Rekomendasi UKM Fashion dan Kuliner di Yogyakarta dan Surabaya

Ngomongin industri kreatif berupa UKM fashion dan kuliner Yogyakarta dan Surabaya tu nggak ada habisnya ya. Di tengah banyaknya usaha fashion/ kuliner klasik yang terus bertahan, muncul juga usaha-usaha baru yang tumbuh dengan subur.

Walaupun saya tumbuh di kota kecil di dekat Yogyakarta dan sekarang tinggal di Surabaya, nggak berani bilang kalau saya sudah tahu semua destinasi unggulan kedua kota itu. Karena bisa dibilang banyak hidden gems yang nggak semua orang tahu gitu….

Seperti pas saya nonton acar BEDAH di channel YTnya Ninjaxpressid, banyak destinasi yang saya baru pertama kali dengar.

Persis seperti yang Fico dan Teguh Pras bilang di pembuka acara BEDAH, “Yakin paling tahu? daripada sok tahu, mending nonton BEDAH, Berita UKM Daerah dan dapatkan informasi terbaru…. Karena pasti ada yang lebih seru, dari yang yang lo tahu…. ger ger ger….” #Aseeekkk

Dah langsung aja yuk, di artikel ini saya mau bedah dua tema yaitu UKM Fashion & Kuliner Yogyakarta serta UKM Kuliner Surabaya (spesifik kuliner sambal).

UKM Fashion & Kuliner Yogyakarta ala dr. Tirta

Industri Kreatif Fashion Yogyakarta

Industri kreatif fashion unggulan kota Yogyakarta menurut dr. Tirta ada di streetwear clothing dan batik. Fashion streetwear adalah line clothing yang berasal dan mendukung suatu komunitas, seperti skateboard, BMX, musik, motor, dst. Sementara batik, ya…. kita tentu sudah tahu ya…. :)

Rekomendasi UMKM Fashion Streetwear Yogyakarta versi dr. Tirta

  • Starcrooz,
  • Ouvl Research,
  • Unkl 347,
  • Dagadu,
  • Batik Djogja,
  • Familias,
  • dll.

Rekomendasi UMKM Batik Yogyakarta Versi dr. Tirta

  • Batik Beringharjo,
  • Batik Hamzah – Mirota,
  • Batik Kulonprogo,
  • Batik Kekinian.

Nasib UMKM Fashion Yogyakarta Selama Pandemi

Dokter Tirta berpendapat selama Jogja jadi kota pelajar dan kota pariwisata, UKM akan tetap survive dengan baik. Terbukti, pameran UMKM lokal di September 2020 selama 4 hari di masa pandemi, yang melibatkan 50 tenants fashion dan sepatu lokal berhasil merauk omzet 2,5 M.

Industri Kreatif Kuliner Yogyakarta

Rekomendasi UMKM Kuliner Yogyakarta Versi dr. Tirta

  • Ayam Geprek Mas Kobis,
  • Ayam Geprek Bu Rum,
  • Gudeg Kaleng: Bu Tjitro, Yu Jum, Hj. Ahmad.

Hidden Gems Yogyakarta Versi dr. Tirta

  • Skatepark – taman kuliner sleman, dekat terminal concat, seturan, dll. Bisa untuk sarana foto,
  • Distrik Labirin – kopi-kopi kekinian,
  • Prawirotaman, cafe-cafe dan bar kekinian,
  • Resort-resort pantai di Gunung Kidul,
  • Gua Pindul,
  • Warung- Burjo terenak: Suvit (Sumber Vitamin),
  • Warung Pecel lele,
  • Sate Pak Pong, Pak Bari,
  • Sate Klatak, Jombor,
  • Gudeg Koyor,
  • Gudeg Mercon,
  • Kopi Klotok,
  • trus masih banyak lagi, ampe keriting saya ngetiknya wkwkwkwk….

Buat yang mau kepoin detail alamat dan juga info lainnya terkait rekomendasi-rekomendasi dr. Tirta di atas, teman-teman bisa meluncur ke videonya langsung di link ini.

UKM Kuliner Surabaya ala Arief Alfiansyah (spesifik Sambal)

Arief Alfiansyah, komika asli dari Surabaya jadi narasumber BEDAH kali ini membahas kuliner Surabaya khususnya persambalan. Arief lahir sampai besar di Surabaya, jadi pengalaman kuliner di kota ini cukup bisa diandalkan lah ya….

Saya si orang Surabaya juga, tapi banyak juga tempat-tempat yang Arief rekomendasikan yang belum saya coba. Maklum saya kan baru tiga tahun di kota ini. Itu pun dua tahunnya kena pandemi, jadi makin jarang kulineran, huhuhu….

Jenis Sambal yang Ada di Surabaya

Menurut Arief ada banyak jenis sambal di Surabaya, antara lain:

  • Sambel pencit, pencit adalah mangga muda, jadi sambal ini tuh rasanya asem asem pedes seger gituuuu (aku uda nyoba kalau yang iniiiii!),
  • Sambal bajak,
  • Sambal bawang, sambal bawang paling epic dan femes di Surabaya, dan menurut saya juga enak adalah Sambal Bu Rudy, ini kalau dimakan sama udang goreng kering dan juga cumi yang dijual di gerainya Bu Rudy tu asli ngabis ngabisin nasi dah lah…. Selain Sambal Bu Rudy, sambal dalam kemasan yang femes juga tu, Sambal Bogajaya. tapi kata Arief yang lebih hits di Bogajaya adalah sambal terinya. Btw, Sambal Bu Rudy dan Sambal Bogajaya bisa dibeli secara online ya….
  • Sambal petis, nah kalau yang ini cucok buat cocolan gorengan. Tapi sambal petis ini juga jadi base-nya makanan-makanan khas Surabaya seperti rujak cingur.

Hidden Gems Kuliner Sambal Surabaya Versi Arief Alfiansyah

Hidden gems kuliner Surabaya berupa sambal, yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang luar Surabaya, kebanyakan berupa sego sambel alias nasi sambal. Menunya berupa nasi + lauk + sambal tentunya. Lauknya bisa berupa iwak pe asap (ikan pari asap), terong, tempe, telur, dll.

Nah bedanya dengan Sambal Bu Rudy dan Sambal Bogajaya yang menyediakan sambal versi botolan, 5 warung sego sambel berikut hanya bisa dinikmati on the spot….

Berikut adalah UKM kuliner khusus sambal yang direkomendasikan oleh Arief:

  • Sego Sambel Mak Yeye, di daerah Jagir Wonokromo. Di sepanjang area Jagir Wonokromo, banyak juga warung sego sambel lain, yang bisa jadi alternatif, kalau nggak sabar nunggu antrian di Sego sambel Mak Yeye (LOL, rame banget soalnya),
  • Sego Sambel Ponorogo, walaupun namanya sego sambel Ponorogo tapi ini lokasinya di Surabaya ya cuy…. Cuma yang jualan orang-orang dari Ponorogo. Ini sambal super pedes pedes pedes bangeeettt. Jadi di Sego Sambel Ponorogo ada dua level kepedasan, level pedas dan level tidak pedas. Nah, yang level tidak pedas aja uda pedes…. Kata Arief, mulai lidah, mulut, tenggorokan, lambung, usus sampai ke kesudahannya semua kerasa pedasnya. Yah, buat yang seneng banget pedas, wajib dicoba ini si….
  • Sego sambel Mbak Nur,
  • Sego sambel Bu Mega,
  • Sego sambel Bu Nur.

Selain sambal-sambal di atas, ada juga sambal yang menarik yaitu Sambel Herdy. Sambel Herdy ini adalah UKM dari pemberdayaan eks lokalisasi Dolly Surabaya.

Bagi yang mencari kuliner pedas di Surabaya, ada juga pilihan Mie Setan, yang bisa dibawa ke luar kota dalam bentuk frozen. Bisa dikirim menggunakan ninjaexpress juga ya cuy!

Buat yang mau kepoin detail alamat dan juga info lainnya terkait rekomendasi-rekomendasi Arief Alfiansyah di atas, teman-teman bisa meluncur ke videonya langsung di link ini.

Kenalan dengan “BEDAH, Berita UKM Daerah”

Nah, di awal tadi saya sempat singgung tentang acara BEDAH ni ya…. Acara ini adalah salah satu program di YT channelnya Ninjaexpressid yang membahas tentang Usaha Kecil Menengah yang ada di daerah-daerah.

Tujuannya adalah untuk mendukung UKM-UKM tersebut menjadi lebih sustain dan juga makin dikenal oleh masyarakat luas, bahkan oleh orang-orang yang berada di luar daerah tersebut.

Related post: Bisnis Hotel Kucing di Kala Pandemi

Saya pribadi seneng banget si dengan semangat support UKM yang digaungkan oleh ninjaxpress.co.id ini. Buat yang mau lebih kenal lagi dengan UKM UKM yang ada di Indonesia, bisa langsung subscribe channel Youtube Ninjaxpressid ya….

Nah, buat kamu kamu yang punya rekomendasi tempat belanja fashion dan kuliner di Jogja atau Surabaya bisa tinggalin komen yaaaa! Thankyuuuuu!

Sharing is Caring! Yuk share artikel ini ke temen2mu!
Share

16 Comments

  1. Ini sih tulisannya wajib di auto bookmark, bisa buat rekomendasi kalo lagi hunting oleh-oleh khas Jogja kaaaan. Duh kapan yaa aku bisa travelling lagi, semoga pandemi cepet selesai yaa

  2. Makin dapet banyak informasi menarik nih tentang ukm unggulan melalui BEDAH. Kudu nonton terus nih channel youtubenya Ninjaexpressid. Yang di Yogyakarta tuh yang Sate Pak Bari enak bangeeett loh, tapi jauh dari kota.

  3. Sambal pencit, Ya Allah, elus-elus perut, neguk liur, aku baru ngidam ini, Mbak, bahayaaaaaaa….
    Banyak banget ya UKM kulinernya di Surabaya.

    Kalau di Jogja, Dagadu, nih andalan banget, Mbak. Kalau pas naik becak keliling daerah industri nih pasti mampir ke outletnya. Nyenengin banget bisa menikmati malam Jogja dengan naik becak.

  4. Ngomongin Jogjakarta dan Surabaya, jadi kangen pengen kesana lagi deh. Dulu saat ke sana, gak banyak tempat yang dikunjungi pun gak banyak kuliner yang dicobain. Semoga bisa kesana lagi suatu saat nanti, amiiin

  5. Jogja itu memang merupakan salah satu kota yang buanyaaaaaaaaaaaaaak banget pelaku UMKM kreatifnya plus kuliner pastinya. Makin kesini juga makin modern dan kece produknya, bisa banget lah bersaing sama produk luar mah. Aku aja masih banyak wishlist kuliner yang belum aku cicipin tuh nanti ak kalo ke Jogja ah mau hunting

  6. Waduuuh tau aja nih kalau Ujame pengen ke Jogja hihi, makasih banyak ya bund list nya, nanti setelah sampai jogja Ujame coba mampir ah ke UKM makanannya, asli sih pensaran sama hidden gem nya hihi

  7. Kalau kuliner aku rasa masih akan bertahan walau ya agak megap2 juga. Namun kalau fashion ini ya kyknya yang butuh effort lebih.
    Mungkin bisnis fashion perlu bikin gebrakan kyk bikin pakaian rumahan yg nyaman gtu selama pandemi ini.
    Keren jg ninjaexpres punya channel menarik yg bahas2 UKM yaaa.

  8. kalau di jogja, aku ada beberapa rekomendasi juga mba. karena dulu waktu di jogja aku bergabung ama komunitas jogja muslimahpreneur waktu itu soalnya aku masih jualan jilbab jugaa haha memang di sana banyaak UMKM yang potensial dan produk2nya kreatif

  9. Salut banget deeh…dengan menonton channel youtubenya Ninjaxpressid, jadi tahu beberapa hidden gems dan UMKM yang sedang naik daun di beberapa kota di Jawa.
    Ini bisa meningkatkan penjualan juga sih yaa.. promosi yang baik untuk mengajak penonton mencoba banyak hal baru.

  10. Yogyakarta dan surabaya sudah terkenal sekali kulinernya, yang identik murah dan enak. Belum kesampean nih menjelajah kesana

  11. Jogya tuh emang banyak banget ya tempat kulinernyaa.. beberapa kali ke jogja tapi masih belum done tempat kuliner yang dikunjungi.. dan sekarang udah lama ngga ke jogja.. makin banyak tempat deh selain kuliner tentunya juga fashion milik para UKM yang semakin kece

  12. Iya nih Surabaya sama Jogja banyak buanget hidden gems nya. Hidden gems kuliner kayaknya ga abis-abis kalau cuma seminggu di sana *duh aku pengin liburan huhuhu

  13. Banyak banget sego sambel nya bedanya apa yaa satu dengan yang lainnya, jadi penasaran hihi.. kalau makan tanpa sambel itu rasanya ada yang kurang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *