Cara Merawat Kucing dan Belajar Bisnis Hotel Kucing

Cara merawat kucing, seperti cara memandikan kucing, memotong kuku, membersihkan bulu, dan lain-lain, seringkali menjadi hal yang membingungkan bagi para pecinta kucing. Apalagi yang dihadapkan dengan masalah kutu dan juga jamur pada kucing. 

Hal ini saya alami, dulu ketika pertama sekali memelihara kucing. Awalnya, saya tidak berencana memelihara kucing. Namun, rejeki, ada kucing liar yang melahirkan di carport rumah saya. Karena tidak tega, sayapun akhirnya memutuskan untuk memelihara mereka.

Beruntung, tetangga saya adalah cat lover, jadi saya belajar banyak tentang makanan, tempat tidur kucing, dll. Sayangnya, rejeki saya memelihara kucing tidak lama. Beberapa hari saja, kucing liar tersebut tinggal di rumah kami. Setelah itu, mereka hanya sesekali datang untuk makan di tempat makan yang saya sediakan, namun tidak tidur lagi di rumah kami. 

Singkat cerita, saya tidak pernah lagi bertemu dengan mereka sejak saya pindah ke apartemen, namun saya berharap suatu saat nanti bisa memelihara kucing sekaligus juga anjing di rumah. Mungkin banyak juga teman-teman yang punya pengalaman seperti saya. Atau malah, memang sudah jadi cat lover sejak kecil…. 

Ngomong-ngomong tentang cara merawat kucing tadi, pecinta kucing bisa memilih untuk belajar melakukannya sendiri, atau belajar kepada ahlinya di dokter hewan (vet) atau di spa/ hotel khusus untuk kucing. Hal ini penting, agar kucing peliharaan kita bersih dan senantiasa sehat.

Nah, bisnis hotel kucing ini memang belum terlalu lazim ya. Namun, di kota-kota besar, bisnis ini mulai banyak dibuka seiring dengan banyaknya orang yang gemar memelihara kucing. Salah satu hotel kucing yang cukup terkenal di Jakarta adalah Arnamir Cat Hotel and Spa milik artis Tya Ariestya.

Saya tahu hotel kucing ini dari video YouTubenya NinjaXpressid yang berjudul “Berguru: Kupas Usaha Cat Hotel Bareng Kekeyi”. Di video ini, Mohammad Febriansyah, Kepala Toko Arnamir Cat Hotel and Spa membahas bagaimana tips dan cara merawat kucing secara umum, dan juga menunjukkan cara memandikan kucing yang terkena jamur.

BERGURU: Cara Memandikan Kucing

Buat teman-teman yang membutuhkan info cara memandikan kucing, aku share info yang aku dapatkan dari video tersebut ya…. Proses memandikan kucing di hotel kucing Arnamir dibagi ke dalam tiga tahapan utama:

1 . Tahapan/ step kering 

Step ini dilakukan untuk membersihakn telinga, membersihkan mata dan juga memotong kuku. Tips dari Kak Mohammad Febriansyah adalah gunakan cotton buds (sama seperti yang biasa kita pakai) untuk membersihkan bagian telinga dan ujung mata. 

Kak Mohammad Febriansyah berpesan untuk hati-hati saat menggunting kuku kucing, karena area tersebut rawan dan terdapat pembuluh darah yang halus. Jangan sampai melukai kucing ya, teman!

2 . Tahap basah

Pada tahapan ini, saatnya membersihkan kucing dengan air, shampo khusus yang tidak pedih di mata (bisa menggunakan shampo khusus kucing atau shampo bayi) dan kondisioner. Air yang digunakan oleh Kak Mohammad Febriansyah  adalah air hangat, untuk menghindari kucing kedinginan saat proses dimandikan.

Hal yang penting lainnya adalah, jangan sampai air mandinya masuk ke dalam telinga kucing ya…. Karena bisa mengakibatkan luka dan infeksi.

3. Tahap pengeringan

Di Hotel Kucing Arnamir Cat Hotel and Spa, pengeringan dilakukan dengan menggunakan blower. Suhu blower tidak panas, melainkan seperti suhu ruangan. Pada saat ini Kak Mohammad Febriansyah mencontohkan bagaimana cara mengeringkan bulu kucing agar rapi dan cakep.

Kak Mohammad Febriansyah menyatakan kalau pada kondisi-kondisi tertentu, sebaiknya kucing tidak dimandikan, seperti misalnya habis melahirkan, sakit, dll (lebih lengkapnya langsung ke video ini ya). Hal ini untuk menjaga kesehatan kucing itu sendiri. Jangan sampai niat kita baik, ingin membersihkan, tapi malah membuat mereka sakit ya….

BERGURU: Belajar Bisnis Hotel Kucing

Selain tips memandikan kucing dan juga tips lain terkait cara merawat kucing, Kak Mohammad Febriansyah bersama Kekeyi dan Kak Rizki juga membagikan kisah tentang bisnis Arnamir Cat Hotel and Spa. Siapa tahu kisah ini bisa jadi inspirasi buat teman-teman ya….

Jadi Arnamir Cat Hotel and Spa ini adalah milik Tya Ariestya yang memang adalah pecinta kucing dan memiliki banyak kucing. Awalnya hotel kucing ini tujuannya adalah untuk tambah-tambah dana perawatan kucing-kucing milik Tya sendiri, dan sekaligus juga untuk tambahan “uang saku” alias kesejahteraan dari karyawannya.

Etapi malah, seiring berjalannya waktu, usaha ini jadi cuan beneran. Dari modal awal yang hanya sebesar Rp 3.000.000,00 (untuk pembelian alat dan bahan grooming kucing), kini setiap bulannya bisa mencapai keuntungan Rp 8 s.d. 12 juta. Keuntungan ini didapatkan dari penitipan kucing (cat hotel) dan juga layanan tambahan seperti spa kucing, mandi anti kutu, mandi anti jamur, dll. 

Buat para pecinta kucing yang sedang mencari peluang bisnis, mungkin bisnis ini bisa dipertimbangkan ya. 

Di awal masa pandemi ini, menurut cerita Kak Mohammad Febriansyah, omzet Arnamir Cat Hotel and Spa memang sempat turun drastis. Namun setelah dua bulan pertama pandemi tersebut, omzetnya kembali lancar.

Kalau teman-teman ingin belajar bisnis hotel kucing lebih lanjut, bisa klik video “Berguru: Kupas Usaha Cat Hotel Bareng Kekeyi” ini ya, untuk tahu kisah lengkapnya. Video ini dipersembahkan oleh NinjaXpress.co sebagai bentuk dukungan bagi UMKM dan brand lokal dan juga masyarakat umum pada masa pandemi ini.

Pada akun Youtube NinjaXpressid, juga terdapat banyak video lain tentang belajar bisnis baru yang bisa teman-teman dapatkan di playlist BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru). Klik aja, siapa tahu ada yang bisa direalisasikan.

Semoga info tentang perawatan kucing dan belajar bisnis hotel kucing ini bermanfaat ya teman-temaaaann! Salam sayang!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

5 Comments

  1. Aih itu kucing lucu amat yang pesek, gemes. cuma aku memang gak suka kucing karena aromanya itu hehehe. Tapi suka gemes deh kalau lihat yang lucu-lucu, bisnis spa kucing pasti laris karena banyak yang suka anabul

  2. Manusia itu harus terus belajar ya.. termasuk belajar tenang bisnis hotel kucing ini hihi.. buat penyayang hewan khususnya kucing bisa banget nih mencoba bisnis ini.. semoga kucing kucing di negara kita semakin sehat bersih dan terawat ya.. banyak yang peduli sama keberadaan hewan khususnya kucing

  3. Kakak aku pecinta kucing, dia sampe sewa rumah khusus buat kucing-kucingnya nyuruh orang yang jagain. Ahaha. Anakku juga suka kucing, tiap ditanya kalau ranking mau apa, selalu minta piara kucing

  4. Memiliki hewan kesayangan itu harus dirawat dengan benar dan teliti.
    Kami hanya memberi makan kucing liar yang datang setiap hari di depan rumah dan ingin sekali beberapa yang kami suka, kami bawa ke Cat and Spa.
    Ini sepertinya menjadi bisnis yang menjanjikan yaa…bila passionnya ke cinta binatang peliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *