Review Mainan Bayi ELC Wobble Toddle Ride On

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang mainannya Ning Gaya yang saya buat sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah. Saat itu mainannya adalah untuk usia 4-6 bulan. Kali ini saya mau membahas dari sisi mainan yang lain, yaitu mainan pabrikan, tapi teteeeeeup mainan yang fokus pada aspek edukasi dan developmental. Mungkin uda banyak yang menebak pabrikan mana yang saya maksud yak? Yap, betul saya mau bahas mainan bayi ELC atau Early Learning Centre.

Pabrikan dari Inggris ini kayanya uda kesohor banget yak, untuk masalah mainan bagi anak usia dini yang bertujuan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Kebetulan bulan lalu, Gayatri baru dapat hadiah ulang tahun yang datang lebih awal, karena sebenernya ulang tahunnya baru Januari ini, berupa Wobble Toddle Ride On dari Early Learning Centre (ELC). Terimakasih yaaa Pakdhe Dani dan Budhe Laksmi, hadiahnya cucok banget sama kebutuhan Gayatri yang lagi latihan jalan.

Nah, langsung saja ya saya coba review. Semoga review kali ini bermanfaat buat Nyonyah-nyonyah yang lagi galau milih mainan buat anaknya. Biar ga belibet menyebut Wobble Toddle Ride On, aku singkat jadi WoTROn aja ya, hehehe….

ELC Wobble Toddle Ride On push walker

Fitur:

  1. Bisa jadi bentuk mobil-mobilan,
  2. Bisa jadi push walker untuk latihan berjalan,
  3. Ada 3 pilihan musik yang catchy dan ceria,
  4. Ada 4 pilihan penyortir bentuk untuk latihan menyesuaikan bentuk: stars, kubus, segitiga dan tabung dengan colour block yang ngejeng khas mainan anak-anak,
  5. Ada cermin di spionnya, Gayatri yang sedang senang-senangnya mengamati wajahnya di cermin, juga senang melongok sejenak ke spion.

Manfaat:

Saya memang bukan ibu yang anti gadget, tapi sampai saat ini memang jarang sekali memberikan gadget ke bocah untuk mainan. Saya lebih suka dengan model mainan seperti WoTROn ini karena mendukung aktivitas fisik. Anak terdorong untuk melihat (baik melihat jalan saat mengendarai WoTROn atau melihat warna warninya yang gonjreng), untuk mendengar (karena ada musiknya), dan menyentuh (body WoTROn dan penyortir bentuk). Bahasa kecenya menstimulasi berbagai panca inderanya.

Secara khusus di masing-masing fiturnya juga punya manfaat yang khas. Beberapa manfaat hasil pengamatan saya sebagai berikut:

1 . Mobil-mobilan

ELC Wobble Toddle Ride On mobil

Saat berbentuk mobil, mainan ini membantu melatih keterampilan motorik kasar anak; Gayatri belajar mendorong menggunakan kaki dan juga membelokkan setir dengan tangannya. Saat mengendarai WoTROn, Gayatri juga belajar keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh.

Selain masalah fisik, bentuk bodinya yang bisa ditunggangi sepertinya juga mengembangkan imajinasinya ya. Saya nggak tau persis apa yang dipikirkan Gayatri saat mengendarai WoTROn. Tapi kadang dia kelihatan curious, kadang ketawa-ketawa bangga…. Aneh tapi menyenangkan si, melihatnya berekspresi seperti itu.

musik pada setir mainan bayi ELC

Yang paling senang dia lakukan saat mengendarai WoTROn adalah mencetin tombol musik. Di poin ini saya merasa, permainan ini penting karena mengajarkan padanya konsep sebab-akibat. “Kamu pencet – aku bunyi”. Semacam itu kali ya.

Selain mencetin tombol musik, Gayatri juga suka ngacaaaa di spion. Dooohhh! Narsis abis. Tapi tak apalah, nak, asalkan Kau bahagia.

2 . Pushwalker

ELC push walker

Seperti pushwalker pada umumnya, manfaat WoTROn adalah melatih berjalan. Ini super duper manfaat juga buat emak-bapak-nya, yang mulai merasa encok karena harus titah Gayatri kemana-mana. Hihihi…. No more titah titah, Gayatri tinggal sorong WoTROn, yeayyyy! Ibu Happy! Hahahaha!

Saya bersyukur Gayatri tumbuh sesuai dengan usianya, saat ini belum genap setahun, Gayatri bisa melangkah tanpa dipegangi sebanyak tiga empat langkah. Semoga dengan rutin berlatih dengan WoTROn, dia makin percaya diri untuk berjalan ya. Karena kalau saya perhatikan sebenarnya kaki dan badannya sudah cukup kokoh saat melangkah. Namun, terkadang dia masih ragu-ragu. Doain ya onty oooommm! 🙂

3 . Penyortir Bentuk

Di bagian badan mainan terdapat empat lubang berbentuk stars, kubus, tabung dan segitiga serta empat building block yang bisa dipakai untuk bermain shape-shorter atau menyortir bentuk. Gayatri belum lancar main ini nih, terutama yang berbentuk stars. Yang paling gape dia loloskan adalah yang tabung. Soalnya paling gampang kayanya, hehehe.

penyortir bentukk mainan bayi ELC

Walaupun Gayatri belum lancar, saya tidak patah arang si. Menurut saya permainan ini bermanfaat secara tidak langsung untuk membuat dia belajar konsep keluar masuk serta konsep bangun ruang. Saya tentu tidak memaksanya belajar tentang hal tersebut. Namun kalau saat bermain dia bisa sekaligus belajar. Kenapa tidak.

What I Love

  • Kukuh materialnya dan menurut seorang teman sesama ibu muda, mainan ELC ini aweeet, Mama mertuanya masih menyimpan mainan suaminya yang kemudian dilungsurin ke keponakan dan kemudian ke anaknya sekarang. Keren yak, mainannya keren ditambah pasti ngerawatnya juga apik.
  • Saat menjadi puswalker, mainan ini relatif aman karena saat ditekan dia berhenti, jadi nggak mudah tergelincir.
  • Mudah disusun, dari box saat pertama dibuka hanya tinggal menyusun roda dan memasang baterai sudah siap digunakan.
  • Pengoperasiannya mudah dan menarik bagi bayi. Gayatri tidak cepat bosan.
  • Harga jual kembalinya tinggi, saya sempat cek harga prelovednya di OLX ada yang jual 700k, di tokopedia malah ada yang jual 1,1 juta which is lumayan banget buat yang merasa sayang-sayang duit buat beliin bocah mainan. Harga beli barunya sekitar 1,2 juta.
  • Perubahan bentuk dari mobil menjadi pushwalker mudah dilakukan. Untuk mempermudah temen-temen melihat cara mengubahnya saya membuat video ala-ala, semoga bermanfaat ya….

Room for Improvement:

Penambahan penyangga punggung saat WoTROn berbentuk mobil menurut saya akan menambah keamanan mainan ini terutama untuk bayi yang usianya lebih kecil daripada Gayatri.

Yang harus diperhatikan:

  • Mainan ini diperuntukkan bagi bayi usia 9 s.d. 24 bulan.
  • Maksimal beban yang bisa ditanggung adalah 20 kg.
  • Walaupun relatif aman, pengawasan tetaplah penting.
  • Perhatikan lokasi bermain, hindari penggunaan di jalan, dekat kendaraan bermotor, di atau di dekat tangga/ tanjakan yang tajam, kolam renang dan tempat berair lainnya.
  • Hanya untuk satu pengendara, tidak disarankan untuk berboncengan.

Kelengkapan di Dalam Kardus saat Pembelian:

review mainan bayi ELC

  • 1 Wobble Toddle Ride On,
  • 4 Shape Sorting Blocks,
  •  Baterai dijual terpisah.

Where to Buy:

Ning Gaya dibeliin mainan ini sama Pakde Dani dan Bude Laksmi di Toko ELC yang di Pondok Indah Mall. Selain di PIM, toko terdekat dari rumah kami itu di Bintaro Exchange. Kalau di kota Nyonyah nggak ada toko ELC, Nyonyah bisa juga beli secara online di webnya mothercare. Jangan lupa follow akun Instagramnya ELC, soalnya sering ada info promo di sana.

Link Web Mothercare

Link Akun IG ELC

Sebenarnya selain WoTROn ini, Gayatri pernah mencoba sebagian besar mainan produknya ELC. Jadi di bulan Desember tahun lalu, saya dan Gayatri ikutan Baby Bash yang diselenggarakan oleh Asianparents Indonesia. Di situ ada both-nya ELC (Early Learning Centre) yang isinya buanyak banget mainan bayi ELC. Gayatri puas banget main di situ secara kami datang awal banget, dan kayanya keluar booth itu paling akhir. Wkwkwkwk…. Manfaatin banget momennya lah…. Bentuk mainan-mainan yang dicoba Gayatri tersebut bisa dilihat di postingan saya tentang Serunya Baby Bash bareng The Asianparents yaaak. Buat yang pengen ikut acara seru semacam #BabyBashID ini pantengin aja akun IGnya The Asianparents.

Link Akun IG The Asianparents

ELC

Sementara sekian review Mainan Bayi ELC Wobble Toddle Ride On, semoga reviewnya bermanfaat yaaa!

Salam sayang selalu…. :*

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

4 Comments

  1. anakku kusewain pushwalker fisher price dicuekin kemarin. akhirnya dibalikin deh. heu. dia sekarang belajar jalannya merambat dari kursi ke kursi deh

  2. Senang banget ya baru belajar jalan. Semoga makin lancar ya. Anakku dulu belajar jalan dengan mendorong kursi. Kalau punya baby els wobble toodle ride ini pasti makin membantu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *