Periksa Kehamilan di RSIA Kendangsari Saat Wabah Corona

Saat wabah corona merebak, ada anjuran bagi para ibu hamil untuk menunda periksa kehamilan apabila tidak memiliki keluhan. Hal ini karena ibu hamil dinyatakan juga sebagai golongan orang dengan imunitas rendah dan rentan tertular penyakit. Jadi dirasa, risikonya lebih besar dibandingkan dengan manfaat yang akan diterima.

Periksa Kehamilan Saat Wabah Corona

Sebaliknya, untuk beberapa kondisi darurat berikut ini, ibu hamil tidak boleh menunda pemeriksaan kehamilannya. Misalnya apabila mengalami muntah berat, terjadi pendarahan, merasakan kontraksi atau nyeri perut hebat, pecah ketuban, keluhan tekanan darah tinggi, merasakan nyeri kepala hebat, ibu tidak lagi merasakan gerakan janin, dan mengalami kejang (Buku KIA halaman 8-9). Hal ini sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan pada Ibu Hamil saat Social Distancing ya!

Namun, pada awal April kemarin, di usia kehamilan saya dua bulan, saya memutuskan untuk memeriksakan kehamilan saya di SPOG langganan saya di RSIA Kendangsari. Hal ini karena mual muntah yang terus saya alami, sampai sehari-hari hanya dapat beraktivitas dari ranjang. Hal ini juga diperparah saya mengalami flu berat, sampai lendir/ ingus berubah warna. Mengingat saya punya riwayat asma juga, kami menimbang-nimbang keputusan untuk kontrol hamil dengan seksama.

periksa kehamilan di RSIA Kendangsari

Walaupun agak deg-degan juga, akhirnya suami bilang untuk mendaftar dulu ke RSIA Kendangsari. “Kalau dapat antrian 1-3, kita berangkat periksa. Kalau tidak dapat antrian kecil, dan dirasa akan antri lama, sebaiknya ditunda lagi ke hari berikutnya.” Akhirnya, saya mencoba, dan syukurlah…. Saya dapat nomor antrian pertama!

Cara Daftar Online via WA

Jika klinik atau RS langganan Teman-teman menerapkan peraturan pendaftaran online untuk mendapatkan antrian, sebaiknya Teman-teman memanfaatkan fasilitas ini. Daripada antri lama-lama di lokasi kan, demi meminimalisasi kontak dengan orang lain. Kebetulan di RSIA Kendangsari, Surabaya ada fasilitas ini untuk pasien yang sudah memiliki rekam medis di RS tersebut (sudah pernah mendaftar sebelumnya).

Langkah-langkah untuk mendaftar online via WA di RSIA Kendangsari adalah sebagai berikut:

  1. Chat (WA) ke nomor pendaftaran +62 822-4411-5141 pada H-1 jadwal periksa yang diharapkan. Pendaftaran dibuka pada jam 08.00 H-1. Layanan reservasi berlaku pada jam 08.00 s.d 14.00 WIB.
  2. Teman-teman harus ingat kalau layanan ini hanya bagi pasien yang telah terdaftar sebelumnya ya….
  3. Jangan melakukan chat berulang kali ke nomor pendaftaran, karena akan mengubah susunan WA yang mereka terima. Jika ingin melakukan konfirmasi, lebih baik hubungi Customer Service di nomor +62 822-5725-1113

Format untuk WA pendaftaran (+62 822-4411-5141) adalah sebagai berikut;

Nama :
Tgl lahir :
No RM. :
Klinik Spesialis Tujuan :
Nama Dokter :
Hari & Tanggal :
Jam :
Keperluan *):
Pembayaran : Umum / Asuransi/Kerjasama Perusahaan
(pilih salah satu)
Nama Asuransi/Perusahaan Kerjasama:

*) isi sesuai keperluan: 1) Konsultasi dan pemeriksaan, 2) Vaksinasi (sebutkan jenis vaksinasi yang akan dilakukan), 3) Periksa anak sakit.

Biaya Periksa Kandungan di SPOG RSIA Kendangsari

Berikut adalah rincian dari pemeriksaan kandungan yang saya lakukan di dokter kandungan RSIA Kendangsari. Biaya yang meliputi obat-obatan lainnya (nama obat lain saya hapus) atas keluhan yang saya alami. Namun, dalam artikel ini saya akan lebih fokus kepada vitamin dan biaya pemeriksaan ibu hamil secara umum (per April 2020):

  • Biaya pendaftaran Rp 15.000,00
  • Biaya Dokter Rp 150.000,00
  • Biaya embalase (pengemasan obat) Rp 3.000,00
  • Vitamin Ibu Hamil (Vitamam) Rp 133.000,00
  • Kalsium Rp 217.000,00
  • USG 2 D Rp 75.000,00
biaya spog RSIA Kendangsari Surabaya

Physical Distancing di RSIA Kendangsari

Tangal saya melakukan pemeriksaan kehamilan adalah tanggal 2 April 2020, saat itu Surabaya belum menerapkan PSBB. Namun di RSIA Kendangsari sudah menerapkan beberapa pencegahan penularan Covid-19 antara lain:

  1. Membatasi jumlah orang yang masuk ke ruang tunggu. Ibu hamil yang akan melakukan kontrol kehamilan hanya bisa ditemani satu orang pendamping. Sementara pasien anak dapat didampingi dua pendamping (maksimal).
  2. Kursi di ruang tunggu di beri jarak antara satu dengan yang lain. Walaupun tidak sampai satu meter, kurang lebih setengah meter kanan kiri depan belakang.
  3. Sebelum masuk ke gedung RS, pengunjung dipersilakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di wastafel yang disediakan di pintu masuk. Wastafel yang disediakan saat itu berjumlah dua buah.
  4. Di depan pintu masuk, pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas RS dan kemudian diberikan hand sanitizer.

Sayangnya, jadwal pemeriksaan saat itu tidak berlangsung tepat waktu. Saya dipanggil untuk cek tensi, dll tepat waktu. Namun, mungkin karena dokter kandungannya ada tindakan bagi pasien lain atau karena alasan lain, saya baru masuk ruang dokter satu jam dari jadwal yang seharusnya.

Maaf, saya tidak punya foto untuk kondisi di RS, karena ada larangan untuk melakukan foto/ video di dalam gedung RSIA Kendangsari.

Tips Saat dan Setelah Periksa Kehamilan

Bagaimanapun, ketika memutuskan untuk memeriksakan kandungan, Teman-teman harus tahu benar risiko apa yang dihadapi. Karena wabah virus Corona atau Covid-19 ini memang tidak boleh disepelekan sama sekali. Ada baiknya, untuk berkonsultasi terlebih dahulu secara online dengan dokter kandungan Anda, agar dapat lebih yakin dengan keputusan Anda.

Dan jangan lupa, untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan secara pribadi antara lain:

  • Menggunakan masker,
  • Menghindari untuk menyentuk wajah dengan tangan,
  • Menutup mulut dan hidung dengan lengan bagian dalam saat bersin atau batuk,
  • Bawa, dan gunakan hand sanitizer apabila diperlukan,
  • Lakukan cuci tangan,
  • Mandi segera setelah pulang ke rumah.

Bulan Mei ini, karena keluhan yang sebelumnya saya alami sudah jauh membaik, saya berencana untuk tidak akan periksa kehamilan di bulan ini. Alih-alih, datang ke RS dan mengambil risiko, saya bisa hanya membeli vitamin ibu hamil atau vitamin untuk keluarga (sesuai anjuran dokter) di aplikasi online seperti Halodoc. Hal itu, tentunya akan lebih aman, karena saya tidak perlu datang secara fisik. Hanya dengan menunggu di rumah saja, dan saya bisa mendapatkan vitamin yang tidak diragukan keasliannya.

Baca Juga: Tanda-tanda Hamil Muda (Dari 3 Kehamilan Berbeda)

Semoga kita semua diberi kesehatan yaaaaaakkkk!!!! :) Saling mendoakan, dan semoga juga wabah virus Corona ini bisa segera hilang sehingga kita bisa beraktivitas dengan normal kembali termasuk dalam hal periksa kehamilan tanpa rasa was-was dan kawatir. Semangaaat!!!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

2 Comments

  1. Ella, konten artikel ini lengkap banget untuk mereka yang hamil muda dan tinggal di seputaran wilayah tersebut. Btw si kecil yang di bawa ke rumah anak bunda waktu pertemuan tempo hari itu udah mau punya adik donk ya. Selamat buat non kecil (bunda lupa namanya nih).Do’a dari bunda semoga sehat-sehat selalu dan jangan lupa jaga kesehatan ya.

    • Hihihi, iya Bunda…. Uda mau jadi Kakak dia…. :) Doakan semoga lancar ya Bunda…. Bunda juga sehat-sehat selalu ya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *