8 Manfaat Sabun Cuci Botol Bayi Multifungsi

Sabun cuci botol bayi tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci botol saja loh, tapi banyak juga memiliki manfaat-manfaat lainnya. Bahkan manfaatnya tidak hanya terkait dengan kesehatan bayi saja. Produk tersebut juga bisa digunakan untuk peralatan anak dan juga ibu. 

Jadi multifungsi, satu sabun untuk banyak keperluan. Lebih efisien secara budget dan juga tempat buat naruh sabunnya kan… . 

sabun cuci botol bayi multifungsi

8 Manfaat Sabun Cuci Botol Bayi

1 . Botol Bayi

Yang pasti sabun cuci botol bayi tentunya harus bisa membersihkan botol bayi dengan efektif ya. Bisa dibilang efektif adalah jika sabun cuci botol bayi mampu membersihkan sisa sisa lemak susu pada botol bayi. 

Saya sendiri memang lebih banyak direct breastfeeding ke anak kedua saya, namun Saya sempat memberikan ASIP ketika anak Saya dirawat di RS karena jaundice di hari-hari pertamanya. 

Jadinya ngerti banget kalau butuh sabun cuci yang efektif membersihkan lemak, tapi tidak meninggalkan residu sabun di botol. 

Sabun cuci botol yang Saya pakai adalah Mama’s Choice Baby Equipment. Namanya memang tidak secara khusus menyebutkan sabun cuci botol susu bayi ya. Tapi bisa digunakan untuk mencuci botol susu bayi sekaligus juga bagian dot-nya. 

Related post: Review Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser

2 . Teether 

Saya pakai sabun cuci botol bayi Mama’s Choice untuk mencuci teether karena ada kandungan anti bacterial di dalamnya. Sehingga Saya nggak was was ketika anak menggunakan teether dengan digigit gigit atau dimasukkan ke dalam mulut bayi. 

botol susu teether bayi

3 . Perlengkapan Pompa Asi

Untuk ibu-ibu yang memompa ASInya, tentu sangat familiar dengan peralatan breast pump ya. Beberapa breast pump yang pernah Saya gunakan memiliki banyak part. Dan beberapa part di antaranya seperti valve, ukurannya sangat kecil, sangat lembut dan mudah koyak.

Untuk itu membutuhkan sabun cuci yang efektif membersihkan, namun mudah dibilas supaya tidak meninggalkan bahan bahan kimia berbahaya pada lekukan part perlengkapan ASI tersebut. Saya juga tidak perlu mencuci dengan bertenaga, dengan demikian part yang lembut tidak cepat rusak. 

pompa ASI spectra

Selain itu, Saya juga pakai sabun cuci botol untuk mencuci part pompa ASI dengan pertimbangan yang sama dengan mencuci botol susu. Agar lemak ASI dapat bersih secara optimal, dan di sisi lain tidak meninggalkan residu sabun. 

4 . Buku Bayi

Saya punya buku untuk bayi dalam beberapa jenis. Ada yang berupa buku kain, ada yang berupa buku plastik dan jenis ketiga buku kertas. 

Dari ketiga jenis buku di atas, saat ini, yang paling Saya sukai adalah yang buku kain dan buku plastik. Karena kedua jenis ini mudah dibersihkan sehingga Saya tidak terlalu khawatir apabila anak Saya yang sedang fase oral memasukkannya ke dalam mulut. 

buku bayi

Saya juga menggunakan Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser untuk keperluan mencuci buku bayi ini. 

5 . Perlengkapan Makan Anak

Selain memiliki bayi, Saya juga punya anak balita usia 4 tahun. Saya juga mencuci perlengkapan makannya dengan sabun cuci tersebut. Kemungkinan besar, nantinya saat anak kedua Saya memasuki masa MPASI, Saya juga akan tetap menggunakan sabun yang sama untuk membersihkan perlengkapan makannya. 

Secara ringkas perlengkapan MPASI yang Saya gunakan (berdasarkan pengalaman anak pertama) adalah: piring, mangkuk, sendok, gelas, botol minum, bibs, saringan, parutan, penumbuk/blender. Basic banget tapi general berguna semua, pokoknya deh! 

6 . Mainan Anak

Mainan anak pertamanya Saya juga Saya cuci dengan sabun cuci botol bayi loh. Saya masih pakai sabun cuci botol bayi karena di sabun cuci botol bayi terdapat antibacterial agent. Sehingga Saya harap kuman-kuman yang ada di mainan bisa mati.

Belajar dari pengalaman saat di daycare, kalau ada anak yang sakit mudah sekali menular dan juga lama sembuhnya karena “ping pong effect”, alias tukar tukaran kuman-kuman. Salah satu medianya ya mainan. Oleh karena itu, Saya concern terhadap hal ini terlebih saat punya dua anak. 

Mainan yang biasa Saya cuci adalah: Lego, mega blocks, mobil-mobilan, masak-masakan, dll. Pokoknya yang dari plastik. Biasanya Saya rendam Saya sekitar 15 menit, kemudian Saya bilas. Kalau ada yang kotor, baru Saya sikat satu per satu partnya.

7 . Sayuran dan Buah

Ya, betul, sabun Mama’s Choice memang bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur. Hal ini karena formulanya bersifat food grade, atau tidak memindahkan zat-zat beracun ke makanan atau alat makan yang terkena sabun ini. 

Selain itu, sabun ini juga memiliki sertifikat Halal dari MUI. Jadi teman-teman bisa tenang saat menggunakannya ya. 

Produk Mama’s Choice sendiri bisa dibeli di website mamaschoice.id. Pembelian minimal 90k bisa mendapatkan diskon sebesar 25k dengan mengisi kode MAMAELLA di saat checkout.

8 . Mencuci Tangan

Sabun cuci botol bayi biasanya sangat lembut untuk tangan jadi saya tidak khawatir untuk mencuci tangan dengan sabun ini karena nggak panas dan nggak bikin kulit jadi kering atau iritasi. 

Itu delapan manfaat sabun cuci botol bayi yang mungkin bisa teman-teman praktikkan di rumah. Daripada beli sabun macam-macam untuk tiap keperluan, IMHO bisa pakai satu sabun cuci yang multifungsi, aman dan juga halal. Semangaaaattt!!!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *