Tips Belanja Online Hemat saat Ramadan + Info Promo Ramadan Ekstra

Bulan Ramadan tahun ini adalah untuk pertama kalinya saya Long Distance dengan suami. Jujurlah, kalau kondisi LDM itu pasti bikin lebih boros. Dua dapur bok. Ekstra pengeluaran harian, pun ekstra pengeluaran untuk pulang pergi Surabaya – Jakarta. Belum lagi kan, kalau menjelang lebaran pasti akan ada pengeluaran-pengeluaran tambahan. Walaupun saya tidak merayakan Idul Fitri namun, pengeluaran seperti membeli bingkisan untuk asisten, daycare dan orang-orang berjasa lainnya pasti diperlukan. Istilah lainnya kami pun ingin turut memeriahkan hari yang penting bagi banyak orang lain. “Berbahagialah saat orang lain berbahagia”, begitu keyakinan kami.

Namun kami pun harus waspada dengan anggaran ketat pasca Long Distance Mariage tadi. Jadi harus pintar-pintar mengatur strategi. Di kolaborasi bareng Tokopedia kali ini, saya pengen ikut urun pendapat dan pengalaman bagaimana strategi belanja online hemat saat ramadan plus juga menginfokan promo Ramadan Ekstra yang dihelat oleh Tokopedia.

tips belanja online di bulan ramadan

Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan

Pada prinsipnya untuk bisa hemat saat berbelanja online selama bulan puasa dan menjelang lebaran adalah:

1 . Rencanakan Daftar Belanja

Daftar secara rinci apa saja kebutuhan kita. Kemudian nanti di kelompokkan berdasar toko/ promo yang ada. Jadi jangan beli mepet-mepet. Dari awal sudah direncanakan. Misalkan saja ni:

  • Makanan buat sahur/ berbuka, apa saja yang mau dibeli di groceries store mana yang mau online, hehehe puasa kan kadang males belanja yak, capek…. Trus mana yang bisa distok dan mana yang segar…. Gitu-gitu yak…. Duh, saya kok kebayang mau nyetok gudeg kaleng ama cakalang mami yuni yak, tadi pas cek tokped muncul di hot list, jadi ngiler….
  • Skincare, biar bisa teteup seger pas puasa kan skincarenya juga harus concern ke masalah hidrasi yak….
  • Baju untuk lebaran – ini wajib dan kudu didetailkan, terutama JUMLAHnya. Jangan niat beli atu, realisasinya beli 15 biji. Huft…
  • Bingkisan, kemarin saya cek cek flash sale tokopedia ada promo kurma lo, lumayan kan kalau distok dari awal, bisa bikin bingkisan kita lebih ciamik dengan budget yang terjangkau….
  • Pulsa

Related post: Tips Mengatur Keuangan Keluarga dengan Ms. Excel

Keuntungannya memiliki daftar belanja adalah membuat kita tidak gampang khilaf membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Yang lain adalah, memudahkan kita untuk mendapatkan ongkos kirim yang optimal karena bisa mengelompokkan berdasarkan toko terdekat. Dan atau memudahkan kita mendapatkan harga termurah karena bisa membeli sesuai dengan jadwal promo (cek poin ke empat di bawah ya).

2 . Atur Daftar Anggaran

Kita harus kenal nih dengan kebiasaan cashflow kita. Baik yang cash-flow-masuk maupun cash-flow-keluar. Kayak saya, kalau mendekati lebaran gini biasanya akan dapet gaji ke 13, suami dapat THR, dst…. Nah, kan biasanya dapetnya mepet tuh. Padahal promo kadang muncul pas belum cair THRnya huhuhu…. Sementara jauh-jauh hari duit juga uda mulai tipis karena buat beli tiket pulkam. #curhat.

hiks

Jadi biar nggak ngambil pos-pos lain, pilih cara pembayaran yang sesuai. Misal melalui kartu kredit, pakai saldo tokopedia, pakai cicilan atau cara yang lain. Tar pas uda cair, kita bisa selesaikan segera. Ga ilang deh promonya. Keuanganpun tetap aman.

Tapi jangan lupa langsung dibayar pas uda ada dananya ya hihihi….

Related post: Hemat dengan Meal Prep

3 . Buat Daftar Toko Langganan

Saya cenderung orang yang setia gitu, hehehe, kalau sudah nemu yang pas di hati biasanya jarang pindah ke lain hati. Tapi sebenarnya nggak harus gitu si, ganti-ganti toko juga ga masalah demi harga yang lebih hemat. Namun dengan membuat daftar toko langganan, biasanya paket kita jadi bisa lebih optimal kilogramnya, nggak mencar 1/2 kg di sana, 1/2 kg lagi di mari. Dengan memiliki toko langganan, kita juga jadi lebih nggak was-was.

Beberapa hal yang bisa diperhitungkan dalam memilih toko langganan:

  • Pilih toko terdekat agar ongkos kirim lebih terjangkau. Cek aja alamat detailnya dulu, kalau di tokped kan ada ya….
  • Nggak perlu ragu produk lokal. Salah satu produk lokal yang sedang saya incar adalah Lip Coat BLP, tahun 2017 saya beli via jastip gitu karena dulu beberapa shade susah didapat, sekarang si tokopedia sudah ada toko officialnya loooh hihihi :senang kan. Aku masih mau nunggu ni kapan ada promonya wkwkwk….
  • Perbandingkan harga. Tinggal search aja nama produknya nanti kan akan muncul deretan harga sebagai pembanding. Beberapa toko memiliki kecenderungan lebih murah harganya. Namun jangan lupa tetap kritis dengan memeriksa ratingnya ya….
  • Jangan mengorbankan kualitas produk karena harga semata. Patut pertimbangkan official store demi keaslian produk atau kalau tidak, perhatikan rating dan komentar-komentar terkait toko.

4 . Update Daftar Promo

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, selain mau ngasih tips berbelanja hemat, saya juga mau menginfokan kalau menjelang dan selama bulan Ramadan, Tokopedia bakal membuat semacam perhelatan promo gituuuu. Lumayan ya buk, kalau bisa cermat memilah mana promo yang dibutuhkan, bisa menang banyak loh. Nah, sebenarnya ada promo yang uda mulai jalan ni, namanya promo Flash Sale. Trus kalau teman-teman suka nonton Net TV, ada juga promo yang “shake-shake” ituuuu…. Tau nggak?

Pokoknya banyak ekstra-ekstra yang nyempil di Tokopedia. Info lebih lanjut sila ke Info Ramadan Ekstra Tokopedia.

tokopedia

Tanggal yang musti banget dicatat adalah 25 Mei! Tokopedia janji mau membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra di tanggal tersebut! Jadi mau dibikin semacam festival belanja online “Black Friday” gitu. Yuk catet di kalender apa reminder hape yaaak!

Keempat prinsip di atas harus dipegang erat ya, hihihi, biar nggak khilaf. Plus tambah satu lagi:

5 . Pilih Metode Pengiriman Paling Efisien

Efisien ini artinya selain ongkirnya paling hemat, waktunya juga harus diperhatikan. Kalau uda tau beberapa hari lagi mau libur, ya pilihlah kurir instan pakai ojek online kalau memungkinkan. Jadi paket nggak nyangkut di konter pengiriman konvensional. Kalau masih santai nggak buru-buru, ya baru boleh pilih yang reguler.  Dengan memilih metode pengiriman yang efisien, ongkos kirim pun jadi worthy, nggak hanya jadi tambahan biaya semata.

setrong

Gitu aja sih tips dari saya. Sederhana bukan…. Jangan lupa belanja bareng yaaaaa tanggal 25 Mei nanti. Jangan ketinggalan, tar nangis merong merong loh…. Wkwkwk…. Semoga tips dan juga info promo dari Tokopedia tadi bermanfaat ya Nyaaah…. Yang punya tips lain buat bikin belanja di bulan Ramadan lebih berasa ekstranya boleh juga loh, nambahin di comment section.

Salam sayang dan selamat mempersiapkan bulan Ramadan!

 

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

4 Comments

  1. wah pasti kerasa banget mb ela dua dapur LdM-an apalagi klo bulan puasa n idulfitri kebutuhan suka diam2 naik kayak cicak merayap hahaha..

    nah jeleknya aku suka khilaf klo ga pake daftar belanja makanya skrg uda biasa ke pasar juga dicatet biar ga gatel beli ini itu

    • Iya niii, doain cepat ngumpul yaaa….
      Selamat mempersiapkan bulan Ramadan ya Mbaaa …. 🙂

  2. Gak pnh bikin daftar blnja ramadhan, karena lbh sering kalap kalau liat jajan enak, lgsg beli buat Hari Raya, sungguh konsumtif 😀

    • Hihihi, tahun ini ga bisa gini aku mbaaaak, maklum ini lagi anggaran ketat hihihi… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *