Penyebab Iritasi Kulit Bayi dan Cara Menanganinya

Iritasi kulit pada bayi bisa bermacam-macam ya penyebabnya. Dari dalam tubuh si bayi sendiri yang kulitnya masih sensitif (atau ditambah punya riwayat alergi dalam keluarga) maupun dari faktor eksternal.

Mengetahui faktor-faktor penyebab ini penting, demi penanganan yang tepat, sehingga cepat juga diatasi. Terlihat sepele memang, namun bisa berujung pada rewelnya bayi dan kesehatannya secara umum.

Berikut saya bahas beberapa pengalaman kami terkait iritasi kulit bayi, penanganannya dan review produknya yaa! Semoga bermanfaat bikin para bayi happy tanpa iritasi….

iritasi kulit bayi

Penyebab Iritasi Kulit Bayi

Penyebab iritasi kulit bayi yang dialami adalah: 1) karena penggunaan pakaian serta diapers yang kurang tepat, 2) karena cuaca yang lembab atau sebaliknya karena terlalu lama di dalam AC yang terlalu kering, serta 3) karena penggunaan produk perawatan bayi tertentu, seperti produk sabun mandi/ pencuci pakaian yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate/ Anionik Surfactant.

Tentu saja faktor-faktor ini kami kenali, dari menduga-duga dengan melihat rewelnya bayi dan memeriksa tanda-tanda iritasi kulit bayi yang muncul di tubuhnya.

1 . Iritasi karena Pakaian/ Diaper

Tanda iritasi:

Poin 1 paling sering dialami Gayatri saat di bawah usia 6 bulan. Tanda-tandanya cukup mudah didapatkan (kalau diapers) karena lokasinya yang spesifik di pantat. Kalau ada iritasi di pantat, bisa dipastikan, kalau bukan karena masalah higienitas, ya kemungkinan besar karena faktor diapernya.

Cara menangani iritasi:

Berdasar pengalaman saya, cara menanganinya adalah dengan mengganti diaper, mencuci pantat bayi setelah pup/ pipis dengan bersih, mengeringkan pantat bayi dengan sempurna saat berganti diaper, memilih diaper yang berkualitas (saya pernah menulis tema ini sebelumnya). Produk diaper cream pun bisa dipilih untuk mempercepat penyembuhan.

Kalau untuk pakaian, yang pasti, ketika memilih pakaian bayi, better pilih yang katun dan ada logo SNInya ya….

2 . Iritasi karena Biang Keringat

Gayatri, anak kami sering mengalami biang keringat sejak kami pindah rumah ke Surabaya. Ya, faktor udara yang panas dan lembab sangat berperan.

Tanda iritasi:

Tanda-tanda yang terlihat adalah kulit kemerahan di bagian leher, dada dan punggung. Karena Gayatri juga ada kecenderungan atopic, seringkali juga ada kemerahan di bagian lipatan siku, lipatan belakang lutut dan juga ketiak. Seringkali, kemerahannya diikuti dengan beruntusan di kulit.

Cara menangani iritasi:

Cara mengakalinya adalah dengan memakaikannya pakaian tanpa lengan dengan harapan sirkulasi udara ke kulitnya baik, memilih bahan yang katun serta menggunakan bedak cair untuk menyerap keringat berlebih. Untuk malam hari kami menggunakan AC di kamar tidur.

3 . Iritasi karena Detergent SLS/ Anionik Surfactant pada Produk Bayi

Tanda iritasi:

Tanda yang paling menonjol tentunya adalah apabila terjadi rekasi di lokasi penggunaan produk bayi tertentu sesaat setelah menggunakannya ya.

Kalau buat anak saya, yang paling sering memicu iritasi adalah sabun mandi bayinya dan sabun cuci pakaiannya.

kulit sensitif
Kondisi kulit Gayatri beberapa waktu lalu.

Tanda-tanda kalau tidak cocok dengan sabun bayi, biasanya adalah kulitnya jadi kering. Kadang sampai bersisik dan mengelupas.

Kalau tanda tidak cocok dengen detergen bayi, biasanya Gayatri akan sering garuk-garuk di bagian punggung, dada dan leher (namun bagian bawah, atau di sekitaran kerah) dan bagian-bagian tersebut memerah.

Cara membedakannya dengan biang keringat:

Tentunya harus diperiksa tanda lain yang mendukung ya, untuk membedakan apakah merahnya karena biang keringat atau karena salah produk. Misalnya cek/ raba kausnya. Kalau kausnya basah karena keringat, fakta tersebut mendukung ke biang keringat. Kalau kausnya kering namun terasa kaku dan berbulu-bulu serat kainnya, bisa jadi faktor sabun cuci pakaiannya yang tidak cucok.

Cara mengatasi:

Tentunya adalah dengan memilih produk sabun bayi dan deterjen bayi yang lembut di kulit bayi (ditandai dengan tidak adanya kandungan Sodium Laury Sulfate atau anionic surfactant), namun juga tetap efektif membersihkan.

Kalau poin 1 dan 2 sudah beberapa kali saya bahas di artikel sebelumnya ya. Untuk yang poin 3, saya bahas lebih lanjut dibawah ini.

Memilih Produk Sabun dan Detergen Bayi

“Apakah produk bayi mahal selalu jadi jawaban?” pertanyaannya demikian ya. Menurut saya tidak selalu si. Yang penting adalah memeriksa di ingredients produk, ada atau tidak bahan yang menyebabkan iritasi kulit.

Dalam artikel ini, saya mau mereview dua contoh produk bayi yang diklaim lembut di kulit bayi yang sensitif sekalipun.

1 . Hindari bahan yang menyebabkan iritasi.

Klaim yang menarik bagi saya tersebut, didasarkan oleh tidak adanya kandungan Sodium Lauryl Sulfat/ Sodium Laureth Sulfat/ Sodium Myrate Sulfat/ Anionik Surfaktant yang memiliki potensi iritan. Produk-produk ini juga memiliki pH 5,5 yang sesuai dengan kulit bayi.

2 . Pastikan proses produksinya diawasi oleh otoritas.

Selain itu pilih yang memiliki nomor BPOM ya….

Yang menarik lagi, produk yang mau saya review ini berada di bawah pengawasan perusahaan farmasi, Novell Pharmaceuticall group. Novel Phamaceuticall Group ini adalah group yang memroduksi Lacto B itu lo, seems familiar ya dengan produk ini. Sehingga mulai dari bahan baku, proses produksi, bahan kemas sampai dengan jadi produk sesuai dengan standar kualitas Good Manufacturing Practice Farmasi.

Produknya apakah ituuuuu????

Kedua produk tersebut adalah Purebaby Liquid Soap dan Purebaby Laundry Liquid.

produk sabun bayi  untuk kulit sensitif

Sabun Mandi Bayi: Purebaby Liquid Soap

Perkenalan pertama saya dengan produk sabun mandi bayi Purebaby Liquid Soap ini cukup mengesankan ya. Karena saya pertama kali menggunakannya setelah Gayatri selesai berenang.

Seperti kita tahu, berenang memang baik untuk kesehatan. Namun, untuk kulit seringkali menjadi masalah, karena kandungan kaporit dan garam-garam lain yang terkandung di dalam air kolam. Serta karena lamanya air tersebut berinteraksi dengan kulit bayi. Hal-hal tersebut bisa membuat kulit bayi/ anak mengalami kering dan iritasi.

Untuk itu diperlukan sabun bayi yang efektif membersihkan residu kaporit namun juga tetap lembut di kulit bayi.

sabun bayi yang aman untuk kulit sensitif
sabun bayi mengobati biang keringat

Yang perlu digarisbawahi adalah klaim kandungan Triple Moisturizer “Oat kernel Extract, Chamomile, Pro Vit B5” yang mampu merawat kulit dari iritasi kulit seperti ruam, alergi, dermatitis dan biang keringat ya.

Tekstur dan Busa

Tekstur Purebaby Liquid Soap ini cenderung kental kalau saya bilang. Lebih kental daripada sabun cair yang biasa saya pakai di rumah. Malah seperti lotion ya.

Saat digunakan busa yang dihasilkan tidak banyak-banyak banget, namun cukup. Saya hanya menggunakan dua pump untuk tubuh Gayatri. Satu pump untuk tubuh bagian atas sampai perut. Satu pump untuk tubuh bagian atas.

Yang saya rasakan (saya terbiasa mencoba produk bayi terlebih dahulu, sebelum digunakan ke anak) adalah, kulit terasa lembab dan tidak kesat sesaat setelah mandi. Kalau menggunakan sabun biasa kan kadang ada rasa ketarik gitu ya kulitnya, di Purebaby ini tidak. Hal ini tanda yang bagus, buat saya, karena setelah dikeringkan akan terasa lebih lembab dan lembut.

sabun hipoalergenic
sabun untuk kulit sensitif

Aroma

Aromanya mild banget. Saya suka, karena tidak nyegrak sama sekali.

Setelah bilas, bau air kaporit yang biasa menempel di kulit Gayatri setelah berenang hilang tuntas loh. Sama sekali tidak tercium. Digantikan wangi sabun bayi yang mild. Saya berharap hilangnya bau kaporit tersebut menandakan bahwa sabun ini memang efektif menghilangkan kotoran di kulit.

Setelah beberapa hari menggunakan sabun bayi, kulit Gayatri juga terasa tidak sekering biasanya. Berarti memang benar, klaim kandungan Triple Mousturizernya itu bekerja ya….

kulit sensitif bayi

Kurang lebih pemakaian selama empat hari, kulit keringnya yang mengelupas di belakang telinga, sudah hilang. Tentu saja rangkaian perawatan kulit yang lain tetap saya jalankan. Namun, penggunaan sabun ini kerasa banget bedanya.

Detergen Bayi: Purebaby Laundry Liquid

Untuk mencegah terjadinya iritasi di kulit bayi, tidak hanya sabun mandi yang perlu diperhatikan. Tetapi sabun cuci pakaian baji juga sangan penting untuk diperhatikan.

Ada tiga hal yang mengakibatkan detergen bayi atau sabun cuci baju bayi berpotensi mengakibatkan iritasi kulit. Yang pertama adalah 1) karena residu dari bahan aktifnya tidak terbilas dengan baik sehingga dapat berinteraksi dengan kulit saat dipakai. Yang kedua, 2) karena menghasilkan serat kain yang kaku/ berbulu setelah pakaian kering. Dan yang terakhir, adalah 3) karena bahan aktifnya tidak efektif dalam membersihkan pakaian, sehingga noda dan bakteri jahat masih “bertengger” di pakaian bayi.

Ketiga hal di atas seharusnya tidak terjadi di detergen bayi yang bagus.

Trus gimana dengan Purebaby Laundry Liquid?

detergen bayi yang bagus mencegah iritasi kulit
detergen bayi non sls

Komposisi detergen bayi Purebaby Laundry Liquid dapat dilihat dalam kemasannya, seperti gambar di atas. Tampak jika pada produk ini SLS free ya…. Serta hypoallergenic dan direkomendasikan bahkan untuk kulit bayi yang sensitif.

Tekstur dan Busa

Sebagaimana foto di bawah tampak tekstur produk ya, saya rasa teksturnya cukup oke, dan juga mudah larut di air.

Busa yang dihasilkan juga tidak terlalu banyak. Ini juga nggak masalah buat saya. Karena kan yang membersihkan pakaian sebenarnya bukan busa ya, tapi bahan aktif pembersihnya. Setahu saya produk ini menggunakan Alkylpoliglucoside yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung sebagai zat pembersih.

sabun pakaian bayi
detergen untuk kulit sensitif

Untuk melihat apakah benar produk ini bisa membersihkan noda, saat saya mencuci menggunakan Purebaby dan mesin cuci, setelah 8 menit spin pertama, saya pause, dan coba melihat rendamannya. Ternyata hasilnya abu-abu keruh (lihat foto di bawah), tanda noda dan kotoran terangkat.

detergen bayi non sls

Aroma

Biasanya saya tidak akan panjang bahas sisi aroma dari suatu produk ya. Tapi kalau produk detergen bayi, akhir-akhir ini jadi sorotan saya. Hihihi. Soalnya Gayatri sedang toilet training. Hihihi, jadi sering banget celananya kena pup atau kena ompol. Yang…. yaaaaaa, tahu sendiri kan ya, kalau nyucinya nggak bersih, bau aduhainya bisa tertinggal. Iyuuuuhhh….

Saya juga nggak suka kalau detergennya terlalu wangi, tapi nggak bersih. Jadi tetep pesing tapi berbaur sama wangi. Iyuuuuuuhhhh #2…. Hihihi….

Syukurlah, sekarang nggak perlu iyuuuh iyuuhh lagi, soalnya Purebaby ternyata efektif banget menghilangkan bau pesing, tanpa harus diimbuhi dengan parfum yang terlalu wangi. Jadi ya seger aja gitu. Lagi pula, kalau terlalu wangi, saya malah kawatir dengan residu/ fragrance yang juga bisa memicu reaksi alergi di kulit bayi.

Hasil cucian:

Hasil cuciannya segar. Serat kainnya juga cenderung nurut. Gak yang kaku dan berdiri-berdiri gitu. Jadi pas dipakai nggak bikin gatal dan iritasi. Noda-nodanya juga tak berbekas lagi.

Tips nyuci bekas ompol biar nggak ribet ala nyonyamalas:

Untuk celana yang terkena pup atau pipis, sebaiknya dibilas dulu kotorannya. Kemudian sediakan satu ember khusus berisi air ditambah sedikit Purebaby Laundry Liquid, rendam. Ketika akan dicuci diperas dulu. Biasanya saya di sore hari baru cuci semuanya bareng dengan pakaian yang lain. Begitu relatif aman kok. Ga bau apek dan juga nggak pesing.

Where To Buy

Dulu jaman saya masih di Bintaro, yang paling kumplit produk Purebabynya setahu saya di Maebebe Baby Shop (Bintaro Sektor V), langganan saya di situ. Selain di situ, setahu saya produk Purebaby juga bisa dibeli di Ranch Market, Food Hall, Farmers, Kelapa Gading, Aeon, Lulu, Grand Lucky, Diamond dan Baby Shop. Untuk Purebaby Liquid soap juga bisa didapatkan di apotek, Kimia Farma salah satunya.

Ranch Market, Galaxy Mall, Surabaya

Demikian sharing tentang iritasi kulit bayi kali iniiiiii! Semoga bermanfaat yaaa! :) Teriring doa supaya bayi/ anak-anak kita sehat selalu….. Salam sayang!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

32 Comments

  1. Emang kudu teliti ya saat membeli produk pencuci untuk perangkat bayi. Juga saat memilih liquid soap, harus diperhatikan kandungannya. Jadi selepas mandi, selain terbebas dari kuman, baby juga tetap lembut kulitnya.

  2. Pernah ponakan ku nangis terus sampe bingung kenapa.. ternyata setelah di cek ibuku karena celah pahanya merah karena iritasi. Sepertinya waktu itu pakai Pampers yang nggak cocok dan ukurannya kurang pas deh jadinya merah gitu. Begitu dibuka dan diobati baru deh ponakanku yang masih baby nggak nangis lagi. Duh ingat waktu itu kasian banget.

  3. Anakku yang pertama ada riwayat alergi, sejak bayi sudah terlihat alerginya, walaupun saat itu belum diketahui alerginya dari mana, tapi dokter anak menyarankan untuk aku menjaga makanan aku dan juga memilih detergen yang tepat, karena detergen juga salah satu penyebab anak alergi.. dengan memilih deterjen yang tepat, maka alergi yang menyebabkan iritasi bisa berkurang ya mba

  4. Jadi inget anak keduaku dulu oernah irotasi kulit …sedih liatnya ….untungnya akhirnya sembuh jg hehe

  5. Kalau anak pertamaku kayanya iritasi dari riwayat alergi dari aku deh, aku sensitif banget juga kulitnya. Allhamdulillah karena sudah tau jadi mudah penanganannya.
    Untu bayi perlu lebih berhati-hati lagi ya baik untuk perawatan kulitnya secara langsung atau detergennya. Untung deh sekarang ada perawatan khusus supaya gak menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

  6. Belum pernah coba merk ini
    Tapi kata teman teman memang bagus ya untuk antisipasi iritasi kulit pada anak

  7. Kasian kalo anak bayi kena iritasi. Pasti rewel terus. Gelisah. Btw aku jadi penasaran sm aromanya mba, se-mild apa ya? Uhhhg jd pengen tium tium anak bayi kaaan haha

  8. Aku juga pakai produk ini kak dan Alhamdulillah cocok. Anakku yang pertama itu kulitnya agak sensitif waktu baby jadi kalau keringetan dan ga langsung di ganti pakaiannya dan di lap itu akan merah2 dan kaya kebakar gitu. Tapi seiring berjalannya waktu udah kebal juga kulitnya sekarang.

  9. Anakku yg besar pernah iritasi, tp lebih karena cuaca panas akibat penyesuaian saat merantau si
    Tp baiknya untuk anak2 memang sabun cuci bajunyapun khusus

  10. wahhh baca tulisan Mba Ella ini membuatku berpikir untuk mempercayakan keperluan baby-ku nanti pada pure baby juga deh

  11. Aduh aku ngebayangin kulitnya Gayatri kayak begitu langsung sedih sendiri. Pasti nggak nyaman banget ya buat si baby. Untung sekarang udah ada solusinya

  12. Aku juga udah cobain pure baby ini mbak.. Dan emang aman di kulit

  13. Baby memang rentan iritasi ya mbak…kasihan banget bila melihat anak kecil menangis dan terus gelisah karena kulitnya iritasi….dan penting banget mengetahui penyebab iritasi agar bisa segera ditangani sehingga anak terbebas dari iritasi.

  14. Iya yaa…berurusan sama anak-anak ini kudu ekstra.
    Mama jadi detektif tiap hari, meneliti setiap tumbuh kembang sampai kondisi fisik anak.
    Pure Baby menenangkan beberapa masalah Bunda sekaligus.

  15. Punya baby memang harus perhatian banget dg produk – produk yg digunakan ya mba.. kalau sudah dapat yg tepat begini..jadi legaaaa…

  16. Senang banget bisa pakai pure ini mbak, si kecil saya juga suka iritasi memang sensitif kulitnya. Dengan detergen yang baik gini dan anti SLS mampu mengurangi iritasi si kecil.

  17. Anakku juga suka iritasi keluar mba kalo abis berenag kaya dia alergi ya, kalo nggak renang kta nggak dapat nilai… Uhhh jadi senewen sendiri karna harga ke dokternya paska berenang lebih mahal… Ak mau ciba tips dr mu ah mba…

  18. Waktu anak-anak saya masih bayi juga saya selalu pilih detergent yang khusus untuk bayi. Gak berani dicampur sama detergent biasa. Khawatir gak cocok ke kulit anak

  19. Sejak lahiran, mengurus anak pertama saya paling senang kalau dapat artikel Parenting dan perawatan anak seperti ini
    Bisa nambah wawasan serta serasa mamiliki teman berbagi secara di rumah jauh dari keluarga dan orang-orang yang care terhadap tumbuh kembang anak

    Terimakasih ya

  20. iritasi kulit emang bikin anak gak nyaman ya mba, kasian bakalan crancky banget mereka. anaku juga gitu, dan harus hati-hati banget deh milih produk nya.

  21. Untuk bayi dan balita memang harus diperhatikan banget segala yang dipake ya, jangan sampe jadi penyebab penyakit.
    Karena kalo mereka sakit, biarpun cuman iritasi kulit aja tapi kadang bikin mereka tersiksa.

  22. mba iparku yg pake ini krn anaknya sangat sensitiv kulitnya. kayaknya setelah pakai, cocok sih, secara tiap kali datang ke rumahnya, produk bayiny ini semua :D.

    aku sendiri cm prnh coba yg cream utk ruam2nya mba.. krn wakt anakku msh pake popok sempet iritasi. bagus memang, ruam2nya cepet ilang. tp krn kulit krucils ga terlalu sensi banget, jd sabun dan lain2nya aku ga pakai

  23. Saya juga pakai pure ini khususnya deterjen mbak. Karena memang SLS itu buat iritasi si kecil tapi semenjak pakai pure ini enggak pernah lagi. Aman dan nyaman memang cost nya jjadi lebih tinggi hehe.

    • Ada tanda lain seperti beruntusan atau merah-merah nggak Mbak? Semoga sehat selalu ya Mbak dedeknya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *