Michiyo Ramen Halal Enaaaaakkkk!

Sssssssslrrrp! Yum! Saat cuaca dingin, terbayang akan sangat menyenangkan bisa menyeruput semangkok ramen halal dalam kaldu tulang yang pekat, sebagaimana penyajian ramen pada umumnya. Namun, beberapa waktu lalu saya sempat menyicipi bentuk lain ramen yang disajikan tanpa kuah. Ya, seperti tsukemen. Dan rasanya tak kalah nikmat….

michiyo ramen halal

michiyo ramen halal indonesia

Tsukemen-alike-ramen ini saya buat sendiri lo, menggunakan fresh noodle siap saji merk Michiyo Ramen. Sempat tidak menyangka kalau rasanya akan senikmat ini. Karena mengenal produk ini sebagai alternatif ramen halal yang sehat, saya cenderung suudzon. Ah, biasanya yang sehat-sehat mah nggak enak. Namun ternyata perkiraan saya salah. Michiyo Ramen memenuhi ketiga harapan saya: halal, sehat dan enak. Tambah satu poin plus: praktis.

Di awal tadi, saya menyebutnya sebagai ramen halal yang mirip tsukemen. Karena penyajiannya yang tanpa kuah, namun ditemani topping saus kental. Sebuah perpaduan yang nyaman untuk dinikmati di negara tropis seperti Indonesia. Varian Chicken Teriyaki yang akan saya review lebih lanjut telah mendapat serifikasi halal dengan nomor sertifikasi 00090012840700. Oiya, kehalalannya TIDAK HANYA dari sisi bahan baku, namun juga maupun kebersihan proses, lingkungan serta cara pemrosesannya.

Selain Chicken Teriyaki, ada tiga varian saus lain dari Michiyo Ramen ini: Beef Teriyaki, Beef Bolognese dan Chicken Mushroom.

Penyebutannya sebagai fresh noodle merujuk pada bagaimana produk ini diproduksi, yang membedakannya dengan mie instant biasa. Pembedanya adalah produk ini tidak melalui proses penggorengan. Penghilangan proses penggorengan ini menghasilkan ramen yang bebas lemak trans. Hal ini terlihat dari bentuk ramennya sendiri (saat mentah) yang tidak kaku seperti mie instant dan cenderung lentur seperti mie homemade, namun lebih kering. Tentunya hal ini adalah kabar gembira yaaaaa…. Jadi bisa makan tidak se-was-was kalau makan mie instant yang mengandung lemak trans.

michiyo 4 varian

michiyo ramen halal ingredients

Klaim “lebih sehat dari mie instant biasa” juga ditambah dengan fakta bahwa produk mie ini tidak menambahkan bahan pengawet. Proses untuk menghindarkan produk ini dari kerusakan dilakukan dengan teknologi sterilisasi 120 derajat celcius selama 15 menit. Jadi kuman dan bakteri selama sebelum pengepakan dapat mati, dan meminimalisasi potensi kerusakan.

Etapi jangan mentang-mentang zero trans fat dan juga bebas pengawet, trus temen-temen jadi lupa daratan ya, makannya. Hihihi…. segala sesuatu yang berlebihan tentu saja tetap tidak baik, terlebih bagi yang sedang membatasi asupan natrium. Jangan lupa juga untuk menambahkan sayuran, agar asupan makanan kita lebih seimbang.

Penasaran kan penasaran kaaaaannnn? Dari keempat varian, yang mau saya review lebih dalam adalah yang Chicken Teriyaki. Soalnya ini favorit saya, Jepang bangeeeeetttt!

Dalam satu kemasan kita akan mendapatkan: 185 gram ramen, chili powder (saya tidak menggunakannya, hehehe), seasoning powder, soy sauce, seasoning oil, serta wijen bercampur potongan nori. Kemudian dalam alumunium foil terdapat pasta berisi daging ayam (real meat) dalam saus teriyaki.

michiyo ramen halal mentah

michiyo ramen halal bumbu ramen

Untuk mendapatkan kenikmatan yang sempurna (((aseeek))), tentu saja kita harus mengikuti saran penyajiannya ya…. Yang menurut saya paling harus diperhatikan adalah:

1 . Proses perebusan ramen halal.

Rebus air sampai benar-benar mendidih baru masukkan ramennya. Benar-benar mendidih ini maksudnya setelah mendidih, lanjutkan merebus air beberapa saat, agar kuman-kuman betul betul mati. Jangan hanya sampai kemrengseng saja.

Setelah air benar-benar mendidih, masukkan ramen selama dua menit. Biarkan sampai terburai dan lunak seperti gambar di bawah ini. Jangan terlalu lama ya, supaya tekstur kernyalnya tidak rusak.

michiyo ramen halal merebus mie

Dengan tingkat kematangan yang pas, nantinya akan jadi seperti ini:

michiyo ramen halal dengan garpu

Nyam!!!

Kalau diperhatikan lagi, bentuk ramennya tipis seperti spagetti. Rasanya pun beda dengan mie biasa. Menurut saya, ini teksturnya lebih pejal. Bukan alot ya. Kenyal gitu tapi bukan yang menul-menul. Kalau mau cari padanannya mungkin mirip-mirip La Mian Paradise Dynasty ya…. Cuma ini lebih tebal sedikit. If you know i mean.

Kemungkinan yang membuat tekstur dan rasanya berbeda dengan mie biasa adalah adanya bahan tepung kentang sebagai pengganti tapioka. Jadi kenyalnya beda gitu, nggak yang mblenyek kalau kelamaan.

2 . Proses menghangatkan topping.

Saya sempat melakukan kesalahan saat menghangatkan topping. Alih-alih merendamnya dalam air panas. Saya malah merebusnya! Untung saya tungguin, jadi pas kemasannya menggelembung, saya sadar dan mematikan apinya. Setelah saya cek lagi saran penyajiannya, topping dalam kemasan hanya perlu direndam air panas selama dua menit.

Air panasnya bisa menggunakan bekas merebus mie tadi ya…. Jadi praktis dan cepat, tidak perlu ulang rebus air.

michiyo ramen halal cara membuat

Part membuka topping adalah kesukaan sayaaa! Topping ayamnya besar-besar dan rasa sausnya pas. Manis gurih, dan tidak terlalu strong jahenya. Saya suka sekali, rasa toppingnya juga ngeblend dengan potongan nori dan wijen yang membuat rasanya makin Jepang banget.

michiyo ramen halal real meat

Jumlah ayamnya juga so genuine ya. Sebanding dengan harga dan klaim premiumnya. Kalau dari foto pertama tadi agak mumpet-mumpet, niiiiih saya fotoin dari sisi lainnya…. Banyak ya!

michiyo ramen halal dan enak

Produk bisa dibeli online di Tokopedia. Pengalaman saya kemarin beli di Toko Michiyo Ramen. Recommended Seller si, official. Saya pesan jam 12.30, produk sampai di tangan saya jam 19.20 pada hari yang sama. Atau bisa coba kepoin Instagramnya @michiyoramen. Sok buat yang sudah ngiler-ngiler, pesan aja langsung. Harga per bungkusnya Rp 25.000,00.

Setelah nyicip Michiyo Ramen Halal rasa Chicken Teriyaki yang Jepang banget, next target saya si Beef Bolognese ni. Kayanya seru juga tu! Fusion gitu. Ramen Jepang ketemu Italian topping. Saya suda nyetok varian itu dan yang lainnya buat jaga-jaga siapa tahu saya bosen menu hasil meal prep seminggu, atau kalau laper di tengah malam. Hihihi….

Btw, apa ada yang uda nyobain semua varian Michiyo Ramen duluan daripada saya? Sharing dooong di komen pengalamannya!

Terimakasih ya sudah mampir, semoga reviewnya bermanfaat buat teman-teman yang sedang nyari alternatif ramen halal yang lebih sehat daripada mie instant. Salam sayang!

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

61 Comments

  1. Aku nengok ini ramen jaid kepengen banget buat nyobain juga. Ndag sabar buat balik Jakarta dan langsung beli ramen ini.

  2. porsi toppingnya nggak main-main yaaa… biasanya kan mie lain suka pada sedikit kasih toppingnya. Kalo ini sik bisa kenyang sama toppingnya aja deh..

    • kenyalnya tuuuu…. bukan kenyal kaya karet kaaak, tapi kenyal yang empuk, tapi empuknya nggak lembek, nah looohhh! pokonya yang penting enak dahhh!

  3. Parah sih, dagingnya buanyaaaak dan asli haha, gak nyesel makannya karena sehat.
    psssst, kemarin Giri udah ku cobain dikit haha..

    • Hihihi maafkeuuunnn, btw aku ngebayangin makan ramen plus gyoza kayanya cucok ya maaak….

  4. Itu toppingnya sumpeh menggiurkan banget ya. Aku jadi pengen nyobain yang teriyaki, hmm pasti enak banget

  5. Awalnya aku kira mienya dikit loh, taunya buanyak banget pas udah mateng hihi kuenyang deh

    • Pas lah ya…. e tapi aku kalau disuruh nambah kayanya juga nggak nolak Maaaa…. wkwkwkwk

  6. Aku udah nyobain smeua rasa si Michiyo ramen, dan yang jadi Fav numero uno si Chicken Teriyaki lanjut si Beef Bolognese 🙂
    Ramennya lembut, dengan topping yang pas! oishii ne 🙂

    • Masaaaak maaasaaak masaaaak!!!! Hihihi, lepaskan kaaak lepaskaaan, jangan ditahan tahaaan! 🙂

  7. Selama ini syaa taunya kalau ramen ada kuahnya. Baru kali ini tau ramen tanpa kuah. Tapi, tetap penasaran banget buat dicoba. Abis banyak yang bilang enak 🙂

  8. Ya ampuuuun cuma ini nih yg blom aku cobain, yg lain udah semua. Baru kali ini loh ngerasain makan mie berasa kentang, dan ini juara bngt, sumpah nagih…

  9. Iya bumbu yang Michiyo teriyaki ini memang nggak berasa strong jahenya. Untuk yang Chicken Mushroom juga sausnya enak, berasa jamurnya tapi light.

  10. Horeee akhirnya ada ramen halal yang bisa dimasak di rumah sendiri. Sejak ada bayi susah kalo mau jalan hore hore wkwkwk.

  11. elaaa aku ngakak paa baca “yang sehat-sehat biasanya mah ga enak”.. hahaha..

    tapi michiyo enak ya laaa..aku setujuuu

  12. Wah, emang penting baca petunjuk dulu, apalagi kalo baru pertama kali nyoba ya, Mba *nyebayangi kalo sampe meletus. Untung dah baca infonya dulu di sini 😁

  13. Ini Michiyo kayak mie a la restoran Korea menggugah selera!
    Agar tingkat kematangan sempurna, sebaiknya berapa menit direbusnya Mba?

  14. dari 4 varian, beda2 nih kesukaan yg di rumah, aku sm si kakak yg chicken mushroom, ka zaha chicken teroyaki, ayah n paksi beef teriyaki

  15. Waaah jadi ini tuh bukan mie instan ya Ella? Tapi fresh noodle. Duuh pasti rasanya nikmat banget deh. Boleh juga tuh tipsnya untuk menghangatkan topping dengan air rebusan ramennya. Praktis yaak. Emak juara deeh kalau gini ^.^

  16. Mie-nya Michiyo ini emang beda. Lebih kenyal karena emang pakai kentang, dan terasa banget freshnya. Beda sama mie dalam kemasan lainnya yang kering banget gitu. Btw, aku dari dulu tak pernah berganti, selalu maunya bolognaise aja wkwkkw

  17. Yes Sist sepakat kalau Michiyo ini enaknya bangeeet. Aku suka semua rasa, setiap rasa punya keunikan masing2 jadi kalau disuruh milih agak susah, maunya semuaaa, haha

  18. So far, chicken teriyaki-nya the best. Daging ayam dipotong dadu, banyak pula. Taburan wijen dan nori nambah variasi rasa. Super recommended!

  19. Aku baru kali ini nyobain ramen tanpa kuah, tapi enaaak ! cobain yang beef bolognese Ella, favoritku 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *