Cara Mudah Bikin Es Teler

cara malas bikin es teler2

Resep asli es teler sebenarnya cukup mudah tinggal mencampur alpukat, daging kelapa muda,┬ácincau, nangka atau buah lain dengan es serut, santan dan susu kental manis. Tapi bukan nyonyamalas namanya kalo ga nemuin cara yang lebih mudah. Hahahaha… Oke, cara mudah bikin es teler setidaknya meminimaliasi beberapa step di resep asli es teler sebagai berikut:

1. Ga perlu nyerut es batu

2. Ga perlu motongin nangka

3. Ga perlu ngerok kelapa muda

4. Ga perlu pakai santan dan

5. Ga perlu tambah susu kental manis…

cara malas bikin es teler2

Rasanya tetep endeus lho, tetep mempertahankan cita rasa asli Indonesia yang dipunya es teler. OTENTIK pokoknya. Kok bisa gitu? Bisa dong, rahasianya adalah: step 1, 4 dan 5 di atas digantikan dengan satu langkah praktis: pakai es krim nangka. Es krim nangka ya teman-teman, jangan es krim cokelat atau es krim strawberry, nanti rasanya berubah, jadi ga kaya es teller otentik. Hihihihi… Kalau es krim rasa nangka susah ditemui, bisa juga menggunakan es krim dung-dung, intinya pakai es krim yang bahan dasarnya santan. Sementara langkah nomor 3 (ngerok kelapa muda) bisa digantikan dengan langkah praktis berikutnya: langsung pakai daging kelapa di batoknya, tanpa perlu dikerok! Cepet dan paktis! Pas banget kan buat buka puasa… ­čÖé haus-haus dan lapar, ketemu yang manis seger serta ga ribet ­čÖé

Resep lengkap untuk dua porsi-nya sebagai berikut:

bahan es teler

Bahan-bahan:

Satu Butir kelapa muda (belah), kalo mamang-mamang penjualnya lagi ga sibuk, bisa minta dibikin lebih cantik batoknya. Cuma kalo lagi rame, seperti yang saya alami, yang penting di belah, lalu bagian punggungnya dibuat datar agar bisa diletakkan di meja dengan stabil. Alias kaga nggelundung, hihihi…

Kolang kaling tawar secukupnya

Satu butir alpukat masak, kerok dengan sendok

Sirup coco pandan

Es krim berbahan dasar santan rasa nangka, nyonyamalas menggunakan es krim merk Diamond varian Es Puter rasa Nangka

Cara Membuat:

1. Siapkan batok kepala muda, dan bahan-bahan lain. Jika mau makan es teler berdua dalam satu batok (seperti yang saya lakukan bersama suami), batok satunya bisa dikerok, tapi jika dimakan terpisah tidak perlu dikerok.

langkah membuat es teler

2. Susun bahan-bahan dalam batok kelapa, mulai dari kolang-kaling, alpukat serta es krim. Tak lupa beri sirup sedikit di permukaannya.

langkah membuat es 2

3. Jika suka es krim dalam bentuk masih utuh (masih berbentuk es krim), beri es krimnya sesaat sebelum disajikan. Namun, apabila lebih suka es krimnya lebih cair bisa juga disajikan agak lama sebelum disajikan. Setelah mencair, bisa diaduk… mmmm…. creamyyy yummyyyy… ­čÖé

langkah membuat es teler es krim cair

Selamat menikmatiiiii ­čÖé Yang bikin makan es ini happy adalah, kalo es teler biasa kan pas terakhir-terakhir tu rasanya uda mulai hambar karena es batunya mencair dan ga ada rasa. Terus isiannya uda abis… hampa terasa deh… *ciela. Tapi kalo cara malas ini, tetep nikmat sampai┬áakhir. Pas tetes terakhir hampir tandas, kamu masih punya lapisan kelapa muda yang legit yang masih nempel di batoknya… mmmmm… yummmmmyyy…. Mau coba?

 

 

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

Masak Nasi Kuning Pakai Rice Cooker

nasi kuning siap disajikan

Walaupun mungkin nasi kuning belum tentu masakan asli Indonesia (karena setahu saya, beberapa negeri tetangga kita di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Brunei juga mengenalnya), makanan ini sangat akrab di hati orang Indonesia. Sering muncul pada acara-acara perayaan dalam bentuk tumpeng. Saat ini sih, sudah banyak warung nasi yang menjualnya untuk sarapan. Biasanya dalam paketan mika atau kardus, biar gampang take away. Oiya, ngelanjutin obrolan tentang nasi kuning yang sering dipakai tumpeng tadi. Tumpeng nasi kuning biasa dipakai untuk acara-acara gembira seperti ulang tahun, tunangan atau acara-acara meriah lain. Bentuknya yang kerucut ke atas menggambarkan gunung emas. Simbol kekayaan, kemakmuran dan moral yang luhur. Berbeda dengan tumpeng nasi putih, yang berarti kesucian. Dalam adat Jawa,tumpeng nasi putih dipakai untuk upacara nujuh bulanan kehamilan atau pada saat kematian seseorang yang masih lajang. Yang terakhir disebutkan sepertinya sudah jarang sekali dilaksanakan.

1460616332414

“Tumpeng nasi kuning simbol kemakmuran dan moral yang luhur” via @nyonyamalas click to tweet!

Saya dan si Tuan Besar membuat nasi kuning ini ceritanya untuk ngerayain 30 bulanan kami bareng. Biar afdol, kami buat tumpeng ala-ala gitu. Untuk pelengkapnya kami pakai ayam, telur goreng, sambal goreng ati, orek tempe, sambal, perkedel tahu dan kerupuk (ga kefoto maap). Jumlah lauknya ada tujuh atau pitu (bahasa Jawa) yang berarti Pitulungan (pertolongan). Maksudnya adalah kami berdoa memohon pertolongan Tuhan, semoga ke depan tetap rukun dan happy dalam menjalankan hubungan kami. Hihihihi, sok filosofis yak… ­čśŤ Kalau mau untuk sarapan aja si, apa yang ada juga bisa dipakai lauk sebenarnya…

Nhaaahhhh… kepanjangan kan jadinya ceritanya. Sekarang nomongin gimana bikinnya. Walaupun sarat nilai-nilai tradisional yang kayaknya ribet itu, kita masih bisa ngakalin cara masaknya. Tentu saja ini bukan cara masak yang pakem yak. Karena ga diaron, ga pakai beras pulut, juga ga di kukus. Soalnya ga punya dandang dan ga mau ribet seperti biasa, jadi kami pakai rice cooker. Cus!

Alat: Rice Cooker

Bahan: Beras 2 cup

Bumbu:

1. kunyit ditumbuk dan dilarutkan dalam air,

2. satu buah jeruk nipis,

3. satu batang serai ambil putihnya,

4. dua lembar daun salam,

5. santan kental 80 ml,

6. air secukupnya.

bumbu nasi kuning

 

Cara Membuat:

1. Cuci bersih beras, letakkan dalam wadah. Beri perasan jeruk nipis, buang biji-biji nya. Aduk rata.

beras jeruk nipisberas

2. Masukkan larutan kunyit dalam wadah berisi beras. Biarkan terendam minimal selama 4 jam.

nasi direndam hasil rendaman nasi

3. Masukkan beras dalam rice cooker, masukkan santan aduk rata.

nasi serai salam nasi santan

4. Tambahkan air sampai batas ketinggian air dari beras adalah satu ruas jari. Masukkan dalam rice cooker, dan jangan lupa dinyalakan. Hihihihi, mama saya sering sekali lupa melakukan step kecil ini…

tambahkan airmasak nasi

5. Angkat nasi apabila sudah masak. Yeeeee!!!

nasi masak

Tambahkan lauk dan nasi kuning siap disajikan ­čÖé Selamat menikmati…

nasi kuning siap disajikan

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

Cara Membuat Acar Kuning Matang Wortel dan Ketimun

acar kuning wortel mentimun

Acar yang saya kenal waktu kecil ada dua macam, acar mentah dan acar matang. Yang mentah adalah acar yang berisi mentimun dan wortel dipotong kecil-kecil, ditambah bumbu bawang merah, jahe dan nanas jika beruntung. Kuah acar mentah berwarna bening, rasanya semata-mata asam dari cuka. Sementara acar yang saya kenal dengan nama acar matang adalah acar yang kuahnya berwarna kuning. Isinya mentimun dan wortel yang dipotong kecil panjang seperti korek api, dan bumbunya lebih banyak daripada acar mentah. Acar seperti inilah yang akan saya buat tutorialnya di artikel  Cara Membuat Acar Kuning Matang Wortel dan Ketimun ini.

Meninggalkan kampung saya yang tenang, saya menemukan acar yang lain. Yaitu acar mentimun yang nyelip di antara Burger King. Rasanya asem-asem aneh menurut saya yang belum terbiasa kala itu. Saking merasa aneh, saya sampai ingat perjumpaan kami pertama kali; di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Bali. Kali kedua ketemu acar yang serupa adalah di Carl’s. Tetep aneh euy di lidah saya. Hahaha. Dasar lidah Indonesia, susah ketemu yang ga berempah. Acar kuning tetap menjadi favorit deh.

acar kuning

Ngomong-ngomong tentang acar, ternyata eh ternyata banyak tokoh di dunia seperti saya yang tergila-gila dengan acar. Museum Makanan di New York menyebutkan bahwa Ratu Elizabeth (abad ke 15) menyukai acar karena rasanya. Selain Ratu Elizabeth, Napoleon fanatik terhadap acar karena khasiatnya. Ya, sependapat dengan Napoleon, Aristoteles berpendapat bahwa acar berkhasiat menyembuhkan penyakit! Napoleon sendiri kemudian memperhitungkan acar sebagai aset bagi kesehatan pasukannya. Lebih ekstrim lagi, Julius Caesar, beliau menyuruh pasukan Romawinya makan acar, karena mempercayai acar dapat memberikan kekuatan fisik dan spiritual. Spirituaaaal dong bayangkan. [sumber]

“Ratu Elizabeth suka acar karena rasanya, Julius Caesar karena khasiat kesehatannya” via nyonyamalas.com┬á@emanuellaeman

[click to tweet!]

Setelah kilas balik sejarah dunia, mari balik lagi ke masalah acar kuning. Walaupun saya┬ásudah pernah memakannya waktu kecil, namun saya baru tahu cara membuat┬áacar matang ini┬ásaat saya kuliah. Diajarin oleh Teteh, asisten rumah tangga kosan kami yang baik dan suka curhat kala memasak. ­čÖé Resep dari teteh inilah yang akan saya tuliskan┬áberikut ini…

Bahan:

bahan acar mentimun wortel

setengah mangkuk mentimun dari satu buah mentimun besar

setengah mangkuk wortel dari satu buah wortel besar

 

Bumbu:

bumbu acar bumbu acar cuka

1 butir kemiri

1 siung bawang putih

8 buah bawang merah (3 buah untuk bumbu halus, 5 buah disisihkan)

1 cm jahe, keprek

seujung sendok teh bubuk kunyit , atau 1/2 cm kunyit segar

3 tetes cuka

1/2 sendok teh gula pasir

air secukupnya

 

Cara Membuat:

1. Buang isi mentimun. Potong-potong mentimun dan wortel berbentuk korek api.

2. Haluskan 1 siung bawang putih, 3 buah bawang merah dan potongan jahe.

bumbu halus acar

3. Tumis bumbu halus hingga berbau harum.

menumis bumbu halus acar

4. Masukkan mentimun dan wortel yang telah dipotong-potong serta 5 buah bawang merah utuh. tumis hingga layu.

menumis sayuran

5. Tambahkan kunyit bubuk.

menambahkan bubuk kunyit

6. Tambahkan air. Air yang ditambahkan jangan terlalu banyak karena ada kalanya mentimun juga mengeluarkan air.

menumis sayuran dan air

7. Aduk-aduk sampai warna kuning keluar dan merata.

tumisan acar mendidih

8. Biarkan sampai masak. Tanda masak adalah wortel cukup empuk, walaupun masih terasa crunchy. ­čÖé┬áSiap dimakan yeeeaaaayyy!!! Acar kuning menurut saya paling sedap dimakan bersama nasi dan ikan goreng. HMMMMMMM… YUMMMM…

acar kuning wortel mentimun

 

You can share this pict on your pinterest to bookmark this recipe ­čÖé

resep acar kuning

 

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

Cara Membuat Semur Telur ala Mama

semur7

Mama saya jarang sekali memasak. Tapi ada masakan yang enaaaaak sekali (menurut saya hehehe), yang selalu beliau masak ketika kami di rumah. Untuk acara apapun dan kesempatan apapun: Semur. Resep semur yang mama biasa masak, adalah resep yang biasa orang Jawa pakai. Tidak memakai cengkeh, pala, jintan ataupin kayu manis seperti yang dipakai pada semur Betawi. Rasanya tidak terlalu setrooong dan dominan rasa manis plus gurih.

Nama Semur berasal dari kata Belanda, smoor, yang artinya memasak daging dengan tomat dan bawang secara perlahan. Walaupun namanya berasal dari nama Belanda, semur bukanlah makanan asli Belanda, loh. Memang ada makanan Belanda bernama Hachee (masakan yang terdiri dari daging/ ikan/ burung dan sayuran yang direbus bersama kaldu tulang, bawang dan cuka atau wine) yang menginspirasi adanya resep semur ini. Bangsa Indonesia yang pernah mencicipi makanan ini kemudian membuat suatu masakan rebusan daging yang juga berwarna cokelat namun dengan rempah-rempah khas Indonesia. Warna cokelat pada hachee yang timbul dari kaldu tulang (brownstock – kaldu tulang sapi yang dibakar), pada semur digantikan dengan warna cokelat dari kecap kedelai. Setelah menjadi familiar di bangsa kita, isian dari semur pun menjadi beragam. Tak hanya daging sapi, daging kambing, ayam, tahu, tempe dan telur pun juga bisa disemur [sumber].

Bahan yang paling sering mama saya pakai untuk semur adalah telur, alih-alih daging. Waktu memasak semur telur sendiri (diluar merebus telurnya) sebenarnya sangat cepat, kurang lebih 15 menit. Lagipula proses memasaknya tidak perlu banyak diaduk, sehingga bisa disambi mengerjakan pekerjaan rumah yang lain atau sambil twiteran. Hihihihi… Kemudahan proses pembuatannya membuat saya menyukai masakan ini. Lagipula, telur yang disemur bisa disimpan cukup lama di kulkas. Masak sekali, makan berkali-kali deh.

 

“Masak semur itu mudah, bahkan bisa sambil twiteran!” via @emanuellaeman (Click to Tweet!!!)

 

Bahan: 4 butir telur

cara-membuat-semur-telur

 

Bumbu Halus:

3 Bawang Merah

2 Bawang Putih

1 Sendok teh (munjung) Ketumbar

Lada/ Merica jika jika suka

2 Sendok makan  Gula Jawa

Garam sesuai selera

 

Bumbu Lain:

2 Sendok makan Minyak Goreng untuk menumis

2 Lembar Daun Salam

1 Ruas jari Lengkuas, keprek

4 Sendok makan Kecap

 

Cara Membuat:

1. Rebus telur di air dingin untuk menghindari telur pecah. Rebus sampai matang kurang lebih 30 menit.

merebus telur

2. Sambil menunggu telur matang, uleg/ blender Bumbu Halus. Sisihkan bersama Bumbu Lain.

bumbu semur uleg

3. Setelah telur matang, ambil telur dari panci air panas. Masukkan ke wadah yang berisi air dingin. Kupas segera, agar lebih mudah dikelupas kulitnya.

mengupas telur

4. Agar bumbu merasuk, sebelum dimasak tusuk-tusuk telur rebus dengan tusuk gigi di sekujur permukaannya. Selain menusuk, cara lain yang bisa dipakai adalah menyayat-nyayat permukaan telur dengan pisau. Tusuk/ sayat cukup dalam namun jangan sampai tembus/ terbelah. Tusukan/ sayatan ini berguna sebagai jalan masuk bumbu ke dalam lapisan telur. Terbayang kan kuning telur yang berbumbu… MMMMMMMMMMMMMMMMMM…. ­čÖé

menusuk telur dengan tusuk gigi

5. Tumis bumbu halus dengan 2 sendok makan minyak goreng sampai berbau harum. Masukkan salam dan lengkuas, tumis lagi sampai tambah harum. Hati-hati jangan terlalu lama agar bumbu tidak gosong. Masukkan telus, aduk. Tambahkan air dan kecap. Bagi yang menyukai sedikit rasa pedas, tambahkan lada/ merica bubuk.

merebus dengan bumbu

6. Tunggu sampai mendidih. Voilaaaa!!! Semur telur siap dinikmati ­čÖé

cara-membuat-semur-telur

Si Tuan Besar suka sekali membiarkan telur ini bermalam terlebih dahulu, baru dihangatkan dan dimakan keesokan harinya. Lebih merasuk bumbunya katanya (warna telurnya sampai cokelas sampai dalam). Mantapppp.

Yukkkk pin gambar di bawah di pinterest kamu, biar mudah nyarinya lagi nanti-nanti pas diperlukan. Atau bisa juga share di medsos lain di icon2 sosmed di bagian bawah yaaa…

cara-membuat-semur-telur

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!