Barang Antik dan 7 Koleksi untuk Investasi yang Menguntungkan

Saya punya sepupu yang hobi banget blusukan ke kampung-kampung dan mbongkari gudang demi mencari benda-benda unik. Yah sebenarnya banyak benda-benda yang dia ambil, saya anggap tidak bernilai. Tapi, sebaliknya justru dianggap sebagai investasi olehnya dan mungkin juga orang lain yang memiliki hobi sama dengan sepupu saya itu. Saya jadi menyesali momen-momen bersih-bersih yang pernah kami lakukan di rumah eyang. Seharusnya banyak benda-benda tua dan kuno yang menurut saya sudah rusak dan layak buang yang bisa jadi untuk koleksi atau dijual kembali sebagai barang antik. Bisa untung mayan cuy!

Lesson learnnya si, buat kamu yang punya koleksi mainan-mainan yang dianggap kuno tapi masih berfungsi dengan baik seperti Game Boy, action figure, hingga benda-benda lawas seperti perangko, uang jadul, piringan hitam, dan lain sebagainya. Jangan buru-buru buang yak. Jika tidak membutuhkannya, kamu bisa menjualnya daripada hanya disimpan di gudang dan menuh-menuhin rumah.

Trus…. jualnya dimana?

Tidak perlu khawatir, kalau berdasar pengalaman sepupu saya, barang-barang tersebut pun bisa dijual secara online atau di komunitas. Enaknya dengan ada toko online, kita tidak perlu mencari pelanggan sendiri, tidak perlu membuka toko yang membutuhkan biaya besar, dan tidak perlu melakukan promosi macam-macam. Karena semua itu sudah dilakukan oleh toko online yang bersangkutan.

Seperti online shop Bukalapak misalnya. Sehingga, sebagai penjual kita hanya perlu melakukan registrasi atau mendaftar sebagai jual. Kemudian pajang saja barang yang akan dijual. Tinggal duduk manis di rumah, segera pembeli akan berdatangan. Jika ada pembeli yang tertarik atau jika ada penawaran, aplikasi toko online akan secara otomatis memberikan kita notifikasi.

Saya sendiri pernah berbelanja series komik jadul Harlem Beat (komik jaman saya dan suami SMP) buat seserahan nikah, secara online. Hihihi…. Habisnya komik itu uda nggak terbit lagi di toko-toko buku. Dicari kemana-mana susah. Padahal tu seri ada nilai historisnya buat hubungan kami, jadi pengeeeen banget punya. Eh, nemu online…. Happyyyy!!!!

Related post: Antara Irit dan Wishlist

Bagi kamu yang tertarik dan ingin membeli atau mencari benda-benda seperti buku kuno maupun baru, mainan seperti action figure, remote control, video game, batu cincin atau batu akik, perlengkapan musik dan alat musik, senjata tradisional, miniatur mobil, gamepad bluetooth, boneka, gitar, hingga bibit tanaman, coba deh cari juga deh di Bukalapak. Siapa tahu nemu di mari.

Oiya balik lagi tentang barang-barang koleksi yang bisa dijadikan investasi karena bisa dijual lagi. Coba deh cek, siapa tahu di gudang rumahmu, atau di gudang rumah eyang banyak menumpuk benda-benda berikut:

7 benda koleksi atau barang antik yang bisa dijadikan sebagai investasi menguntungkan:

1. Buku

Buku adalah jendela dunia sekaligus sumber ilmu yang sangat berharga. Ada banyak buku_buku kuno yang menyimpan ilmu-ilmu penting dan dianggap sebagai barang berharga oleh para kolektor dan pecinta buku. Kalau kamu punya buku-buku menarik yang sudah berusia, dan tidak membutuhkannya lagi. Kamu bisa menjualnya di olshop Bukalapak. Siapa tahu ada yang kayak saya kan, nyari buku yang sentimentil buat seserahan nikahan atau kado buat orang tersayang….

2. Perangko

Perangko dianggap sebagai barang antik yang berharga mahal. Banyak orang menganggap perangko sebagai sesuatu yang bernilai tinggi karena tingkat kelangkaannya. Perangko yang saat ini tidak lagi kita gunakan merupakan benda yang banyak dikoleksi dan dijual dengan harga mahal.

3. Uang kuno

Walaupun tidak bisa digunakan untuk transaksi tapi dianggap sebagai benda langka Uang jadul, atau biasa kita dikenal juga dengan istilah uang lawas dan uang kuno adalah benda bernilai tinggi yang juga sering dikoleksi oleh para kolektor layaknya perangko.

4. Action figure

Action figure adalah mainan modern yang semakin banyak diminati karena harganya yang mahal. Mahalnya harga action figure tidak lepas
dari tingkat kerumitan pembuatan dan detail pada mainan tersebut.

5. Kamera jadul

Kamera jadul bisa jadi benda antik yang harganya sangat mahal. Sekalipun tidak berfungsi lagi, jangan buang kamera-kamera jadul yang kamu miliki. Pasalnya, masih banyak kolektor yang ingin mengoleksi benda-benda seperti ini. Buat pajangan juga cakep kan.

6. Piringan hitam dan kaset

Piringan hitam dan kaset adalah benda yang mulai dianggap langka dan unik. Jika kamu punya koleksi benda-benda seperti ini sebaiknya jangan dibuang dan rawatlah dengan baik.

7. Tanda tangan orang terkenal dan populer

Tanda tangan bisa jadi sangat bernilai terutama apabila berkaitan dengan public figure yang bersangkutan. Misalnya jika kamu punya tanda tangan
di atas kaos Timnas dari pemain bola populer Indonesia seperti Evan Dimas contohnya. Tanda tangan yang mereka akan sangat bernilai beberapa puluh tahun kedepan atau ketika pemain sudah pensiun dan punya banyak prestasi.

Apa lagi ya barang-barang jadul lain yang bisa dijual? Ada ide? Atau pernah punya cerita jual/ beli koleksi barang antik atau unik? Yuk share cerita di komen…. :)

Sumber gambar: pexels.com

nyonya

Hai, saya si nyonya malas, Emanuella Christianti. Fulltime employee, part time blogger with love, daily-do-it-yourself enthusiast :) Enjoys my blog and let's be friends!

41 thoughts to “Barang Antik dan 7 Koleksi untuk Investasi yang Menguntungkan”

  1. Beberapa waktu lalu aku mbongkari lemari, dan menemukan gadget PDA yg pernah booming pada jamannya. Krn aku gk terlalu suka koleksi barang gituan, aku kasihin ke tekno blogger deh, seneng mereka dpt koleksi barang yg tergolong antik. Ahaha

  2. Jadi ingat dengan koleksi kaset pitaku di rumah mama. Sudah beberapa yang hilang dan kusut dimainin si kecil, padahal kalau dijual lumayan juga kali ya 😁

  3. Yaampun Mbaaa, barang-barang antik/vintage diburu banget loh sama penggiat fotografi. Itu yang kaya mangkok, piring dan sendok jadul selalu jadi rebutan di olshop propeti foto, wkwk. Kujadi mupeeeng deh liat foto-fotonya >,<

  4. Kalau yang saya dengar itu paling menguntungkan kaya patung2 gitu sama uang kuno. Pernah nanya ke pedagang uang kuno katanya bisa untung ratusan kali lipat sih kalau tuh uang semakin tua umurnya..

  5. Kalau yang saya dengar itu paling menguntungkan kaya patung2 gitu sama uang kuno. Pernah nanya ke pedagang uang kuno katanya bisa untung ratusan kali lipat sih kalau tuh uang semakin tua umurnya.

  6. Aku pun udah punya buku, perangko dan uang kuno. Yang lainnya belum sih Aku pun juga suka baca-baca buku yang udah lama gitu. Kalau perangko dulu suka banget karena tiap bulan dapat kiriman surat dari kakak ipar yang bekerja menjadi TKW di luar negeri. Kalau uang kuno sih paling cuma uang kertas seratus rupiah yang warnanya merah itu.

  7. Aku pun udah punya buku, perangko dan uang kuno. Yang lainnya belum. Aku pun juga suka baca-baca buku yang udah lama gitu. Kalau perangko dulu suka banget karena tiap bulan dapat kiriman surat dari kakak ipar yang bekerja menjadi TKW di luar negeri. Kalau uang kuno sih paling cuma uang kertas seratus rupiah yang warnanya merah itu.

  8. Wah, ini sih koleksi-koleksi yang unik dan harganya bisa mahal ya. Aaku gak punya salah satunya. Buku pun cuma dikit. Dulu pernah sih nyoba koleksi perangko. Tapinya gak seru cuma yang lokal aja. Jadinya terbengkalai dan akhirnya entah ke mana. Heheheh…

  9. Aku masih nyimpen nih, perangko, uang kuno, dan kamera jadul. Semua masih tersimpan di rumah alm. mama. Kalo kau sih bukan koleksi, tapi sayang aja gitu kalo mau buang atau jual tu barang-barang, kek ada memori dengan benda-benda tersebut, tepatnya kenangan masa kecil, saat nenek masih ada.

  10. Koleksi bukuku ratusan atau bisa aja sampe ribuan, ada di dus2 saking banyaknya. Mau lah kulego kapan2 kalo udah bisa menyeleksi nya dulu. Selain itu anakku dapat warisan kamera jadul dari kakeknya. Lensanya sayang rusak gara2 salah pilih tempat servis

  11. Aku dulu punya Nintendo. Pas pindahan, sama Papa malah dikasih ke tetangga. Waktu itu mikirnya ya udah lah gpp, saya dan adik2 udah pada gede2 gini. Eeeeeh ternyata, sekarang malah mahal yaa kalo dijual huhuuu

  12. Baca ini jadi ingat, kami punya koleksi buku almarhum om. Om saya itu punya beberapa buku keluaran tahun 50 apa 60-an gitu … terus ada yang tahun 70-an. Pernah mau jual di OL shop tapi kelupaan terus. Untung baca ini jadi ingat deh. Makasih ya Mbak.

  13. Nah saya punya banyak banget buku yang udah dibaca, Sebetulnya pengennya tetap disimpan. Tetapi, lama kelamaan gak ada tempat dan malah jadi sarang debu. Bener juga idenya. Bisa saya jual lagi di olshop

  14. Duluuuu…pernah koleksi perangko tapi terus berhenti. Lalu ngumpulin uang kertas ..dan tak ada kelanjutannya.. ehhe..rupanya aku tak bakat jadi kolektor.. ☺️

  15. nyonya ella aku punya deh nintendo macem begitu hehe jaman kapan itu, udah paling mewah mainan itu, dulu juga dapetnya menang undian haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *