Asam Lambung Naik Bisa Bikin Bau Mulut, Kok Bisa?

Bau mulut tuh ngaruh banget sama berkaitan dengan rasa percaya diri, buat saya. Dulu pernah mengalami bau mulut, trus auto merasa nggak pede karena merasa diri jorok gitu. Saya jadi minder ketika harus berbicara di tengah diskusi, atau bahkan sekedar ngobrol sama temen. Padahal pekerjaan saya dulu mau nggak mau harus ketemu dan ngobrol dengan banyak orang. Ngganggu banget.

Memang sih, permen atau produk pengharum mulut sudah banyak dipasaran. Namun, kayanya saya nggak akan mau terus mengkonsumsinya seumur hidup? Maksudnya, itu kan hanya seperti menutup-nutupi bau ya. Sementara yang saya ingin lakukan adalah menghilangkan bau mulut. Untuk itu, pertama-tama yang harus diketahui terlebih dahulu mengenai apa penyebabnya. Awalnya saya sempat bingung karena saya merasa termasuk orang yang rajin menjaga kebersihan gigi. Namun, ternyata bau mulut tidak hanya tergantung pada kebersihan mulut dan gigi saja loh.

Faktor lain penyebab bau mulut adalah naiknya asam di lambung menuju kerongkongan bahkan menuju mulut. Ketika asam lambung naik, biasanya seseorang akan mengalami beberapa keluhan, seperti rasa terbakar, lemas, dan sebagainya Nah, selain itu, bau mulut yang mengganggu pun menjadi tambahan keluhan yang tidak dapat dihindari.

Kesannya kaya nggak nyambung ya, kok asam di lambung bisa bikin bau di mulut???? Nah, berikut penjelasan mengapa asam lambung naik bisa menyebabkan bau mulut? Yuk simak selengkapnya.

asam lambung naik bikin bau mulur

Apa itu Penyakit Asam Lambung Naik?

Kondisi asam lambung naik disebut juga dengan penyakit GERD (gastroesophageal Reflux Disease). Naiknya asam lambung dapat disebabkan oleh adanya beberapa pemicu yang membuat sfingter esofagus rusak sehingga isi perut kembali menuju kerongkongan, bahkan mulut.

Mengapa Asam Lambung Naik Bisa Bikin Bau Mulut?

Asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School,  Chin Hur, MD, MPH, mengatakan bahwa naiknya asam lambung dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Pada sebagian penderita asam lambung atau GERD, GERD dapat terjadi karena adanya makanan yang tidak bergerak secara normal di dalam perut. Kondisi ini membuat makanan membusuk sehingga menimbulkan bau mulut. Jika makanan tersebut dimuntahkan, maka akan terjadi bau mulut.

Bau mulut tersebut berasal dari bau asam dan empedu yang telah bercampur pada makanan yang berasal dari perut. Selain itu, Makanan tersebut telah bas di dalam perut hingga menambah bau yang timbul pada mulut.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

1 . Mengubah Gaya Hidup

Asam lambung naik dan gaya hidup adalah dua hal yang saling berkaitan. Seseorang yang memiliki gaya hidup buruk seperti merokok, minum alkohol atau terlalu sering minum kopi akan memiliki risiko asam lambung naik yang lebih tinggi. Nikotin yang terdapat dalam rokok dapat membuat sfingter esofagus rusak rilek sehingga memungkinkan terjadinya reflux asam menuju kerongkongan. Selain itu, merokok juga memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan, seperti kanker mulut,  kerongkongan, lambung, tenggorokan,hati, pankreas usus besar, serta mempercepat tanda-tanda penuaan.

2 . Memperhatikan Pola Makan

Selain gaya hidup, pola makan juga harus diperhatikan. Penderita asam lambung tidak disarankan untuk makan terburu-buru, makan dengan porsi besar, atau berbaring setelah makan. Hal tersebut dapat memicu terjadinya reflux asam lambung menuju kerongkongan sehingga menyebabkan GERD dan bau mulut.

Ada beberapa jenis makanan yang juga sebaiknya dihindari oleh penderita GERD, yaitu: kopi bawang merah, coklat, makanan pedas, makanan berlemak, masam serta bawang putih. Kalau di kasus saya, beberapa makanan yang mengandung gluten tinggi juga menyebabkan GERD saya kumat.

Untuk mengatasinya, selain memperbaiki jadwal makan, saya juga mengonsumsi makanan berserat. Selain untuk melawan bau mulut akibat naiknya asam di lambung, makanan berserat juga dapat membuat pencernaan lebih sehat. Beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk penderita Gerd adalah apel, pir, pepaya, melon, semangka, dan masih banyak lagi.

3 . Selalu stok persediaan obat darurat

Selain dua hal di atas, for the rescue, terutama jika kamu akan hadir di momen penting, seperti wawancara pekerjaan, presentasi, dan sebagainya. Obat antasida seperti promag dapat menetralkan asam lambung sehingga baik untuk dikonsumsi ketika GERD menyerang.

Jadi, bye-bye bau mulut karena urusan lambung! Semoga sharing kali ini bermanfaat yaaaa!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *