengan air hangat atau dengan wash lap untuk hasil yang lebih baik.

Saat meratakan produk di wajah, saya suka sambil dipijat lembut. Rasanya rileks dan enak banget, karena wanginya yang lembut dan tidak menyengat. Namun, jika digunakan untuk membersihkan make-up, sebaiknya dilakukan dengan cepat jangan sampai butter yang telah bercampur dengan make up mengering lagi di wajah. Kan malah jadi cemong, hehehe. Untuk yang suka double cleansing, produk ini bisa dijadikan first cleanser.

Results:

Kulit saya bertipe kombinasi. Secara umum saya puas dengan produk ini, karena tidak membuat kulit saya yang kering semakin kering dan daerah T yang berminyak pun tidak semakin berminyak. TBS tidak mengklaim bahwa produk ini bisa digunakan untuk membersihkan make up waterproof, namun beberapa review menyatakan bisa, dan memang benar. Saya mencoba membersihkan maskara waterproof dengan produk ini dan hasilnya sbb:

the body shop camomile sumptuous cleansing butter 3

Pros and Cons:

Pros: Membersihkan dengan baik, produknya lembut cocok untuk kulit saya yang bertipe kombinasi dan cenderung sensitif, bisa membersihkan make up waterproof, wanginya enak.

Cons: Kurang cocok digunakan saat travelling karena harus sedia air hangat atau washlap, kemasannya tidak menyertakan spatula, harganya cukup pricey untuk produk cleansing.

Related article : Produk first cleanser lain yang pernah aku review adalah Garnier Micellar Water.

Rating: 4/5

Repurchase? No.

Availability & Where to Buy:

Counter TBS, website TBS. Aku sendiri membelinya di counter warehouse The Body Shop yang letaknya di Bintaro, karena di situ sering banget ada diskon yang lebih gede dari counter lain. Hehehe. Hidup diskon!

Harga:

Saya cukup lama belinya, jadi harga di kemasan masih harga lama yaitu Rp 139.000,00. Saya membelinya saat diskon kurang lebih 30% jadi harganya sekitar Rp 97.000,00. Kalau tidak salah harga-nya sekarang adalah Rp 199.000,00 untuk ukuran 90ml.

Kalau produk cleansing kamu apa? Boleh dong sharing di komen 🙂

the body shop camomile sumptuous cleansing butter

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

14 Comments

  1. Hmmm.. selalu penasaran pake ini tp ngga beli2 aja.. krn harganya yg lumayan mahal untuk ukuran pembersih.. mengingat viva yg harganya mursida, hahhaha…
    Sekarang aku pake Nivea Micellar Water 😊

    • Hooh bener, Yom…. klo di rumah insyaf bener klo harganya mahal, klo uda di counter sering khilafnya -.-“

  2. Wah naiknya lumayan juga ya.. selama ini pake cleansing oil dan udah lama penasaran sama ini, btw mbak kalo di basuh pake air dingin, apa ada sisa residu? Makasih mbak…

    • Aku pernah gitu mbak, pakai air dingin trus aku lanjut pakai facial wash. Sebenernya ga berasa ada residunya, kerasanya sih bersih-bersih aja. Cuma pas ada semacam seminar gt bareng TBS, aku tanyain hal tsb. Kata beauticiannya, lebih dianjurkan pakai air hangat, ataupun kalau mau pakai air dingin pakai washlap. 🙂

  3. Penasaran sih sama produk cleansing bertekstur padat seperti butter. Aku prefer yang liquid, praktis karena bersihin wajah pas ngantuk-ngantuknya, cepat selesai. Hehehe 🙂

  4. Baca ini makin mantep beli buat first cleanser. Aku emang lagi cari first cleanser dan temenku yang udah lama+suka banget pake TBS cleansing butter ini, rekomen aku juga buat cobain. Kalau micellar water aku pake buat beraihin make up, tapi abis itu tetep pengen double cleansing lagiiii…

  5. Aku pakai cleansing butter ini. Favorit banget. Dan karena aku jarang pake make-up jadi lumayan awet. Walaupun banyak yg gak suka karena repot tapi sampai sekarang masih tetep favorit aku. Di muka rasanya enak dan bersih. Wanginya juga enak. Pernah nyoba produk lain dan brand lain tapi gak cocok. Malah balik lagi ke cleansing butter ini. Cuma sayang skrg lagi susah. Dari akhir tahun kemarin bolak balik ke counter TBS blom nemu juga. Di online TBS juga gak ada. Aku syedih.

  6. LOOOHHHHH daku suka banget celansing model begini, soalnya lebih bisa dikontrol produknya. Ada satu yang diincer tuh banila co clean it zero cuma susah dapetinnya, kosong terus. Kalo ke mall mau coba cek TBS deh siapa tau masih diskon 😀

    • Yang mirip-mirip dan bikin penasaran juga tu Heimish All Clean Balm, Mon….
      Kayanya banyak yg bilang bagus jg. 🙂

  7. Ini salah satu yang pengen aku beli mbak, tapi mengingat ini ‘lil bit pricey’ untuk ukuran cleanser jadi aja masih mikir-mikir. Oh iya barangnya ini memang terbatas, jadi satu counter TBS biasanya hanya stok ini 5 buah. Ini hasil tanya-jawab dengan mba-mba TBS nya langsung hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *