Review Shampoo & Conditioner Tanpa SLS dan Paraben dari Mama’s Choice

Kalau sebelum-sebelumnya saya pernah bahas sabun bayi dan detergen baju bayi tanpa SLS dan paraben, di artikel ini saya membahas shampoo dan conditioner tanpa SLS dan paraben. Produk ini dari brand Mama’s Choice yang memang fokus membuat produk yang aman bagi ibu hamil dan menyusui ya….

shampoo & conditioner tanpa sls dan paraben

Siapa tahu ada yang sedang mencari produk shampoo dan conditioner yang tidak mengandung SLS dan tidak mengandung paraben….

Apa itu SLS & Paraben?

Sebelum lebih lanjut masuk ke review, ada baiknya membahas tipis-tipis tentang SLS dan Parabennya dulu kali ya….

  • SLS atau sodium lauryl sulfate adalah bahan yang biasanya digunakan sebagai surfaktan di dalam suatu produk skincare. Bahan ini dikenal sebagai salah satu cleansing agent yang sifatnya mengiritasi kulit. Kadar iritasi/ kepekaan kulit masing-masing orang terhadap kandungan ini berbeda satu dengan yang lain, namun secara umum bahan ini membuat kulit menjadi terasa kering.
  • Paraben adalah bahan pengawet produk skincare atau kosmetik yang bermanfaat untuk menjaga produk tetap stabil/ tidak mudah rusak karena tercemar bakteri, dll. Bahan ini sering menjadi kontroversi, karena ada pendapat yang menyatakan bahwa bahan ini dapat mempengaruhi hormon sehingga mempengaruhi kesehatan manusia. Namun studi yang beredar masih terpolarisasi menjadi dua pendapat ya terkait hal ini. Artikel terkait.

Karena dalam banyak studi masih banyak perdebatan, banyak ibu, terutama yang sedang hamil dan menyusui untuk menghindari kedua bahan di atas for extra cautious. Toh ada pilihan produk shampoo dan conditioner lain yang tidak mengandung SLS dan paraben, seperti Mama’s Choice Shampoo & Conditioner.

Lebiih lanjut ingredients dari produk shampoo dan conditioner dari Mama’s Choice adalah sebagai berikut:

Ingredients Mama’s Choice Hair Care, Shampoo & Conditioner Tanpa SLS dan Paraben

Shampoo: Sodium Cocyl Glutamate, Water, Sodium Cocoamhoacetate, Citric Acid, Sorbrth-450 Tristearate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, PEG-4 Cocoate, Fragrance, Glycerin, Sodium Chloride, Propanediol, PEG-32 Distearate, PEG-175 Distearate, Polyquaternium-10, Actinidia Chinesis (Kiwi) Fruit Extract, Aleurites Mollucana (Candlenut) Extract, Ethyl Lauroyl Arginate HCI, Butylene Glycol, Pisum Sativum (Pea) Peptide.

Conditioner: Water, Cetearyl Alcohol, Glycerin, Bis-Aminopropyl Dimethicone, Behentrimonium Methosulfate, Polyquaternium-10, Dimethicone, Fragrance, Ethyl Lauroyl Arginate HCI, Cetyl Alcohol, Propanediol, Actinidia Chinesis (Kiwi) Fruit Extract, Butylene Glycol, Aleurites Mollucana (Candlenut) Extract, Pisum Sativum (Pea) Peptide.

Pada kemasan tercantum bahwa produk shampoo dan kondisioner ini mengandung ekstrak kiwi, kemiri serta peptide dari green pea (kacang hijau) yang diklaim mampu membantu merawat kekuatan rambut serta membuat rambut tampak sehat dan bersinar.

Tekstur Produk

Untuk shampoo, teksturnya gel yang runny:

Sementara conditionernya, teksturnya sangat kental. Lebih kental dari conditioner pada umumnya, sampai seperti hair mask gitu kentalnya:

Tapi jangan kawatir, bilasnya nggak yang susah gitu kok. Nggak ribet lah pakainya. Kemasannya juga dalam bentuk pump, jadi praktis dan higienis.

Review Penggunaan Mama’s Choice Shampoo & Conditioner

Saya pertama menggunakan shampoo dan conditioner dari Mama’s Choice ini di TM 3 kehamilan saya. Pertama saya dapat dari hampers ketika mengikuti webinar tentang ibu menyusui. Saat itu info yang saya dapatkan produk ini dapat membantu mengurangi kerontokan yang biasanya terjadi paska persalinan.

Setelah melahirkan saya sempat membuat review singkat dan membahas tentang kerontokan rambut akibat perubahan hormon kehamilan – persalinan – menyusui di artikel Perawatan Rambut Rontok untuk Ibu Menyusui di bulan Desember.

Update di bulan Maret ini, untuk masalah kerontokan rambut paska persalinan, akhirnya saya mengalaminya. Huhuhu…. Memang karena hormonal ya, jadi bagaimanapun kerontokan paska persalinan adalah hal yang wajar terjadi.

Namun, bukan berarti perawatan rambut jadi sia-sia ya…. Berikut adalah manfaat yang saya rasakan saat menggunakan shampoo dan conditioner dari Mama’s Choice:

  • kerontokan yang terjadi tidak separah ketika anak pertama,
  • kulit kepala saya menjadi lebih sehat, sebelumnya kering dan kadang sampai mengelupas seperti seboroik, namun setelah menggunakan shampoo dan conditioner tanpa SLS ini jadi membaik,
  • rambut tidak terlihat tipis, karena ada efek fluffy setelah menggunakan Mama’s Choice Hair Care, jadi walaupun ada rontok, namun ga kelihatan botak gitu loh,
  • rambut jadi lebih terasa lembut dan sehat.

Selain manfaat di atas, manfaat lain yang saya sukai dari produk ini adalah wanginya yang lembut namun tahan lama, bikin rambut jadi terasa segar walaupun seharian ngurus bayi newborn dan ga sempat bisa perawatan creambath dll. Sederhana aja, keramas sehari-hari tapi cukup bikin mood mamak jadi happyyyyyy!

Pesen saya si, kalau punya rambut dan kulit kepala kering seperti saya si conditionernya ini kudu dipakai ya! Mantulita jelita efeknya pokoknya.

Harga dan Online Store

Temen-temen bisa membelinya di web mamaschoice.id harga Mama’s Choice Treatment Shampoo Rp 99.000,00, Mama’s Choice Treatment Conditioner Rp 99.000,00, harga bundlingnya Rp 179.000,00.

Pakai kode diskon MAMAELLA di setiap checkout untuk mendapatkan diskon sebesar Rp 25.000,00 setiap pembelian Rp 90.000,00

Sekian review shampoo dan conditioner tanpa SLS dan paraben dari Mama’s Choice Hair Care, semoga bermanfaat ya!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

18 Comments

  1. Eaaa…ada lagi produk shampoonya dari MAma’s Choice dan aku baru ngeeh nih.
    Makin melengkapi saja kebutuhan ibu dan anak nih, makin happy dan kurangi worry rambut rontok pasca melahirkan yaa.

  2. Blm pernah nyobain shampo tanpa sls dan paraben. Yg pasti cocok bgt buat kulit sensitif ya. Soalnya waktu jerawatan parah dulu, aku pk facial wash yg bebas 2 bahan itu. Alhamdulillah sehat lg 😍

  3. Makin lengkap ya produk mama choice, rambut saya pun rontok paska melahirkan, kayaknya memang butuh sampo dan kondisioner yang aman, bebas sls dan paraben

  4. Wah, beneran deh Mama’s Choice ini punya produk buat mama dan anak lengkap ya. Aku kebetulan baru tahu dan belom nyoba sampo ini. Tapi aku percaya deh, pasti bagus. Bahan-bahannya selalu alami. Jadinya pasti aman buat mama. Salut dengan Mama’s Choice.

  5. wah beniing ya shamponya.. aku jadi penasaran bisa ga ya aku pakai? aku udah ga menyusui mba tapi rambutku masih suka rontok nih huhu

  6. tricky baget ya mba pilih produk untuk anak, aku pun pilih yang tanpa sls dan non paraben gitu apalagi yang berkaitan dengan kulit anak ya.

  7. Wajib coba nih sabun dan shamponya. Aku suka ada produk yang memperhatikan kondisi ibu hamil dan menyusui.

  8. Kerontokan pasca melahirkan memang bikin ngeri. Saya juga dulu banyak banget. Meskipun udah tau kalau penyebabnya hormonal. Asik banget sekarang Mama’s Choice punya produk shampoo dan conditioner ini

  9. Woh iya, pas banget nih. Aku lihat Mbakku tuh pas hamil dan jadi busui sering banget mengalami kerontokan. Butuh banget lah Shampoo & Conditioner yang aman. Nanti kurekomendasikan deh

  10. wih.. sekarang mama choice ada produk shampo nya. cucok banget buat bumil dan busui ya.. krn gak mengandung sls dan paraben

  11. Penting ini mba keramas tiap hati tuh bikin mood selalu bahagia. Dan aku baru tahu ada produknya Mama’s Choise sampo dan kondisiioner ini

  12. Aku juga abis lahiran dan menyusui dulu rambut rontok parah sih,
    Setiap nyapu lantai sedih banget lihat rambut berserakan huhu
    Untung Mama’s Choice sekarang ada produk shampoo dan conditioner tanpa paraben yang bisa mengurangi kerontokan yaah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *