Review Transpulmin Balsam, Kehangatan yang Membantu Penyembuhan Flu pada Bayi

Karena saat newborn gayatri pernah demam (sepsis) sampai harus dirawat inap di perina, sampai sekarang saya punya semacam kekawatiran berlebih jika anak saya ini mengalami demam. Maklum mamah newbie. Walaupun sudah banyak edukasi melalui literatur ataupun ngobrol dengan dokter, namun jujur, perasaan gentar selalu menghinggapi saya saat menghadapi anak demam.

Better worry than sorry, prinsip saya. Hal itu yang membawa saya beberapa bulan lalu ke UGD RS premier bintaro jam 2 pagi. Hanya karena gayatri demam 3 hari. Setelah cek darah yang lumayan menghabiskan uang jajan, diagnosisnya Fluuu! Hihihi, emplu aja ampe ke UGD yak. Habisnya waktu itu belum keliatan tanda-tanda flunya sih, eh habis ke UGD sorenya mbeleerrr hidungnyaaaa.

Dengan sopan dan maklum, dokter mengapresiasi kesigapan saya, saya sendiri menyadari jika hal tersebut bukan sigap tapi parno. Hehehe…. Beda kan ya!

hehehe

Dokter saat itu berpesan jika bayi saya demam lagi namun dengan tanda lain yang menyertai, seperti batuk atau pilek, better dilakukan home treatment. Namun apabila demam tanpa tanda lain sampai 4 hari, dokter menganjurkan untuk menghubungi dokter. Nah pesen dokter di UGD itu, home treatment yang perlu dilakukan saat bayi pilek adalah home treatment yang berkaitan dengan melegakan jalan napas dan membantu mengeluarkan dahak.

Setelah drama UGD tadi usai, gayatri sempat flu sekali lagi (ketularan saya). Saat ini saya ga sepanik sebelumnya…. modal nanya-nanya di grup emak-emak saya sedia beberapa senjata: balsam bayi transpulmin, penyedot ingus dan nasal cleaner. Yang nasal cleaner aku ceritain nanti di post terpisah yak. Yang mau aku review lebih dalam sekarang adalah si balsam transpulmin. Saya tahu produk ini dari WA group Ayo Semangat Ibu (ASI) dan WA group Birth Club Jan-Feb 2017. Produknya sendiri saya dapat dari Kumpulan Emak Blogger.

perlengkapan menghadapi anak flu

Ketika saya merasa Gayatri mulai batuk dan meler (ingus bening keluar dari hidungnya) setiap pagi dan sore menjelang malam saya mengoleskan transpulmin (warna putih) ke bagian dada dan punggungnya. Harapan saya dengan melakukan hal tersebut, gejala flu yang membuatnya merasa tidak nyaman dapat berkurang, dan dia dapat beristirahat dengan baik.

Benar, sebenarnya obat flu adalah kekebalan tubuh si anak. Kekebalan anak didapat dari asupan yang baik (ASI jika dia masih bayi) dan juga istirahat yang cukup. Namun, ada kalanya bayi ketika flu tidak dapat istirahat dengan baik, karena tubuhnya tidak nyaman dan juga hidungnya mampet. Ya sama lah dengan orang dewasa. Jika dia tidak dapat istirahat, hal ini akan memperburuh keadaannya.

Kekawatiran saya adalah flu yang diderita Gayatri berlarut-larut dan menyebabkan penyakit yang lebih serius. Syukurlah dengan penanganan yang tepat, si Ening dapat sembuh dalam waktu yang relatif singkat (sekitar 1 minggu). Salah satu langkah yang saya ambil ya dengan mengoleskan balsam ini. Tentu ini bukan satu-satunya ikhtiar yang saya lakukan. Namun saya rasa inilah, home treatment yang sangat efektif membantu penyembuhan Gayatri kemarin.

review transpulmin balsam

Deskripsi produk:

Transpulmin ini ada dua jenis ya Nyaaah, yang warna putih itu Transpulmin BB sementara yang kuning Transpulmin aja. Gunanya pun berbeda loh. Yang putih bisa untuk bayi, sementara yang kuning dapat digunakan sebagai balsam bagi anak di atas usia 2 tahun. Jangan sampai tertukar ya Nyaaah…. Nanti mak nyooosss…. Hehehehe….

dua macam transpulmin

Ingredients:

1 . Transpulmin BB Balsam Bayi

transpulmin BB balsam bayi muka ingred

2 . Transpulmin Balsam Keluarga

transpulmin balsam keluarga muka kuning

transpulmin balsam keluarga ingredients

Perbandingan komposisi kedua varian ini adalah, jika pada Transpulmin BB Balsam bayi hanya terdapat dua ingredients utama yaitu: Eucalyptol dan Chamomile. Pada Transpulmin Balsam Keluarga, selain kedua kandungan tersebut ada pula kandungan menthol, champor dan sage oil. Jadi yang balsam kuning rasanya memang lebih hangat ya Nyah, lebih cocok untuk anak-anak di atas usia 2 tahun.

perbandingan ingredients transpulmin

Cara penggunaan:

Untuk Transpulmin BB Balsam bayi cara penggunaannya adlah tingga dioles di dada dan punggung bayi (0-2 tahun). Sementara untuk produk Transpulmin Balsam keluarga, selain dioleskan di badan, balsam ini dapat juga digunakan sebagai bahan “uap” untuk melegakan pernapasan. Tentu saja untuk anak usia di atas 2 tahun ya Nyaaah…. Caranya dengan memasukkan balsam ke air panas, kemudian uapnya dihirup.

Manfaat:

  1. Yang paling banget banget banget saya rasakan manfaatnya adalah menghangatkan badan bayi saya saat terkena flu,
  2. Membantu melegakan pernapasan,
  3. Meredakan sakit kepala,
  4. Meredakan sakit punggung,
  5. Meredakan skit perut.

Harga:

Transpulmin BB Balsam Bayi (warna putih): Kurang lebih Rp 51.000,00 ukuran 10 gram. Transpulmin Balsam Keluarga (warna kuning): Kurang lebih Rp 50.000,00 ukuran 10 gram.

Sekarang saya tidak kawatir lagi jika Gayatri menunjukkan gejala flu, semoga¬† Nyonyah setelah membaca sharingku ini juga dapat manfaatnya Nyaah…. Salam sayang…..

***

Image Lomba Transpulmin

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *