[Review] Cetaphil Baby Gentle Wash and Shampoo

Pengalaman baik sebelumnya dengan produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser (yang untuk orang dewasa), membuat saya tertarik mencoba produk cetaphil untuk bayi. Cetaphil Baby ini produk-produknya lumayan lengkap dari shampo, baby wash, body lotion sampai ke tisu basahnya. Tapi karena saya dari Neng Gaya lahir tidak menggunakan banyak kosmetika bayi (ga mau rempong, hahaha), saya akhirnya mencoba Cetaphil Baby Gentle Wash and Shampoo saja. Berikut reviewnya setelah kurang lebih menggunakannya selama beberapa minggu:

cetaphil baby depan

Keterangan Produk

Cetaphil Baby Gentle Wash and Shampoo, adalah produk pembersih badan sekaligus rambut yang diformulasi aman untuk bayi, bahkan untuk bayi baru lahir sekalipun. Produk ini produk buatan Jerman yang diimpor ke Indonesia dengan POM NC16160701226.

Tekstur, fragrance

Tekstur produknya seperti sabun cair biasa, namun tidak terlalu kental. Ketika dibusakan tidak mengeluarkan busa, karena memang dinyatakan di kemasannya bahwa produk ini soap free. Saya cek di ingredientsnya memang tidak ada SLS-nya.

cetaphil baby tekstur

cetaphil baby busa

Untuk wanginya, wangi khas produk bayi, namun tidak terlalu menyengat. Soft. Saya suka sekali dengan wanginya. Cukup bertahan lama sampai siang kalau dicium ke kulit, namun jika sekedar bersebelahan saja tidak cukup tercium.

Kemasan

Kemasan berbentuk tube gepeng, dan tidak tersedia yang berbentuk pump seperti produk yang untuk dewasa. Saya agak sedih karena menurut saya lebih mudah menggunakan produk mandi bayi yang berbentuk pump, karena tangan kita yang satunya kan memegang bayi (terutama newborn), jadi agak rempong buka tutup tubenya. Apalagi ujung tube cetaphil babi ini berbentuk lonjong jadi tidak bisa diletakkan terbalik. Solusinya tube diletakkan horizontal. Riskan sekali isinya mengalir keluar, awalnya saya berpikir demikian. Syukurlah di bagian lubang tutupnya ada valve dari silikon, jadi tidak tumpah jika tubenya tidak ditekan. But, please Cetaphil, next time keluarin juga yang kemasan pump dong! Hehehe….

cetaphil baby valve

Formula

Sebagai gentle wash dan shampoo, tentu saja formulanya harus yang lembut ya, sesuai namanya. Cetaphil Baby si menyatakan bahwa produk ini lembut di mata (tear free), bebas dari sabun yang sering kali membuat kulit kering (soap free), hypoallergenic serta pH balanced. Produk ini juga dinyatakan dermatological tested. Oiya, secara khusus Cetaphil Gentle Wash dan Shampo menyatakan bahwa produknya diperkaya dengan Glycerin dan Pathenol. Produk ini tidak mengandung paraben, just in case you might concern.

cetaphil baby belakang

Saya mencoba mencari tahu lebih lanjut tentang Glycerin dan Panthenol ini di Paula’s Choice Ingredients Dictionary.

Glycerin: diberi rating BEST, dinyatakan sebagai zat yang memperbaiki kelembaban kulit terluar dengan menyerap air dari lapisan yang lebih dalam. Kandungan glycerin dapat memperbaiki serta mencegah kulit mengalami kekeringan.

Panthenol: nama lain dari Pro vitamin B5, diberi rating BEST juga oleh Paula’s Choice. Sifatnya juga melembabkan dan mempertahankan kelembaban kulit. Karena curiga dengan namanya yang ada embel-embel -enol-enol seperti alkohol, saya mencoba mengecek kehalalannya. Ternyata bahan Panthenol ini dinyatakan halal oleh LPPOM MUI. Namun, produk Cetaphil Baby ini sendiri belum menampilkan logo halal di kemasannya.

Kegunaan dan Anjuran Pemakaian

Kegunaannya tidak berbeda dengan produk pembersih badan dan rambut bayi lainnya yaitu membersihkan.

Dapat digunakan menggunakan tangan langsung ataupun lap mandi dan dipakai sebagaimana menggunakan produk mandi biasa.

cetaphil baby review

Results

Kulit serta rambut bayi saya terasa bersih dan wangi, serta tidak kering. Hal itu adalah yang saya rasakan setelah Neng Gaya mandi. Rambutnya juga tidak lepek.

Karena saya tidak dapat menanyakan kesan pemakaian pada bayi saya berhubung dia belum bisa ngomong. Saya juga mencobanya sendiri sebagai pencuci muka. Jujur, saya lebih suka Cetaphil Gentle Wash dibandingkan dengan Cetaphil Baby. Walaupun sama-sama terasa bersih namun, saat saya menggunakan Cetaphil Baby kulit terasa sedikit tertarik namun tidak kering juga sih.

Pengalaman berkesan terkait penggunaan Cetaphil Baby adalah saat punggung suami saya kering. Saya menyarankannya untuk menggunakan Cetaphil (sebenarnya yang saya sarankan adalah yang Gentle Skin Clenaser milik saya), namun dia menggunakan yang Cetaphil Baby. Dan it woorrrkkkss!! Kulit punggung yang tadinya kering jadi membaik. Jadi kandungan Glycerinnya memang bekerja yak! Two thumbs up!

Pros and Cons

Pros:

  • Formulanya lembut, Hypoallergenic, pH balanced
  • Tidak pedih di mata
  • Berbentuk top to toe wash
  • Saya suka sekali dengan wanginya

Cons:

  • Harganya relatif mahal
  • Kemasannya berbentuk tube, jadi susah memencetnya dengan tangan satu.

Rating: 9/10, produk ini bagus.

Repurchase? No, karena di atas budget saya.

Availability & Where to Buy

Saya membelinya di Shopee secara online, untuk toko offline saya pernah melihatnya di Guardian dan Century.

Harga:

Rp 98.000,00 untuk 230 ml. Sayangnya, tidak seperti kakaknya si Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang sering ada promo buy 1 get 1 nya di Guardian, produk ini belum pernah saya lihat ada diskonnnnnyaaaaaa….. Hiks hiks hiks…..

Related post: Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser di blog ratnadewi.me.

Semoga review ini bermanfaat yaaa…. Salam sayang selalu….

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

2 Comments

  1. Rata-rata produk sabun yang menjamin tidak ada SLS + parabennya selalu di atas rata-rata harga pasar. Tapi ya memang sepadan ya sama kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *