Hadiah Paska Persalinan: Perlengkapan Bayi VS Kado untuk Ibu

Ide menulis tema ini muncul dari Reihan Putri yang beberapa minggu lalu sempat bertanya di grup IFB dalam rangka menyari kado perlengkapan bayi bagi temannya yang baru melahirkan. Saya yakin kalau proses pembelian hadiahnya si sebenarnya relatif mudah dilakukan ya, bisa beli online maupun offline. Cuma menentukan apa hadiahnya itu lo yang kadang memang tricky.

Di grup langsung rame ide-ide dari yang mainstream seperti baju bayi sampai yang rada anti mainstream seperti skincare sebagai kado untuk ibunya. Dari yang fungsional seperti breastpump sampai yang fashionable seperti diaper bag bermerek.

Risiko nanya di grup memang gitu ya. Akan banyak versi jawaban. Karena yang menjawab pun berasal dari berbagai latar belakang. Sebagai orang yang belum pernah mengalami memiliki bayi, memang jadi tantangan tersendiri si membeli kado perayaan kelahiran.

Tapi yang menarik buat saya, adalah beberapa berpendapat juga untuk selain memberikan hadiah berupa perlengkapan bayi, Ibu yang baru melahirkan perlu juga lo diberi hadiah.

IMG_20181227_061356

Apakah perlu memberi kado untuk ibu?

Kalau saya perhatikan, maraknya pemahaman orang akan baby blues sepertinya adalah permulaan ide untuk memberi perhatian khusus kepada para ibu, disamping para bayi. Itu bagus juga si. Karena kadang, sang ibu pun lupa dirinya memiliki kebutuhan pasca persalinan karena terlalu fokus berbelanja kebutuhan bayinya.

Ini saya setuju banget.

Untuk ibu yang tidak mengalami baby blues,  seperti saya, namun tinggal jauh dari orang tua saat persalinan, mendapat kado untuk diri saya sendiri tentu akan terasa menyenangkan. Merasa diperhatikan dan diingatkan bahwa ibu tidak berjuang sendiri.

Saya sendiri setelah persalinan Gayatri, ada yang ngadoin kamera cobak. Mirrorless. Nggak ada kaitannya kan sama ngurus bayi. Tapi mereka tahu banget saya memang lagi tertarik fotografi terkait dengan blog. Dan menurut mereka kamera akan membantu saya untuk stay happy, stay waras dan juga mengingatkan saya untuk tetap menjadi diri sendiri dan melakukan hobi, even sudah punya bayi. So sweeeeeeet!

Namun IMHO lebih baik memberi kado yang demikian apabila kita memang dekat dan tahu selera ibunya ya. Kalau tidak terlalu ngerti si, perlengkapan bayi lebih aman. Soalnya kalau pun kita kado perlengkapan bayi pun, nanti budget yang awalnya buat bayi kan bisa dialihalokasikan ke ibu juga, wkwkwkwk….

Jadi sama aja to….

Nah, tapi saya punya beberapa pendapat tentang memilih kado bagi keluarga yang dikaruniai anak.

setrong

Kenali Tipe Orang Tua

Pertama-tama tentunya kita harus mengingat berapa budget yang kita sediakan. Kemudian yang tak kalah penting, kita juga harus lihat tipe atau latar belakang (calon) orang tuanya:

1. Seberapa detail menyiapkan perlengkpan bayinya?

Seperti saya dan suami, untuk perlengkapan bayi usia 1 s.d. 6 bulan sudah dicicil beli dari jauh-jauh hari. Tapi di atas usia itu kami sengaja nggak beli, karena atas nasihat temen, “Nanti cek kado dulu.” Eh bener dong!

Makanya saya merasa beruntung banget tu nggak borong baju bayi yang agak gede. Soalnya saya dapat buanyaaaak banget kado baju bayi rumahan untuk usia 6 bulan ke atas. Kado-kado tersebut saya susun berdasar umur, sampai setahunan lebih apa ya, saya nggak beli baju rumah dari Gayatri karena tinggal ambil stok. Hehehe….

Nah, cuma kan orang beda-beda ni…. Siapa tahu, kebalikannya, orang tua saking semangatnya uda stok baju-baju kece nan lucu, tapi malah minim stok baju rumahan.

2. Seberapa jauh perlu dukungan materi?

Kalau kita tahu ini calon orang tua tipe keluarga yang tajir melintir tujuh turunan, kemungkinan besar kebutuhan bayi yang primer sudah terpenuhi. Buat orang-orang seperti ini bisa deh, kita konsen aja ke kebutuhan sekundernya bayi, yang mungkin luput dari perhatian mereka. Seperti alat stimulasi bayi, buku, mainan, dll. Atau bisa juga kado untuk ibunya saja.

3. Bagaimana pengalamannya merawat anak?

Ini ngaruh karena kaau anak kedua dan seterusnya, mungkin peralatan elektronik (sterilizer, slow cooker, dll) atau peralatan besar (cribs, high chair, dll) mungkin sudah dapat lungsuran dari kakaknya. Jadi nggak perlu dikado lagi.

4. Segi kedekatan dengan kita. Seberapa kenal kita?

Ini pentingnya adalah untuk menghindari salah kado yang bikin ngenes. Apalagi kalau kita berniat memberikan kado yang sifatnya personal, kaya ngado baju ke Ibu. Niatnya si so sweet, karena kita tahu dia pernah naksir sama suatu model pakaian. Ehhhh, berhubung uda lama nggak ketemu, nggak ngeh perubahan bentuk badan paska kehamilan. Baju ama modelnya cucok siiiii, orangnya seneng sampai klepek klepek…. Tapi ukurannya lebih kecil dua nomor. Kan jadi ngenes….

Kalau cuma nggak suka modelnya mah mending ya. Tapi kalau masalah berat badan after melahirkan kan ada yang sensitif yaaak…. Hadiah niatnya bikin happy malah bikin sedih. Kan mending ngado apa gitu yng lain…. Daripada berisiko.

Tujuan Memberi Hadiah

Terkait dengan poin di atas, kemudian kita bisa ingat-ingat lagi tujuan kita memberi hadiah kepada orang tua baru ini apa. Karena tentu sebenarnya kita tidak harus

1. Membantu secara materi.

2. Menunjukkan perhatian.

3. Ingin bermanfaat.

love love

Tips

1. Minta wishlist jauh-jauh hari ke calon ibu, atau menyodorkan pilihan.

Hehehe, ini kesannya kok malas mikir dan nggak so sweet banget ya…. Tapi ini menurut saya opsi yang paling logis sih untuk kalau tujuan kita yang utama adalah untuk membantu secara materi atau ingin bermanfaat.

Alasannya karena yang pertama, barang pasti nantinya bakal terpakai, dan kemungkinan cocok dengan yang diharapkan oleh calon ibu. Trus lagi untuk menimimalisasi barang tidak terpakai numpuk di kemudian hari. Soalnya banyak banget lo kado-kado lahiran yang nggak terpakai dan akhirnya jadi numpuk dan usang.

Mau dijual atau dikasihin orang kok ya sungkan…. Wong itu barang pemberian.

2. Patungan dengan teman-teman lain.

Selain biar lebih hemat, patungan juga membuat pilihan hadiah kita jadi lebih banyak. Meminimalisasi juga ada kado yang sama atau mirip-mirip dari satu circle pertemanan. Kan uda patungan, so pasti uda janjian dong mau apa ngadonya. Dengan pilihan yang lebih banyak, maka kemungkinan untuk mendapatkan hadiah yang lebih cocok dan berkesan pastinya juga akan lebih besar juga.

3. Perhatikan timing kasih kadonya.

Benar kita pasti akan bersiap membelikan hadiah saat ada bayi lahir. Tapi jangan lupa menyesuaikan dengan waktu memberikan kadonya ya…. Jangan sampai kelupaan diberikan, sehingga sudah lewat masa pakainya.

Ide Hadiah Perlengkapan Bayi maupun Kado untuk Ibu.

Beberapa ide perlengkapan bayi yang bisa dijadikan hadiah:

1 . Budget under 500k:

  • Pakaian bayi
  • Sepatu bayi, prewalker
  • Alat makan
  • Bouncer
  • Booster chair/ high chair
  • Diaper bag
  • Perlak
  • Sprei anti air
  • Mainan

2 . Budget 501k – 1 juta

  • Slowcooker
  • Sterilizer botol
  • Gendongan bayi
  • Diaper bag
  • Mainan
  • Playmat

3 . Budget 1+ juta – 2 juta

  • Sterilizer
  • Food processor untuk MPASI
  • Anting bayi (bagi anak perempuan)
  • Breastpump
  • Playmat
  • Safety/ pagar play ground

Beberapa ide kado untuk ibu:

  • Blus/ baju dengan akses menyusui
  • Korset
  • Makanan kesukaan
  • Skincare
  • Perawatan strechtmarks
  • Apron
  • Jamu (konsultasi dulu dengan orangnya)

Info lebih lanjut tentang tips seputar ibu dan perlengkapan bayi, klik aja di link ini yaaa…. —-> perlengkapan bayi.

Aih, jadi nostalgia, pengen punya bayi dan bukain kado kado lagi nih. Hahaha…. Apakah ada yang punya tips dan ide hadiah yang lain? Feel free untuk tinggalin komen ya…. It will very useful. Terimakasih sudah mampir. Semoga bermanfaat ya…. Salam sayang!

Related Post

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!

98 Comments

  1. Aku tuh paling suka deh kalo ikutan milih2 barang di toko bayi buat kado, seneng aja gitu liat2nya. Apalagi kalo ternyata yang nerima suka atau emang pas lagi butuh. Hepi banget.

  2. sebenernya enakan kasih hadiah ke ibuknya aja, kan pasti kalo ke anakynya sudah banyak yang kadoin deh ya. Kalo ibuknya kan pasti jarang malah ga ada sih biasanya

  3. Iya tuh kado buat ibu penting banget, seringnya kelupaan. Biasanya kalau buat ibu aku kasi baju menyusui gtu yang stylish. Biasanya bikin mood booster jg buat dia. Shg secara gak langsung bantuin dia happy menyusui 😀

    • Duuuuhhh iya tu Mbaaak, baju menyusui tu kadang kelupaan beli.
      Aku dulu pas baru lairan malah sedianya daster-daster gitu…. Ehhhh…. Ga ada akses menyusuinya hihihi repot dah, maklum blum pengalaman to….

  4. Jadi inget aku dikado tapi isinya amplop dengan duit sebesar 700rb. aku langsung belikan alat nebul karena suatu saat nebulizer pasti kepake di keluargaku yang serignya bengek. jhhehehe

  5. Kalau aku sih tipe ibu yg santai
    Lha kalau semua orang kasih hadiah ke anakku, enak sih diriku g usah beli
    Bisa hemat
    Wkkk
    Jd inget lahiran kemarin, di antara semua yg kasih kado, cuma 1 orang aj yg ngasih aku kado baju busui xixixi
    Cuma kalau aku sih tipe pasrah mb g yg request2 gitu
    Efekny banyak pengunjung yg beli kadony samaan
    Mo request kok y sungkan
    Dikunjungi plus dikasih aj dah brsyukur

    • Lhooo, kalau ya nggak request, tapi kalau ditanya baiknya jawab yaaak, biar yang ngado nggak bingung. Kadang mau ngado tu bingung lo…. Hihihii

  6. Pasti ibu yg baru melahirkan happy luar biasa deh dikasih kado. Merasa perjuangannya menajdi ibu diapreasiasi oleh org org terdekatnya. Bener bener support system yg keren

  7. Aku sejauh ini ngasihnya keperluan buat bayi. Tahu sih Ibunya juga mau hadiah, tapi kadang kukurang paham apa yang paling diinginkan saat itu. Paling moral deh, bantu nungguin bayinya bentaran

    • Duuuh, dibantuin jaga bayi sebentar biar emaknya bisa me time tu juga kado yang luar biasa nikmat lo Mbaaaa Jiaaah…. Kamu sungguh so sweet dah….

  8. iya sih, beberapa kali mengunjungi ibu2 yang baru melahirkan aku juga mulai mengubah gayaku, menghadiahi ibunya bukan bayinya.

  9. Jadi inget waktu melahirkan anak pertama, ada kakak ipar yang kasih kado stok susu ibu menyusui selama setahun (jd tiap bulan kakak kirimin susu ibu menyusui ke rumah). Waktu kutanya, jawabnya simpel yang kasih kado tuk bayinya udah banyak, tp ibunya juga perlu perhatian juga. Duuh waktu itu seneng banget, malah ga kepikiran deh.

    • Duuuh so sweet banget Kakak Iparnya Mbak, tapi bener banget lo Mbak. Padahal kalau Ibunya sehat dan happy, pasti ngurus anaknya juga lebih sip ya…..

  10. Waw kece banget ada yang ngadoin mirroless sebagai kado buat ibu yg abis lahiran *jadi pengen lahiran lagi eh wakakaa. Kek ada aja yg ngadoin mirrorless buat saya buakaka. Rata rata sih begitu ya, ngasih kadonya buat baby. Bagus berarti kalo sekarang mulai aware ngasih kado buat ibu terkait baby blues dan menjaga emosi ibu biar stay happy 🙂

  11. Kebetulan banget aku sama temen2 lagi nyiapin kado untum sahabat yang baru melahirkan. Kami juga bingung enaknya kado buat dekbay atau emak ya.. haha makasi mba atas insightnya disini xD

  12. Selama ini, seringnya ngasih kado hanya untuk bayinya aja. Nanti kalau ada yang melahirkan lagi, kayaknya perlu memperhatikan keperluan bundanya juga deh.
    Eh, tentunya dilihat juga kondisi keluarganya ya.. Kalau memang utuh dana, ya, dikasih tunainya saja. :))

  13. Waktu habis melahirkan Aku juga senang banget kalau ada orang yang memberikan aku hadiah sebagai bentuk perhatian, terutama hadiah dari orang-orang terdekat seperti kakakku dan memang perlu banget ya menjaga mood ibu yang pasca melahirkan

  14. Biasanya saya kalau mau kasih hadiah ke teman yang baru melahirkan, suka nanya dulu ke dia lagi butuh barang apa buat si baby biar enggak mubazir dan bisa kepakai

    • Iyakaaaan, enaknya gini ni…. Jadi sama-sama jelas, sama-sama tahu. Efektif dan efisien…. Aseeek….

  15. Kemarin adikku melahirkan…
    Karena adik ipar, jadi aku berasa banget untuk memberikan kado yang terbaik (sama saat mertua kasih kado ke aku pas melahirkan dulu…)

    Namun nyatanya,
    Gak setiap keadaan harus sama.

    Kadoku gak kepake (kayanya)

    Terbersit perasaan kecewa.
    Tapi…kalo aku kecewa, berarti ga ikhlas yaak…??

    Heeuuheu~

    • Ya wajar kalau kecewa si Mbak…. 🙂
      Nah, daripada daripada nggak kepakai mungkin next time bisa nanya dulu, orangnya butuh apa gitu kali ya…. 🙂

  16. Manfaat adanya social media tu kayak gini nih, jadi bisa dapat ide dan pengetahuan. Menurutku, ide untuk ngasih kado ke ibu yang baru melahirkan itu perlu disebarluaskan deh… Karena betul, emosi ibu dengan newborn baby itu masih labil, jadi perlu sering dikasih mood booster, hehe..

    Tapi aku alhamdulillah pas lahiran anak ke dua dapat kado juga. Nggak cuma aku, si sulung juga dapat kado selamat udah jadi kakak. Jadi ada 1 teman bawa 3 kado sekaligus. Luar biasa dia mah. Tapi bapaknya jadi iri, haha…

    betewe, kalo ada yang mau ngado skincare, aku mau lah hamil lagi, haha.. Ngga diiing…

    • Ya ampun iya juga ya Mbak, si Kakak juga perlu perhatian. Hmmm…. Makasi insightnya ya Mbaaa….

  17. wooow Mbak, dapat kado mirror less? itu temannya kece banget dehhh iihh…
    pasti Mbaknya happy doong dan ASIpun jadi lancar jayaa kan yaaaa..
    lengkap banget ini list kadonya, bintangiinnn, bintangiinn, bisa buat referensi ini 😀

  18. huah itu siapa yang kasih mb Ella mirrorless bisikin dong aku juga mau wkwkwk..syukurlah ya ada yang memang tahu kebiasaan dan kesukaan kita jadi bisa kasih kebahagiaan buat ibunya y mb Ella

    Kalau di kantor sih emang biasanya patungan ini udah jadi kebiasaan mba wkwkwk kalau bos besarku kasih amplop saja aku udah bahagia pisan :p

    • Hihihi…. yang ngado mirrorless kebetulan keluarga yang punya toko kamera Mbak di Jogjakarta. Kalau perlu bisa loooo ke gudangdigital nama tokonya. #lhahmalahiklan wkwkwkwk

  19. Aku dulu kaget banget pas dapet kado gamis menyusui dari sahabatku. Alhamdulillah gamisnya ukuran allsize, jadi bener2 nggak kekecilan, nggak kebesaran. Sejak itu, pas teman ngelahirin jadi ikutan kasih kado baju^^

  20. Ini dia yang bikin bingung kadang ngado untuk temen yang baru lahiran, biasanya kita patungan rame-rame gitu tapi kadang juga pengne beli kado apa gitu. Alhamdulillah ada pencerahan setelah baca postingan ini

  21. Kalau untuk si baby udah pasti banyak kadonya, kalau untuk si ibu apalagi sesuatu yg memang lagi di butuhkan udah pasti menyenangkan.

  22. lihat produk2 bayi di atas jadi pengen dikadoin. ah, segera deh cari bibit unggul. hahaha
    kalau tetangga yg kadoin biasanya bedak, gendongan, ada juga sabun. yang lucunya ada yg kasih detergen. bermanfaat juga lho.

  23. kebetulan belum lama ini ada teman yang baru lahiran nih tapi bingung mau kadoin apa. setelah baca artikel ini jadi kepikiran mau beli kado untuk ibunya aja deh 🙂

  24. Tipsnya sangat bermanfaat Mbak. Aku pernah coba kasih hadiah untuk ibunya eh tapi gak dipake karena gak cocok. Kalo ke bayinya kan belum bisa pilih2. Dipakein apa aja mau wkwk

  25. Kalau saya sebagai ibu melahirkan pasti seneng banget dapat kado khusus untuk ibu, soalnya khan jarang-jarang ada yang perhatian sama si ibu, tapi tergantung kebutuhan juga sih, si ibu butuhnya apa, kalau butuh perlengkapan bayi, mending kadonya itu, baiknya tanya dulu kali ya butuhnya apa

  26. Poin nomer 2 tuh sering aku lakukan waktu ngado untuk teman kerja dulu. Kami janjian mau ngasih apa pada teman yang melahirkan. Untuk kado baby, aku pernah ngasih sepeda, baby walker, stroller. Kalo untuk ibu baby, aku pernah ngasih daster, wkwkwkk… Atau kasih tas kerja, agar semangat ngurus baby dan kembali kerja tanpa baper

  27. Lengkaaaap kaap…kaaapp… Kalau saya memang prefer ngado ibunya kalau sudah dekat ya, karena merasakan sendiri pas habis lahiran dikadoin hijab sama baju menyusui itu rasanya happy banget hihihi… Untuk yang mungkin gak terlalu dekat ya bisa sih kado perlengkapan bayi, dan bener banget Mak, tergantung lahiran ke berapa dan anak pertama atau kedua sama gender enggak hihihi. Ternyata banyak bener ya pertimbangan mau ngado ituu

  28. kalau aku terbiasa dengan baby registry Mba..jadi yang punya bayi yang tentukan apa yang meraka perlukan. dan biasanya pas sert bermanfaat banget..Di sini sudah banyak yang pakai baby registry juga kaaan..

  29. KLau anak pertama biasanya aku kasih perlengkapan bayi aja sih..soaknya meskioun sdh siao2 tp ada yg perlu punya banyak juga ya kayak baju n celama..

  30. Aku jadi ingat anting bayiku hadiah dari mertua dicuri rewang, hiks. Gara2 enggak kutaruh ditempat penyimpanan yg ada kuncinya:(. Bener banget aku pernah ngadirin baju busui nanya dulu ukuran bajunya sekarang berapa

  31. Pampers aja mba. Karena di butuhkan sama sang dede.

    Hadiah ini cocok buat yang baru melahirkan. Bisa pampers buat sang ibu pasca melahirkan atau pampers si dede.

    Bisa juga beliin jamu pasca melahirkan biar para bunda makin pd di hadapan suami

    • Hainiiiii jamu selapanan ya…. Ini dulu aku juga kesulitan nyari ni Mbak di Tangerang Selatan. Untung dikado sama sodara dari kampung. Senenggggg!!!

  32. Saya dulu saat berkunjung ke rumah kawan yang baru saja melahirkan anak pertama saya tawarkan dia beberapa barang tapi pilihannya adalah nasi pecel. Gatau kenapa katanya dia lebih pengen nasi pecel dibandingkan barang” untuk bayik yg udh banyak banget katanya.

    Jadi, janganmalu untuk bertanya ke ibu yg akan dikunjungi yaaa. Kalau udh berteman deket banget sih.

    • Beneeeerrr! Saya juga pernah ditanya gini sama temen, trus saya minta dibeliin piza hihihi…. Lha wong pengen banget jeh….

  33. Aku juga sering kasih kado buat ibunya aja, kalau buat bayi biasanya udah banyak yg ngasih, kadang sampe dobel-dobel. Padahal kan ibu baru juga butuh di kasih hadiah biar seneng, ASI bisa lancar deh 🙂

  34. Aku biasanya selain kado untuk bayi, ibunya aku bawakan buah-buahan, pasti dibutuhkan buat bodi kan ya.
    Atau kalau ada kakak si bayi yang usianya masih kecil, suka aku bawakan kado juga buat kakaknya

    • Wah ini juga penting ya Mbak, kado buat si kakak. Biar dia nggak merasa jealous ya karena merasa kurang diperhatikan. Nice insight Mbaaak!

  35. Yang ku kunjungi pasti temen dekat ku, dan pasti ku kasih kado ke ibunya yang melahirkan biasa nya sih paket makeup atau skincare gitu. Baru pas datang ke rumah nya kado untuk bayi nya

  36. Jaman sekarang beli kado untuk teman yang melahirkan dan punya bayi enak banget ya. Nggak perlu berdesakan di mall, cuma belanja online aja dan nggak ribet sama sekali.

    • Betuuuul! Tinggal klik klik klik bahkan ada yang ngasih jasa bungkus dan kirim juga kan…. Praktis!

  37. Naaah ini nih postingan yang kutunggu-tunggu soal rekomendasi kado. Bagiku, di dunia ini hal yang paling membingungkan adalah ngasih kado soalnya khawatir yang dikasih nggak suka. Tapi ya bener juga meski rada malu mendingan ditanyain.

  38. Nah, bener deh tuh tipsnya. Kudu dilihat gimana kondisi si ibu dan anaknya. Ada kalanya perlu uang tunai. Ada kalanya perlu kebutuhan bayi. Ada kalanya perlu kebutuhan si ibu. Kalo aku sendiri, seringnya dapet keperluan bayi. Sampe numpuk deh untuk barang yang sama. Untuk aku sendiri, aku gak pernah dapet. Sekalinya dapet, aku dapet seprai. Tapi itu manfaat banget. Punya bayi jadi sering ganti seprai. Nah berkaca dari sana, aku jadi lihat2 kondisi kalo aku mau ngasih kado. Seringnya sih barang keperluan si ibu, atau uangnya saja. Barang kebutuhan bayi pastinya banyak dikasih orang lain.

    • Iyo si Mbak, kalau bingung banget…. Orangnya juga nggak mau jawab butuhnya apa, ngamplopi uang bisa jadi lebih bermanfaat ya….

  39. Aku juga seringnya beliin buat ibunya, krn kalau buat anaknya pasti dah banyak banget. Menurutku ibunya jg butuh perhatian sih biar happy dan asinya jd lancar 😀
    Trus kalau misalnya ada anak sebelumnya aku jg milih buat beliin kakaknya, krn kalau dedek bayi pasti udah banyak banget yg ngadoin, biar si kakak gak ngiri 😀

    • Jadi masukan buat aku banget nih mba, soalnya baru2 ini di lingkar pertemanan aku mulai menikah dan punya anak. Next aku buat ibunya aja deh, yg ngasih buat anaknya pasti udh banyak ya hehe

    • Eh iya ya Mbak April…. AKu tu nggak kepikiran ngado kakaknya lo! Nice insight yaaa! Thanks!

  40. Btw telat banget aku baca ini.
    Belum lama ini ada teman yang melahirkan tapi aku bingung sebaiknya kasih apaan. Next aku mau kasih kado untuk ibunya aja deh 🙂

  41. Kejadian juag nih di aku setiap kali mau kasih kado ke teman-teman yang baru aja melahirkan. Mikirin mau ngasih pernak-pernik bayi, kok merasa mainstream. Mau ngasih yang lain, seringkali terkendala budget.
    Bagus juga nih insight dari artikel ini, jadi ada gambaran kalau misal kapan-kapan mau ngado teman lagi. Thanks yaaaa..

  42. Aku tergantung seberapa dekat dengan ibunya. Kalau ibunya iti teman dekat, biasanya aku ngasih kado buat ibu dan anaknya. Tapi kalau enggak dekat, misal tetangga jauh atau ibu dari teman2 anakku ya jadinya kado buat bayinya aja.

  43. Waktu masih ngantor, ada teman mau lahiran biasanya ditanya dulu mau kado apa? Biar kepake, khan sayang kalau nggak kepake karena udah ada, dan ada juga sih yang minta uangnya aja karena memang lebih butuh uang daripda barang, wow, Ella keren banget ada yang kadoin Mirrorless, pasti jadi hepi banget nih

  44. Kalau aku sama teman-teman dekat biasanya akan tanya butuh apa jadi hadiahnya akan berguna, bener juga kasih wishlist juga ide bagus kok. Selain kado buat ibu, kami juga biasa kasih kado buat si kakak kalau si ibu bukan melahirkan anak pertama ya, karena biasanya si kakak akan menjadi cemburu saat adiknya punya banyak hadiah. Aku pun dulu menyiapkan hadiah buat si sulung waktu melahirkan anak kedua.

  45. Aku malah pernah bikin postingan ” kado untuk ibu melahirkan” dan itu pengunjungnya banyak. Kalo aku prefer ngasih ke ibu soalnya biasanya kalo perkap bayi klg pasti udah nyiapin. Pengalaman aja aku banyak banget kado dari teman saat aku lahiran dan ga kepake. Kayak gendongan, selimut bayi, sama topi2 bayi. Pernah dpt kado selimut itu sampe selusin lebih

  46. Nah ini kak yg kadang suka lupa, kalo kado bayi kadang tuh ya sampe bertumpuk tumpuk karena rata rata sama. Sedangkan ibunya karena punya baby dan waktunya terbatas mau beli apa yg diinginin kadang susah. Kalo kadonya dialihkan ke ibu pasti happy bukan main

  47. Ya ampun mbak… aku kenalin dong sama yang ngasih mirrorless, siapa tau mau ngasih aku juga wkwkwk
    Kalau jamanku baru ngelahirin dulu, suami sering ngasih aku hadiah. Awalnya sih ga ngeh maksudnya, baru baru ini aku nyadar, mungkin salah satu itu usaha dia membuat stress sama capekku ilang..

  48. iya nih mba. Kadang suka bingung sendiri kalau ada temen yang lahiran. Takutnya udah punya. Belakangan langsung tanya aja ke orangnya mau kado apa daripada ga dipakai kan nantinya. Tambahan dari aku untuk kado ibu baru melahirkan: tas ransel untuk working mom hehehe

  49. Aku lihat sikon aja kalau ada kakaknya suka kasih perhatian ke kakaknya yg kadang suka iri adiknya banyak dpt hadiah…. Wah pernah ngasih hadiah ke kakaknya yg bahagia banget justu saya krn lihat respon si kk yg luar biasa bahagia… Hehe..

  50. Kalau ada yang lahiran aku seringnya sih ngasih uang, soalnya lebih bisa terpakai aja gitu ma penerima buat beli kebutuhannya yang emang diperlukan. Coz kalau barang kan takutnya uda ada yang ngasih ya, kan aku anaknya gak enakan kalau mau tanya, “kamu butuh apa?” kecuali ma temen yang dekeeeeeeeeeeeeeeet banget 😀

  51. Ini artikel ringan tapi penting banget ya, mbak. Karena realitasnya, Ujame suka bingung kalo mau kadoin temen yang lahiran tuh apa. Dan di sini dapet pencerahan hahaha. Makasih mbak, reviewnya 😍😍

  52. Aku biasanya kasih handuk lembut buat bayi.
    Biar bisa dipakai lama.
    Kalau pas aku dulu juga paling banyak dapat botol minuman dan tempat makan bayi.
    Sama kayak Chi, yang tidak terpakai aku simpan dan aku berikan sebagai kado lagi.

  53. waktu anak pertama lahir banyak banget yang ngasih hadiah dan banyak yang enggak kepake

  54. Mbaa, pas banget temnaku belakangan banyak yang lahiran jadi beberapa yang lakukan ya ada yang urnan ama teman-teman tapi ada juga yang aku sendiri. Trus pernah juga aku nanya ke si ibu minta kado apa 🙂

  55. jadi inget sama adikku. dia pernah terkena baby blues juga. ternyata perhatian terhadap ibu diperlukan juga ya…oke aku paham. makasi informasinya.

  56. Jadi inget waktu dapet kado melahirkan, tas & selimut bayi numpuk karena banyak yg ngasih mirip2. Akhirnya aku pake biat ngadoin temen yg lain. Yha lumayan sih, akhirnya tetep menghemat budget :))

  57. Akupun gitu, Mbak. Kalo kenal dekat, misal saudara, aku yang nari, pengen apa, yang belum punya apa. Tapi, kalo gak terlalu dekat, paling aman ya amplopan saja.

  58. Iya looh…ini juga beberapa kali jadi dilema kalau mau jenguk temen suami yang abis melahirkan.
    Suami selalu fokes ke bayinya.

    Sedangkan aku…
    Fokesnya kalau gak ke Ibunya, yhaa….ke kakaknya (bila melahirkan anak kedua). Aku suka banget ngadoin yang diluar bayi.

    Karena aku pikir, kalau punya bayi, pasti lagi seneng-senengnya belanja kan yaa…

    Jadi,
    Sudah bisa dipastikan, mereka niih….para orangtua baru, uda pada punya pernak-pernik luttuu..selera mereka masing-masing.

  59. Kemarin-kemarin beberapa sahabatku melahirkan juga Mba, aku bingung ngado apa. Waaa ini dapet ide deh aku harus ngasi apa dan patungan juga di komunitas. Karena ada temen komunitas lahiran juga. Thanks mba

  60. So sweeettt bgt sih temen2nya ngadoin mirrorless Mbaaa.. Aq jd mupeng. Hehe. Ide-ide kadonya ngebantu buat aq yg suka pusing ngadoin hehehe

    • Biasanya sih memang perlengkapan bayi itu kado standar ya. Tapi kalau kita kenal dekat, ada baiknya survei sebentar atau bahkan tanya langsung kebutuhannya agar kado lbh tepat sasaran.

  61. Sama mbk. Aku juga kalau nggak kenal dekat juga ngasih kado buat baby nya aja trus klau nggak sempat nyari buat kado, yaaa aku ngasih amplopan berisi uang. Pikirku yaaa biar bisa beli sendiri sesuai selera dan kebutuhan

  62. Saya dulu suka banget ngadoin teman yang baru lahiran dengan barang mainstream kayak gendongan, set peralatan makan, sabun bayi dll.
    Waktu kelahiran anak pertama, saya dikado sabun cuci banyaaakk, pewangi pakaian.
    Saya awalnya shock, tapi setelah semua kado itu terpakai, baru mengerti, ternyata emang lebih bagus kadoin barang2 gitu.
    Saya sendiri di lahiran anak kedua ini, banyak banget terima kado gendongan, baby bath dan segala macam yang akhirnya juga saya kasih orang aja saking ga terpakai hahaha.
    Kalau kasih uang juga sungkan, karena kadang uang lebih bernilai kecil 😀
    Meskipun mungkin kalau dibeliin barang nilainya sama 😀

  63. Saya pun berpendapat sama. Kalau gak kenal dekat, mendingan kasih kado buat bayinya aja. Jadi, nanti jatah belanja baby, buat ibunya. Kan bayinya udah kebanjiran kado hahahaha

    Tapi, saya dikadoin apa aja senang. Saya anggap itu perhatian dari yang memberi. Waktu saya melahirkan, kado yang paling banyak tuh dot bayi. Padahal anak-anak saya gak ada yang ngedot. Jadi masih utuh banget. Plastiknya juga gak saya buka. Akhirnya, saya kadoin lagi ke yang baru lahiran 😀

  64. Waktu lahiran dulu yang banyak dapet kado pastinya si kecil. Tapi, surprise banget pas tiba-tiba pak pos ngeruk pintu aku dapet paket. Isinya gamis menyusui dari sahabatku, huhuhu rasanya seneng banget ibu habis melahirkan dapet kado

  65. Memang paling pas untuk memberi kado yang pasti dipakai dan bermanfaat ya .. aku kadang suka bingung kalau dapet kado yang ngga jelas gituuu hehehe

  66. kalau aku terpikir beri kado ke si ibu atau si kakak, bukan untuk bayi.
    eh aku udah pernah nulis 7 kado untuk ibu melahirkan, lho. Pernah dipraktekin juga dan ternyata temanku suka.

  67. Kalau aku biasanya beli kado skincare bayi, pakain bayi dan buku-buku seputar ibu melahirkan dan ibu menyusui untuk temanku atau sepupuku yang baru saja punya bayi.

  68. Di tempatku malah ada tradisi aneh lagi, kado yang buat bayi tidak semuanya dipakai. Sebagian disisihkan buat ngado bayi lainnya, hmm -_- pengen sih ngado ya, tapi kayaknya lebih aman kalau ngasih uang sih ya.

    • Tetapi, dulu aku dikasih kado juga sama temenku ding Mbak. Kebanyakan emang tas bayi dan dapat banyak banget. Juga dapat gendongan, hehe tapi sayangnya gendongannya kurang safety

    • Hihihi, kadang malah yang nggak kepakai ada yang dijual juga Mbaaak…. Gapapa si, kan jadi bermanfaat ya daripada hanya ditumpuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *