7 Kelebihan Ketika Beli Tiket Citilink

Karena saya orang Surabaya, yang bandaranya ada 2 dan berjauhan, saya cenderung lebih suka beli tiket maskapai Citilink (untuk low cost carrier), karena bandaranya tol ke tol dari dari rumah. Hihihi jadi dekeeettt dan predictable banget traffict jalannya. Cuma memang, selain alasan tersebut, IMO, Citilink punya beberapa kelebihan ya dibandingkan dengan maskapai lain di jajaran low cost carrier. Setidaknya ada 7 kelebihan yang akan didapat, ketika memesan tiket Citilink di Traveloka, dibandingkan tiket maskapai lainnya. Berikut ini, adalah beberapa kelebihan yang dimaksud:

1 . Harga yang lebih terjangkau 

Saya bilang terjangkau, bukan yang paling murah memang secara umum. Ada satu maskapai yang biasanya lebih murah. Tapi kalau dibandingkan lebih jauh dari segi fasilitas yang diberikan oleh maskapai, kenyamanan, ketepatan waktu, keramahan kru, dll, maka harga yang diberikan Citilink terbilang cukup murah.

Karena buat saya yang dulu Jakarta – Surabaya PP tiap satu – dua minggu sekali, harga tiket dan ketepatan waktu itu kunci banget ya. Percuma kalau harganya murah, tapi sering delay atau sering reschedule mendadak. Waktu saya ketemu keluarga ya cuma dari Jumat malam sampai minggu sore, kan…. #curhat

2 . Gratis bagasi 

Kelebihan lain yang akan didapat ketika membeli tiket Citilink adalah fasilitas bagasi gratis. Hal ini untuk semua rute penerbangan. Jadi walaupun citilink ini low cost carrier, tapi tetep ada fasilitas penting ini. Terakhir saya terbang pakai Citilink itu di pertengahan Januari 2020, masih bisa bawa barang maksimal 20 kg. Artinya barang yang berukuran besar dapat dibawa di dalam lambung pesawat, atau di bagian dalam pesawat, yang tidak dapat diakses oleh penumpang secara langsung. 

Seperti yang disebutkan di atas, layanan bagasi ini adalah gratis, artinya para penumpang tidak akan terkena charge atau tambahan biaya sewa bagasi. Batas berat barangnya sekitar 20 kg atau kurang, tidak akan dikenakan biaya apapun. Sedangkan jika bebannya berlebih, tentu saja akan dikenakan biaya tambahan. Keterangan fasilitas ini dapat di lihat di lembar boarding pass Temen-temen, jika temen-temen melakukan web checkin sebagai berikut:

Luggage/ bagasi 20 kg.

3 . Bagasi kabin yang luas

Selain mempunyai bagasi yang besar, Citilink juga mempunyai ruang kabin yang luas. Jika dilihat secara umum, maka ukuran ini terbilang standar, untuk ukuran kabin pesawat. Dimana ukuran kabin yang diberikan sekitar 7 kg saja, dengan dimensi 56 x 36 x 23 cm. Backpack saya (Eiger) kemarin saya isi full pakaian saya (tanpa bawa anak) untuk perjalanan 4 hari 3 malam masih bisa masuk kabin. Jadi Anda yang membawa sedikit barang, dapat menyimpan di dalam kabin atau di dalam pesawat itu sendiri, yang posisinya ada di bagian atas kepala Anda.

TIPS:

Hehehe, ini penting buat yang mau cepet cepet moving. Jadi nggak perlu masukin barang ke bagasi, turun pesawat bisa langsung cawww!!!

4 . Adanya layanan check in online 

Selain mempunyai layanan check in, di counter Citilink, biasanya saya check in online dulu dalam waktu 24 jam sebelum penerbangan bisa dilakukan di web atau aplikasi. Saya biasanya pakai web. Senengnya lagi bisa web check-in walaupun dengan posisi bawa infant (terakhir saya bawa bayi pakai Citilink di akhir tahun 2018). Jadi nggak perlu terlalu lama menunggu di bandara.

Hal ini bisa jadi solusi buat yang tidak mau terlambat untuk check in, dan mau memroses check in dimana saja. Kebayang kan, misalkan saja saat ini Temen-temen masih berada di dalam kendaraan menuju bandara. Tidak ingin terlambat, maka Temen-temen bisa menggunakan fasilitas tersebut. Cukup kunjungi halaman check in yang ada di Citilink, dan masukkan kode booking, dan detail informasi lainnya. Apabila sudah selesai, dan prosesnya benar, maka kartu boarding pass akan didapat.

Boarding Pass saya, pertengahan Januari lalu. Bagian barcode sengaja diblur.

Kartu ini yang nantinya dapat dicetak, di kios Citilink yang ada, dan mengikuti prosedur standar lainnya. Atau dicetak sendiri dengan printer juga bisa. Untuk yang nggak bawa bagasi, hal ini bisa dilakukan, jadinya lebih praktis dan cepat movingnya.

5 . Adanya Citilink Comunity

Ini adalah salah satu komunitas penggemar olahraga sepeda, yang sengaja dibentuk khusus, untuk para penumpang Citilink. Dimana para penumpang dapat mendaftarkan diri sebagai anggotanya, dan membayar biaya keanggotaan sejumlah tertentu. Biaya ini sendiri akan berlaku selama 1 tahun. Keuntungannya adalah, adanya tambahan kapasitas bagasi sekitar 20 kg, untuk membawa sepeda. Ada juga kartu anggota Citilink, dan diskon sebesar 10%, untuk Citilink Cars, dengan menggunakan kode promo khusus. Kalau yang satu ini, saya sendiri belum pernah coba, Cuma FYI aja, karena kayanya banyak ya yang suka gowes. 

6 . Destinasi dan Jam Keberangkatan yang beragam    

So far, karena kebanyakan tujuan perjalanan saya di daerah Jawa dan Bali, kalau pakai Citilink banyak banget pilihan penerbangannya. Kalau minggu masih ada acara keluarga misalnya, dulu saya masih bisa milih balik ke Jakarta di Senin paling pagi buat ngejar ke kantor, telah telat dikit, nggak sampai harus izin sehari.

Hal ini beneran praktis, karena dengan moda transportasi yang makin terintegrasi, kita bisa moving dengan fleksibel. Kemarin pas pertengahan Januari saya datang ke Jakarta pakai Citilink pun, dari depan terminal kedatangan saya bisa naik Kalayang untuk kemudian naik Kereta Bandara. Kapan-kapan saya cerita lebih detail ya, saya kasih spoiler foto atu dulu hihihi….

Solo travel, maunya serba praktis dan cepat.

Bahkan di Bandara Jogja yang baru yang deket sama Purworejo (tempat Nenek Kakek saya) itu pun sudah ada penerbangan Citilink. Hihihi, tengah tahun ini kayanya saya bakal first time pulang kampung nyobain Bandara Baru itu, pakai Citilink dong tentuuuuu!

7 . Adanya kebijakan refund dan reschedule dari Citilink 

Kelebihan lainnya yang akan didapat, ketika beli tiket Citilink seperti ini adalah, adanya kebijakan refund dan reschedule. Kebijakan ini, tentunya tidak ada di semua maskapai, namun di maskapai Citilink, memilikinya. Dengan adanya kebijakan refund untuk beberapa alasan pribadi. Maka pihak penumpang, dapat melakukan proses pembatalan, atau mengubah ulang jadwal penerbangan yang ada. 

Sedangkan untuk kebijakan reschedule, maka pihak Citilink akan mengatur ulang tanggal, jam, rute yang akan digunakan. Tentunya hal ini akan dilakukan dengan beberapa persyaratan tertentu. Hal ini penting, karena sebagai pejuang LDM, dulu seringnya beli tiket Citilink kan jauh-jauh hari ya….

Saya juga pernah bandingin pengalaman saya naik tiga maskapai low cost carrier. Ada satu pengalaman yang bikin saya kapok dan nggak pernah naik maskapai itu lagi. Maskapai apa hayoooo tebaaak!!!

Baca di: Pengalaman Naik 3 Maskapai Low Cost Carrier Lokal Bawa Bayi

Semoga sharing kali ini bermanfaat yaa!!! Salam sayang!  

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *