Mampir Ke Frutta Surabaya, Tempat Jual Bahan Makanan Organik

Ini kali pertama saya belanja offline bahan makanan di konter yang segmented banget – khusus menjual bahan makanan organik, vegan related, etc. Ya, karena sesungguhnya saya memang not really into that ya. Kadang-kadang saja kalau sedang butuh bahan tertentu dan dompet mendukung saya akan beli via shopee. Nah, karena sekarang saya sedang cuti besar (dan banyak waktu luang) saya iseng nyari konter demikian, dalam rangka nyari mie sehat buat Gayatri. Syukurlah ketemu Frutta Surabaya ini.

frutta surabaya jual makanan organik

Cerita tentang Gayatri dan mie-nya akan saya sampaikan menyusul.

Singkat cerita saya nemu konter Frutta Surabaya ini. Infonya dapat dari webnya Ladang Lima malah, produsen mie sehat. Karena lokasinya di Pakuwon City cukup dekat dan suami familiar, jadilah kami meluncur ke situ.

First Impression

Yang terlintas pertama kali adalah: kecil bingit ini konternya. Kalau dibandingkan dengan Indomaret dan Alfamart secara umum, mungkin ini ukurannya cuma 1/3 atau 1/4-nya kali ya. Bahkan kami sempat nggak notice toko Frutta ini padahal uda radius 5 meteran gitu. Kami sempat nanya dulu ke Concierge Pakuwon Mall, dan pas nemu barengan kami bilang “Ya ampuuun, uda deket banget tadi”. Hahaha….

Tapi saya maklum si kalau konternya kecil. Soalnya kan ini bukan toko palugada yang Apa Elu Perlu Gue Ada. Ini toko yang kalau orang marketing bilang: superniche. Memilih untuk fokus ke jualan sesuatu yang sangat spesifik.

Menurut saya sebagai orang awam, beberapa tipe orang akan suka dengan toko ini:

  • penganut clean eating,
  • vegan,
  • vegetarian,
  • ibu-ibu dengan anak usia MPASI (nhaaaah ini saya masuk golongan ini).

Apa Saja yang Dijual:

Jujur sebagai emak-emak pembuat MPASI, walaupun saya nggak tipe emak-emak perfeksionis dan super sehat, saya happy banget lo nemu toko ini. Seneng gitu liat-liat sambil berimajinasi mau masak apaan.

Beberapa produknya sebagai berikut:

Disclaimer: setiap orang memiliki karakteristik dan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Produk yang saya tampilkan adalah contoh produk toko, bukan berarti rekomendasi. Untuk produk diet ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya ya.

1 . Activated Charcoal

activated charcoalProduk satu ini saya cukup familiar, karena saya pernah pakai (tapi dari merk lain). Saya pernah pakai activated charcoal buat DIY skincare gitu hihihi, pas jamanan iseng dan sok rajin merawat diri. Cuma saya belum pernah mengonsumsinya dengan cara dimakan ya (produk yang di atas itu edible – bisa dimakan).

Katanya oh katanya si, buat detoks gitu bisa. Saya sendiri familiarnya dengan norit. Temen-temen mungkin juga uda familiar ya dengan obat diare ini. Itu bahan dasarnya juga sama: activated charcoal.

2 . Almond

almondCemilan kesukaan saya pas dulu awal-awal menyusui. Soalnya bikin ASI jadi kenceng dan kental. Cuma akhirnya saya stop karena Gayatri alergi kalau saya makan almond (atau susu almond) dalam jumlah banyak. Saya jadi berpaling pada kedelai dan susu kedelai.

3 . Cuka Apel

apple vinegarAda beberapa cuka di sini, yang saya foto adalah si BRAGG Apple Cider Vinegar yang Raw – Unfiltered. Kenapa? Soalnya ini cuka sempat happening banget. Banyak yang bilang baik untuk dikonsumsi rutin. Selain itu ada juga yang bilang kalau larutannya bisa untuk DIY Skincare. Jadi toner wajah gitu, karena mengandung glycolic acid, CMIIW. Ini sempat juga lo direview dan dibuat semacam challenge oleh Kak Afi Assegaf di Vlognya Female Daily. Sok atuh yang penasaran bisa cek di akun Youtube mereka.

4 . Beras Organik

beras organik

5 . Berbagai Macam Mie-mie-an

bihun dan mie

mie ladang limaYuuuup, the femes mie sehat Ladang Lima is hereee! Ini si tujuan utama saya datang kemari. Bermula dari post foto Gayatri lagi mamam mie, diakhiri dengan minta rekomendasi netizen tentang merk mie apa yang relatif lebih sehat. Kebanyakan pada rekomen merk ini, ada juga yang rekomen dari Namaste Organik, Lingkar Organik, dll. Berhubung saya googling dan dapat yang ada offline-nya si Ladang Lima di Frutta, maka meluncurlah saya kemari.

Kenapa nggak mie yang biasa aja? Sebenarnya si saya nggak punya masalah dengan mie telur yang ada di minimarket dekat rumah ya. Gayatri pernah juga kok saya masakin mie Burung Dara, mie Kijang Menjangan, dll. Cuma Mas Domas dan Mbah Akung rada worry dengan proses bleaching, pengawetan dll yang ada di mie-mie pasaran pada umumnya. Jadi saya diminta nyari mie organik yang uda jelas nggak mengandung bahan pengawet dll. Maka dan maka belilah saya mie ini. Sekian dan terima bingkisan.

organik ramen udon soba

6 .  Chia Seed

chia seedChia seed ini supefood yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan ya. Baik di kalangan ibu-ibu pembuat MPASI maupun yang bukan. Biasa dicampur di smoothies, puding, dll. Saya sendiri belum pernah konsumsi ini.

7 . Buah Kering

dried fruit

8 . Himalayan Salt dan Sea Salt

garamIni juga femes niiiiii…. Sea Salt maupun si Himalayan Salt, infonya lebih sehat karena mengandung lebih banyak mineral dibandingkan dengan refined salt alias garam dapur yang biasa saya pakai. Kemarin sempat mempertimbangkan beli, tapi urung kaena Mas Domas mau nyoba beli Lososal (Low Sodium Salt). Tapi belum jadi jugak. Ada yang pernah membandingkan keduanya? Please info yaaa…. Terimakasih.

9 . Spray Anti Serangga dan Krim Lucas Papaw

lucas papawDua produk ini bukan makanan ya. Saya highlight karena produk ini juga lumayan banyak dicari. Terutama Lucas Papaw ya. Produk impor dari Australia ini selain sering dibahas sebaga skincare untuk perempuan dewasa, saya pernah ikut bahasannya juga di grup ibu-ibu, juga bisa dipakai untuk anak-anak. Manfaatnya dari merawat bibir/ kulit kering, krim untuk merawat gigitan serangga, merawat ruam popok, dll.

10 . Muesli

muesli

11 . Nutritional Yeast

nutritional yeastIni juga salah bahan makanan yang lagi hits di kalangan Ibu-ibu pembuat MPASI kekinian. Biasanya dimanfaatkan untuk mengurangin konsumsi garam pada anak di bawah 1 tahun. Seperti namanya (yeast) produk ini sebenarnya adalah ragi yang masih aktif. Rasanya gurih seperti keju. Biasa digunakan sebagai perasa atau bisa sebagai taburan.

Orang dewasa juga bisa mengonsumsinya. Terbayangkan menggoreng kentang kemudian ditaburi nutritional yeast. Produk ini bisa jadi solusi alternatif bagi orang-orang yang mau mengurangi konsumsi garam namun tidak mau makanannya terasa hambar.

12 . Oat, Seed, Grains

oat

13 . Tepung-tepungan

tepung red mill

tepung mix

14 . Lain-lain:

Essentials Oil, mereka menyediakan EOnya Young Living. Kefir (minuman). Snacks dan Minuman yang unik-unik, hehehe…. Masih ada produk lain yang dijual di Frutta Surabaya, sebagian yang saya tampilkan di sini adalah yang paling menarik perhatian saya.

Dimana Cari Tahu Lebih Lanjut: Instagram @fruttasurabaya.

Tapi patut diingat kalau akun IGnya ini bukan toko onlinenya ya. Jadi mereka tidak jualan di IG. Maka maklum saja kalau slow respon. Kebanyakan pertanyaan juga dijawab dengan: “Hubungi kontak yang ada di bio ya”. Jadi manfaat dari akun ini tu untuk ngecek barang apa aja yang ada di toko si, IMHO.

Lokasi:

Pakuwon City. Tapi bukan di dalam Mallnya ya, ini di luarnya. Jadi di ruko yang menghadap Mall-nya.

***

Semoga sharing kali ini bermanfaat ya Nyaaah…. Oiya, adakah yang tahu apakah ada Frutta di kota lain selain Surabaya? Terimakasih sudah berkunjung. Salam sayaaang….

 

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

3 Comments

    • Amiiinn, kalau ada toko begini lumayan irit ongkir kan mbak, soalnya banyakan yang jual bahan unik begini online kan….

  1. aku yg orang Surabaya malah nggak tahu tempat ini heheheh…. Btw, tapi di daerah Pakuwon tuh memang lengkap ya..selain toko khusus organik ada juga toko khusus makanan Korea loh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *