Pengalaman Menginap di Hotel Sheraton Jogja Bareng Bayi

“Tempat yang sempurna buat short get away. Nyaman, tenang, rileks.” Kira-kira kalau dirangkum dengan singkat, seperti itulah kesan saya terhadap Hotel Sheraton Jogja.

Saat Gayatri berusia 9 bulan, saya sempat menginap beberapa hari di Hotel Sheraton Jogja. Tentunya bareng Gayatri dan suami. Secara keseluruhan menginap di sana menyenangkan. Hotel Sheraton Jogja ini tampaknya adalah kerjasama antara Sheraton dengan Mustika Ratu. Makanya dinamai dengan Sheraton Mustika. Foto ibu Mooryati Soedibyo saat masih muda terpampang besar di lobby hotel. Kerjasama tersebut juga nampak dari adanya spa di hotel yang kesemuanya eksklusif menggunakan produk dari Mustika Ratu. Sayang sekali saya tidak sempat mencoba spa-nya. Jadi review hotel Sheraton Jogja ini akan ditulis hanya dari sisi tempat menginap saja.

loby sheraton jogja

Berikut review Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta ala nyonyamalas:

1 . Kamar

Saya dapat kamar double yang menghadap taman. Jadi tidak dapat best view pemandangan Gunung Kidul. Kamarnya standar hotel bintang 5. Dan saya sukanya terang banget tanpa bantuan lampu pun terang ya. Jendelanya guede, jadi bermandikan cahaya matahari.

interior sheraton jogja

interior sheraton mustika yogyakarta

Kamar mandi dengan bathtub.

kamar mandi sheraton jogja

2 . Playground

Ada dua playground. Yang di dalam gedung dan di luar gedung. Playgroundnya yang di luar, ada bangunan kecil tersendiri di dekat taman dan kolam renang. Semacam ruang kosong beralas karpet. Tampak usang walaupun bersih dan terawat. Kalau yang di dalam gedung so far lumayan buat main anak usia 2 tahunan ke atas.

3 . Makan

Seperti umumnya saya dapat sarapan (include kamar) untuk dua orang dewasa. Makanannya enak, saya pribadi cukup puas. Walaupun tidak bisa dibilang istimewa untuk ukuran bintang 5 (saya bandingin dengan The Westin Kuningan masih oke The Westin, dibandingkan dengan Park Hotel yang bintangnya di bawah Sheraton kira-kira setaranya).

ruang makan

Yang unik, do sini ada stall khusus gudeg. Yang menurut saya enak. Kreceknya puedes dan arehnya mantep. Di stall gudeg ini tersedia jamu beras kencur dan juga kunyit asam.

stall gudeg

4 . Ruang fitness

Ada di dekat ruang spa. Saya tidak berkesempatan ke sana. Berharap kalau ada kesempatan kembali bisa mampir ke ruang fitnessnya.

5 . Kolam renang

Ada 2 kolam renang, satu indoor dan satu outdoor. Yang indoor lokasi berdekatan dengan tempat spa. Sementara yang outdoor berdekatan dengan playground. Kolam renang outdoor terbagi menjadi dua lagi, untuk anak-anak dan untuk dewasa.

Suka sekali, nuansanya berasa adeeem dan relaxing. Banyak pohon-pohon sehingga asri dan seperti di kampung Bali.

menuju kolam renang sheraton jogja

kolam renang sheraton jogja

Di tengah kolam renang dewasa disediakan bar. Sementara di tepinya ada tempat istirahat. So far bikin betah. Jangan lupa kalau kemari bawa baju renang dan kacamata renang yaaa!

6 . Shuttle bus

Ada shuttle bus yang disediakan untuk ke bandara setiap setengah jam sekali. Dan ada shuttle bus yang disediakan untuk ke malioboro. Jadwal ke malioboro pukul 10.00, 13.00, 16.00, 19.00 dan 21.00.

7 . Spa

Sayangnya saya belum sempat mencoba spa di sini. Padahal ini salah satu signature featurenya Sheraton Mustika Yogyakarta. Kata temen saya si endeus ya…..

love love

What I Love:

1 . Tempatnya tenang sekali karena jauh dari jalan raya. Namun tenang, jika mau keluar ada shuttle bus kok. Jadi nggak perlu jalan, soalnya jauh banget booook!

2 . Ada shuttle bus ke malioboro dan bandara. Yang saya salut, shuttle bus nya on timeeee!!! Kalau saya masukkan biaya transportasi sebagai pengurang biaya total. Biaya hotel jadi terasa worthy banget.

3 . Makanannya sebenarnya standar banget untuk ukuran hotel bintang 5. Favorit saya tetap Park Hotel Cawang untuk makanan. Namun, di sini menyediakan juicer yang bisa dipakai di resto (tentu ada staf yang mengoperasikan). Saya senang sekali karena ini bermanfaat untuk saya yang membawa bayi dalam menyiapkan mpasi. Karena kadang kalau jus yang ready di hotel kan ada tambahan gula atau sirup, dengan adanya juicer di Sheraton saya bisa memastikan jus yang saya sediakan untuk Gayatri sesuai harapan saya. Tanpa tambahan apapun.

MPASI

4 . Di dalam hotel ada counter polo. Saat itu sedang diskon 60% hihihihi…. mayan banget lo buk ibuuukkk….

5 . Staf-nya lovable bangeeet! Merasa berada di lingkungan sendiri. Ini preferensi saya pribadi ya…. tapi saya suka suasana njawani-nya yang ga terlalu berlebihan. Saya senang bisa ngomong jawa alus dengan staf hotel (saya orang jawa). Namun ga seperti Inna Hotel yang suasana jawanya berasa terlalu “ningrat”, di sini tidak terlalu menjaga jarak banget. Staf yang menjaga stal gudeg masih mau bercanda. Sopan namun akrab. Bukan seperti atasan-bawahan. Tapi seperti tamu dan tuan rumah yang senang membantu. It’s very lovely….. Pas!

6 . Untuk penyuka gudeg. Hotel ini ada di samping Gudeg Yu Djum persis!

7 . Lokasinya juga cukup dekat dengan Bandara.

Harga: Rp 1.000.000,00/net per malam. Apabila tempat kerja nyonyah ada corporate rate, manfaatkan saja, siapa tahu bisa dapat diskon. 😊

Tips untuk yang menginap membawa bayi (saat itu usia Gayatri kurang lebih 9 bulanan).

1 . Jangan lupa untuk meminta high chair setiap sarapan,

2 . Karena gayatri (9 bulan) anak saya sudah bisa makan nasi, makanan yang disediakan hotel menurut saya sudah bisa dimodifikasi untuknya.

Beberapa paduan menu 4* yang pernah saya coba:

  • nasi, kacang merah (dimash kasar dengan sendok), ikan fillet goreng tepung (kupas tepungnya), wortel rebus untuk finger food,
  • Kentang (atau kadang hash brown), omelete telur (request tanpa garam, paprika, dll), tomat panggang, kacang merah,
  • Nasi, telur rebus (telurnya saya minta dari stall gudeg), buncis
  • Ayam suwir (dari stall bubur ayam), nasi, tomat panggang, keju

contoh MPASI di sheraton jogja

3 . Minta bantuan staf hotel untuk menurunkan kasur dari dipan. Hal ini saya lakukan untuk menghindari kecelakaan, bayi ngglundung dari kasur karena tidak ada pengamannya.

4 . Pilih kamar dengan bathtub jika memungkinkan untuk memudahkan prosesi mandi. Kalau tidak memungkinkan bayi bisa dimandikan di wastafel si, cuma bakal basah dimana-mana hehehe. Kalau bayi sudah bisa berjalan si, pakai shower nggak masalah ya.

5 . Bisa minta extra air mineral loh. Kami dapat extra 2 botol setelah staf hotel tau kami membawa bayi. Bukan masalah harga air mineralnya sih, tapi perhatiannya itu loh. So sweeet. Thankyuuu Sheraton Mustika!

Yang perlu diperhatikan lebih lanjut:

1 . Untuk rekan-rekan yang datang bersama lansia/ anak berkebutuhan khusus/ pasien yang menggunakan kursi roda, mohon konfirmasi dulu ke hotel apakah ada tempat drop off yang lebih ramah terhadap kaum disabilitas. Saya lupa menanyakan hal ini. Namun saya mengingat ketika turun dari drop off, untuk menuju lobi perlu berjalan kaki menaiki tangga yang lumayan tinggi. Staf hotel sangat helpful, sehingga saya rasa mereka akan menginformasikan apabila ada jalur yang lebih nyaman.

2 . Hotel ini menurut saya lebih cocok untuk bulan madu ya daripada untuk urusan bisnis. Pokoknya ngerem aja di hotel gitu nggak kemana-mana bakal betah banget dengan fasilitasnya. Seperti resort. Kolam renangnya menyenangkan, ada spa, makanannya juga oke, lokasinya sangat tenang pula.

Contact

Telepon: (0622) 74488588

Alamat: JL Laksda Adisucipto KM 8.7, Maguwoharjo, Kec. Depok, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Sekian review Hotel Sheraton Jogja, semoga bermanfaat ya Nyaaah!

Salam sayang selaluuuu….

 

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

4 Comments

    • Iyaaaa kalau sudah setahunan uda bisa makan makanan orang dewasa ya…. 🙂

  1. Waah jd variasi sarapannya std yaa utk bintang 5? Eh tapi beneran hotel park yg di cawang bagus mba? Wuaaahhh selama ini ragu mau staycation di sana. Ga jauh dr rumahku itu. Jd pengin nginep sana aja kalo ntr libur lebaran, pas mba ART mudik :p. Sarapan enak kalo buatku ptg sih :p

    • Relatif bagus si mbak, terutama makanannya ya, hehehe….
      Yang perlu dipastikan kalau di Park itu minta kamar non smoking ya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *