Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki dan Yang Tidak

Sebagai orang tua baru kadang-kadang kita bingung untuk menentukan daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli. Saking banyaknya masukan dan info (dari sosmed, hehehe).

Namun sebelum kalap berbelanja di baby shop ada baiknya untuk membuat list barang-barang mana saja yang kira-kira dibutuhkan, membuat list perkiraan harga dan kemudian membandingkannya dengan budget yang kita miliki.

Sebelum itu tentunya penting untuk mencari informasi dari orang tua lain yang kondisinya mirip dengan keluarga kita, tentang perlengkapan barang bayi lahir manakah yang harus dibeli dan manakah yang bisa tidak dibeli?

Calon orang tua baru juga bisa menginformasikan kepada keluarga besar apabila teman-temannya apabila memang berkenan untuk menerima barang preloved. Hal ini bisa menekan biaya loh. Lumayan dananya bisa until subsidi silang ke barang-barang atau kebutuhan lain yang juga diperlukan seperti vaksinasi atau biaya pemasangan alat kontrasepsi untuk orang tuanya.

Tanyakan juga kepada provider persalinan, produk apa saja yang akan diprovide oleh mereka agar tidak dobel-dobel.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Must to Have

Kalau saya pribadi perlengkapan bayi yang perlu sekali untuk dimiliki adalah sebagai berikut:

1 . Pakaian Bayi Baru Lahir

Setidaknya untuk bayi baru lahir sediakan

  • Baju lengan pendek 3 pcs,
  • Baju lengan panjang 3 pcs,
  • Celana pendek 3 pcs,
  • Celana panjang 3 pcs,
  • Diapers,
  • Swaddle/ bedong 3 pcs, memang saat ini tidak dianjurkan untuk membedong ketat, namun bedong tetap bermanfaat sebagai alas tidur dan atau selimut,
  • Topi 1 pc,
  • Jaket bayi 1 pc,
  • Kaus kaki 1 pasang.

Jumlahnya sedikit ya? Kalau menurut pengalaman si nggak perlu terlalu banyak dulu membeli baju bayi baru lahir, karena:

  • Seringkali tiba tiba dikado,
  • Dibawain lungsuran,
  • Untuk memastikan ukuran dulu,
  • Evaluasi dulu kebiasaan dan kenyamanan,
  • Toh kalau kurang, mudah beli lagi secara online dan dikirim dengan ojek online. Kecuali kalau tinggal di area yang sulit terjangkau ya… .
perlengkapan bayi baru lahir

Jumlah di atas berdasarkan pengalaman saya yang pakai popok sekali pakai ya. Jadi memang lebih jarang ganti celana dan baju dibandingkan menggunakan popok kain.

Apabila teman-teman berencana pakai popok kain, mungkin sediakan lebih banyak baju dan celana untuk jaga-jaga apabila basah.

Merk basic yang pernah saya coba dan menurut saya cukup nyaman dan terjangkau: Nova, Carter’s, Libby, Velvets. Kalau nyari yang agak premium, Mothercare yang untuk newborn bajunya juga bagus. Buat yang suka warna polos polos bisa keep merk lokal Booyahkids, tapi mending nunggu diskon aja ini.

2 . Perlengkapan mandi

Saat bayi Saya baru lahir, Saya memandikan nya di atas kasur (kasur kami kebetulan dipan pendek) yang dilapisi dengan perlak. Jadi dimandikan dengan sabun di atas kasur, baru kemudian dibilas di ember bak bayi.

alat mandi bayi

Tentu saja kebutuhan perlengkapan bayi akan berbeda-beda tergantung cara yang akan orang tua pilih untuk memandikan bayinya ya….

  • Sabun dan shampoo. Saya lebih suka menggunakan sabun tipe 2 in 1, alias produk sabun yang bisa sekaligus digunakan sekaligus sebagai shampo dalam satu botol. Biasanya disebut 2in1 atau top to toe. Botolnya pun prefer yang berbentuk pump, karena akan memudahkan teman-teman saat mengeluarkan produk dental satu tangan (biasanya satu tangan yang lain akan sibuk memegangi bayi). Merk yang saat ini saya pakai Switzal dan Lactacyd Baby (dipakai jika sedang biang keringat).
  • Perlak 1 pc. Kalaupun tidak digunakan untuk memandikan bayi, perlak akan tetap bermanfaat padang saat mengganti popok bayi. Atau pada saat toilet training, sebagai lapisan sprei agar ompol tidak tembus ke kasur.
  • Handuk 2 pcs.
  • Handuk kecil mandi untuk memandikan (washcloth) 2 pcs. Manfaatnya selain memudahkan untuk membersihkan kulit, penggunaan washcloth juga meminimalisasi residu sabun di kulit bayi karena sabunnya bisa dibusakan dulu di washcloth, tidak langsung di kulit bayi. Merk yang Saya gunakan saat ini dari Dialogue dan satu lagi no brand. Handuk mandi dan washcloth perlu dua buah, untuk gantian dipakai apabila salah satu nya sedang dicuci.

3 . Minyak Telon

Produk ini menurut banyak orang tua tidak harus digunakan. Saya sendiri menggunakannya untuk memijat bayi, selain karena manfaatnya memijatnya, kandungan dalam minyak telon biasanya membuat bayi nyaman dan juga mengurangi kemungkinan terjadinya kolik bagi bayi baru lahir.

Untuk mengurangi kemungkinan iritasi, teman-teman harus berhati-hati ketika memilih minyak telon bagi bayi. Pilih minyak telon yang mengandung bahan-bahan yang sudah terbukti hypoallergenic dan tidak mengakibatkan iritasi bagi kulit bayi.

Merk yang Saya suka: Konicare tutup ungu, Puri dan Mama’s Choice Calming Tummy Oil. Merk terakhir adalah produk telon baru tapi very good menurut saya. Saya pernah mereview produk ini juga di artikel saya sebelumnya.

Related Article: Review Minyak Telon Untuk Kulit Bayi Sensitif

produk bayi baru lahir

4 . Tisu basah.

Alternatif dari tisu basah adalah kapas bulat yang dibasahi air. Ya, disesuaikan saja dengan kenyamanan ya…. Merk yang Saya pakai: Mamy Poko tisu basah yang non fragrance non alcohol.

5 . Perlengkapan Menggendong

Banyak orang tua yang memilih membeli stroller dalam rangka antisipasi mobilitas bayi. But, trust me…. Pepatah, “babywearing save my motherhood” tu bener banget. Gendong itu ga sekedar tentang mobilitas atau perpindahan tempat, tapi di rumah saja pun tetap butuh gendongan yang nyaman. Karena manfaatnya banyak banget. Apalagi untuk ibu yang ga ada asisten kaya saya. Gendongan save my life lah….Merk gendongan yang saya pakai: Mikhadou. Saya punya 2 gendongan tipe stretchy wrap dari brand ini saat anak kedua. Di anak pertama, Saya pakai SSC dari Ergobaby, kado dari temen yang sayangnya hilang, huhuhu. Dua jenis gendongan ini setahu Saya boleh dipakai sejak newborn.

gendongan bayi stretchy wrap

6 . Termometer

Perlengkapan yang seringkali diabaikan oleh orang tua adalah termometer. Sebenarnya punya bayi atau tidak punya bayi, alat ini penting untuk dimiliki di tiap rumah. Apalagi saat punya newborn yang rentan penyakit ya. Karena dengan termometer, kita bisa memantau kesehatan bayi dengan baik. Dan kalau amit-amit sampai demand, orang tua pun bisa memberikan data yang lebih akurat kepada tenaga kesehatan. Merk yang saya pakai: Omron.

7 . Bantal Bayi

Saya pakai bantal bayi atau yang sering disebut bantal peang. Saya punya 2 buah untuk dipakai bergantian, jika salah satunya sedang dicuci. Namun, teman-teman bisa juga beli 1 saja lalu menggunakan sarung bantal atau melapisinya dengan kain ketika digunakan, sehingga kalau kotor yang dicuci sarung atau kainnya saja.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Nice to Have :

Selain 7 jenis barang di atas, sebenarnya Ada banyak barang bayi yang sebenarnya bermanfaat juga. Tapi sifatnya menurut Saya nice to have ya…. Nggak prioritas, jadi Saya biasanya beli setelah yang enam jenis di atas sudah terbeli.

  1. Perlengkapan Pompa ASI, saya pakai Spectra,
  2. Krim Popok saya pakai Mama’s Choice,
  3. Bak Mandi/ Bather saya pakai no brand,
  4. Handsanitizer saya pakai Mama’s Choice,
  5. Sabun cuci peralatan bayi saya pakai Mama’s Choice,
  6. Deterjen khusus baju bayi saya pakai Mama’s Choice.

Merk yang paling sering saya sebut di artikel ini tu Mama’s Choice ya. Mungkin teman-teman jarang dengar atau lihat produk bayi dari brand ini karena memang produk bayi nya baru launch akhir tahun lalu. Sebelumnya mereka fokus di produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Yang butuh dan pengen coba produk Mama’s Choice ini bisa beli di web mereka di mamaschoice.id. Pakai kode voucher MAMAELLA untuk dapatkan diskon 25k minimal pembelian 90k. Lumayan kan!

Daftar Perlengkapan Bayi Yang Tidak Terlalu Perlu:

Nah,selain barang barang di atas, Ada juga beberapa barang yang menurut Saya kurang perlu untuk dibeli. Berikut adalah barang-barang yang membuat Saya menyesal telah membeli ya wkwkwk:

  1. Sepatu bayi bermerk, karena nggak terlalu kepakai ya. Bahkan prewalker shoes juga nggak terlalu terpakai si. Cakep doang tapi kurang fungsional.
  2. Bouncer. Saya lebih sering meletakkan bayi di kasur atau di playmat dibandingkan di bouncer.
  3. Diaper bag, karena sebenarnya bisa pakai tas biasa ya, tidak harus diaper bag.

Semoga sharing Saya tentang daftar perlengkapan bayi baru lahir di atas bisa jadi masukan ya! Dan tentu saja pendapat orang lain bisa berbeda-beda, ga perlu diperdebatkan, tinggal ditimbang-timbang Dan disesuaikan dengan kondisi teman-teman yaaa! Salam sayang!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

13 Comments

  1. Dulu, aku pakai dua box kontainer kutumpuk jadi satu, jadi agak tinggi tu kan, lalu aku taro ember dong di atasnya. Jadi sebelum sebulan, aku mandiinnya di dalam kamar, apalagi belum kering jahitan sc

    Seneng punya bayi baru, perintilannya itu gemesin

  2. bantal bayi tuh pada akhirnya yang pakai ya aku buat ganjel leher kalau menyusui sambil tiduran. anak2ku gak ada yang suka pakai bantal, pas udah usia 2 tahunan, udah minta bantal yang gede hahaha

  3. Makasih, Mbak, sharingnya guna banget. Pas hamil anak pertama semua dibantu ibuk. Sekarang ibuk nggak ada, semua harus aku sendiri yang siapin. Soal baju kayaknya aku nggak beli deh. Karena punya Kakaknya masih bagus-bagus yang newborn. Mungkin lebih ke printilan seperti diaper, sabun mandi, telon, dkk.

  4. Belajar dari pengalaman punya anak pertama, pas anak kedua lebih santai gak perlu semua kudu dibeli ya haha.
    malah seiring perjalanan, pas punya anak satu kyknya banyak jg benda yang gak kepakai gtu :D
    Emang perlu nih bikin list kyk gini jd tau barang mana yang penting supaya kepakai semua gak mubadzir.

  5. Mama baru emang harus prepare ya mbak saat debay nya mau lahir…supaya saat lahiran nanti semuanya sudah siap…termasuk kebutuhan baby. Aku dulu juga banyak dapat kado…akhirnya jadi numpuk…dan bayi itu cepet banget pertumbuhannya. Sarannya tepat gak usah terlalu banyak beli baju bayi atau sepatu yang bermerk, karena pakainya cuma sebentar.

  6. Punyaku yang akhirnya nggak kepake tuh bantal, bantal menyusui, gurita bayi (dibeliin ibuku), bedak dan wadah-wadahnya, aslinya mah simpel banget cuma berhubung dulu mau menyambut anak pertama jadi semua aja dibeli.

  7. Selalu suka menyiapkan peralatan bayi baru lahir, uhuuuu aromanya itu membuat semangat yang mengebu. Biarpun lelah kalau sudah nyiapin peralatan bayi itu pasti jadi semangat

    Iya, ibu baru biasanya kepinginan, semuanya dijadikan list dan diadakan, giliran pas ada bayinya, kadang malah jadi barang yang sebaiknya jangan dibeli dululah atau malah belinya kebanyakan ya

  8. thank u infonya, mbak. Perlengkapan yang aku siapkan juga untuk kelahiran anak ketiga.
    Sama nih aku juga pakai mama’s choice, soalnya harganya terjangkau dan kualitasnya bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *