Review Buku Rumah Main Anak, Panduan Permainan Anak Usia 0-2 Tahun

Ignacio Estrada dikutip dari Buku Rumah Main Anak mengatakan:

If a child can’t learn the way we teach, maybe we shoud teach the way they learn

Dan bagaimanakah anak-anak belajar? Ya! Dengan bermaiiinnn!!!

***

Menjadi seorang ibu, adalah sesuatu yang menantang, sekaligus seru. Menantangnya karena bagi saya ini kali pertamanya saya memiliki seorang anak. Tentu saya exciting sekali melihat anak yang tadinya hanya bisa bobok nenen ngompol, tiba-tiba mulai menunjukkan kepandaian yang berbeda-beda setiap harinya. Tentu saya sebagai orang tua baru (bersama suami) ingin memberikan yang terbaik bagi perkembangan anak kami, Gayatri. Saya yakin Nyonyah Tuan pun demikian….

Namun menjadi orang tua tidak serta merta kita menjadi lagsung tahu apa yang dilakukan. Ada kalanya saya melakukan sesuatu yang menurut saya baik dan bisa dimengerti bayi, namun Gayatri seperti tidak nyambung. Ya iya ya, namanya juga bayi. Karena hal tersebut, makanya kami rajin baca buku tentang perkembangan anak. Buku Rumah Main Anak adaah salah satu buku yang saya baca. Dan menurut saya buku ini mudah dimengerti serta praktis pengaplikasiannya. Maklum bagi orang tua muda seperti saya yang jadi prioritas tentu adalah kemudahan pengaplikasian materi-materi yang ada. Percuma juga materi yang begitu sophisticated, namun tidak bisa kami terapkan sehari-hari. Setujuuuuu???

Semoga review buku ini bermanfaat yaaa….

buku rumah main anak

Identitas Buku

  • Judul Buku :Rumah Main Anak
  • Penulis : Julia Sarah Rangkuti
  • ISBN : 978-979-155849-4-4
  • Penerbit : Sahabat Sejati Publishing
  • Tanggal Terbit : Februari 2016 (cetakan ketiga)
  • Harga : Kurang lebih Rp 100.000,00
  • Pembelian: Saya membelinya di Gramedia, namun di dalam bukunya terdapat alamat distributor resminya; Huta Media, PErumahan De Bale, Cluster Saphire Nomor 45, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16457, Telepon 021 29061244, Email distributorhutamedia@gmail.com.
  • Tebal : 333 halaman

Profil Penulis

Julia Sarah Rangkuti adalah pendiri komunitas Rumah Main Anak. Ia bersama suaminya menjalankan homeschooling bagi kedua anaknya. Dalam komunitas yang didirikannya Ia mengajak para orang tua untuk berusaha optial bermain bersama anak-anaknya sesuai dengan tumbuh kembang anak. Julia Sarah dapat dihubungi melalui Instagram @JuliaSarahRangkuti, Twitter @Sarah_Rangkuti dan Facebook Julia Sarah Rangkuti.

Isi

Buku ini dibuka dengan testimonial tentang Rumah Main Anak, suatu komunitas yang didirikan oleh penulis buku ini. Kemudian setelah pembuka dan lain-lain daftar isinya (sebagian) dapat diintip sbb:

rumah main anak daftar isi

Selanjutnya masuk ke materi-materi yang utama sebagai berikut:

1 . Aspek perkembangan anak usia dini, dalam bagian ini penulis membahas empat aspek perkembangan anak.

2 . Perkembangan bayi usia 0-3 bulan, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini, penulis menyediakan 10 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak.

3 . Perkembangan bayi usia 3-6 bulan, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini, penulis menyediakan 10 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak.

4 . Perkembangan bayi 6-9 bulan, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini, penulis menyediakan 10 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak.

5 . Perkembangan bayi 9-12 bulan, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini, penulis menyediakan 20 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak. Contoh halaman muka per periode usia:

rumah main anak contoh perkembangan 9 bulan

6 . Mengenal permainan sensory,

7 . Perkembangan anak usia 1-2 tahun, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini, penulis menyediakan 53 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak.

8 . Perkembangan anak usia 2 tahun, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini, penulis menyediakan 75 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak. Contoh permainan anak usia 2 tahun sbb:

rumah main anak contoh permainan 2 tahun

9 . Membuat agenda bermain anak usia dini,

10 . Bonus: Agenda bermain anak usia 1-3 tahun berdasar Permendikbud

rumah main anak contoh permendikbud

11 . Bonus: Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Kuesioner ini adalah alat/ instrumen yang digunaka untuk mengetahui perkembangan anak, apakah normal atau ada penyimpangan.

Review

love loveYang saya sukai dari buku ini adalah:

  1. Contoh permainannya banyak, kurang lebih ada 160 jenis permainan yang bisa ditiru atau diterapkan di rumah.
  2. Alat yang diperlukan dalam contoh-contoh permainan mudah didapatkan. Mungkin karena penulisnya adalah orang Indonesia ya, sehingga lingkungan sekitarnya mirip dengan yang saya alami. Hal ini jauh lebih memudahkan saya untuk menduplikasi permainan, dibandingkan ketika saya membaca bloog-blog parenting dari luar negeri.
  3. Panduan permainannya sangat jelas.
  4. Harga bukunya sebanding dengan manfaatnya.
  5. Saya sangat menghargai penulis mau memberikan juga contoh agenda dari Permendikbud dan juga Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) sehingga para orang tua yang ingin mengembangkan permainan bersama anak, tidak serta merta meniru saja, namun juga dapat melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi perkembangan anak masing-masing.

Related post: Tes Denver, Screening Tumbuh Kembang Bayi dan Anak

Related Post: [DIY] Mainan Bayi Usia 4-6 Bulan dengan Bahan yang Ada di Rumah

rumah main anak judul

Adakah yang punya rekomendasi buku lain terkait tumbuh kembang anak? Boleh banget lhooo komen di comment section! πŸ™‚

Terimakasih sudah mampir, semoga reviewnya bermanfaat yaaa…. Salam sayang!

 

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

9 Comments

  1. Bicara tumbuh kembang anak memang ga ada habisnya ya mba Ella, bukunya menarik kasih 160 permainan warbiyasah banget bahkan aku sendiri kayaknya selama ini stimulasi ke anak kurang deh dari 160 games seru mungkin krn aku memang minim kreatifitas hahaha

    • Iya mbaaa 160 permainan tu sesuatu banget yaaa, buanyaaakkk…. Tapi ga harus dimainkan semua kok, kan tergantung anaknya juga kan ya mba Her…. πŸ™‚

  2. Saya koleksi buku tumbuh kembang juba Mbak Ella..mau saya publish..masih didraftπŸ˜‚ senang yaa..bisa memantau tumbuh kembang sambil bermain sama anak..

  3. Ini aku perlu beli bukunya sepertinya. Butuh banyak ide ttg permaianan yg bisa dimainin ama anak2 truatama umur 1.5 thn :D. Belakangan ini si lanang lg tahap lincah kebangetan dan usil luar biasa :D. Dan semua maianan yg disodorin jg lbh seneng dia banting drpd dimainin -_- ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *