Tips Makeup Dari Lakme Makeup Class

Minggu lalu, 1 Desember 2019 saya bersama 19 blogger Surabaya lain, ikut makeup class yang diadakan oleh Lakme Cosmetics dan Indonesian Female Bloggers di Noah Cafe & Bistro, Surabaya. Di acara tersebut, saya dapat banyak sekali masukan dan tips makeup yang bisa saya praktikkan sehari-hari.

Seperti yang teman-teman tahu, sejujurnya saya not really into makeup ya. Nggak jago sama sekali. Tapiiiiiii, saya sadar betul kalau saya harus belajar. Karena dalam berbagai kesempatan, saya kudu bisa menempatkan diri, termasuk dengan tampil rapi dan proper. Salah satu usaha yang ingin saya tingkatkan adalah dengan menggunakan makeup.

Saya yakin ada teman-teman yang 11-12 dengan saya, oleh karena itu saya ingin menuliskan pengalaman saya di blog ini. Bukan sebagai orang yang expert ya, namun berdasar materi makeup class yang saya hadiri.

Ibu Pamela, Brand Manager Lakme Cosmetics
Bunda Yonna Kairupan, MUA dan founder Indonesian Female Bloggers

Karena seperti yang dibilang oleh Bunda Yonna Kairupan, founder IFB, dan juga Bu Pamela, Brand Manager dari Lakme Cosmetics, makeup itu sarana untuk enhance your truly beauty. Jadi bukan bertujuan untuk menjadi orang lain, melainkan jadi the best version of our self. Pas banget sama misinya IFB, empowering women.

Saat Makeup Class, kami difasilitasi oleh Mbak Palupi atau yang biasa dipanggil Mbak Upay. Beliau menjelaskan bahwa ada tiga tahap yang dilakukan saat kita mau melakukan makeup.

Step Makeup:

1 . Cleansing

Step pertama adalah melakukan cleansing. Pada kelas, kondisi kami sebelumnya sudah menggunakan makeup. Jadi kami membersihkan muka terlebih dahulu dengan Makeup Remover dari Lakme Cosmetics. Setelah menggunakan makeup remover, sebaiknya dicuci lagi dengan facewash. Namun, kami skip karena kondisinya tidak mungkin dilakukan.

2 . Caring

Step kedua yang harus dilakukan adalah melakukan caring, atau menggunakan skincare dan mempersiapkan kulit untuk step selanjutnya. Dalam tahap ini, Mbak Upay mengingatkan bahwa sun screen adalah fardhu ain. Nggak bisa diwakilkan, kudu digunakan supaya kulit tetap sehat.

Saat itu, kami semua akan menggunakan Lakme 9to5 Reinvent Primer + Matte Cushion Foundation. Nah, di produk tersebut sudah mengandung SPF 30. Jadi praktis ya. Tapi kalau mau menggunakan sunscreen lagi juga boleh.

3 . Coloring

Nah tahap terakhirnya ini adalah tahap yang paling mendebarkan buat saya: tahap coloring atau tahap mendekorasi wajah.

Yang pertama digunakan adalah cushion yang digunakan sebagai alas bedak di seluruh bagian wajah kecuali kelopak mata. Selanjutnya merangsek ke area mata, saya belajar membuat alis, menyapukan eyeshadow, menggariskan eyeliner dan mengoleskan maskara. Setelah area mata selesai, maka lanjut menggunakan contour, blush on, dan yang terakhir adalah highlighter. Last but not least, finishing menggunakan bedak tipis tipis.

Mbak Palupi, fasilitator Lakme Makeup Class

Ibarat, lari ini saya ngos-ngosan melakukannya. Hihihi…. Maklum kurang pengalaman. Tapi nggak percuma saya duduk di paling depan, uda kaya pelajar rajin, saya jadi bisa nanya berkali-kali dan juga langsung dikoreksi oleh Mbak Upay sendiri.

Tips Makeup untuk Pemula

Berikut adalah curi-curi tips yang saya dapatkan selama kelas. Saya tulis untuk pemula, karena saat melakukan tips ini, saya sebagai pemula merasa jadi terbantu banget. Semoga bermanfaat juga buat teman-teman ya….

1 . Tips Memilih Shade Foundation/ Cushion

Di awal acara, kami diminta untuk memilih Cushion Lakme yang sesuai dengan warna kulit masing-masing. Agak bingung, kemudian saya dibantu oleh Bunda Yonna Kairupan (beliau MUA professional btw, teman-teman bisa follow IGnya di @yonnakairupan buat tips-tips lain).

Cushion dan Lipcream Lakme

Jadi Cushion Lakme ini ada 6 shade. Shade 1 Nude Fair adalah yang paling terang dan shade 6 Soft Tan adalah yang paling gelap. Awalnya saya mau asal ambil aja yang nomor 6, karena merasa wajah saya gelap. Namun urung saya lakukan, karena Bunda Yonna meminta saya mencoba dulu langsung di kulit wajah.

Eh, ternyata yang cocok malah shade nomor 5 Honey Bronze, Gaes. So buat pemula, daripada cap cip cup belalang kuncup, pesan Bunda Yonna mending cobain aja langsung di bagian tulang pipi. Lalu pilih yang langsung senada dengan kulit.

Memang benar kita bisa menentukan under tone dari warna pembuluh darah. Tapi yang namanya pemula kan sering jereng ya matanya bedain ini pembuluh darah warna biru apa ijo apa neutral. Jadi demi keamanan, mending langsung dicoba di kulit wajah bagian tulang pipi.

2 . Tips Menggunakan Cushion

Gunakan cushion dengan tap tap lembut di kulit. Bukan dengan diseret dan bukan juga ditabok. Tap tap kecil saja kata Mbak Upay, sampai merata di seluruh wajah.

3 . Tips Mengatasi Mata Panda

Agar mata panda tersamarkan, sebelum menutupnya dengan alas bedak, dll, sebaiknya lakukan dulu color correction. Mbak Upay kemarin memberikan tips melakukan color correction dengan mengoleskan lipstick warna oranye tipis tipis ke bagian bawah mata yang kehitaman. Setelah itu tutup dengan cushion. Hal ini bisa dilakukan kalau sebagai pemula kita belum punya produk color correction tersendiri.

Lipstick yang digunakan adalah Lakme Classic Reinvent Liquid Matte shade Sunset yang warnanya oranye gitu. Foto lipstik dan cushion terlampir di atas.

5 . Tips Menggunakan Lipstik pada Pinggir Bibir Gelap

Sebelum mengunakan lipstik, sapukan cushion terlebih dahulu di bibir. Iya di bibir, jadi putih semua gitu kaya pucat. Tapi nanti ketika dipulas lipstick jadi cakep dan tidak kehitaman pinggirnya.

4 . Tips Mengoreksi Kesalahan Eyeliner/ Maskara

Siapa yang kalau pakai eyeliner atau maskara suka belepotan kemana-mana? Hihihi, SAYAAAAAA!!!! Kemarin pas kelas, juga terjadi lagi. Awalnya saya mau langsung hapus tuh. Tapi dilarang oleh Mbak Upay.

Menghapus maskara atau eyeliner yang belepotan ketika basah malah akan memperparah keadaan. Jadi lebih baik, ditunggu sampai kering, lalu dibersihkan menggunakan cotton buds + makeup remover. Jadi ditotol-totol gitu.

Atau cara lainnya kalau belepotannya tidak terlalu parah adalah, dengan menimpanya kembali dengan eyeshadow, saat belepotannya sudah kering.

Kemarin saya menggunakan cara yang kedua.

6 . Tips Menyapukan Kuas saat Contouring

Nah, yang berkesan lagi buat saya adalah cara menyapukan kuas saat contouring. Teryata gaes, supaya tampak natural dan nggak ndemblok ndemblok (bahasa apa ini), sapukan kuas satu arah. Tidak bolak balik ya.

Untuk kontur pipi sapukan dari arah lubang telinga ke arah depan. SATU ARAH. Jangan baliknya dari arah depan ke arah lubang telinga ya. Demikian juga dengan kontur hidung, lakukan dari pangkal hidung ke arah ujung hidung, sekali saja. Tidak perlu diusrek usrek. Nanti ambyar kaya hatimu.

Logikanya dengan satu arah maka bagian yang tebal akan ada di pangkal, lalu bergradasi makin menipis ke arah ujung. Natural dan shantiqqq.

Kurang lebih demikian tips makeup yang saya dapatkan saat kelas. Sebenarnya masih banyak tips makeup-nya, namun enam poin ini yang paling saya ingat dan catat.

Untuk percobaan full makeup pertama ini saya seneng banget sama hasilnya. Karena kelihatan segar. Walaupun memang masih banyak yang harus diperbaiki, seperti ngalis yang masih kaya ulet bulu hihihi, dll. tapi ya, namanya juga belajar. Saya percaya practices makes perfect!

So, yang awalnya mager dan malesnya kaya saya, ayukkkkk mulai belajar untuk upgrading diri teruuus! Ternyata grooming dengan hal-hal sederhana seperti ini nambahin semangat lo.

Thanks sekali lagi buat Indonesia Female Bloggers dan Lakme Cosmetics untuk workshopnya. Special thanks juga untuk Mbak Palupi yang super sabar pas ngasih tips makeup dan juga lucu! Sukses selalu!

Buat teman-teman, thanks uda baca. Salam sayang!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

21 Comments

  1. Duh jadi pengen belajar dandan lagi, cushion dari lakme memang sebagus itu ya, jadi penasaran pengen coba, tapi kayaknya mesti ke counternya ya untuk cobain shade yang paling pas, biar nggak salah pilih warna

  2. Kalau begini menerangkannya daku mengerti banget Mbak. Terima kasih jadi faham mana yang harus dioleskan terlwbih dahulu ke muka. Selama ininsuka bingung apa foundation dulu atau skincare duluan. 😅

  3. Wahhh kerennya bisa belajar makeup dari ahlinya. Saya kalo pake eyeliner suka yang pencil atau crayon jadi lebih gampang diaplikasikan ke mata :)

  4. Aih jadi seger banget mom. Btw aku belum pernah coba produk Lakme. Suka dengan cushion nya.

  5. Terimakasih tipsnya ya mbak. Saya paling males make up. Terpaksa make up menor kalau menghadiri acara bareng beauty….tp setelah baca artikel ini jadi pengen nyobain. Apa salah nyobain kan….biar bisa terlihat cantik seperti mbak hehehe….

  6. Wah tipsnya mantul bgt, kalau ada beauty class kayak gini saya pengen banget dah, dulu sih malu ikutan tapi sekarang malah pengen banget biar tambah pinter makeup sendiri :)

  7. Saya nih pemula yang nggak belajar2, jadinya pemulaaaa terus. Terima kasih sharingnya, bisa buat belajar make up beneran, krn mudah dipahami :)

  8. Jadi tahu nih tipsnya mbk. Aku tipe gk bisa bikin alis mbk kalau bikin kayak Sinchan. Makasih ya mbk seru bandeh acaranya dipandu oleh mua profesional.

  9. Jadi cling cling mbak Ella hihihi…sampe skrg aku belajar makeup sendiri, pengen ikt kelas makeup sering ga jodoh waktunya huhuhu… btw aku bru tau itu tips buat kantong mata, lgs praktik..yaa lebih hemat juga sih pakai lipstik drpd beli color corection lagi 🤣🤣

  10. Ternyata mbak Palupi pinter nge-makeuin juga ya. Hehehe selama ini aku tahunya beliau sebagai fasilitator event lakme aja. Hehehe

    Kangen mbak Palupi deh

  11. Senang ya menghadiri makeup class seperti ini, jadi bisa dapat ilmu dan sekalian praktek langsung.
    Aku paling nggak bisa makeup2, jadi biasanya cuma bedak sama lipstik aja kemana-mana :D

  12. Senangnyaaa bisa belajar makeup bersama Lakme, saya masih kudu belajar lagi nih buat aplikasi eyeliner, meski nggak rapi, terus mata cepat dibuka tutup, jadi belepotan deh hahaha.

    Tapi memang bener, lebih baik bersihin pakai cotton bud, biasanya saya timpa pakai concealer :)

  13. Wah, seru sekali make up class-nya yah mbaak, dapet banyak ilmu berfaedah seputar per-dandan-an hahaha.
    Aku juga baru tahu lho bahwa kalo pake bedak tuh harus di-tap-tap, selama ini aku main oles-oles aja sih hahaha.
    Aku juga pake Lakme lho dan sukaaaa! Hasilnya velvet matte jadi berasanya tuh natural banget dan terasa ringan di wajah hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *