Pendidikan Anak di Tengah Pandemi

Tahun ini seharusnya Gayatri masuk PAUD karena umurnya sudah 4 tahun lebih. Namun karena pandemi, kami memutuskan untuk menundanya. Terbesit pertanyaan dalam hati Saya, bagaimana jika pandemi berkepanjangan, dan usia Gayatri makin mendekati usia masuk SD, 7 tahun. Apa ya mungkin ditunda terus….

Saat Saya ngobrol dengan kakak ipar yang sudah punya anak usia sekolah, dia juga menceritakan banyak pro dan kontra sekolah saat pandemi, yang dijalankan dengan cara online saat ini. Begitu juga diskusi dengan Bapak Ibu Saya yang keduanya adalah guru. Bapak guru SMP dan Ibu guru SD.

Menurut mereka, tugas yang agak tricky bagi orangtua saat proses pembelajaran materi. Sebagaimana kita tahu, dan juga dulu Saya jalani juga, anak-anak sudah “dimanjakan” dengan sistem pembelajaran tatap muka di dalam kelas selama ini.

Jadi memang butuh adaptasi yang luar biasa ya, mengubah sistem yang tadinya belajar dibimbing guru, menjadi sistem belajar online yang lebih mandiri. Di satu sisi, menurut saya, hal ini sangat baik ya. Anak jadi terlatih untuk belajar mandiri.

Namun, di sisi lain orang tua juga harus proaktif melihat dan mendampingi anak, siapa tahu mereka belum menemukan cara belajar mandiri yang paling sesuai untuk diri mereka. Apalagi yang masih sangat muda, seperti usia sekolah dasar. Mengingat, materi yang diberikan sekolah via daring belum tentu bisa mengakomodasi kebutuhan mereka.

Saya saja dulu, kalau diingat-ingat, baru bisa belajar mandiri 100% dan efektif itu setelah mahasiswa loh. Sebelumnya benar benar sangat tergantung pada penjelasan guru di kelas. Setelah mahasiswa, Saya baru sadar kalau Saya cenderung visual, dan lebih efektif belajar dengan membuat chart, tabel, gambar, dan diagram saat membaca buku.

Buat Saya sebagai orang tua anak usia dini, yang bisa Saya lakukan adalah dengan membiarkan anak mencoba belajar sambil bermain dengan berbagai macam material. Harapannya adalah agar anak bisa belajar untuk belajar sejak dini. Yah, walaupun masih trial error sampai sekarang, ya… . :)

belajar

Bersyukurnya, seiring berjalannya waktu. Makin banyak pihak yang sharing tentang sistem pembelajaran di rumah. Baik yang free maupun berbayar.

Selama ini Saya mencari ide dan material pembelajaran anak usia dini dari RumahInspirasi, KidsLabIndonesia, KotakMainMainan, dll. Selain sebelumnya Saya juga sempat ambil workshop Montessori at Home di SunshineTeacherTraining dan juga ambil kelas online Montessori Inspired for 4-6 dental Bu Prita (Psikolog dan Kepala Sekolah BNM Montessori) dan Bu Damar Wijayanti (orang tua dan praktisi).

Untuk teman-teman orang tua yang anaknya sudah usia sekolah dasar dan merasa sekolah anaknya belum siap dengan sistem online, bisa banget melengkapi pembelajaran anak-anaknya dengan bimbel online yang juga banyak tersedia. Salah satunya, bimbel online dari Kelas Pintar.

bimbel online

Jadi kalau guru di sekolah cenderung memberikan bahan ajar online berupa slide via WA, bisa didukung dengan bahan ajar lain berupa audio visual atau video dari aplikasi Kelas Pintar tersebut di atas. Dengan begitu, anak-anak yang cara belajarnya cenderung audio pun bisa terfasilitasi dengan baik.

Selain materi pembelajaran, di Kelas Pintar, enaknya, orang tua juga bisa memantau progress pembelajaran secara langsung. Jadi memudahkan orang tua untuk mengevaluasi apakah cara belajar anak sudah optimal dan kemudian bisa melakukan langkah langkah untuk menindaklanjutinya.

Ya, sebagai orang tua dan calon wali murid, Saya tentu berharap agar pandemi cepat selesai dan sekolah bisa kembali beroperasi dengan normal. Supaya anak-anak juga bisa kembali bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya juga.

Tapi kalau pun harus dijalankan dengan online, semoga makin banyak source pembelajaran yang bisa didapatkan anak-anak sesuai dengan karakternya masing-masing.

Tetap sehat, waras dan terus berjuang di tengah pandemi yaaaak!!! Salam sayang selalu!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *