Tips Mencuci Botol Susu dan Perlengkapan Bayi

Mencuci botol susu bayi dan perlengkapan lain (alat makan dan mainan) tampak mudah dan sederhana. Namun apabila dilakukan dengan baik, sebenarnya kita sedang melindungi anak kita dari serangan bakteri jahat loh. Karena walaupun tampak bersih, namun bisa jadi ada bakteri jahat yang bersarang di alat makan dan minum anak-anak kita. Di sisi lain kondisi tubuh bayi dalam masa 1000 hari perlindungan atau masa bayi baru lahir s.d. batita, masih sangat rentan terkena penyakit.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini, lemak susu yang tertinggal di dinding atau celah-celah sempit botol bayi seringkali tidak dapat terlihat dengan kasat mata. Setelah dicuci, botolnya sudah tampak jernih, namun saat kering, dan diraba masih ada lapisan lemaknya. Duh, sasaran empuk buat bakteri jahat berkumpul ni!

Tips Mencuci Botol Bayi

Demikian juga dengan mainan atau aksesoris lainnya, duh, bocah di bawah satu tahun yang sedang fase oral tu seneng-senengnya ya memasukkan mainan di dalam mulutnya…. Mau melarang, tapi ya memang fase pertumbuhannya demikian, kan ya, Nyaaah, I feel you banget. Semangaaaaattt!!! Beranjak besar dan sudah sapih pun, saya masih sering menemukan bercak kotoran di sedotan air minum Gayatri. Padahal isinya air putih loh. Hal ini bisa berasal dari sisa makanan yang ada di mulut anak ketika dia minum. Sisa makanan itu masuk ke dalam botol, bersama dengan air. Oleh karena itu, botol air putih juga harus dicuci setiap hari ya.

Pertama kali yang mengingatkan saya hal ini adalah kakak ipar. Dia menyadari ada rasa yang berbeda dari air minum di botol Gayatri. Selidik punya selidik ternyata sedotannya dong yang kotor. Kotoran itu tidak terlihat karena berada di dalam sedotan dan pas di bagian tutup botol. Sejak saat itu, setiap mencuci botol Gayatri, saya selalu bongkar komponen, termasuk sedotan dan lain-lain.

Selain kotoran di dalam sedotan, yang seringkali sulit untuk dijangkau adalah sisa susu yang berada di dasar botol dot. Biasanya hal ini disebabkan mulut botol yang kecil namun dalam atau berukuran di atas 250 ml.

Saya juga dulu merasakan kekhawatiran yang sama. Namun setelah banyak ngobrol dan dari pengalaman-pengalaman selama ini, jadi ketemu jalan keluar dari permasalahan di atas. Jawabannya adalah di peralatan mencuci yang tepat dan pembersih botol yang berkualitas.

Berikut saya sampaikan beberapa peralatan yang akan memudahkan teman-teman, terutama ibu baru, mencuci botol susu bayi atau peralatan makan anak.

Peralatan Mencuci yang Harus Dimiliki

Perlengkapan Bayi
Peralatan Mencuci Botol Steril

1. Sikat Khusus Botol

Sikat khusus botol yang saya miliki kebetulan merknya sama dengan botol susu yang anak saya punya. Karena merk-nya sama, jadi desainnya pas banget bisa menjangkau sampai ke dasar botol dan lekukan-lekukan botol. Karena sikatnya diproduksi oleh produsen botol susu, saya juga jadi yakin kalau, sikat ini tidak akan merusak lapisan plastik botol susu.

2. Pipe Cleaner

Sementara pipe cleaner, bisa anda dapatkan di toko-toko kelontong atau baby shop. Semenjak booming sedotan stainless, pipe cleaner ini juga makin mudah ditemukan kok. Harganya pun sangat murah.  Namun bermanfaat sekali untuk membersihkan bagian dalam sedotan pada tempat minum anak.

3. Spons Khusus Alat Makan Anak

Last but not least, tentunya adalah spons atau sabut pencuci piring. Yang membuat spons ini berbeda, bukan hanya karena warnanya yang pink ya. Melainkan karena spons warna pink ini memang didesain lebih halus agar tidak menggores alat makan anak. Spons seperti ini sudah mudah sekali ditemukan di minimarket. Jangan lupa untuk cek keterangan “Untuk Alat Makan Anak” yang tertera di kemasannya.

Cleanser Pencuci Botol, Dot dan Perlengkapan Bayi

Pencuci Botol Susu

Selain peralatan mencuci di atas, yang tak kalah penting, menurut saya adalah cleanser yang digunakan untuk mencuci. Dari Gayatri bayi sampai dengan sekarang sudah bisa lari-lari, saya masih setia menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi.

Selain karena mudah ditemukan di minimarket terdekat, menggunakan produk bayi yang aman ini membuat perasaan saya lebih tenang karena fitur-fitur yang dimilikinya. Fitur pada Sleek Baby Pembersih Botol dilengkapi dengan 8 Proteksi.

Pembersih Botol Bayi
Sleek Baby Pencuci Botol

1 . Anti Bacterial Alami. Sleek Baby menggunakan bahan alami sebagai bahan aktifnya,

2. Microbiological Tested. Secara klinis, Sleek baby telah teruji efektif membasmi bakteri E. coli (penyebab diare), Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa dan Aspergillus sp.

3 . Stain Removal. Dengan fitur stain removal ini, Sleek Baby mampu membersihkan kotoran serta noda yang melekat di peralatan bayi. Sleek baby juga cukup efektif dalam menghilangkan sisa lemak susu serta bau yang kurang sedap pada peralatan makan.

4 . Food Grade. Lambang Food Grade ini salah satu yang membuat hati tenang, karena berarti produk ini tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan, jadi aman untuk anak.

5. Paraben Free. Salah satu bahan kimia yang seringkali menjadi sorotan ibu-ibu adalah paraben. To whom it may concern, Sleek Baby tidak mengandung paraben ya.

Selain perlindungan kepada anak-anak yang menggunakan alat makan yang dicuci menggunakan Sleek Baby, produk ini juga memberikan perlindungan kepada para pencucinya looooh. Hihihi, so sweet yak. Terbukti ada perlindungan-perlindungan berikut ini.

 6. Hypoallergenic. Sleek baby diformulasikan hypoallergenic. Sehingga meminimalisasi terjadinya iritasi kulit, gatal-gatal dan kulit kasar.

7. Dermatologically Tested. Formulasi tersebut sudah diuji secara klinis oleh ahli kulit.

8. High Quality Concentrate. Yang terakhir ini adalah perlindungan terhadap kantong. Hihihihi. Teman-teman mungkin akan menyadari kalau tekstur cleanser ini sedikit berbeda denga sabun cuci piring biasanya. Tenang saja, walau demikian, efektivitasnya tetap terjamin kok. Dengan sedikit produk, kotorannya bersih.

Untuk info terkait produk Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi dapat didapatkan di FB : https://id-id.facebook.com/SleekJugaSayangAnak/ dan IG : https://www.instagram.com/sleekbaby_id/

Tutorial Mencuci Botol Bayi dan Anak

Jika ada teman-teman yang memerlukan gambaran lebih lanjut, step by step mencuci peralatan minum bayi, berikut adalah video ilustrasi bagaimana saya biasanya mencuci botol susu maupun botol minum Gayatri.

Saya harap sharing di atas cukup jelas ya. Namun, jika ada hal-hal yang masih belum jelas, silakan DM di IG atau tinggalkan komentar ya…. Akan saya balas, as soon as possible. Terimakasih sudah mampir.

Salam sayang!

#SleekBaby #SleekBabyAlamiMelindungi #SleekBaby8Protection #1000HariPertama

#PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

70 Comments

  1. Makasi Mbak untuk tipsnya. Untuk botol susu dan alat makan bayi memang butuh penanganan dan cara mencuci yang khusus ya, bahaya kalau sampai ada sabun juga yang tertinggal. Pakai Sleek udah aman banget itu. Kebetulan aku juga udah pakai waktu Audiku kecil

  2. Oh aku baru nyadar kalau yang pink emang lebih lembut gtu Aku biasa pakai yang ijo hehe, kalau buat anak kyknya dulu pakai apa yaaa, hmmm pokoknya kecil memanjang lupa warnanya.
    Sabun cuci botol andalanku jg dulu Sleek mbak :D

  3. Mengingatkan kembali waktu punya baby, kebersihan botol susu dan perlengkapan bayi lainnya memang harus senantiasa diperhatikan ya.. karena jika tidak tau bagamana tips mencuci botol susu dan perlengkapan bayi lainnya bisa membahayakan kesehatan bayi juga ya mbak

    • Iya, aku juga jadi inget masa-masa anak masih kecil. Aku dulu parnoan. Jadinya rada susah milih produk. Beruntung sekarang ibu-ibu zaman now banyak pilihan bagus. Semoga banyak yang mendapat manfaatnya.

  4. Aku pake Sleek terus dari jaman anak pertama. Dulu sering beli buat yg cuci bajunya, terus nambah buat yang cuci peralatan masaknya kalo udah MPASI. Seneng2 aja sih pake sabun cuci khusus baby yah, jadi ngerasa aman banget makenya :))

  5. Memang harus lebih berhati-hati yah kalau menyangkut peralatan bayi, kalau sampai gak hygienis bisa panjang urusannya soalnya kan bayi emang masih sensitif banget.

    Untunglah sekarang ada Sleek baby yah, jadi berasa lebih aman deh nyucinya yaaah :)

  6. Sssst… jaman dulu kerjaan aku emang nyuciin botol melulu.

    untung aku anaknya parnoan, jadi udah direbus – steril – sikat pake sikat khusus botol – dan cucinya juga pake sabun coconut oil dari amway itu loh.. karena kalo pake sunlight atau apa baunya nyengat

  7. Ssst… jaman dulu kerjaan aku tuh nyuciin botol melulu!

    untung aku parno-an anaknya, jadi di bagian sedotan aman jaya. mana disteril rebus pula!

    Dulu belum ada Sleek jadi aku lebih nyaman pake sabun dari coconut oil (amway) biar gak bau aneh dan ini tuh aman untuk bayi

  8. Betuuul, cuci botol bayi tuh butuh perhatian banget. Soalnya bayi kan lebih rentan kesehatannya dibandingkan kita ya. Harus extra bangettt!

    Eh tapi temenku yg baru punya anak juga kemarin sempet promoin sleek juga. Memang bagus kayanya yaa

  9. Keunggulan yang memang wajib mengandalkan sleek untuk perlengkapan si kecil karena paraben free. Senang banget kalau pencuci perlengkapan gini bebas dari paraben mbak jadi aman dan nyaman untuk si kecil.

  10. Dulu waktu anak ke-4 masih kecil, pake ini. Tapi gak lama. Terus produknya masih ada. Aku kasih ke ponakan. Eh ternyata kakak ipar suka. Sampe sekarang deh pake produk ini. Bersih dan bikin tenang ya.

  11. Ah sama aku dulu juga buat nyuci peralatan makan anak sponsnya aku bedakan mbak, begitui pula sabunnya, tentu aja pakai Sleek juga :D
    Kalau sikatnya aku pakai yang sikat melingkar itu :D
    Buat anak emag kudu bener2 dipastikan bersih ya peralatannya bila perlu disteril lagi :D

  12. Kenapa suka masih bau ya kalau dicucinya bukan dengan sleek. Aku juga cocok pake sleek meskipun anak anak udah gede. Tp buat cuci botol minum buat bekal sekolah hehe

  13. Sleek ini saya pakai juga di rumah meski anak sudah besar. Soalnya kami masih pakai banyak botol, plastik dll gitu. Mencucinya ya pakai Sleek

    • Harganya juga terjangkau. Worth it lah pokoknya dengan jaminan kebersihan serta kualitasnya. Sampai sekarang saya juga ada stok Sleek

  14. Saya sampai menghindari botol minum bersedotan karena kapok susah bersihkan sedotan. Sekarang ternyata lebih mudah lagi, ya. Ada sikat sedotan. Penting banget untuk dimiliki.
    Iya, tuh, saya juga alami masalah kala cuci botol dot Palung ternyata ada sisa lemak. Setelah pakai Sleek lebih mudah lagi dibersihkannya. Tenang pula karena tidak berbau sabun yang menyengat.

  15. Aku belum punya anak, jadi belum nggeh sama urusan cuci botol bayi gini. Baca ini bisa jadi referensi kalau nanti punya anak. Thanks ya Nyah untuk tipsnya.

  16. Iya, kak…aku juga bermasalah sama daleman sedotan yang dipake bekas minuman. Maunya sekarang beralih ke bahan-bahan yang gak menimbulkan limbah. Semoga konsisten.
    Jadi mesti stok Sleek Baby yaa…meskipun anak-anak uda gak baby.
    Karena lebih aman bahannya.

    • Saat ini produk Sleek Baby uda lengkap ya…untuk perawatan yang super intensif beibi dan anak-anak.
      Pertama kali aku taunya Sleek Baby itu pelembut pakaian.

  17. Aku jg pake sleek untuk cuci peralatan makan dedek. Lbh bersih ya n wanginya jg lembut bgt. Tp unt botol aku pake yg ujungnya sponge.

  18. Dulu waktu anak bungsu masih balita, aku pake produk Sleek ini. Dan bener banget, memuaskan. Ya buat perawatan si balita, ya buat bersihin baju dan peralatan makannya. Dulu senagaj nyari produk buat anak. Soalnya punya pengalaman buruk dengan anak yang alergi detergen di bajunya. Buat balita ternyata memang gak bisa sembarangan ya. :)

  19. Ya ampun, jadi keinget jaman dulu ketika tiaaap hari kerjaannya nyuciin botol melulu. Emang yang di bagian sedotannya itu malah krusial banget loh untuk dibersihin. Biasanya yang kulihat pertama kali justru bagian itu.
    Dulu belum ada Sleek ini, jadi masih pake sabun cuci piring biasa huhuuu… aromanya kadang agak menyengat untuk baby,.

  20. Wah rangkaian sleek sih andalan banget untuk bebersih keperluan dirumah. Produk Kino cucok semua sih aku juga pakai yang lain seperti sasha dan resik V

  21. Waktu si kecil masih minum asi full dan dbf saya belum butuh dengan alat-alat seperti ini tapi sekarang minum susunya sudah pake botol pipet dan memang agak kesulitan mencucinya apalagi bagian pipetnya. Ternyata ada alat cuci khususnya ya. Thanks tipsnya Mbak

  22. Alhamdulillah banget ya sekarang mah peralatan dan perlengkapan utk anak-anak semakin lengkap. Termasuklah buat bersihin. Jadinya kesehatan anak bisa sellau prioritas.

  23. Pakai Sleek ini enak juga ya mbak apalagi Food Grade jadi bagus banget buat tempat makanan bayi.

  24. Sama berarti ya, ku juga kalau cuciin botol susunya ponakan,pas dicuci terlihat bersih eh setelah kering masih ada sisa lemak susu yang menempel. Dan sikat khusus pembersih botol emang dibutuhkan banget untuk menjangkau bagian dasar botol. Seneng ya sekarang udah ada sabun cuci khusus untuk mencuci peralatan bayi dan anak-anak seperti sleek ini. Mana bebas paraben juga kan :)

  25. Memilih cairan pembersih khusus untuk peralatan bayi penting banget, takutnya zat kimia yang terkandung di dalamnay tertelan ya kalau sampai gak bersih.
    Setelah dicuci biasanya aku siram lagi air panas hihihi saking takutnya

  26. Aku dirumah juga pake sleek, kupake buat nyuci kursi makan Qonita juga hihi btw aromanya seger lho

  27. Dulu waktu anak-anak masih kecil, belum ada pipe cleaner. Jadi saya memang kesusahan untuk membersihkan sedotan di tempat minum mereka. Kalau sekarang sudah banyak tersedia alat pembersihnya dan sleek tentunya, jadi tidak perlu khawatir lagi

  28. Berkat Sleek Baby saya juga sudah nggak khawatir sama mainan bayi apalagi teether-nya karena 8 proteksi yang menenangkan

  29. Aku juga pakai sleek untuk mencuci botol dan tempat makanan si kecil mbak. Soalnya kalau sisa makanan kan bisa menimbulkan bakteri atau kuman, pakai sleek semua beres apalagi food grade ya mbak.

  30. Bener banget, sisa lemak teritama di sedotan tuh bikin worry. Alhamdulillah ada Sleek Baby pembersih botol yang efektif membersihkan.

    Aku juga suka sama wanginya… Seger. Buat nyuci mainan pun oke.

  31. wah klo sleek c memang andalan aku banget, semua perlengkapan bayi ku dari anak pertama sampai anak ketiga pke sleek…

  32. Sejak nemu Sleek di Supermarket, saya selalu pake sleek buat pembersih botol dan alat makan bayi. Nggak mau lagi pake sabun biasa. Kerasa beda aja, lebih mudah bersihin sisa2 lemak susu di botol.

  33. Dari dulu aku selalu pake sleek nih buat Sola. Soalnya jaminan bebas sisa lemak. Dan iya, kalo bersihin botol susu/air putih baiknya lepas komponens semua. Ribet sih tp biar aman kan

  34. Sleek juga bisa dipakai untuk botol minum anak-anak saya. Mereka soalnya gak pernah pakai dot. Tetapi, urusan kebersihan botol minum juga harus bersih.

  35. aku sekarang balik lagi pake sleek buat cuci perintilan bayik, karena lebih gampang dicari. trus juga aromanya enak dan berasa bersihnya.
    bener banget loh kalo bersihin peralatan makan dan minum anak harus bersiiih kalo nggak nanti jadi sarang bakteri kan sisa makanan dan susunya :(

  36. Pokoke jangan main2 dgn higienitas alat makan dan minum utk anak2 ya. Thanks God produk ini sungguh menjadi life hacks utk ortu jaman now. Siipp

  37. Kalo aku malah yang rada tricky nyuci peralatan makan pas udah MPASI ini soalnya kan pakai EVOO lah, UB lah, yang berlemak n minyak. Kalo nggak bersih masih berminyak gitu wadahnya. Untung aku pake Sleek ini juga jadi aman.

  38. aku jg paling jijik kalo ngeliat di botol minum anak sedotannya msh kotor gt. biasanya lgs aku cuci ulang mba. anakku yg bungsu masih ngedot, walopun udh aku wanti2 umur 4 thn hrs stop :p. peralatan cuci botolnya aku pake sleek juga dan aneka sikat itu juga ada. aku pastiin babysitternya bnr2 bersihn ngebersihin botol sampe ke dalam2 :D. trus biar komplit, disteril jg abis itu

  39. Menurutku, mencuci botol susu itu susah karena banyak celah kecilnya dan tumpukan lemaknya. Tapi kalau pake sleek sih jadi mudah bersihin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *