Tips Hemat Belanja Online

Kalau ditanya terakhir saya belanja offline, sepertinya sudah berbulan-bulan yang lalu deh. Sejak menjalani Long Distance Marriage, saya sangat bergantung pada belanja online, demi kepraktisan. Bagaimana tidak, pergi ke pusat perbelanjaan dengan anak berusia 21 bulan, yang sedang seneng-senengnya lari-larian tu tantangan tersendiri ya. Untuk makan atau untuk window shopping masih okelah. Tapi kalau nyari barang, hmmm…. Seringnya emosi saya, hehehe.

Pokoknya saya mau belanja offline kalau lagi bareng sama suami aja. Selain itu, online for the rescue!

belanja offline

Terimakasih para olshop dan marketplace! Keberadaanmu sungguh membantu kami.

Walaupun memang membeli secara online akan ada biaya tambahan seperti misalnya ongkos kirim, tapi biaya-biaya tersebut bisa diakali lo, supaya jatuhnya nanti tetap bisa lebih hemat atau setidaknya sama dengan belanja offline tapi dengan benefit lebih praktis. Sebelumnya saya pernah share 5 cara berbelanja online saat lebaran, termasuk di dalamnya bagaimana membuat daftar belanjaan, dll. Berkenaan dengan itu, saya mau share 5 tips tambahan meminimalisasi biaya belanja online:

1 . Manfaatkan Cashback

Buat yang belum familiar dengan istilah ini, definisi cashback adalah persentase pengembalian uang/ uang virtual atas pembelian suatu barang yang memenuhi syarat dan ketentuan tertentu, yang dapat digunakan pada masa yang akan datang.

Biasanya si cashback bisa dipakai saat pembelian berikutnya. Namun ada juga yang bisa diuangkan kembali seperti di Shopback.

Enaknya di Shopback ini selain dia bisa diuangkan, di sini kita juga banyak pilihan marketplace yang dapat cashback gitu di luar promo marketplacenya sendiri. Jadi yang biasa belanja diΒ Lazada ya tetep belanja di Lazada-nya, tapi via Shopback biar dapat cashbacknya di Shopback.

Setahu saja gerainya ada 100 an lebih, coba aja dicek yak, siapa tahu selama ini teman-teman biasa beli di gerai tersebut tapi nggak via Shopback jadi nggak dapat cashbacknya. Mayan kan, seolah nabung pas belanja.

2 . Manfaatkan Free Ongkir

Hitung perbandingan biaya ongkir dengan biaya yang harus dikeluarkan saat belanja offline. Kalau biaya bensin ditambah parkir ditambah kerepotan yang ditimbulkan belanja offline masih lebih ringan dari pada belanja online ya offline aja. Tapi kalau engga, ya mending belanja online kalau saya mah.

Terutama ni groceries ya…. Hehehe, betul, bahkan untuk groceries pun saya belanjanya online. Groceries kan biasanya cukup berat tu. Kalau saya belanja offline, saya akan kesulitan bawa karena sambil bawa bayi, tapi kalau online bakal gede jadinya ongkirnya. Untuk itu saya biasanya akan ngakalin dengan nyari marketplace yang kasih free ongkir untuk pembelian tertentu.

Belinya batch dalam jumlah banyak jadi sekalian memenuhi syarat harga minimal. Kalau belanjaan teman-teman kebetulan sedikit, bareng aja sama teman yang lain biar bisa satu check out. Dapet dah tu free ongkirnya.

Bayangkan, beli beras, alpukat, pisang, tepung dll. Semua jadi ringan, nggak perlu angkat-angkat tiba-tiba belanjaan uda dateng di depan pintu kos. Daaaaaaan tetap hemat. Asoy!

List groceries hasil belanja online rekomendasi saya, saya tarus di highlight Instagram @nyonyamalas dengan judul GROCERIES ya…. Beberapa di antaranya sbb:

belanjaan online

Related post: Cara Mengatur Keuangan Keluarga

3 . Manfaatkan Kupon/ Voucher

Kalau kupon/ voucher biasanya saya dapat infonya dari influencer nih. Jadi mereka suka share kode voucher affiliasi mereka, jadi kalau kita pakai voucher itu kita dapat diskon dan dia dapat affiliate fee gitu. Sama-sama seneng kan.

Kalau engga dari para influencer, bisa nyari di shopback tadi juga atau di marketplacenya sendiri. Terutama kalau lagi tanggal cantik kaya tanggal 9 bulan 9, tanggal 10 bulan 10 atau pas Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas tuh para Kupon dan Voucher akan bertebaran.

Kita? tinggal pungutin aja….

Tapi inget jangan gas pol, direm juga yaaak…. Biar nggak kalap belanja yang nggak perlu.

LALUUUUU….

4 . Pinter-pinter Mix And Match

Kalau bisa DI-MIX-AND-MATCH-KAN saja ketiga tips di atas!

Hihihi, ga cuma baju yak yang harus di mix and match. Cashback – free ongkir – kupon jugaaa! Tapi kalau ga bisa ketiganya ya dua aja juga uda happy si.

Misalnya saya belanja groceries di fresh boxnya blibli.com via shopback, kadang saya berkesempatan dapat cashback (dari shopback) dan juga free ongkir (dari blibli-nya). Atau cari di Lazada yang ada kuponnya gitu gitu ya…. Tapi memang harus teliti cek dan riceknya.

5 . Silahturahmi Membuka Jalan Rejeki

Salah satu jalan rejeki adalah informasi. Informasi diskon, informasi cashback, informasi kupon. Ya, karena kadang-kadang tu proo muncul pas kita lagi lengah, nggak cek notifikasi di PC misalnya. Kan jadi bisa kelewatan.

Kalau saya punya satu temen di salah satu Whatsapp Group gitu yang rajiiiin banget nyari cashback dan diskonan, kita panggil dia Mamanda. Uda gitu dia seneng banget share kalau ada info diskon gitu. Jadi kalaupun aku ngak sempet ngecek2 sendiri, aku sering taunya dari dia….

Biasanya di grup mamak-mamak birthclub juga pada rajin sharing diskonan juga tu…. Apalagi diskonan popok apa lipen…. Kiss kiss muach banget pokoknya….

Gitu aja si palingan tips dari saya. Simple aja, tapi lumayan ngefek kok. Jadi nggak banyak buang-buang duit buat beli Thaitea kalau belanja offline kan, terminimalisasi juga anak minta dibeliin jajan yang engga-engga.

Selamet (duitnya alias hemat), nyaman dan praktis.

Selamat berhemat dengan belanja online! Semoga sharing kali ini bermanfaat!

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

36 Comments

  1. Biasanya beli online itu kalau produk fashion, karena harganya lebih murah online dibandingin toko offline di lombok. Yang selalu saya manfaatkan adalah promo gratis ongkir πŸ˜€

  2. Aku masih fifty2 lah. Kalo kayak separu, baju, jilbab aku lebih suka online ga capek euyy keliling toko. Kalo belanja harian kayak sayuran dan lauk belinya di pasar tradsional lebih murah

  3. Ah kita sehati banget sih Mbaaaa, aku juga suka manfaatin free ongkir, voucher, dan lain sebagainya kalo mentok baru deh aku main bayar wkwkkw cashback paling seneng aku,

  4. Iya sih, akupun makin lama makin jarang belanja offline kecuali buat beli sesuatu yg emang aku lebih suka milih2 bendanya sendiri.

  5. Mau donk dikenalin sama si mamanda ini supaya sering tau promo juga haha.
    Kalau belanja online tu enaknya emang biasanya lbh miring dikit harganya dan ada promo2 tapi tetep kudu ati2 cari seller yg terpercaya yak πŸ˜€

  6. Nah tips nya ok banget nih.. apalagi kalo bisa di mix kan ya..makin mantab deh tuh..
    Tapi memang belanja online itu kadang2 bikin kecanduan lhoh..karena kepraktisannya..hihi..

  7. Aku juga pakai shopback lumayan booking hotel di Agoda pun selain dapat diskon dari Agoda dapat cashback pula dari shopback..double untungnya hehe

  8. Aku juga udah pake shopback dan lumayan dapat cashback tapi belum bisa ditarik nih karena belum cukup saldonya hehe

  9. Aduuh ini bulan yang harus kekep dompet kenceng-kenceng. Promo belanjanya luar biasa dimana-mana euy. Trus tawaran bebas ongkis dan dapat cash back itu mba yang buat aku slalu emangat belanja online. Aduh senangnya punya teman yang sering ngasih info promo. Hati hati kalap mba πŸ™‚

  10. saya pun sekarang lebih seringnya belanja online ketimbang offline, atas dasar lebih efisien, rempong bookk klo sambil bawa bocah.. hihih, tapi harus cari yg free ong ataupun yg ada subsidi ongkirnya secara kirim ke Kendari sini minta ampuuunn mahalnya, hikkss.

    tapi klo belanja bulanan sih masih lebih pilih offline, hehehehh.

  11. dulu saya kirain shopback ini e-commerce ternyata modelnya beda kayak e commerce kebanyakan, jadi belanja di mereka bisa ngasih kita cashback langsung walaupun kita belanja di e commerce manapun. keren ya

  12. Ini aku banget pas LDM juga, hahahaha. Andalanku kalau belanja itu Happy Fresh, Sayur box juga pernah coba sesekali, tapi lebih sering Happy Fresh karena sekalian beli segala sosis, susu, daging, ikan, hahhahah. Eh pernah juga ding pake Hypermart online. Pokoknya segala supermarket online aku coba waktu itu. Praktis banget, walaupun ada beberapa item yang lebih mahal dibanding kita belnja langsung, tapi worth buat aku karena kondisiku lagi LDM, anak 2 + 1 baby, rempong bok kalo belanja πŸ˜€
    Tapi waktu itu aku belum kenal Shopback, coba kalau udah tau ya, mayan tuh bisa ngirit ongkir hihihihi

  13. Grup apa ituuu? Aku juga mau diinfoooo #maruk. Btw tips nya kece banget mba, aku juga jadi pengen lingkaran tanggalan di tanggal tanggal cantik buat mungutin voucher wkwkwkw

  14. Yayy..udah nerapin semua tipnya, kalo belanja (online maupun offline) emang musti pinter2 jaga dompet eh hati biar belanjanya tetap sesuai kebutuhan. Etapi aku malah belum pernah loh belanja pake sistem cash back

  15. Wkwkwkwk, kalo dulu es cendol jadi sasaran kesalahan yg menyebabkan biaya jd bengkak klo pergi belanja, skrg tgai tea yaaa

  16. Mamak suka diskonan, hehehe… saya pun bingung kalau belanja offline soalnyarombongan sama dua bocah, dan jajannya juga borongan heheh, kalau online lebih aman dar dompet jebol ya

  17. Kadang emang menyenangkan sekali ya, bisa belanja online, tapi kadang saya juga lebih milih belanja offfline. Jadi inget, lagi butuh belanja online nich, dari kapan tahu udah ditanya, mau beli matras buat olah raga.

  18. Ini gak hanya tips byat ibu2 kayaknya, aku yang masih single aja perlu memgatur pengeluaran, btw infonya sangat menarik kak, thankyuuu

  19. Tosss tips kita samaan mba Ella!
    Menyenangkan belanja kalau bisa dapat cashback.

    Tapi sayang poin 5 udah jarang dilakuin temenku, dia suka lupa ngabarin ke grup kalo gak dicolek #loh πŸ˜‚πŸ˜‚

  20. Setuju sama semua poin di atas. Aku juga suka memanfaatkan promo free ongkir dan voucher atau diskon. Biar lebih hemat dong tentunya. Kapan-kapan pengen coba belanja online yang dapat cashback ah.

  21. Sy termasuk yang sering belanja online, mulai dari baju u sendiri, baju anak, buku, sampai properti foto. Cuma sepatu yang nggak berani beli online, tkt ga pas. Sy ngerti rasanya klo nyari sesuatu tp ngajak anak. Ga dipungkiri butuh energi n waktu lebih trus perlu jajan pula ha ha.

  22. NAh iya kalau belanja online bisa selamat dari permintaan jajan anak yang nggak-nggak. Kadang belanjaannya sama jajannya besaran jajannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *