3 Pengalaman Memalukan Bawa Bayi Naik Pesawat

Sebagian besar orang yang ngobrol dengan saya, saat di Bandara bareng bayi, bertanya “apakah bayimu tidak rewel?” Beberapa juga mengajukan rasa salut karena saya berani wara wiri bawa bayi naik pesawat tanpa pendamping. Padahal saya berani ya karena Gayatrinya kooperatif ya. Namun, walau Gayatri anak yang relatif kooperatif dan kalem di tempat umum, saya juga punya pengalaman memalukan bawa bayi naik pesawat.

bayi naik pesawat bareng bayi

Saat Pipis di Lavatory

Okay kejadian ini baru beberapa minggu lalu. Hasil kolaborasi manis antara bayi kepo dan mbak mbak pramugari yang rajin membantu. Terbukalah lavatory saat saya enak-enaknya pipis di atas pesawat.

Saya memang sudah merasa kebeles pipit sejak sebelum boarding. Namun saat itu saya tidak menuntaskan hasrat pipis saya karena nanggung. Lagi nyuapin Gayatri dan uda mendekati waktu boarding. Kan rempes ya gendong bayi sambil buru-buru, mending saya tahan sebentar lalu pipisnya di atas pesawat saja, pikir saya saat itu.

Karena tanpa teman seperjalanan, tentu Gayatri saya bawa masuk ke lavatory. Dia mainan pintu donggg…. Saya biarin karena biasanya begitu, dan aman-aman saja. Gayatri belum bisa buka kuncian pintu kan, walaupun sudah bisa dorong kenop pintunya.

Dan terjadilah insiden kecil itu…. Pramugari (Garuda) yang memang sangat super duper helpful sama penumpang, mungkin karena merasa kawatir dengan suara-suara di pintu atau mungkin mengira saya terkunci dan kesulitan membuka pintu, berinisiatif membuka kuncian pintu dari luar dong…. Dan ups, maaf, pemandangannya kurang menyenangkan ya Mbaaa…. Hehehe….

Saya cuma bisa nyengir, dan pintunya pun ditutup kembali sama mbak pramugarinya. Hehehe, rempong kan kalau saya yang nutup. Harus pake celana dulu (((dijelasin))). πŸ˜›

Related Post: Pengalaman Bawa Bayi Umur 4 Bulan Naik Pesawat

tips naik pesawat bareng anak

Saat Gayatri Nepuk Pantat Pramugara

Posisi paling pewe buat ibu bawa bayi menurut saya itu di row paling depan yang ada extra legnya. Kalau ga bisa dapet ya di lorong atau di pinggir dekat jendela. Paling sering saya dapatnya di lorong si….

Dapat seat di lorong itu manfaatnya ada beberapa:

  1. Memudahkan keluar masuk kursi,
  2. Nggak terlalu mengganggu penumpang lain,
  3. Kalau merasa sempit handle tangan bagian lorong bisa dibuka, jadi bisa leluasa ada tambahan space di sisi samping,
  4. Kalau Gayatri bosan, dia bisa jalan-jalan sepanjang lorong saat uda diperbolehkan tidak menggunakan seat belt.

Namuuuunnn, ada juga kelemahannya:

  1. Berbahaya saat proses mengeluar masukkan koper ke kompartemen atas, risiko kejatuhannya lebih besar dibanding seat yang dekat jendela,
  2. Seing terganggu hilir mudiknya pramugari tang membawa troli, daaaaaannnn….
  3. Berisiko malu kalau anak kita lagi usil suka jawil-jawil pramugara/ pramugari.

Poin yang ketiga ini beneran saya alami lo. Gayatri pernah nepok pantat pramugara. PRAMUGARA. Cowoooook!!!!

Saya nyadarnya pas uda ketepok, masnya bilang “Eh!” Sambil nengok ke arah saya. Untung saat itu tangannya Gayatri masih terjulur kan. Jadi masnya mahfum, kalau yang nepok bayi imut unyu unyu, bukan emaknyaaa…. Ya kali kaaan…. Saya cuma tersenyum. Dan pramugaranya langsung pasang wajah ramah ke Gayatri, ngajak bercanda. Buset terlatih banget yak, wajah ramahnya….

Semuanya pun berakhir dengan baik.

Related Post: Pengalaman Membawa Bayi Umur 9 Bulan Naik Pesawat

anak nyaman naik pesawat

Foto-foto di atas diambil saat Gayatri usia 1 tahun di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta.

Saat Gayatri Pup saat Landing

Bayangkan, saat kru pesawat mengumumkan kalau kami sudah ada di posisi landing, semua penumpang dimintaΒ  menegakkan sandaran dan mengencangkan seat belt, lalu tiba-tiba wajah si Ening tegang. Bukan tegang karena mendengar suara mesin pesawat. Saya kenal sekali ekspresi ini. Ekspresi ngeden.

Ya ampunnn baunya. Malu banget saya, karena bau banget.

Waktu itu pas mau ke Yogyakarta, dan mungkin sebagian besar orang tau, entah mengapa prosesi landing di Jogja itu lamaaa. Semacam antri muter-muter di atas. Saya gelisah. Penumpang sebelah saya apalagi! Uda mulai tutup-tutup hidung dan oles-oles freshcare! Gayatri mah lempeng, muka tak bersalah. Ni anak yaaaaaa!!!!

Tapi gimana dong, mau ke toilet juga nggak bisa kan. Karena semua harus duduk. Berbahaya bagi diri saya sendiri, Gayatri dan tentu orang lain, kalau saya sampai nekat jalan dan jatuh. Akhirnya ya sudah, tahankanlah baunya. Pas uda landing sempurna dan kami diizinkan turun, saya langsung ngacir cepet-cepet bawa bocah yang juga uda mulai menggeliat-geliat risih.

Pengalaman Gayatri pup saat penerbangan memang cuma sekali itu si, tapi amit amit dah, jangan sampai kejadian lagi! Wkwkwk! Ngakak kalau ingat….

hehehe

Yaaaaa gitu deh, beberapa kejadian yang rada malu-maluin yang pernah saya alami. Kayanya ya cuma tiga ini diΒ puluhan penerbangan kami. So bisa dibilang, kecil kemungkinan terjadi. Walaupun kalau terjadi pun, semuanya akan tetap baik-baik saja. Asal kita sebagai ibu tetap tenang. Karena kalau nggak tenang, kejadian sekecil apapun bikin mood kita rusak dan ruin the rest of the trip. Jadi tetap semangat yaaa buat yang mau bawa anak/ bayi pergi seorang diri menggunakan moda pesawat. Tenang adalah koentji!

Related Post:
Pengalaman Bawa Bayi Naik Pesawat Umur 4 Bulan
Pengalaman Bawa Bayi Naik Pesawat Umur 9 Bulan

Gimana kalau teman-teman? Adakah kejadian lucu atau malah memalukan selama travelling bareng bayiii? Cerita yuuuuk!

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

45 Comments

  1. Kalau saya biasanya penuh-penuhin iPad sama game dan film kesukaan anak. Biasanya sih pemakaian iPad dibatasin, tapi kalau lagi perjalanan jarak jauh dikasih keringanan deh. Biar ortunya juga bisa istirahat selama perjalanan.

  2. Aku pengalaman ga enaknya pas si baby tiba2 ngamuk di pesawat pas banfung batam. Padahal biasa dia anteng ke jogja jg tenang. Dan pas pula 1pesawat dgn rombongan oma2. Aku diomelin mrk krn bayiku nangis. Jadiya kubawa ke belakang dan diperiksa dr kepala sampai kaki. Ternyata antingnya nyangkut di daun telinga
    Hiks

  3. Mamaknya juara banget ini maaahh… mental badjah πŸ™‚ Sungguh seorang ibu adalah koentji terkendalinya segala situasi. Ngakak juga sih baca kelakuan Gayatri tadi, tapi namanya bocah ya kan gitu. Tinggal emaknya aja yang bisa tenang menghandle atau tidak ya hehehee…

  4. anakku juga ada aja gayanya kalau di Pesawat. Dari minta jaan-jalan, teriak-teriak pas dipakai sabuk, terus nangis kencang pas landing, huhu…bener-bener deh menguras emosi tapi ada juga saatnya dia tenang dan damai plus bobok anteng deh. Emaknya happy

    • Hihihi, soalnya kan Gayatri pas itu juga gedor gedor pintu Mbaaa…. Jadi aku kira ketukan pramugari tu gedorannya Gayatri…. -.-“

  5. Pernah mbak, waktu saya balik dari Malaysia sebab ayah saya meninggal. Mata saya kan sembab kali ya abis nangis. Bawa anak bayi, waktu itu Sarah baru usia 1,5 tahun, gendongan gitu. Baju udah ga matching deh, ga mikirin gimana gimananya, eh masa disangka TKI, iya kalau sopan gitu petugasnya nyuruh saya jalan ke tempat pintu keluar TKI, petugas itu ngasih tunjuk dengan mulutnya. Duh pingin banget saya ngeremes itu mulut yang menor sama gincu. Saya liatin pasport saya. Dan kesel banget, emang TKI ga bs gitu diperlakukan baik, meski saya bukan TKI jadi ngerasain betapa yg dibilang pahlawan devisa itu gak diperlakukan manusiawi.

    Lucu keliatannya tapi ngenes sebenernya sih heuheu

  6. Ya, amplooop, gak ada yg kelewat bacanya nih, abis menarik, lucu pula. Gimana kl td pilotnya yg buka pintu hahaha…ato di Om yg pantatnya ditepok ma Gayatri. Ah anak itu yaaa… Emaknya juga sih lain xah sengaja donk bawa ,selimut tebel buat ngebungkus Gayatri yg mpup, jd baunya gak santer2 amiiir, huahuahua…Gayatri manis n cantik mungil, jail pulak. Lucunya.

  7. Gayatri kiyut banget sih, jadi inget dulu bawa Fathan naik pesawat pas usianya 8 bulan dan pup di pesawat, rempong banget wkwkw

  8. Gayatri kiyut banget sih, gemesss, dulu pas Fahan masih usia 8 bulan naik pesawat ke Balikpapan dan pup, untungnya si pramugari baik banget langsung sigap sediakan diapers sama mainan jadi anaknya nggak rewel

  9. Entah gimana respon Neng Gaya ketika besar nanti membaca artikel ini. Wakakkakaak! Btw, SID pernah pup di pesawat waktu masih bayi sih. Ya langsung buru-buru ke toilet deh sebelum terjadi kepanikan masal.

  10. Ajaib ya klo melakukan perjalanan sama anak.
    Pinter banget yang di tepuk pramugara bukan pramugari.
    Wkwkkwkwkwkw

    Bagian pup kupengen ketawa. Tp takut dosa. Huahahahah

  11. Hai Gayatri gemes sama rambutmu, nak. Ternyata anak kecil emang suka bikin gemes yaaak, gak cowo gak cewe. Faiz balita pernah jiga nih, sedang jalan bareng abinya, eh tangannya pegang bagian belakang mbak mbak yg jalan di depannya. Aku di sebelahnya agak takut, takut mbaknya beranggapan yang pegang abinya kan, hiks serba salah

  12. Aku ikut-ikutan tegang pas di bagian Gayatri nepuk pantat pramugara.
    Hahaha…
    Aku ga punya pengalaman naik pesawat bareng bayi sendiri, selalu dengan hubby, karena eh karena untuk menghindari kondisi seperti hal-hal di atas itu.

  13. Gayatriii ya ampun..wkwkwk… Tapi mending ngga pernah nangis yaa.. Aku pernah, awal tahun lalu pas terbang dari Jakarta ke Solo. Karena kami ikut penerbangan pagi, anak-anak udah aku bangunin dari jam 3:30. Pdhl mereka semalam tuh begadang, becanda-becanda sama sepupunya.

    Nah, pas pesawat mulai take off, kan anak-anak harus duduk semua. Anakku yg kecil ngga mau. Dipangku pun ngga mau. Dia maunya jongkok di bawah. Tiap pramugari lewat selalu ingetin supaya Aga duduk dan pakai seat belt.

    Akhirnya aku ambil Aga dan aku pangku. Dia meronta-ronta nangis ngga jelas gitu.. dan 15 menit kemudian dia tidur. πŸ™

  14. Hahahha.. Ya ampuunn.. Ngakak maksimal saya.
    Kalo anak tiba2 mpup itu pernah saya alami di tengah komuter yg sangat sesak. Dan semua tahu sumber bau itu dr mana berdsrkan ekspresinya yg sangat mendukung. Padahal jarak ke stasiun berikutnya masih jauuhhh.. Ah tidaakkkk

  15. Wakkaaa…seruu seruu…
    Aku ngajak anak dua kalo pas bepergian.
    Dan kejadian memalukan, eemm…keknya belum pernah.

    Tapi kejadian menegangkan, pernah banget.
    Gegara akunya kurang teliti, jadi terbirit-birit ngejar pesawat.
    Alhamdulillah semua awak kabin mahfum…jadi sangat terbantu syekali.

    Sesuatuk memang ajak anak-anak traveling inih…
    MashaAllah…

  16. baca ini jadi ingat bulan lalu ke jkt, 2 anak saya pas landing minta pup, Yaa Allah hahaha, mana saya sendiri tanpa pendamping hihihi, tapi intinya emaknya cool aja rasa gak nyium apa2 hihi

  17. Hahaha…pengalamannya lucu kalo diinget sekarang ya *padahal malu banget pas kejadian XD
    Syukurlah, dulu pas Najwa kecil dan wara wiri pulkam naik pesawat dia anteng banget dan sering tidur pules selama perjalanan πŸ˜€

  18. Hahaha…pingin banget ditepukin sama Gayatri. Biar pantat Bunda juga nggak apa-apa deh. Terus saya minta diciumin sama Gayatri sebagai syaratnya. Titip peluk ya sama gayatri. Mmuaaah..

  19. hahahaha yang bagian kedua paling bikin saya ngakak. Duh, maaf ya kalau saya ngakak banget. Suasananya bikin canggung kalau begitu, ya hihihi.

    Tapi, untuk kejadian pertama pramugara/i-nya gak ngetok-ngetok tanya dulu atau gmana gitu, ya? Coba kalau yang buka pramugara. Duh, Gayatri jadi gemeeesss hihihi

  20. Ngahahaa, anak kecil tak berdosa dan tingkahnya ternyata adaaa aja. Mungkin gara2 kaya gini, Ibuku slalu komplain kalau aku mau ngajak ponakanku pergi2 yg agak jauhan tanpa orang lain

  21. Pengalaman memalukan bagi mamanya Gayatri tapi bikin senyum-senyum yang baca deh. Paling lucu yang nepok pan*at si pramugara πŸ˜…

  22. sungguh postingan yang menghibur wkwkwkkwk. Aku alhamdulillah sih belum punya pengalaman bawa bayi yang lucu tapi memalukan heu

  23. waduuuh Mbak, yg insiden pertama itu awkward banget yak πŸ˜€

    waktu first flightnya si Kakak, sempat pup di pesawat juga, kabur ke lavatory utk bersihin teruus ada kali tuh 10-15 menitan nangis kejer sebelum landing. gak mau dikasih nenen pula karena waktu itu lagi sariawan doinya, mungkin sih pengaruh tekanan udara kali ya, telinganya rasa sesuatu dan itu buat dia makin gak nyaman, jadilah cuma bisa nangis kejer aja, sampe ada bule yang menoleh ke saya *duuhhh maluuuu, huhuhh

  24. aku juga baru aja nulis tentang pengalaman bawa bayi naik pesawat mba, jodoh banget sih baca artikel ini hihi… btw iya mba landing di bandara jogja emang lamaaa soalnya ngantri gantian parkir sama pesawat lain, ckckck

  25. HAHAHAHAHA ACIIIII yampun mak kocak banget! Jam terbang Aci udah tinggi yaa tapi. Rio selama di udara klo ga bobo ya genit sama pramugari zzz

  26. Duh si pramugaranya untung bisa kendalikan esmosi yah mba wkwkwk kejadian pup ku pernah pas di travel waktu neyna masih 8 bulan wkwkwk itu supir mukanya uda gemes saking nahan bauuu πŸ˜€

  27. Hahahahahha, aku ngakak yang bagian nepuk pantat pramugara XD ning gaya emang iseng anet hahahaha. Kalau urusan pup di pesawat, aku sih dah cuek, bau-bau deh hahaha, namanya jg anak kecil, ya kali bisa ditahan buat pup πŸ˜€ Ayo ning gaya minta jalan2 naek pesawat lagi sama Ibu πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *