Cara Memperlancar ASI dan Mengatasi Stretch Marks dengan Healthy Habits with Bio Oil

Jujur, proses menyusui Gayatri jauh lebih menantang bagi saya dibandingkan proses kehamilan dan persalinan. Salah satu penyebab, yang juga saya sesali, adalah karena saya memang kurang menimba ilmu terkait proses menyusui sebelumnya. Istilah orang Jawanya “nggampangke”, karena ya saya pikir nyusuin apa susahnya si…. Ternyata bertolak belakang dari pikiran saya, ternyata banyak ketidaktahuan saya akan cara memperlancar ASI membuat saya tidak lancar menyusui Gayatri.

Belajar dari pengalaman tersebut, Sabtu (9/8) saya mengikuti acara Healthy Habits for Breastfeeding Mom yang diadakan oleh Bio Oil dan CChannel di Buba & Bump Cafe, Jakarta Selatan. So glad, karena di acara tersebut saya bisa banyak belajar dari dua narasumber yang mengisi Talkshow acara ini yakni Dr Dimple Nagrani, Sp.A dan Ibu Sinthya Dewi selaku Product Trainer PT Radiant Sentral Nutrindo atau perwakilan dari Bio Oil. Serta mendengar sharing dari beauty influencer, Putricaya, yang ternyata produksi ASInya bisa dibilang 11-12 dengan saya. Hehehe, jadi makin semangat belajar mengASIhi-nya.

blogger gathering

Berikut oleh-oleh dari acara tersebut, yang saya rasa juga bakal bermanfaat buat para nyonya dan calon nyonya untuk makin siap menyusui bayinya.

Sadari the real problem yang dihadapi breasfeeding mom!

Ditengah banyaknya mitos yang beredar tentang boleh atau tidaknya ibu menyusui melakukan anu ini itu, masalah utama yang dihadapi ibu menyusui setidaknya ada dua; 1) masalah terkait produksi ASI dan 2) masalah kondisi kulit yang memburuk pasca kehamilan dan persalinan.

Masalah yang dihadapi ibu menyusui:

1 . Produksi ASI

Kita semua tahu manfaat ASI yang luar biasa, dan tentunya sebagai ibu kita ingin dong bisa ASI eksklusif.

Hanya saja kalau tak semua ibu dikaruniai ASI yang berlimpah. Seperti saya, yang dengan pede sudah beli frezeer gede tapi ternyata ASIP yang saya miliki tidak seberapa. Harus berjuang kejar setoran setiap hari supaya besok bisa berangkat kerja dengan hati tenang. So the struggle is real!

2 . Kondisi kulit yang memburuk

Pas di awal acaranya MC acara ini menanyai beberapa ibu tentang masalah kulit yang dihadapi selama dan paska kehamilan. Ada yang bilang,  dehydrated skin, scars, ageing skin, uneven skin tone daaaaaannnn yang paling horror adalah strech marks. Eymmm…. sayangnya kesemua yang disebutin tadi saya alami. Huft….

Pada ngalamin nggak si?

  • kurangnya waktu merawat diri
  • kekawatiran produk kosmetik berbahaya bagi bayi

Saya ngalamin banget, dan kebiasaan “yauda si, pikir ntar, yang penting bisa pumping dulu aja syukur” makin memperparah kondisi kulit. Stretch mark merajalela. Padahaaaallll, ternyata keduanya bisa diusahakan bersamaan. Tar aku cerita lebih lanjut di bawah ya…..

Healthy Habits for Breastfeeding Mom

Healthy Habits Terkait produksi ASI

Dr Dimple Nagrani, Sp.A  seorang pediatri sekaligus ibu yang sedang menyusui tahu betul kondisi yang dihadapi breastfeeding mom. Karenanya pas beliau memberikan paparan, saya tu merasa related banget dan infonya sangat doable.

  • Smile & positive mind set, percaya diri. ASI kita tidak perlu tumpe-tumpe sampai memenuhi frezeer, namun yang penting cukup. Hal ini penting karena jika ekspektasi kita ketinggian, dapat berakibat ibu jadi stres dan malah mengurangi produksi ASI.
  • Skin to skin contact, berinteraksi langsung dengan bayi akan mendorong hormon “ASI” bekerja juga dengan baik.
  • Rutin menyusui, karena proses produksi ASI adalah on demand. Semakin sering payudara disusui, maka otak akan “diprogram” untuk menghasilkan ASI yang lebih banyak, demikian seterusnya.
  • Diet sehat, ibu menyusui bebas makan apa saja ya buuuukkk! Tapi jangan pula yang mengandung alkohol atau hal-hal tidak sehat lainnya.
  • Tips memompa ASI, pilih pompa ASI yang mirip dengan cara minum bayi. Ada proses pijatan dulu yang memancing LDR.
  • Me Time: Quality over quantity. Jangan fokus ke lama waktunya, kalau kata Mr. Yamato Sagawa, Director CChanel, nonton video asik dan menarik dari CChanel pun bisa jadi me time ibu ibu loooh.
  • Pijat ASI utnuk membuat tubuh ibu rileks dan hormon terkait ASI dihasilkan.

Saya pengen memberi highlight di pijat ASI ini ya. Karena treatment ini adalah pengetahuan lama tapi baru buat saya, alias dulu cuma pernah denger sekilar, dan baru sekarang melihat tutorialnya secara langsung. Berikut dua jenis pijat terkait produksi ASI yang disampaikan oleh Dr Dimple Nagrani, Sp.A.

1) Pijat Payudara

Ada empat gerakan utama dalam memijat payudara. Empat gerakan tersebut dapat dilakukan saat mau menyusui bayi. Gerakannya sebagai berikut:

pijat payudara

2) Pijat Oksitosin

Oksitosin adalah hormon yang berperan untuk merangsang keluarnya ASI. Hormon oksitosin akan memicu otot-otot halus di sekitar sel-sel pembuat ASI untuk mengeluarkan ASI. Otot-otot tersebut akan berkontraksi dan mengeluarkan ASI. Proses ini disebut let down reflect (refleks keluarnya ASI).

Gerakan memijat dilakukan seperti gerakan memutar mutar dengan jempol (perhatikan jari dokter di foto) pada punggung di kanan dan kiri tulang punggung (lihat di slide di foto).

massage bio oil

Healthy Habits Terkait Permasalahan Kulit

  • Rajin membersihkan kulit.
  • Hindari paparan matahari langsung.
  • Asupan nutrisi.
  • Menggunakan produk spesialis perawatan kulit dengan kandungan yang baik.

Cara Memperlancar ASI dan Mengatasi Stretch Marks

“Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.”

Saya jadi ingat betapa dulu (eh sekarang juga masih ding) jugling between rutin menyusui, pumping di antara bekerja dan mengurus rumah. The strugle is real ya kan Nyaaaah…. Somehow, walaupun ngeh sama masalah kulit, kadang masalah itu jadi nggak diprioritasin lagi. Yang penting ada ASIP yang cukup buat besok bocah ditinggal kerja. Itu aja yang di pikiran.

Makanya tampang eike semrawut ya….

Saya baru sadar kemarin, pas Bu Sinthya Dewi presentasi tentang produk Bio Oil. Iya juga ya, bukankah bisa massage payudara dan pijat oksitosin sekaligus mengobati stretch marks dan masalah kulit lain yes….

Sekali massage, kulit alus ASI ngucur terus….

How? Massage dengan Bio Oil

Sebenarnya saya sudah familiar dengan produk ini dari sejak hamil. Jadi paham betul dengan manfaat ekstranya dari ujung rambut hingga ujung kaki. Tapi saya nggak ngeh aja, knapa ga sekalian pijat ASI!

Buat yang belum kenal banget sama Bio Oil, aku sampaikan sedikit kutipan dari bahasan kemarin ya….

Bio Oil adalah produk dari Afrika Selatan yang mengandung Purcellin Oil. Manfaat produk ini banyaaak banget dari ujung rambut ke ujung kaki:

manfaat bio oil

  • Memberikan nutrisi dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak pada rambut.
  • Menyamarkan warna kulit yang tidak merata.
  • Membantu memperbaiki dan mengurangi pembentukan strecht marks.
  • Menghaluskan bagian kulit yang sangat kering.
  • Yang perlu diperhatikan adalah cara dan keistiqomahan penggunaannya ya.

Cara penggunaan:

Massage ke bagian yang diinginkan sebanyak 2x sehari dilakukan terus menerus minimal 3 bulan. Oleskan produk di kulit dan pijat dengan lembut dg ujung jari dengan gerakan memutar searah jarum jam hingga benar-benar terserap. Mudah dan cepat kan…. Namun tetap harus telaten menggunakannya ya karena produk ini alami dan tidak instan.

Produk ini teruji secara klinis efektif dan aman. Namun tetap perlu diingat kalau produk ini bukan food grade, jadi hindari penggunaannya di bagian aerola, serta bersihkan dengan seksama bagian payudara sebelum menyusui. Cara membersihkannya juga gampang kok, karena minyak ini tidak lengket. Tinggal lap saja dengan washlap yamg sudah dibasahi air hangat.

bio oil dan nyonyamalas

Makin cintaaaaa sama Bio Oil. Untuk manfaatnya sendiri dalam hal mengurangi kulit kering dan strecht marks sudah pernah saya rasakan. Review dan foto before afternya saya pernah tulis di artikel ini ya….

Related post: Penggunaan Bio Oil Pada Ibu Hamil dengan Foto Progress

Demikian oleh-oleh saya dari acara Healthy Habits for Breastfeeding Mom bersama Bio Oil dan CChannel. Semoga sharing kali ini bermanfaat yaaaa….

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

One Comment

  1. Pijat oksitosin ngebantu banget buat memperlancar ASIku di awal melahirkan. Jadi Jooosss deh ASInyaa, hahaha.
    Aku juga suka banget sama bio oil ini, Ella. Ternyata cocok juga di aku buat atasi kulit kering & strecht marks. Sekarang ada mini sizenya yaa, tambah seneng deh bisa gampang dibawa-bawa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *