hada labo tamagohada mild peeling lotion

Review Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion (Reformulasi – Indonesia)

Di tahun 2017 lalu, saya sempat bikin review Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion. Pada artikel tersebut saya sebutkan kalau saat itu kalau beli harus lewat jastip. Tapi beruntung sejak tahun lalu, Rohto Indonesia sudah produksi sendiri. Seneng deh, apalagi kemasannya juga lebih kecil dan harganya jadi jauh lebih murah.

Seperti pernah saya bahas sebelumnya Hada Labo Tamagohada Mild Peeling ini adalah chemical exfoliating toner. Jadi fungsinya adalah membantu mengikis sel-sel mati dan kotoran yang ada di permukaan kulit menggunakan bahan kimia.

Related post [2017] Review Hadalabo Tamagohada Mild Peeling Lotion di Kulit Kering

Yes, namanya memang pakai term skincare Jepang “lotion” ya, tapi ditimbang dari kegunaan dan tingkat kekentalannya, Hadalabo Tamagohada Mild Peeling ini masuknya ke toner. Dan karena sifatnya yang sangat mild, produk ini bisa dipakai setiap hari.

hada labo tamagohada mild peeling lotion

Ingredients Hada Labo Mild Peeling Lotion

Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion yang masuk ke Indonesia ini sekilas formulanya beda dengan yang di tahun 2017 saya jastip dari Malaysia ya. Entah apakah memang secara global, produk ini reformulasi atau hanya yang masuk ke Indonesia aja.

Temen-temen bisa cek reviewku untuk Hadalabo Tamagohada Mild Peeling Lotion formulasi lama di sini.

Ingredients formulasi lama: Water, Gluconic Acid, Pentylene Glycol, Butylene Glycol, Tranexamic Acid, Polyquartenium-51, Sodium Metabisulfite.

Ingredients formulasi baru: Water, Pentylene Glycol, Butylene Glycol, Gluconolactone, Tranexamic Acid, Sodium Metabisulfite, Polyquartenium-51.

Jadi bedanya hanya ada di Gluconic Acid dan Gluconolactone ya…. Ingredients lainnya sama persis. Dan teman-teman pun tidak perlu kawatir dengan perubahan ini, karena sebenarnya Gluconic Acid dan Gluconolactone itu bisa dikatakan sama. Gluconolactone adalah cyclic ester dari Gluconic Acid, yang terbentuk saat Gluconic Acid kehilangan air atau biasanya berbentuk powder. CMIIW ya, untuk penjelasan yang lebih baik bisa cek di sini.

Perbedaan bentuk ini, imo, menjawab sekaligus kenapa urutan ingredients ini jadi berubah agak ke belakang komposisinya, jadi bukan karena konsentrasinya yang dikurangi gitu.

Star Ingredients Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion

Star ingredients alias bahan aktif Hadalabo Tamagohada Mild Peeling Lotion antara lain:

  1. Gluconolactone. Gluconolactone, seperti juga Gluconic Acid, adalah poly-hydroxy acid atau yang sering disingkat PHA. PHA sering disebut sebagai exfoliator yang sangat mild dan cocok untuk kulit kering dan sensitif sekalipun. Perlu diperhatikan, walaupun namanya mirip, Gluconic Acid tidak sama dengan Glycolic Acid ya. Glycolic Acid merupakan salah satu AHA (alpha-hydroxy acid). Secara umum PHA sifatnya lebih mild dibandingkan AHA dalam hal eksfoliasi kulit.
  2. Tranexamic Acid. Tranexamic Acid adalah bahan skincare yang bermanfaat untuk menyamarkan hiperpigmentasi dan juga meratakan warna kulit.
hadalabo tamagohada mild peeling
Komposisi/ ingredients Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion tercantum di kemasan belakang.

Namun, pada produk ini baik Gluconolactone maupun Tranexamic Acid tidak dicantumkan seberapa besar persentasenya, jadi sepertinya kita ga bisa bahas lebih lanjut bagaimana kekuatan kedua bahan ini di dalam produk.

Yuk, cussss langsung ke review setelah penggunaannya ya….

Review Pengunaan Hadalabo Tamagohada Mild Peeling Lotion

Saya memang pernah mencobanya sejak tahun 2017, namun saya tidak selalu menggunakannya terus menerus. Adakalanya saya mencoba produk yang lain.

Yang saya rasakan saat menggunakan produk ini dibandingkan saat tidak menggunakan produk eksfoliasi sama sekali adalah:

  • Kulit saya terasa lebih bersih,
  • Kulit saya menjadi tidak kusam,
  • Tidak ada iritasi sama sekali, bahkan saat saya layer dengan serum vitamin C sekalipun (urutannya: tamagohada, hydrating toner, vitamin C, pelembab),
  • Saya merasa produk ini secara membantu skincare yang lain (dalam hal ini yang saya pakai serum vitamin C) jadi lebih optimal,
  • Untuk tekstur masih sama seperti yang dulu: cair seperti air hanya baunya sekarang sedikit ada hint bawang putih (?).
tekstur hadalabo tamagohada
Tekstur Hadalabo Tamagohada

Btw, jenis kulit saya saat ini, normal to dry dengan beberapa area yang mudah sensitized.

Bagi teman-teman yang mengharapkan efek menghilangkan komedo dari exfoliating toner ini, sepertinya harus memilih produk lain yang mengandung BHA ya…. Karena kalau di saya Hadalabo Tamagodaha ini tidak berfungsi demikian. Sesuai dengan ingredients juga si, PHA memang lebih ke membersihkan sel-sel mati di permukaan saja ya.

Jadi bukan karena produk ini tidak bagus, tapi memang ditujukannya tidak untuk membersihkan komedo (sampai ke dalam pori-pori).

Cara Menggunakan Exfoliating Toner Hadalabo Tamagohada

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, produk ini saya gunakan sebagai exfoliating toner yang bisa digunakan sehari hari. Penggunaannya ada dua cara:

  1. diusapkan menggunakan kapas, cara ini biasanya saya gunakan jika ingin sekalian mengangkat residu/ kotoran di wajah, seperti cleansing toner, atau
  2. ditepuk-tepuk langsung ke wajah tanpa kapas.

Setelah menggunakan Hadalabo Tamagohada, jangan lupa menggunakan hydrating toner dan pelembab atau sunscreen jika di siang hari ya.

Produk Hadalabo
Dua Kombo Hada Labo yang paling sering saya pakai. Kiri: hydrating toner (Gokyujun). Kanan: Exfoliating toner (Tamaghada).

Harga dan Tempat Membeli

Harganya sekitar Rp 40.000,00 s.d. Rp 50.000,00 an. Di kalau di Surabaya saya biasa beli di Shopee Eazymart (tokonya si ada tag garansi asli Shopee ya) hanganya Rp 42.500,00, tapi kalau teman-teman ragu bisa ke Shopee Nihonmart itu Rp 51.500,00. Agak mahalan dikit. Herannya, di Rohto Official storenya malah selalu kosong produk ini, huhuhu….

Semoga review dan sharing ini bermanfaat yaaaaa!!!! Salam sayang!

nyonya

Hai, saya si nyonya malas, Emanuella Christianti. Fulltime employee, part time blogger with love, daily-do-it-yourself enthusiast :) Enjoys my blog and let's be friends!

11 thoughts to “Review Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion (Reformulasi – Indonesia)”

  1. Meski fungsinya sebagai exfoliator, dia dioleskan aja gitu ya mba di rangkaian skincare yang kita pakai? Harganya terjangkau juga yaaa.. plus fungsinya yang bisa untuk membantu mengurangi hiperpigmentasi nih bikin si Tamagohada ini layak untuk dicoba deh.

  2. Belum pernah pake produk Hada Labo nih. Noted rekomendasinya Mbak :)
    hmm, di Rohto Official store selalu kosong mungkin udah diborong kali ya?
    produk-produk Korea dan Jepang ini selalu jadi incaran ya karena claimnya juga oke sih ya.

  3. Owh…hada labo ini bisa menjadi pilihan saat ingin mengangkat kotoran dengan lembut tanpa sakit secara paripurna. Paduan antara Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion dan hydrating toner yang bikin kulit relax.

  4. gak mahal ya tapi bagus, klo aku cenderung berminyak kulitnya, makanya rentan bgt sama jerawat, aku pernah pake hada labo waktu kuliah, dan skrg blm coba2 lagi nih

  5. Harganya masih terjangkau banget ya mbak hydrating toner dan Exfoliating tonernya. Aku lagi nyoba toner merk lain, baru 3 harian, mau liat perkembangannya kalau gak cocok kayaknya bisa noh nyoba merk ini

  6. Duh Mba, aku ini udah sering banget gonta-ganti toner saking belum nemu yang cocok. Aku sering banget direkomendasiin pake Hada Labo, setelah baca ini ko aku makin tertarik ya… Apalagi aku juga banyak bekas jerawatnya huhu.

  7. aku belum pernah pakai hada labo yang ini, mba. dulu aku pakai yang warnanya biru tua gitu, lupa namanya hehe. baru tau juga sekarang ada reformulasi ya.. bagus deh karena kadang skincare yang populer di negara orang belum tentu cocok untuk kulit warga indonesia. beda cuaca dan suhu itu ngaruh banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *