Review Rire All Kill Blackhead Remover Stick, Stick Penghilang Komedo

Hai hai halo…. Setelah sekian lama, saya cerita tentang perjuangan saya menjadi ibu terus, kali ini saya mau cerita tentang perjuangan saya membasmi kejahatan komedo. Kulit saya sebenarnya normal cenderung kering, namun entah mengapa komedo di hidung saya buanyaaaak. Jadi kalau muka saya di-zoom lalu muncul seperti gundukan landak di tengah muka saya, itu hidung saya ya teman-teman. ;P Dalam perjuangan tersebut, saya mencoba-coba beberapa senjata pembersih komedo, seperti exfoliation lotion, scrub serta clay mask. Nah, yang terakhir saya coba adalah produk yang menurut saya paling unik di antara lainnya: Rire All Kill Blackhead Remover Stick. Langsung saja ya pembahasannya….

rire all kill blackhead remover stick

Kemasan:

Terbungkus kardus dengan warna hitam yang menurut saya sederhana namun cantik. Sayangnya hampir seluruh tulisannya dengan bahasa hanggeul yang saya nggak ngerti hihihi. Tapi tenang ada bagian berbahasa inggrisnya kok, yaitu ingredients dan cara pemakaian. Kemudian manufactured date dan expired date dicantumkan di bagian bawah kemasan kardus. Lama pemakaian maksimal setelah wadah dibuka adalah 6 bulan.

Untuk produknya sendiri berada di dalam tabung seperti lipstick yang dikeluarkan dengan cara diulir, pokoknya persis lipstick. Kemasan seperti ini membuat produk yang ada di dalamnya menjadi sangat steril karena tidak tersentuh tangan. Ukurannya juga mungil, cuma 10 gram. Sekali lagi, pokoknya persis sama lipstick lah. Agak gendut dikit sih, tapi beda beda tipis. Aku sih membayangkannya produk ini bakal pas banget untuk dipakai para traveler cantik (atau ganteng juga boleh deh) yang mau tetap merawat kulitnya secara rutin namun ga mau ribet.

Keterangan Produk:

Seperti disebutkan di kemasannya produk ini adalah stik untuk menghilangkan komedo (baik blackhead maupun whitehead) serta sel kulit mati. Produk ini juga bertujuan untuk membersihkan kulit dan membuat pori-pori lebih lembut (kecil). “Black head stick to remove black head, white head and dead skin cell and to make clean and smooth pores.” Itu saja yang saya pahami dari keterangan produk di kemasan, soalnya keterangan lainnya pake bahasa hanggeul. Teu ngartos abdi nyaaa….

how to

Kegunaaan dan Anjuran Pemakaian:

Putar ulir di bawah bagian tabung produk sehingga stick akan muncul ke atas. Oleskan atau gosok-gosokkan produk ke permukaan kulit hidung yang basah sampai produk meleleh dan membentuk krim di hidung. Lap krim tersebut dengan tisu atau bisa juga langsung dibilas dengan air.

Cara penggunaannya beneran praktis. Tangan ga kotor. Bahkan ni misalnya mau digunakan saat travelling, misal di bandara, kereta atau bahkan d toilet pesawat juga bisa, menurut saya loh…. Berhubung pengalaman LDR dulu, saya paham banget deh sama kebutuhan produk-produk kecantikan yang mungil dan mudah digunakan saat perjalanan. Jadi pas ketemu pujaan hati uda tsakeppp.

Namun, saat saya perhatikan lagi, betul tangan kita memang ga belepotan seperti jika kita menggunakan masker. Namun karena penggunaanya langsung digosok ke hidung, higienitas produknya jadi berkurang. Bisa jadi saat digosokkan ke hidung kuman di permukaan kulit hidung akan menempel di produk. Bisa diakali si dengan mengelap produk dengan tisu setelah digunakan.

Formula:

Seperti biasa, ketika mereview kosmetik saya akan mengulik masalah ingredientsnya dengan merujuk ke cosmetic-ingredient-dictionary yang ada di web Paula’s Choice (Sumber: http://www.paulaschoice.com/cosmetic-ingredient-dictionary/). Jadi saya sampaikan kalau saya bukanlah ahli kosmetologi. Saya cuma konsumen dengan tingkat kekepoan luar biasa ditambah kurang kerjaan dan punya waktu buat ngubek-ngubek sumber terpercaya (atau setidaknya yang saya percaya, hehehe). Pembahasan pada bagian formula ini murni hasil googling dari kamus ingredients Paula’s Choice yang saya sebutkan tadi.

ingredients

Nah, urutan bahan yang dicantumkan di kemasan tidak asal loh. Pencantuman ingredients itu urut berdasarkan prosentase paling besar sampai dengan yang terkecil pada produk tersebut. Untuk itu, kalau teman-teman pengen tahu bahan aktif dari suatu produk, kasih perhatian ekstra pada dua bahan teratas sampai lima bahan teratas. Berikut adalah lima bahan yang dicantumkan paling awal di produk Rire All Kill Blackhead Remover:

1. Stearic Acid

Rating bahan ini di kamus ingredient kosmetiknya Paula’s Choice: GOOD. Fungsi produk ini adalah sebagai penambah tekstur, pengental produk, serta pelembab. Walaupun sama-sama acid, tapi stearic acid sifatnya berbeda dengan AHA atau BHA yang terkenal efektif sebagai exfoliator. Bahan ini lebih berguna sebagai bahan yang melindungi kulit dari kekurangan air dari pada sebagai exfoliator.

2. Propylene Glycol

Rating bahan ini di kamus ingredient kosmetiknya Paula’s Choice: GOOD. Fungsi produk ini adalah sebagai penambah tekstur. Selain itu propylene glycol juga bersifat hydrating dan sebagai pengantar bahan aktif pada suatu kosmetik. Jadi bahan ni walaupun ada di nomor dua tapi bukan bahan aktif ya. Lalu pada kosmetik, propylene glycol juga digunakan untuk menjaga produk tidak mencair atau tidak membeku. Dalam produk ini tentulah untuk mencegah si blackhead ini mencair ya.

3. Propanediol

Rating bahan ini di kamus ingredient kosmetiknya Paula’s Choice: GOOD. Fungsi produk ini adalah sebagai bahan yang membantu penyerapan bahan aktif ke dalam kulit. Selain itu, bahan ini juga menghidrasi kulit dan membuat kulit terasa lembut dan tampak dewy khas artis-artis Korea. Walaupun sekali lagi ini bukan bahan aktif untuk mengeksfoliasi namun berita bagusnya bahan ini adalah bahan yang tidak membuat iritasi.

4. Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane

Rating bahan ini di kamus ingredient kosmetiknya Paula’s Choice: GOOD. Fungsi produk ini adalah sebagai penambah tekstur, pelembab dan sebagai cleansing agents. Horeee!!! Akhirnya pada produk pembersih komedo ini ada juga cleansing agents-nya! Hohoho…. Lumayanlah ya, proporsinya ada di nomor empat.

5. Silica

Rating bahan ini di kamus ingredient kosmetiknya Paula’s Choice: GOOD. Fungsi produk ini adalah sebagai bahan pengental, dan membantu penyerapan dari bahan lainnya.

Another Ingredients:

1,2-Hexadiol, Polysorbate 20, Bentonite, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Charcoal Powder, Fragrance, Oryza Sativa (Rice) Extract, Glycine Soja (Soybean) Seed Extract, Sesamum Indicum (Sesame) Seed Extract, Butylene Glycol, Aloe Ferox Leaf Extract, Melaleuca Altemifolia (Tea Tree) Extract, Chamomile Recutita (Matricaria) Extract, Lavandula Angustifolia (Lavender) Extract, Ethylhexylglycerin.

Tekstur, fragrance:

Bentuknya seperti lilin yang akan lumer ketika digosokkan ke kulit. Pada lilin tersebut terdapat bintik-bintik hitam yang saya rasa itu adalah charcoal atau karbon aktifnya. Wanginya lembut dan menenangkan. Tidak nyegrak sama sekali. Saya suka sekali, bikin merem melek di kamar mandi.tekstur

Results:

Karena saya berpikir kalau ini adalah produk physical exfoliator, saya menggunakannya seminggu sekali karena takut kulit jadi kering seperti kalau di-scrub terlalu sering. Namun ternyata produk ini tidak membuat kering sama sekali seperti kebanyakan produk Korea yang lembut. Jadi untuk teman-teman yang membutuhkan physical exfoliator yang super super lembut, teman-teman bisa mempertimbangkan produk ini.

Setelah menggunakan poduk ini, kulit hidung memang terasa bersih dan halus. Selain itu yang saya rasakan kulit juga jadi terasa kenyal. Oiya dan wangiiii, hihihihi….

Namun untuk saya yang komedonya keras kepala seperti badak pake helm full face, produk ini kurang nendang. Komedo saya mungkin hanya merasa digelitikin sama nona charcoal gitu kali ya, biasa diamplas pake scrub yang lebih setrong soalnya. Jadi kalau merujuk pada namanya Rire All Kill, si blackhead remover ini sifatnya killing me softly gitu kata si komedo. Atau mungkin saya memang harus menggunakannya setiap hari ya?

Pros and Cons:

Pros:

  • Lembut dan tidak membuat kulit kering, malah ikut melembabkan menurut saya.
  • Baunya juga enak dan menenangkan.
  • Bentuknya kecil jadi travel friendly banget.
  • Penggunaannya praktis dan bersih.

Cons:

  • Kurang “keras” dan kurang cepat untuk menghilangkan komedo yang membandel.

Rating: 3/5

Repurchase? I think No.

Availability & Where to Buy: http://bbcosmetic.com/

Harga: $ 9.99 tapi pas diskon bisa jadi $ 6.99 atau sekitar Rp 90.000,00

Okeee…. Sekian review dari saya, semoga bermanfaat. Saya masih bakal terus nyari produk pembersih komedo nih sepertinya. Apakah ada rekomendasi dari teman-teman? Feel free buat ngasih insight tentang blackhead remover di komen ya, terutama kalau ada yang lokal. Thankyuuuu 🙂

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

8 Comments

  1. Ini kayanya mempan buat komedo di daerah idung yah ka ella, kalo dibawah bibir suka bandel banget susah keangkat 🙁

    • tergantung cyaaaaa…. kalo komedo cya imut-imut dan manis mungkin mempan ya 😀

  2. wah hampir pengen nyoba, tapi begitu baca kalau kurang “nendang”, gak jadi dehh.. hehe.. komedoku juga parah mbak.
    so far yg paling ampuh ya cuma di peeling sama dipencetin manual ajaa..

    btw, thanks reviewnya, salam kenal yaa.. 😁

    • Hooo, dipencetin tu emang ada rasa kepuasan tersendiri ya… guilty feeling tapi, soalnya bikin bolong2 hihihi

    • semangaaaat!!! pasukan perlawanan terhadap komedo…. uda nyobain apa aja mbak? sharing dooong….

  3. Pernah baca review orang juga kalau ini bisa utk komedo di hidung tp susah di bawah bibir. EH baca reviewmu juga gitu ya Mbak. penasaran deh hehe

    • hihihihi iya mbak, yang di bawah bibi tu lebih ngeyel lagi daripada yang di hidung….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *