Pengalaman Sewa Apartemen Harian Bareng Bocah

Selain tiket dan moda transportasi, akomodasi adalah yang wajib dipertimbangkan juga saat traveling. Terutama kalau travelingnya bareng bocah ya. Antara menginap di hotel, kosan harian atau sewa apartemen, ya pilihannya. Opsi ngemper di bandara, transit sambil mandi di stasiun, apalagi istirahat di masjid, uda dicoret jauh-jauh! Hahaha….

Bukannya sok manjah si…. Tapi ya gimana dong…. Kalau bocah nggak nyaman trus cranky, emak bapak juga jadi nggak happy lagi. Tar kali ya, kalau miss little princess uda agak gede, mungkin bisa lagi kita nostalgia bobok sambil ngekep backpack, sambil mata setengah melek di jalanan.

Nah berhubung frekuensi traveling kami cukup rapat, selain kenyamanan, keamanan dompet juga jadi pertimbangan. Nah, kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya dan keluarga menyewa apartemen harian bareng Gayatri, anak kami.

Pengalaman pertama: Apartemen Puncak Kertajaya, Surabaya.

Pertama kali saya menginap di apartemen harian adalah saat Gayatri, anak saya, berusia 6 bulan. Pas banget baru-barunya dia MPASI, hihihi. Jadi concern saya selain kenyamanan, harga dan lokasi, ketersediaan kitchenette di apartemen juga jadi keunggulan.

Memang kamarnya tidak mewah, tapi ada dapuuur mini yang tersedia kompor dan juga panci. Dekat dengan Giant dan Superindo juga, jadi kalau anak saya ngadat makan MPASI berfortifikasi dalam kemasan, saya gampang ngacirnya buat bikin MPASI homemade.

Foto di atas adalah foto kami makan siang di tepi kolam renang apartemen. Kebetulan di sana ada kantin yang menu Gado-Gado Surabayanya enaaaaak banget.

Oiya fasilitas kolam renang dan juga gym bisa dipakai bebas. Dan yang pasti ini muraaaaaaah, tapi memenuhi kebutuhan dasar kami. Kurang lebih dulu biayanya sekitar Rp 200 ribuan per malam.

Pengalaman kedua: Semi Apartemen Kasira Residence, Bintaro

Kalau penginapan ini favorit banget. Sudah ada tiga sampai empat kali saya menginap di sini, saat saya dan suami menjalani long distance relationship.

Saya bingung sebenarnya apakah Kasira Residence bisa dikategorikan apartemen atau tidak. Tapi memang apartemen si. Hanya ada satu dua lantai yang tetap dimiliki oleh satu owner, dan owner ini mengelolanya jadi seperti hotel. Ada resepsionis gitu gitu. Jadi enak banget, mau datang jam berapapun, kamar pasti uda ready, tinggal lapor di lobby.

Harganya juga cukup murah untuk ukuran kamar yang luaaaaas banget dan ada bath tubnya. Value for money banget kalau dibandingkan dengan (BAHKAN) hotel di sekitar Bintaro lainnya. Harganya antara Rp 300 – 400 ribuan. That’s whyyyyy sering banget full booked di Traveloka.

Kurang lebih kamarnya seperti ini:

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Saya pernah menuliskan review Kasira Residence ini dan membandingkan dengan hotel dan kosan harian di sekitar Bintaro yang menurut saya relatif nyaman di artikel Review 3 Penginapan Murah di Sekitar Kampus STAN Bintaro.

Gayatri happy banget menginap di tempat ini, soalnya ada bath tub tadi. Rekan sekantor juga bilang kalau anaknya nyaman-nyaman aja menginap di sini.

Oiya, ada kitchenette, namun tidak ada kompor dan alat masak. Hanya ada microwave yang digunakan bersama-sama (satu lantai satu), yang lokasinya di lorong antar kamar. Hanya selama saya menginap di sini, saya prefer makan di restorannya. Karena murah, dan cocok di lidah kami. Menunya Indonesia gitu, mie goreng, nasi goreng, ikan patin bakar, tempe mendoan, dll.

Pengalaman ketiga: Apartemen Senyum Hotel, Malang

Apartemen yang ketiga ini saya survey saat menjelang lebaran kemarin. Lokasinya ada di sebelah Senyum Hotel yang satu komplek dengan Jatimpark 3!!!!! Asli itu ngesot distance uda sampai ke Jatimpark 3 yang Dinopark!

Saya list apartemen ini di artikel ini soalnya mau nunjukkin kalau memang si, apartemen tidak selalu murah. Karena range apartemen ini sekitar Rp 700 ribuan (setara hotel yak). Bahkan akan jadi lebih mahal di hari raya. Tapi apartemen juga tidak selalu kalah fasilitasnya dibandingkan dengan hotel.

Salah satu kamarnya, dokumentasi pribadi.

Contohnya ya si Apartemen Senyum ini, dengan harga di bawah Hotel Senyum, tapi kita bisa nikmati fasilitas yang sama dengan Hotelnya. Karena satu lokasi dan aksesnya pun bisa ditempuh via apartemen.

Buat yang belum tahu, Hotel Senyum itu, astaganaga kid friendly banget! Jadi yang punya anak usia toddler ke atas, dijamin anaknya pada kagak mau pulang. Hahaha….

Ada kolam renang, panjat tebing untuk anak-anak namun ukurannya guedeeee, ada arena ninja warior, lapangan futsal dan lapangan basket 3 on 3. Apartemen ini one stop recreation banget kalau saya bilang, dan bisa jadi opsi yang lebih hemat namun fasilitas sama memuaskannya dengan Senyum Hotel.

Saya survey bareng Ipar-ipar saya, dan Sodara sempet bikinin vlog sbb, buat yang mau lihat fasilitasnya:

PS: enaknya lagi kalau di apartemen, ada kitchenettenya! Bahkan untuk kamar yang paling murce. Sementara hotelnya nggak ada kecuali yang kelas paling mahal. Cuma interior hotel memang lebih unik si. Lihat aja di video di atas yak!

Lesson Learn

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Sewa Apartemen Harian:

  • Masing-masing apartemen punya karakteristik beda-beda. Apa saja yang disediakan oleh penyedia kamar pun berbeda-beda. Hal ini bisa dikonfirmasi saat pemesanan online ya. Supaya temen-temen bisa mendapatkan deal yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  • Terkait poin pertama ini, misalnya adalah: apakah ada kolam renang yang bisa digunakan, apakah ada bath tub, apakah di kitchenette disediakan alat masak, dll. Di web tempat kita memesan, biasanya sudah ada informasi umum ya. But, don’t hesitate to ask!
  • Kalau berencana memasak di apartemen, pastikan bahwa lokasi apartemen dekat dengan pusat perbelanjaan, dimana kita bisa berbelanja bahan masakan ya. Pastikan juga, di kitchenette tersedia alat masak. Soalnya berdasar pengalaman, Apartemen yang kami sewa di Surabaya menyediakan kompor dan panci, yang di Bintaro hanya menyediakan microwave, sementara yang di Malang kumplit peralatan masak standar ada di kitchenettenya.
  • Sesuaikan lokasi apartemen dengan lokasi kegiatan. Seperti misalnya, ketika di Surabaya saya memilih apartemen yang terdekat dengan rumah mertua. Ketika di Bintaro, yang terdekat dengan kampus, dst. Jadi walaupun apartemen idaman ada di Jakarta Pusat, tapi kalau kegiatan kita bakalan berkisar di Bekasi, ya pesen apartemennya di Bekasi atuuuhhhh di sini. Toh banyak kok pilihannya sekarang, pesen online pula. Biar ngirit ongkos transportasi gitu.
  • Beberapa apartemen punya kebijakan security yang berbeda-beda. Seperti apartemen yang pernah saya gunakan di Surabaya itu pakai kartu akses untuk sekedar bisa masuk lobby saja, sementara apartemen yang lain lebih leluasa karena kartu akses hanya untuk kamar, misalnya. Jadi pastiin juga hal ini ya! Supaya nggak ribet di hari H-nya.

Ternyata jadi panjang juga ya ceritanya. Hehehe, semoga lesson learn dan review sekilasnya tadi bermanfaat yaaaa! Untuk yang sedang berencana sewa apartemen harian saat traveling bersama keluarga, terutama saat membawa anak!

Buat yang mau tanya atau sharing juga pengalamannya, bisa tinggalin komen yak! Terimakasih, salam sayang!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

9 Comments

  1. Waaahh aku belum pernah nihhhh, mau coba ah kapan2. Dari dulu pengen coba tapi nda jadi2 karena ragu. Makasih sharingnya mam emanuella

  2. Apartemen senyum itu bagusss ya. Keliatan bersih jg mba. Kalau fasilitasnya banyakkk gitu dan pelayanannya oke, 700k worth bgt ya. Yg penting kids friendly. Kalau mama mah menyesuaikan ya hihihi

    • Yang senyum yaaa? Bagus bangeeeettt!!!! itu belum aku fotoin fasilitas yang lainnya yak, dijamin ngilerin mamah mamah yang punya toddler wkwkwkwk….

  3. Bentar2, berarti book apartemen senyum dapat fasilitas hotel senyum juga mba?
    Whoaaaa aku mauu.. secara hotelnya harganya mayan bangeett.
    Tp naksir karena fasilitasnya yg cucooo banget buat anak2

    • Iyaaaaaappp, boleh pakai semua fasilitas kecuali tentu kamarnya ya….
      Kalau tentang sarapan aku kurang tahu. Tapi coba ditanyain deh….
      Yang pasti yang di playground itu boleh dipakai….

    • Bener banget Mas, apalagi kalau waktu nginepnya lama. Mayan juga tu pengiritannya, kalau ada dapur sendiri….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *