Cara Asyik Berlibur ke Kota Solo Jawa Tengah

Walaupun lokasinya tidak terlalu jauh dari Yogyakarta, namun tidak banyak orang yang mengetahui dan traveling ke kawasan tersebut. Kota Solo, adalah salah satu kawasan yang ada di Jawa Tengah, juga mempunyai beberapa destinasi wisata yang tidak kalah menarik, dari kota-kota di sekitarnya mulai dari wisata budaya, kuliner, dan Teman-teman yang suka petualangan, ada baiknya jika mencoba tantangan wisata adventure yang ada di kawasan tersebut.

Memilih objek wisata 

Objek wisata yang ada di kota Solo ini terbilang beragam, mulai dari objek wisata alam, objek wisata budaya, objek wisata belanja, dan yang lainnya. Tentunya objek wisata yang ada tidak kalah menarik dengan kawasan lainnya. Anda yang suka dengan wisata belanja misalnya, dapat mengunjungi batik Danar Hadi, pasar Klewer, dll. Untuk wisata alam, Teman-teman dapat mengunjungi Grojogan Sewu Tawangmangu, dan yang lainnya. Ingin hiburan malam, Anda dapat mengunjungi kawasan Ngarsopuro Night Market, yang isinya tentang aneka macam produk, mulai dari makanan, souvenir, dll.

Kalau saya Maret lalu, sempat mengunjungi Bale Kambang, untuk menemani Ayah Mertua yang hobi mancing. Ini pertama kalinya saya ke tempat tersebut, dan ternyata tempat wisata ini sangat family friendly ya…. Karena di samping ada kolam pemancingan, ada kebun binatang mini dan juga kolam kecil yang bisa digunakan untuk tempat rekreasi anak-anak.

Gayatri senang sekali, di sini dia bisa memberi makan domba dan kelinci! Hihihi, foto di atas seperti di peternakan mana gitu ya…. Padahal di Solo loh!

Pilih waktu yang tepat 

Untuk mengunjungi kawasan Solo, ada baiknya Teman-teman memilih waktu yang tepat. Solo mempunyai beberapa acara tahunan menarik yang tidak boleh Anda lewatkan, seperti Solo Batik Carnival yang diadakan sekitar bulan juni atau juli atau juga upacara Sekaten yang akan diadakan pada saat kegiatan Maulid Nabi. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini, memang cukup menyedot perhatian pada pengunjung, terutama warga lokal hingga mancanegara. 

Saya sendiri sering ke Solo, dalam rangka menemani Mertua yang hobi mancing. Jadi yang dikejar adalah event mancing, yang biasanya tidak bersamaan dengan acara tahunan di atas.

Teman-teman lain yang tidak berminat pada acara tahunan tersebut, sebaiknya mengunjungi kawasan Solo pada hari biasa atau bukan pada musim liburan, agar kegiatan wisata Teman-teman jadi terasa lebih nyaman dan tidak ramai. 

Mempersiapkan budget secara tepat

Selain memperhatikan waktu kunjungan ke kota Solo secara tepat, hal lain yang harus dipersiapkan adalah budget. Untuk masalah yang satu ini memang terbilang cukup fluktuatif. Tapi untuk membuat liburan kali ini jadi terasa lebih nyaman,penting untuk menentukan budget liburan sedari awal. Dalam hal ini, perhatikan dengan baik, berapa lama Teman-teman akan berwisata ke kota tersebut. Dari informasi tersebut, Teman-teman akan mudah menentukan jenis transportasi dan juga hotel yang akan digunakan. 

Pergi menggunakan kereta api

Agar kegiatan wisata di Solo ini terasa lebih menyenangkan, ada baiknya jika Anda cari tiket kereta Argo Lawu. Sepur Argo Lawu atau Argo Lawu tersebut adalah layanan kereta api ekspress kelas eksekutif dari PT. KAI, yang khusus menghubungkan antara kota Solo tepatnya Stasiun Solo Balapan dan Jakarta, tepatnya Stasiun Gambir. 

Kereta yang mempunyai 1 kali jalur keberangkatan ini, akan memakan waktu tempuh sekitar 8,5 jam perjalanan dari Jakarta ke Solo. Kereta jenis ini akan berangkat dari Jakarta sekitar jam 20.15, sedangkan dari kota Solo sendiri akan berangkat pada bagi hari, yaitu jam 08.00. 

Termasuk kereta api kelas eksekutif, maka fasilitas yang ditawarkan untuk kereta api jenis ini tidak perlu diragukan lagi. Semua fasilitas yang ada pastinya membuat para penumpang merasa nyaman. Selain itu Argo Lawu ini termasuk jenis kereta express, yang membuat kereta ini hanya singgah di 6 kawasan saja.  

Untuk yang bepergian membawa balita, pilihan naik kereta eksekutif juga merupakan pengalaman yang tepat. Saya pernah melakukannya dengan suami dan Gayatri. Dan merasa perjalanan kami jadi menyenangkan.

Pengalaman kami bepergian menggunakan kereta api bisa dilihat di sini.

Pilih hotel 

Walaupun termasuk kota kecil, namun bukan berarti fasilitas wisata yang ada di kawasan ini tidak lengkap. Tersedia berbagai jenis hotel di Solo, mulai dari hotel kelas standar atau kerap disebut hotel budget, karena jenis hotel seperti ini paling diminati oleh para backpacker, baik dalam maupun luar negeri. Lalu ada juga hotel kelas menengah, yang termasuk jenis hotel bintang 2 atau juga bintang 3. Untuk fasilitas dan pelayanan yang diberikan, terbilang standar hotel untuk kelas tersebut. Berikutnya dan juga terakhir ada hotel mewah. Termasuk hotel bintang 4, 5, dan juga hotel Butik. Ada cukup banyak hotel jenis ini di Solo, dengan fasilitas dan pelayanan yang tentunya sesuai dengan standar yang ada. Teman-teman yang ingin berlibur secara nyaman, tidak ada salahnya jika memilih hotel jenis ini.  

Saya sekeluarga kebetulan menginap di Hotel Paragon. Alasannya karena dekat dengan Tempat Wisata Bale Kambang, lokasi yang akan digunakan Mertua memancing. So far, saya merasa nyaman dengan hotel ini. Sepupu Ipar saya, menyempatkan diri untuk membuat review hotel ini di vlognya sebagai berikut:

Kuliner di kota Solo

Berkunjung ke Solo, tentu tidak lengkap, jika tidak mencicipi kuliner khasnya, seperti nasi liwet, bakso Tengkleng, Serabi Notosuman, dll. 

Untuk memperoleh berbagai macam fasilitas yang nyaman tersebut, ada baiknya jika Anda mulai mempersiapkannya sedari awal. Anda dapat menggunakan aplikasi booking online, untuk memperoleh berbagai macam informasi, termasuk pesan tiket dan yang lainnya. 

Kalau Teman-teman perlu getaway tipis-tipis dan tidak terlalu mainstream, berlibur ke kota Solo bisa jadi alternatif yang bisa dipertimbangkan. Terimakasih sudah mampir. Salam sayang!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *