Rash Cream untuk Ruam Popok Bayi dari Mama’s Choice

Beberapa setelah lahiran Hayu, saya dapat hampers dari Mama’s Choice yang salah satu isinya adalah Rash Cream. Sebelumnya saya pernah menulis juga review tentang rash cream dari merk lain ya…. Teman-teman bisa melihatnya di tautan berikut ini:

Related article: Rash Cream Penting Gak Si? Perbandingan Dua Merk Rash Cream

Nah, saya tertarik juga untuk pakai dan juga review produk ini di blog karena ingredients rash cream ini mengandung Centela Asiatica alias Pegagan.

Mungkin banyak temen-temen yang ngeh kalau ingredients ini beberapa waktu lalu cukup hits dipakai di skincare-skincare baik lokal maupun korea gitu ya. Dan pas ada di skincare bayi, saya langsung penasaran si. Setahu saya, dari lebih dari enam merk rash cream yang saya coba baru produk Mama’s Choice Rash Cream ini yang menonjolkan produk ini dalam klaimnya.

Kalau dikaitkan dengan manfaat Centella Asiatica yang dipercaya manjur untuk meredakan inflamasi dan iritasi. Sepertinya bahan ini cocok ya untuk mengatasi ruam popok.

Sebagaimana kita ketahui bersama ruam popok bayi yang biasanya ditandai dengan bercak kemerahan, kulit yang kering atau melepuh, serta adanya luka lecet pada bagian bokong, paha, maupun alat kelamin itu kan identik sekali dengan inflamasi dan juga iritasi.

So, yuk langsung aja kita review!

Review Mama’s Choice Rash Cream

mama's choice rash cream
rash cream

Kalau dilihat dari kemasan produknya di atas, Mama’s Choice Rash Cream ini menonjolkan kandungan Centella Asiatica, Rosemary dan Sweet Almond.

Centella Asiatica dipercaya mampu merawat iritasi seperti ruam dan kemerahan pada kulit. Rosemary bermanfaat untuk melindungi kulit dari iritasi ringan. Serta Sweet Almond bermanfaat untuk menutrisi dan melembabkan kulit kering.

Namun ketika saya cek lebih lanjut dalam list ingredients ketiga bahan tersebut berada di urutan agak tengah, yang berarti bukan bahan utama. Centella Asiatica sendiri berada di urutan setelah fragrance.

Produk ini tidak mengandung alkohol. Di daftar ingredient memang ada “cetyl alcohol” please jangan bingung, karena kandungan ini bukanlah kandungan alcohol yang biasanya membuat kulit kering.

Saya kutip artikel The Derm Review berikut ini ya….

“Cetyl alcohol is a fatty alcohol that functions as an emollient, emulsifier, thickener, and surfactant in a variety of cosmetics and skincare products. Cetyl alcohol is an organic compound that is classified as a fatty alcohol. Fatty alcohols are a hybrid between alcohols and fatty acids or oils. There is often a misconception that because it has alcohol in its name that cetyl alcohol is drying to the skin. The reality is actually the opposite. Cetyl alcohol helps to protect the skin from allergens, bacteria and moisture loss and improves the texture of products. “

Produknya ketika digunakan nyaman si. Teksturnya creamy tidak padat dan mudah diratakan seperti lotion, namun tidak runny.

Sepengalaman saya, ada dua tipe rash cream, yang satu yang agak kesat dan membuat lapisan “anti air” di kulit, dan yang kedua yang tekturnya meresap dan melembabkan. Nah, Mama’s Choice Rash Cream ini masuk kategori kedua.

Setelah diratakan dan produknya meresap.

Untuk Hayu, anak saya, ruam popok yang dialami bisa dibilang sangat ringan. Karena hanya berupa kemerahan dan iritasi ringan, tidak ada lepuh yang terjadi. Namun, saya tentunya tidak ingin ruamnya jadi makin parah ya….

Nah, dengan penggunaan produk ini, ruam kemerahan dan iritasi ringan tersebut reda dengan cepat loh. Untuk ruam popok yang lebih parah, karena anak saya tidak mengalaminya, saya tidak bisa memberikan testi lebih lanjut.

Buat saya, produk ini rekomended untuk dipakai sehari-hari karena teksturnya yang nyaman. Jadi bisa digunakan setiap setelah berganti popok. Kulit pantat bayi jadi terasa kenyal, mungkin karena skin barriernya jadi lebih kuat ya.

FYI. produk ini juga sudah mengantngi sertifikat halal dari MUI ya…. Siapa tahu ada teman-teman yang concern mengenai hal ini :) hopefully informasinya bisa membuat teman-teman tenang dan less worry.

Where to buy: Temen-temen bisa membeli produk ini di web mamaschoice.id Ada tambahan diskon juga sebesar Rp 25.000,00 dengan pembelian minimal Rp 90.000,00 apabila temen-temen pakai voucher diskon MAMAELLA.

Tips Mencegah Ruam Popok

Tentu saja selain penggunaan rash cream, ada beberapa hal yang perlu diakukan untuk mencegah timbulnya ruam/ kemerahan pada kulit bayi:

  1. Rajin mengganti popok dan membersihkan kulit bayi. Hal ini penting ya, kalaupun memang tidak bisa setiap saat membersihkan area popo dengan air mengalir, melainkan dengan tisu basah atau kapas basah, perhatikan dengan ekstra hati-hati sampai benar-benar tidak ada kotoran yang tertinggal ya. Namun, tetap lembut, jangan terlalu keras ketika menyeka atau menggosoknya.
  2. Hindari produk pembersih yang harsh, seperti hindari produk-produk sabun/ tisu basah yang mengandung alkohol atau fragrance berlebih,
  3. kenakan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat,
  4. TIDAK perlu menggunakan bedak tabur di area genital,
  5. keringkan area popok dengan baik setelah dibersihkan.

Semoga sharing kali ini bermanfaat ya! Dan semoga ruam popok jauh-jauh dari bayi kita yak! Salam sayang!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *