Review Korset Hamil MOOIMOM Bamboo Maternity Support Belt

Hari ini kehamilan saya menginjak minggu ke 30. Saya mau nulis tipis-tipis review korset hamil MOOIMOM Bamboo Maternity Suport Belt atau penyangga perut ibu hamil yang menurut saya bermanfaat buat mendukung aktivitas ibu hamil.

korset hamil

Saya pertama kenal korset hamil itu sejak hamil anak pertama saya. Saat itu saya masih bekerja di training center yang mengharuskan saya banyak bergerak, termasuk juga naik turun tangga. Berangkat dan pulang kantor pun sering naik motor matic karena rumah saya dekat kantor.

Di kehamilan kedua, walaupun saya tidak bekerja lagi, dan aktivitas saya di rumah saja karena pandemi, saya masih menggunakan support belt. Terutama kalau sedang merasa nyeri punggung atau saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

So far, saya merasa terbantu banget dengan adanya korset hamil. Soalnya alat ini membantu menopang punggung dan perut bagian bawah.

Berdasarkan pengalaman tersebut, pas MOOIMOM kontak saya menanyakan, saya pengen dikado apa untuk kehamilan ini, salah satu produk yang saya request ya si maternity support belt ini.

korset mooimom

Korset MOOIMOM Bamboo Maternity Support Belt

Korset MOOIMOM ini ada dua ukuran ya Nyah. M dan L. Ukuran M itu untuk size pinggang 75 s.d 127 cm. Sementara yang ukuran L untuk ukuran 90 s.d 152 cm.

Saya pakai yang ukuran L. Sebagai gambaran Tinggi Badan saya 165 cm dengan BB saat hamil 71 kg. Jadi walau kelihatan imut (((IMUUUUT))) tapi IRL saya rada bongsor gitu…. Untuk pastinya si, menurut saya lebih baik lagi kalau teman-teman ukur pinggang dengan tali meteran ya. Hehehe….

Cara memilih ukuran yang tepat kalau di saran penggunaan pada kemasan MOOIMOM adalah dengan mengukur lingkar perut dan memberikan space kurang lebih 1-2 cm di antara perut dan tali meteran.

Walaupun MOOIMOM Bamboo Maternity Support Belt ini kainnya elastis dan juga velcronya bisa direkatkan secara fleksibel (adjustable), menurut saya penentuan ukuran ini sangat penting untuk kenyamanan pemakaian.

Baca Juga: Review Gendongan Hipseat MOOIMOM

Bahan Korset Hamil MOOIMOM

Bahan: 41% Nylon, 16% Rayon, 24% Rubber Thread, 19% Bamboo Charcoal.

Material bamboo charcoal yarn sebenarnya adalah material yang asing buat saya. Mungkin buat teman-teman juga ya. Kalau keterangan di produknya, adanya material tambahan ini antara lain untuk membantu menyerap kelembaban, sebagai anti bakteri, pengatur suhu (hangat saat dingin, menyejukkan saat gerah), dll.

Saran Penggunaan Korset Ibu Hamil

Produk ini diklaim cocok digunakan pada usia kehamilan 4 s.d. 10 bulan. Serta dapat digunakan sebagai korset paska melahirkan (saya akan update lagi kalau sudah digunakan paska melahirkan ya).

Review Penggunaan Korset Kehamilan

Seperti yang sempat saya sebutkan di atas, kalau velcro/ perekat dari korset hamil MOOIMOM ini adjustable. Adjustable ini beneran bebas gitu, soalnya dia bisa nempel di semua permukaan kain korset. Bukan hanya menempel pada pasangan velcronya semata.

Perekatnya total ada 3 buah, satu di kiri dan dua di sisi kanan. Kalau saya perhatikan, satu perekat fungsinya untuk membentuk korset menjadi lingkaran yang memeluk erat bagian perut bawah, lalu dua lainnya berfungsi untuk mendukung bentuk korset lebih sesuai bentuk pinggang dan punggung.

korset hamil
korset kehamilan

Saya saat pasang korsetnya nggak yang ketat ketat banget ya, karena bagaimanapun jangan sampai menekan peredaran darah atau mengganggu pergerakan janin. Walau demikian, korsetnya tetap terasa fit dan support. Posisinya tidak mudah bergeser, nggak ngglembreh, melorot atau menggulung ke atas.

Desainnya juga menurut saya nyaman dipakai saat bediri maupun duduk. Bikin postur punggung lebih bagus, namun juga tidak ngganjel.

Tips Pemakaian Penyangga Perut Ibu Hamil

Beberapa sesama ibu hamil kalau sedang ngobrolin korset hamil, yang paling sering dikeluhkan adalah masalah rasa gatal atau pingget. IMO, yang kadang bikin terasa gatal itu sebenarnya adalah kalau masangnya terlalu ketat atau karena keringatnya menumpuk dan membuat kulit jadi lembab.

Tips dari saya, saya lebih suka kalau pakai korset hamil di luar kaos dalam. Jadi tidak terkena kulit langsung. Tujuannya supaya keringat terserap di kaos bukan di korset.

Kemudian, walaupun tidak seharian dipakai, sebisa mungkin korset segera dicuci setelah digunakan ya….

Tips Pencucian

  • Cuci menggunakan tangan, atau kalaupun pakai mesin cuci jangan lupa dimasukkan ke laundry bag/ laundry net. Hal ini penting supaya elastisnya tidak mudah rusak.
  • Jangan menggunakan pemutih.
  • Dikeringkan dengan posisi horizontal (jangan menggantung) dan jangan terkena sinar matahari.

Harga Korset Hamil dan Tempat Jual Korset Hamil

Harga korset hamil MOOIMOM Rp 424.150,00. Kalau beli di websitenya temen-temen bisa pakai VOUCHER DISKON “ELLA10” untuk tambahan diskon 10% untuk SEMUA produknya MOOIMOM (berlaku sampai 31 Desember 2020) termasuk korset hamilnya.

Where to buy:

  • Official websitenya MOOIMOM di www.mooimom.id.
  • MOOIMOM Store yang ada di Grand Indonesia, Kota Kasablanka, PIM 2, Pacific Place dan Mall Kelapa Gading 3.
  • Di beberapa babyshop, saya juga pernah lihat produk ini dijual. Seperti di Maebebe (Bintaro) dan di TBMO Baby (Surabaya). Tapi berhubung pandemi, terakhir saya jeng jeng ke babyshop uda tahun lalu ya, coba kontak aja ke tokonya.

Temen-temen juga bisa pantau produk-produk kehamilan lain di IG @mooimom.id .

penyangga perut ibu hamil

Semoga review kali ini bermanfaat ya buat temen-temen yang sedang mempertimbangkan membeli korset hamil atau yang sedang mencari tips bagaimana tetap aktif saat hamil. :) Pesenku juga, selain pakai korset hamil, tetep semangat juga untuk streching-streching dan olahraga.

Kalau ada yang mau didiskusikan feel free untuk komen-komen yaaa…. Salam sayang!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

18 Comments

  1. Aku baru tau hamil boleh pakai korset kak, klo org jawa tu biasanya pakai korset/stagen setelah melahirkan gtu, biar perutnya kenceng lagi

    • Halo Mbak Mara, lokasi penggunaan korset saat hamil berbeda dengan korset setelah melahirkan yaaaa…. Kalau yang pas hamil itu dibawah perut untuk menyangga, jangan sampai menghimpit perut ya :)

  2. Korset hamil ini bisa dipakai pasca hamil juga gak…?
    Karena orang Jawa tuh ada yang namanya bebet yang panjangnya sampai 8m itu loo..
    Kalau pakai yang simpel gini kan, enak yaa…

    • Bisa Mbak, cuma lokasinya berbeda ya…. Hihihi iyaaaa, aku juga punya itu yang digulung panjang, biasanya nyebutnya stagen tapiiiiii….

  3. Mooimom bagus banget ya…
    nggak cuman bahannya yang oke tapi juga ada ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan tubuh para ibu hamil. =D

  4. Wah sekarang bumil dan busui tuh makin dimanjakan dengan berbagai produk penunjang ya… Zaman aku hamil mah ga ada yg beginian hehe…

  5. Banyak banget hal-hal yang baru aku tahu salah satunya korset buat ibu hamil. Artikelnya ke bantu banget buat baca-baca bekal masa depan hahah.

  6. Waduh mbak Ela aku juga pakai ini pas lagi hamil dan pasca melahirkan si kecil. Enak banget dan nyaman dan buat perut kecil habis lahiran kalau dipakai terus.

  7. Gatal itu yg saya rasa kalau pakai semacam sabuk kehamilan ini. Hehehe. Ternyata penyebabnya mungkin karena kekencangan atau kulit kita lembab ya

  8. Bumiil ko ceria banget siih , suka deh lihatnyaa. Makin aktif bergerak nih pake belt, huhuu bener banget jamannya aku dulu sakit punggung dll tetep aja dielus2, sekarang ada solusi belt begini deh.

    • Eh komentar saya hilang ya?
      Saya bilang sih kalau pakai semacam sabuk hamil gitu yg kerasa ya gatal. Ternyata penyebabnya kekencangan, atau kulit kita lembab ya

    • Adikku sewaktu hamil kesakitan banget pinggangnya, pakai belt ini seharusnya ya.. Next kalau dia hamil lagi aku rekomendasikan belt dari MOOIMOM ini.

    • Oiya aku nggak sebutkan kalau dipakainya nggak terus menerus ya…. Saya hanya pakai kalau aktivitas berkenaraan, berjalan atau saat diperlukan support punggung Mbak. Nggak yang seharian pagi sampai malam :)

  9. Ngiri banget sama bumil jaman sekarang uda kebantu banget masa kehamilannya ya. Zaman aku dulu gak ada beginian, jadi pengen hamil lagi deh *eh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *