Review Produk Bambi, Bambi Baby Anti Mosquito Lotion

Walaupun sudah menggunakan kelambu dan obat anti nyamuk di kamar, beberapa hari lalu saya menemukan pipi Gayatri bentol merah. Sepertinya karena digigit nyamuk ketika dia berada di luar kamar. Kejadian Gayatri digigit nyamuk memang sudah beberapa kali terjadi. Dan lokasi yang paling sering digigit nyamuk adalah pipi dan jidat. Mungkin karena bagian tubuh lainnya sudah terlindung dengan minyak telon yang ada kandungan anti nyamuknya ya, makanya nyamuk hobi menyasar daerah wajah. Kan daerah wajah nggak mungkin kena minyak telon.

Muka Gayatri Bentol Bentol

Muka Gayatri Bentol Bentol

Oleh karena itu, ketika situs Glamizka sedang promo produk perawatan bayi dari Bambi, salah satu produk yang saya pilih adalah Bambi Baby Anti Mosquito Lotion. Selain produk anti nyamuk tersebut saya juga mendapat produk Baby Hair and Body Bath dan Baby Shampo-nya. Nah, sekarang saya mau review produknya anti nyamuknya dulu ya. Siapa tau Nyonya-nyonya juga sedang nyari produk anti nyamuk untuk bayinya.

Keterangan Produk

Nama lengkap produknya adalah Bambi Baby Anti Mosquito Lotion for Baby. Ukuran yang saya miliki adalah 50ml dengan kemasan tube. Pada kemasannya terdapat keterangan “with Citronella Oil & Anti irritant complex”. Dilihat dari namanya saja jelas banget jika produk ini adalah produk anti nyamuk yang diformulasikan aman untuk bayiย  yang menggunakan Citronella oil sebagai bahan aktif serta tambahan bahan anti iritasi yang penting bagi bayi.

produk bambi

Formula

Sebagai ibu tentu kita concern dong pada komposisi yang terdapat pada produk yang kita gunakan pada anak kita. Nah, dalam membaca komposisi produk, sebaiknya kita memperhatikan bahan-bahan yang terdapat di urutan awal komposisi produk, karena bahan tersebut adalah bahan yang paling banyak terdapat dalam produk tersebut.

Namun, sebelum saya membahas lebih lanjut, saya perlu sampaikan bahwa saya bukanlah ahli bahan kimia atau dermatologist. Saya hanya seorang ibu biasa yang kepo terhadap bahan-bahan yang ada di produk bayi, dan melakukan riset pure based on internet.

Komposisi : Purified Water, Carapa Guaianensis Seed Oil, Cymbopogon Nardus (Citronella) Oil, Cetearyl Octanoate, Decyl Cocoate, Glycerin, Cetearyl Alcohol, Polyethylene Glycol, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Oil, Propylene Glycol, Dimethicone, Glyceryl Stearate, Panthenol, Licorice (Glycyrrhiza Glabra) Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Methylparaben, Triethanolamine, Disodium EDTA, Propylparaben. Sumber: kemasan dan situs Bambi.

ingredients bambi

  1. Dalam Bambi Baby Anti Mosquito Lotion urutan pertama adalah purified water. Apa bedanya purified water dengan air biasa?ย  Purified water adalah air biasa yang telah dibersihkan dari kotoran-kotoran yang biasanya terdapat di dalam air biasa. Hal ini penting karena jika tidak disterilisasi terlebih dahulu, produk dapat terkontaminasi dengan bakteri yang dapat merusak produk atau bahkan membahayakan bagi konsumen.
  2. Bahan kedua yang terdapat dalam Bambi Baby Anti Mosquito Lotion adalah Carapa Guaianensis Seed Oil. Carapa Guaianensis Seed Oil dikenal juga dengan nama andiroba oil. Dalam kosmetik bahan ini biasanya digunakan sebagai anti-inflammatory agent dan skin conditioner. Ribuan tahun yang lalu, sebelum kosmetika modern hadir, suku-suku di Amazon biasa menggunakan minyak ini untuk merawat kulit dari peradangan, dari parasit serta untuk melindungi kulit dari serangga. Minyak ini disukai sebagai anti serangga karena sifatnya yang tidak berbau, berbeda dengan bahan natural lainnya.
  3. Bahan ketiga yang terdapat dalam Bambi Baby Anti Mosquito Lotion adalah Cymbopogon Nardus Oil. Cymbopogon Nardus Oil dikenal juga dengan nama citronella oil, di Indonesia lebih familiar lagi dengan nama minyak sereh. Kandungan terbukti efektif menjadi anti nyamuk dalam penelitian ilmiah, termasuk juga efektivitasnya dalam mengusir nyamuk Aedes Aegypti (penyebab demam berdarah dengue yang menjadi momok bagi para ibu).

Sebagaimana pada kemasannya disebutkan bahwa selain bahan aktif citronella, produk ini mengandung anti irritant complex. Dalam situs Bambi dijelaskan lebih lanjut jika anti irritant complex tersebut adalah Pro Vit B5, Liqorice dan Chamomile yang berguna untuk melindungi kulit bayi dan menyejukkan kulit kemerahan akibat iritasi ringan

Selanjutnya masih ada beberapa bahan lainnya. Namun yang paling menjadi perhatian bagi saya saat meneliti komposisi bahannya adalah adanya kandungan alkohol dan beberapa kandungan berakhiran -paraben pada produk ini. Namun setelah saya riset lagi, ternyata keduanya masih dalam batas aman bagi kulit bayi.

Alkohol yang terdapat dalam produk ini adalah Cetearyl Alcohol. Dari situs yang saya baca, cetearyl alcohol bisa dibilang bukan benar-benar alkohol. Zat ini merupakan lilin (wax) yang teremulsi yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Sementara untuk kandungan -paraben, hal ini sudah banyak menjadi perdebatan apakah paraben aman atau tidak. Namun banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kadar -paraben pada kosmetik aman, karena peluang untuk bisa memasuki dan terakumulasi di dalam jaringan tubuh sangat kecil. Selain itu, dosis yang digunakan dalam kosmetik biasanya juga kecil. Konsentrasi yang diijinkan maksimal adalah 0,4%. Walaupun dalam kemasan tidak menyantumkan persentase kandungan paraben saya cukup yakin aman, karena seluruh produk Bambi sudah memiliki izin Kemenkes. Oiya, selain itu sebenarnya bahan -paraben juga memiliki kegunaan sebagai pencegah pembusukan dalam produk.

Duh panjangnya bahasan tentang komposisi ini yak! ๐Ÿ˜€ Soalnya menurut saya memang penting banget untuk riset komposisi apa yang terdapat pada produk yang kita dan anak kita pakai.

Tekstur, fragrance, kemasan

Teksturnya watery cream, sehingga mudah diratakan dan hasil akhirnya tidak kesat serta tidak kering. Baunya khas bau produk yang mengandung citronella. Baunya cukup kuat, namun hilang dengan cepat. Tidak tercium bau (parfum) bayi. Kemasannya berupa tube, sehingga mudah dikeluarkan. Ketika baru pertama digunakan, tube juga tersegel, sehingga saya yakin produk yang ada di dalam kemasan aman dan steril.

tekstur bambi

Anjuran Pemakaian

Situs Bambi menganjurkan untuk menggunakan setelah mandi, dan saat beraktivitas keluar. Penggunaannya dengan mengoleskan krim pada bagian kulit yang terasa gatal dan pada bagian kulit yang ingin dilindungi dari serangga.

Karena saya hanya menggunakan produk ini di bagian wajah Gayatri, saya melakukan sedikit penyesuaian for extra cautious. Caranya: saya mengeluarkann dan mengusapkan produknya di telapak tangan saya terlebih dahulu, baru kemudian saya tap tap ringan di wajah Gayatri. Sebelum mencobanya di kulit Gayatri saya juga sudah mencobanya terlebih dahulu di kulit saya. Setelah saya yakin tidak menimbulkan iritasi di kulit saya, saya uji cobakan di kulit belakang telinga Gayatri. Setelah aman, saya baru berani menggunakannya di wajahnya.

Pros and Cons

Pro-nya: 1) efektif sebagai anti nyamuk 2) tidak menimbulkan alergi dan 3) relatif murah.

Cons-nya: Terdapat kandungan paraben, yang walaupun aman, namun memiliki reputasi yang menjadi perdebatan di mata kaum awam. Karena kan kalau buat saya sih iyes, tapi ga tau deh kalau Mas Anang…. ๐Ÿ˜›

Rating 4/5

Repurchase? Yes

Harga Rp 24.000,00

Availability & Where to Buy

Produk Bambi sudah tersedia di offline dan online store. Untuk offline, Bambi ada di gerai Birds and Bees, Watsons, Centro, Baby shops dan apotik tertentu. Nyonya-nyonya bisa cek lokasi store apa saja yang menyediakan Bambi di kota Nyonya di store location produk Bambi. Kalau saya prefer membelinya secara online, karena saya jarang ke swalayan yang ada gerai Bambinya. Saya membeli produk ini di Glamizka.com. Bagi Nyonya-nyonya yang mungkin belum familiar dengan Glamizka saya share sedikit review tentang online store satu ini yak….

glamizka[Sp.]

Glamizka.com adalah online retail store yang menjual produk kecantikan dan skincare. Produk-produk yang tersedia range-nya cukup luas dari produk lokal sampai internasional. Walaupun ada produk internasionalnya, Nyonya tidak perlu kawatir masalah ongkir karena base-nya Glamizka ada di Jakarta kok, bahkan untuk yang berlokasi di Jakarta Barat bisa COD-an.

Berikut beberapa hal yang saya suka dari online store Glamizka:

  1. Seperti yang saya sebutkan di atas, saya suka Glamizka karena base-nya di Jakarta sehingga lebih irit ongkir. Selain itu juga jadi cepat sampai paketnya. Order saya masuk di hari Senin, hari Selasa barangnya sudah sampai di rumah. Saya sampai kaget.
  2. Ada kebijakan pengembalian barang (bisa retur dalam jangka waktu 14 hari!).
  3. Customer servicenya ramah dan helpfull, mereka ready di cs@glamizka.com atau via telepon di 021 580 6293 antara jam 09.00 WIB โ€“ 16.00 WIB, Senin – Jumat.
  4. Pembayarannya mudah. Selain pembayaran dengan Mandiri Clickpay, Bank Transfer, dan COD โ€“ Cash on Delivery (untuk area Jakarta Barat), Glamizka juga bisa menggunakan kartu kredit Visa/ Mastercard. Daaaannn…. senengnya lagi pembayaran menggunakan kartu kredit relatif lebih aman karena Glamizka bekerja sama dengan Veritrans untuk menjamin keamanan informasi kartu kredit. Demi keamanan, Glamizka menyatakan bahwa pihaknya tidak mengumpulkan informasi kartu kredit customer. :love
  5. Packing-nya aman. Pengalaman membeli tiga produk perawatan bayi, packing dari Glamizka dilapis dengan kardus dan juga bubble wrap. Jadi aman, barang sampai di tangan saya dengan mulus.

Selain produk anti nyamuk, sebenarnya saya juga mencoba produk Bambi Baby Hair and Body Bath dan Bambi Baby Shampo. Tapi sepertinya review satu produknya saja sudah panjang banget ya…. Hehehehe, dua produk berikutnya akan saya review secara terpisah. Thanks for reading! ๐Ÿ™‚

judul bambi

[Sponsored Post]

Sumber bacaan:

  • https://www.truthinaging.com/ingredients/carapa-guaianensis
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Citronella_oil
  • http://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/11/07/nenhso43-hukum-alkohol-dalam-kosmetik
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Purified_water
  • http://randomandquick.blogspot.co.id/2014/03/paraben-haruskah-kita-paranoid.html
Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

22 Comments

  1. Reviewnya renyah dan lengkap, mba.
    ^^

    Bambi anti mosquito must have item banget…kalo punya bayi imut-imut begini..soalnya suka kesel kalo uda digigit nyamuk dan membekas.
    Kadang bikin anak jadi rewel.

    Belanja di Glamizka ada minimum ordernya gak, mba..?

    • thankyu mbak untuk komplimennya ๐Ÿ™‚
      Setahuku ga ada minimum ordernya mbak….

  2. Ponakanku jg pernah jadi target nyamuk mba, sedih liatnya apalagi kalo debaynya keukeuh mau garuk2

    Kalo buat bayi cucok buat org dewasa cocok juga kah?

    • Aku pernah makai juga mbak tipis-tipis di muka, tetep efektif kok untuk mengusir nyamuk…. tapi kalau untuk kosmetik, aku kurang tahu ya mbak, soalnya belum pernah nyobain pas siang….

  3. Cocok banget buat anak, wanginya itu bikin mereka mau untuk pake. Dan yang terpenting di musim ujan gini saat banyak nyamuk berkeliaran mereka aman jadinya, kita orang tua tenang

  4. Duh Gayatri rambutnya nggak nahan nih, tebel banget. Sedih emang ya kalo liat anak kecil pipinya mulus tapi ada bekas nyamuknya.

  5. jadi pengen nyoba lotion anti nyamuk ini.. asli saya sebel banget sama nyamuk, di rumah saya udah dua orang kena dbd jd ya klo ada nyamuk bawaannya kesel banget, apalagi klo berhasil ngegigit anak2.. cuuus aah beli di glamizka juga

    • walaaaa…. semoga dengan pakai anti nyamuk ini sekeluarga terlindung dari DB ya mbaaa

    • terjangkau banget Nahla….
      sisa uitnya bisa buat beli lipen yes….

    • terimakasih banyak mbak komplimennya, senang kala reviewnya bermanfaat ๐Ÿ™‚

  6. Wah Gayatri jadi nggak nyaman ya tidurnya kalau kena nyamuk. Untung sekarang ada lotion khusus bayi ya, walau harganya lebih mahal dari lotion anti nyamuk biasa, tapi yang penting aman untuk kulit bayi.

  7. Sabun cair sekaligus shampoo ini wanginya lembut, tidak pedih di mata dan busanya banyak. Mada senang mandi pakai Bambi Baby Hair and Body Bath soalnya ada gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *