Review Arirang Mie Instant Korea Semua Varian, Mie Korea Halal Buat Para Pencinta Pedas Sejati

Beberapa waktu lalu, saya nyobain mie korea halal merk Arirang. Merk baru, kalau tidak salah baru awal April ini rilis di Indonesia. Saya nyobain tiga variannya dalam waktu yang berbeda. Varian mie gorengnya yaitu Tasty Chicken Fried Noodle danย  Extra Hot Fried Noodle saya icip bareng suami. Selang seminggu kemudian, saya nyobain yang varian mie rebusnya, Noodle Soup Bone Marrow, saya habiskan sendirian.

Secara umum, buat saya, ketiga variannya punya karakter mie yang sama. Tebal dan kenyal. Lalu ukuran satu kemasannya pun sama-sama besar yaitu 130 gram (kira-kira dua kali lipat mie instant lokal yang reguler). Ukuran 130 gram tersebut pas banget buat saya yang kalau makan mie instan biasa selalu pengen tambah nasi. ๐Ÿ˜› Nah, review berikut, saya mau battle rasa ketiga varian mie instant korea merk Arirang ini.

Arirang Fried Noodle: Tasty Chicken vs Extra Hot

varian arirang mie instant korea

Saya mau bahas dua varian mie gorengnya terlebih dahulu ya. Secara umum (minus taburan), menurut saya rasa keduanya mirip mirip ya. Bedanya yang Tasty Chicken Fried Noodle (bungkus merah) itu gurih banget dengan tambahan rasa pedas, kalau yang Extra Hot Fried Noodle (bungkus hitam) itu super super pedes banget. Untungnya mie instant korea yg pertama saya coba adalah yang Tasty Chicken. Saya rasa keputusan saya tepat, karena walaupun pedas, mie ini masih bisa ditoleransi lidah saya dengan baik. Itung-itung pemanasan untuk varian berikutnya. Dari tampangnya saja sudah kelihatan mana yang lebih pedas kan?

mie korea halal arirang gorengVarian yang kedua, Extra Hot Fried Noodle atau Buldalk Bokkeummyeon, berhasil bikin saya megap-megap di suapan kedua. Saya langsung mengibarkan bendera putih. Hahaha…. Pedeeeeesss banget! Kayak ditabok sendal jepit. Nampol. Buat yang suka pedas, mie ini lebih wajib dicoba karena lebih menantang dibandingkan yang Tasty Chicken. Ibarat gunung, ini tu gunung tinggi yang terjal, menantang buat didaki.ย Seumur-umur baru sekali ini saya makan mie korea pedas sepedas ini. Tapi tidak hanya pedas dan menantang buat dimakan, pedasnya varian ini tuh enak. Kaya rasa. Bukan cuma rasa pedas ala ditabok sendal jepit, rempah lainnya pun terasa. Yang berkesan dan membuat mie gorengnya unik menurut saya adalah ada rasa daun jeruknya. Tapi rasa daun jeruknya nggak ngganggu rasa kok, slightly, bikin seger. Cuma buat yang tidak terlalu suka pedas seperti saya, better nyari aman milih yang Tasty Chicken aja dah…. Hahaha…. Tapi kalau kamu ngaku sebagai pecinta pedas sejati, haram hukumnya ngelewatin varian yang satu ini.

Selain kadar kepedasan, yang membedakan varian Tasty Chicken dan Extra Hot adalah taburannya. Tasty Chicken menggunakan taburan bawang goreng sementara yang Extra Hot menggunakan taburan rumput laut kering dan wijen. Dari rasa rempah dan juga taburan yang digunakan, saya menyimpulkan kalau produk ini sudah disesuaikan dengan selera orang Indonesia kebanyakan. Two thumbs up buat pembuat formulanya! Salut!

Arirang Noodle Soup Bone Marrow

mie korea halal arirang rebus

Kalau yang bungkus merah dan hitam tadi adalah versi mie goreng, nah, yang bungkus putih ini adalah versi mie rebusnya Arirang.

Kalau teman-teman orang Solo, mungkin familiar dengan yang namanya Setup Makaroni. Makanan khas Solo hasil adaptasi masakan Belanda yang terbuat dari makaroni. Proses pembuatan setup makaroni adalah dengan disetup (direbus) dalam kuah susu dengan bumbu keju, bawang merah dan sedikit pala. Rasanya yuuuummmm! Creamy dan gurih. Nah rasa dari Arirang Noodle Soup Bone Marrow tu tidak jauh beda seperti itu. Cuma alih-alih rasa pala, kalau di Arirang rasa pedas hangatnya dari saus cabai.

Buat yang nggak familiar dengan setup makaroni, gambaran yang mirip dengan varian Arirang Noodle Soup Bone Marrow ini adalah mie warkop yang spesial pakai extra topping keju. Kurang lebih seperti itu lah, kalau mau dibayangin. Cuma kalau pakai keju kan sering masih ada gumpalan-gumpalan kejunya ya. Kalau Arirang noodle Soup Bone Marrow ini kuahnya lebih konsisten creamy nya, dan tentu saja pembuatannya jadi lebih praktis karena tidak perlu menambahkan susu dan keju lagi.

arirang bone soup

Varian ini adalah varian favorit saya. Mienya kenyal dan tebal jadi nggak gampang mblenyek (you know what i mean mister? mblenyek is mblokonyot :P). Trus ada tambahan sayuran keringnya (daun bawang) yang ketika dimasak berubah persis seperti daun bawang segar. Daun bawang ini banyak pengaruhnya ke rasa, karena membuat kuah creamy-nya jagi nggak eneg sama sekali. I love it deep down in my heart bowl!!!! Sampai tetes terakhir.

Pros Cons

โค๏ธ Buat teman-temanku yang beragama Muslim, yang sedang mencari produk mie Korea halal. Tidak perlu kawatir dengan kehalalan produk ini, karena Arirang Noodle sudah bersertifikat halal dari MUI. Label halalnya nyata membahana di sisi kanan atas kemasan bagian depan.

โค๏ธ Harganya terjangkau, Rp 10.000,00 an. Buat ukuran mie ala korea seperti ini, menurut saya 10 rebu termasuk murah ya.

โค๏ธ Buat nasionalis sejati, walaupun konsep dan teknologi pembuatannya mengadopsi cara Korea, tapi produksinya 100% Indonesia loh, jadi membuka lapangan kerja juga di sini. Ini menjelaskan juga kenapa harganya bisa murah ya, karena cost perpindahan barangnya minimal, bukan karena kualitasnya yang diturunkan.

makan arirang bone soup

Sluuuurrrrppp!!!!

๐Ÿ’” Satu kekurangan produk ini adalah ketersediaannya baru ada di supermarket tipe A. Ya, namanya juga produk baru. Kalau kamu ngiler liar foto-fotonya di artikel ini, mendingan kamu nyetok dari sekarang deh, jangan sampe malam-malam kamu mimpi mie arirang trus jadi meriang karena supermarket tipe A ga buka 24 jam. Tu perut bisa bergejolak sepanjang malam. Hehehe, atau kalau tidak, buat teman-teman yang di daerahnya belum ada produk ini, bisa beli online (keterangan channel penjualan di poin Where to Buy).

Where to Buy

Buat kamu yang berdomisili di Jabodetabek, kamu bisa mendapatkan Arirang di Hero, Foodhall, Kemcik, Foodmart, All Fresh dan Total. Buat yang di luar Jabodetabek atau malas jalan ke supermarket, harap tenaaang, karena Arirang bisa dibeli secara online di Tokopedia, Buka Lapak, Blibli dan via instagram @ariranghot atau ke hot line 08111903047. Sambil menunggu produk ini datang ke kotamu, pesan online aja dulu. Nah, biar ga ketinggalan info tentang kapan arirang masuk ke kotamu, klik tombol follow akun IG di foto di bawah ini yuuukk!

Rekomendasi

Sebelum saya ngasih rekomendasi, ada konklusi sekilas tentang tingkat kepedesannya ya:

๐Ÿœ Extra Hot Fried Noodle: ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ (off coursee!!! membara, sesuai namanya)

๐Ÿœ Tasty Chicken Fried Noodle: ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ (pedas terbatas)

๐Ÿœ Noodle Soup Bone Marrow: ๐Ÿ’ฆ (ada pedesnya tapi dikiiit)

Jadi mana ni yang sebaiknya kamu pilih?

In my humbly and honest opinion, semua varian Arirang NGGAK ada yang NGGAK enak. Even buat saya yang bukan pecinta pedas. Mie ini endang bambang gurindang. Cuma menurut saya, orang dengan preferensi tertentu akan lebih menyukai varian tertentu dibandingkan varian lainnya. Gini lo, biar lebih informatif: para penyuka pedas ekstrim pasti akan memilih Extra Hot Fried Noodle, yang suka mie rebus creamy kemungkinan akan lebih memilih favorit saya yaitu si Noodle Soup Bone Marrow. Nah, kalo safe player, akan tetap aman dan nyaman menikmati sedapnya Tasty Chicken Fried Noodle.

Kamu mau tiga-tiganya? Sok atuh segera belanja!

Buat yang uda nyicip Arirang, yuk dikomen, varian mana yang jadi favorit kamu? Tasty Chicken Fried Noodle, Extra Hot Fried Noodle atau Noodle Soup Bone Marrow? Let me know yakkkk….

.

.

Artikel ini adalah sponsored post. Namun segala opini yang tercantum di dalamnya adalah murni hasil pengalaman Nyonyamalas. Terimakasih telah membaca dan mendukung brand yang mendukung kelangsungan blog ini. ๐Ÿ™‚

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

44 Comments

  1. Aku bukan pencinta pedas tapi entah kenapa lebih suka yang Extra Hot. Kubela-belain makan walaupun harus minum setiap 2 suap. Sekain pedas, rasanya jugak sodap. ๐Ÿ™Œ

  2. Pengen nyobain, mau bandingin sama 2 merk kore yg lagi happening banget sekarang dan menurutku mereka berdua enggak pedes2 amat ใ…‹ใ…‹ใ…‹

  3. Ya ampun itu rawitnya ngajak ribut ya hahaha… Btw coba saranku mbak, gabungin yg tasty chicken sama yang spicy hotnya itu. Mantep deh bahahhaha

  4. Aku belum nyobain mie Arirang. Dari kemarin lihat teman teman yang sharing soal mie ini. Berujung aku penasaran sama yang kuah. Sepertinya pesan online diperlukan nih.

  5. bener banget mba ella. Buat saya yang bikin nyaman banget makan mie arirang karena ada logo halalnya kalau pikiran tenang makan jadi lahap dehhh.. hap happp

  6. Iya saya juga baru beli online di bukalapak. Belum sempat hunting di supermarket sih. Moga beberapa bulan ke depan bisa dijual juga di minimarket dekat rumah ya ๐Ÿ˜€

  7. Extra hotnya meski pedes tetep bikin nagih ya? hehehe
    Mau beli lagi ah buat stock soalnya stockku dah abis ๐Ÿ™
    Ngarep Arirang segera masuk minimarket deket rmh aamiin

  8. Tahu merk mie instan ini barusan pas ada demonya di Lulu Hypermarket Cakung, enak sih trus langsung beli 2pcs, aroma jeruk nipisnya kerasa bgt.. Kalo yg masih ragu makan samyang bisa coba ini hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *